Itinerary Liburan Hemat Dengan Keluarga di Singapura


Pening melihat tingginya kurs SGD terhadap rupiah sekarang, namun tiket di Singapura sudah di tangan? Tenang aja, because you are not alone.

Saya menerima email dari salah satu pembaca yang meminta saran, "Mba, dollar nya lagi tinggi banget, apa aku batalin aja ya ke Singapura? Tapi sayang tiket pesawatnya..."  

Biaya liburan ke Singapura dengan keluarga melambung tinggi, bukan tidak mungkin biaya harian yang harus dikeluarkan sama dengan liburan ke Australia. Perbedaan signifikan pada harga tiket pesawat dan visa.

Salah satu cara untuk menghemat bujet liburan adalah dengan mengunjungi tempat wisata gratis di Singapura.  

Teman-teman juga bisa mendapatkan informasi mengenai panduan wisata di Singapura pada Blog Traveloka.

Menikmati sunset di Marina Barrage, salah satu hal yang bisa dilakukan tanpa biaya di Singapura




Saya akan coba share beberapa tempat favorit di Singapura yang tentunya gratis. Ditulis dalam bentuk itinerary aja ya, semoga bisa menjadi referensi jika memang cocok.


ITINERARY 3 HARI 2 MALAM di SINGAPURA


HARI PERTAMA: Merlion, Esplanade dan Wonderful Lasershow

- Merlion Park

Katakanlah Anda dan keluarga tiba after lunch di Singapura. Setelah check-in di hotel/hostel/apartment kita foto-foto dulu yuk di icon nya Singapura.


Salah satu pembaca tesyaskinderen, Vidi, dengan patung Merlion.
Pengalaman Vidi, bisa dibaca disini.


Getting there: paling enak sih kalau bisa naik bus, dan berhenti di bus stop Fullerton SQ (di depan Fullerton hotel). Tapi kalau mau naik MRT, naiklah MRT line hijau dan turun di Raffles Place MRT Station, exit H. Lalu berjalan kaki ke Merlion Park. Baca mengenai exit Raffles Place MRT Station di link ini ya.

My advice: Pelajari dulu kemana Anda harus jalan kaki dari exit H menuju Merlion Park. Pergunakan "direction" di google map, kemudian dicetak deh map nya sebelum berangkat. Kecuali jika Anda bisa mengakses internet dari smartphone saat berlibur di Singapura.


- Esplanade

Setelah puas foto dengan patung Merlion, seberangi jembatan mengarah ke gedung berbentuk durian atau Esplanade. 


Hal yang bisa dilakukan di Esplanade: makan di Gluttons Bay, foto-foto sambil menikmati sore hari. Budget makan di Gluttons Bay per-orang sekitar SGD 6, dengan catatan Anda membawa minum sendiri.


Saya paling suka suasana sore hari di Esplanade


Sekitar jam 6 sore, berjalanlah melalui jembatan yang bernama The Helix Bridge. Jembatan ini menghubungkan Esplanade dengan Marina Bay Sands The Shoppes.


The Helix Bridge



My advice: jalan kaki-nya dari Esplanade lumayan jauh, sekitar 20 menit. Jadi sebaiknya sore menjelang malam supaya tidak panas, dan lampu di Helix Bridge sudah dinyalakan. Untuk Anda yang membawa stroller, Helix Bridge ini sangat stroller friendly.


- Wonderful Lasershow

Berlangsung setiap hari jam 8 dan 09.30 malam (ditambah jam 11 pada saat weekend, tapi kita enggak akan nonton semalam itu sama anak-anak kan?). Menurut saya, lasershow di area Promenade Marina Bay Sands The Shoppes ini wajib dilihat.

Our Kiddos love the show


My advice: Datanglah satu jam sebelum lasershow dimulai agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman.

Getting there: setelah menyeberangi Helix Bridge, masuklah ke Marina Bay The Shoppes (gedung di sebelah Casino), lurus terus hingga keluar di pintu belakang yang menghadap ke Esplanade dan patung Merlion. Jika bingung, tanyakan saja dimana "area Promenade" berada.


- Kembali ke Penginapan Dari Marina Bay Sands The Shoppes

Setelah melihat lasershow, saatnya pulang... Marina Bay Sands The Shoppes memiliki MRT station di level basement. MRT ini terletak di jalur kuning. Pelajari saja rute kembali ke penginapan Anda dengan MRT dari Marina Bay Sands. Lihat MRT map nya disini.


- Budget Hari Pertama:

- Makan sore di Gluttons Bay: SGD 6 per-orang.
- Budget jajan, membeli minum, dsb: SGD 4 per orang (atau untuk menghemat budget jajan, bawalah snack dari Indonesia untuk anak Anda).
- Membeli kartu Ez-Link: SGD 12 per-orang.

Anda sudah tau kan Ez-Link untuk anak di bawah 7 tahun gratis? Baca di posting ini ya.



HARI KEDUA: Vivo City, Sentosa Island dan Marina Barrage

- Vivo City 

Karena hari pertama sudah main hingga malam, hari kedua biarkan anak-anak bangun siang. Setelah sarapan, naiklah MRT menuju Harbourfront MRT (line ungu) exit E.

Setibanya di Vivo City, ajak anak-anak bermain di playground gratis yang berada di lantai 2. Ohya, Vivo City buka jam 10 pagi.

My advice: bawa baju renang, handuk dan peralatan mandi. Karena playground ini menyediakan wet area.

Seru deh playground-nya :)


- Bungkus Makan Siang di Sedap Foodcourt, Vivo City

Selagi anak-anak main di playground, sekitar jam 11, minta mr.husband menjaga anak-anak, dan Anda jalan menuju basement 2 (lantai yang sama dengan MRT Station).

Di bagian paling ujung (setelah melewati McD di kanan), Anda akan menemukan Sedap Foodcourt, yang hanya menjual makanan halal. Porsi makanan di sini cukup besar, Anda bisa memilih Chicken Rice atau Mee Goreng untuk bekal makan siang. Budget makan siang: SGD5 per-orang.

Atau klik link ini untuk referensi makanan halal di Vivo City.

My advice: selalu bawa tempat makanan dari rumah seperti Tupperware ataupun Lock&Lock ketika traveling dengan keluarga (oeps, maaf menyebutkan merk:p). 


- Resort World Sentosa

Tiket masuk ke USS dan SEA Aquarium mahal? Jangan khawatir, Anda bisa foto keluarga gratis dengan icon bola dunia milik Universal Studio.

Dari playground Vivo City Lantai 2, turunlah ke lantai dasar, dan berjalan ke arah pintu keluar yang menghadap Sentosa Island. Atau tanyakan saja dimana "Sentosa Broadwalk".

Naiklah travelator yang akan membawa Anda ke Resort World Sentosa. Saya menulis secara detail caranya di sini ya.

Sentosa Broadwalk, cara murah menuju Sentosa Island dan Resort World


Setibanya di Sentosa, berjalanlah ke arah USS, dan silahkan foto-foto di sana sampai puas ya :)


Anda juga bisa mengajak anak main di area ini, terletak tidak jauh dari bola dunia Universal Studio


- Exploring Sentosa Island

It's time to go to Sentosa :) Naiklah monorail dari Waterfront Station (di Resort World Sentosa) ke Beach Station. Anda bisa mencari tempat piknik di sekitar pantai yang ada di Sentosa. Keluarkan bekal piknik yang Anda beli di Sedap foodcourt. Makanan yang ada di Sentosa relatif mahal, jadi lebih baik anda membawa bekal.

Once you are inside Sentosa, Anda tidak perlu membayar naik monorail, jadi silahkan naik saja kemana Anda mau.

My advice: pelajari dulu pantai yang ada di Sentosa, pilih mana yang akan Anda kunjungi untuk menikmati family picnic lunchSetelah makan, Anda bisa mengajak anak-anak berenang di pantai. Jangan lupa bawa sunblock ya!


- Sunset di Marina Barrage

Sekitar jam 3 sore, kembalilah dari Sentosa ke Vivo City dengan menggunakan monorail. Lalu naik MRT dari Harbourfront Station menuju Dhoby Ghaut MRT Station, turun dan berganti kereta menuju Marina Bay Station.

Things to note: interchange station Dhoby Ghaut mengharuskan Anda berjalan jauh untuk berganti kereta. Please be prepared. Berjalanlah mengikuti petunjuk menuju Marina Bay.

Tiba di Marina Bay MRT Station, keluar melalui exit A, berjalan lurus menuju sebuah bus stop yang terletak di taman yang cukup besar. 


Tenang saja, petunjuk di MRT Station jelas kok:)


Katakan kepada supir bus Anda ingin menuju Marina Barrage. Ia akan memberi tahu Anda harus turun dimana.

Sore hari di Marina Barrage

My advice: Anda sebaiknya membawa bekal makanan jika ingin bermain di Marina Barrage. Jika mengikuti itinerary ini, sebelum pulang dari Vivo City, Anda bisa membeli bekal untuk makan sore di Marina Barrage.

Selamat menikmati sunset dari salah satu spot terbaik di Singapura :)


- Kembali ke Penginapan dari Marina Barrage


Naiklah kembali bus 400 dari tempat Anda turun menuju Marina Bay MRT Station. Lalu naik MRT kembali ke penginapan Anda.  

My advice: 
Anda harus sudah riset jalur MRT dari Marina Bay MRT Station ke penginapan ya.


- Budget Hari Kedua:

- Budget untuk makan pagi, siang dan malam : SGD15 per orang.



HARI KETIGA: Children Playground, Gardens By The Bay


Setelah sarapan, pergilah dari hotel pagi hari menuju Gardens by The Bay. Taman ini terlihat cantik dan belum terlalu panas di pagi hari. Usahakan bisa tiba sekitar jam 09.30.


Gardens by The Bay di pagi hari


Gardens By The Bay memiliki banyak gerbang, sebaiknya Anda memilih gerbang yang paling dekat dengan Children Playground.

FYI, taman ini buka jam 9 pada saat akhir pekan dan jam 10 pada hari biasa.

Getting there: Sama seperti rute menuju Marina Barrage yang saya tulis di atas. Naik MRT ke Marina Bay Station, lalu naik bus 400 ke Gardens By The Bay. Dari sana berjalanlah ke arah Flower Dome (rumah kaca raksasa), dan belok kanan sebelum rumah kaca menuju Children Playground.



Waktu itu kami mengunjungi Children Garden pada sore hari


My advice: bawalah baju renang, peralatan mandi dan baju ganti. Agar sempat bermain disini, pilihlah penerbangan sore kembali ke Indonesia di hari ketiga ini.


- Kembali ke Penginapan Setelah Bermain Di Gardens By The Bay

Selain Children Playground, Anda bisa menikmati foto-foto pohon raksasa yang ada di Gardens By The Bay. Berjalanlah dari Children Playground ke arah Bayfront MRT Station. Lalu naik MRT kembali ke penginapan.

Things to note: jalannya lumayan jauh dari Children Garden menuju MRT Bayfront. Siapkan topi dan payung untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Atau jika Anda ingin langsung pulang, jalan kaki kembali ke bus stop tempat Anda turun. Naik bus 400 menuju Marina Bay MRT Station, lalu disambung naik MRT ke lokasi penginapan Anda.


- Kembali ke Indonesia

Saatnya pulang kembali ke tanah air. Pastikan Anda tiba 3 jam sebelum jadwal pesawat. Agar bisa bermain dulu di Changi. Apa saja yang bisa dilakukan di Changi? Baca di tulisan ini ya.


***

Ayo wujudkan mimpi liburan Anda ke Singapura. We have made our dream come true, now it's your turn. Jangan khawatir, Singapura bisa dinikmati secara hemat namun tetap menyenangkan. 


Dan tentunya, jangan lupa membeli buku kami: Family Backpacking Singapura dan Malaysia yang diterbitkan Elexmedia.



written on September 8, 2015  

Follow our IG & twitter: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: tesyasvlog



Related Post:
Berapa Biaya Liburan ke Singapura?
Hostel di Singapura Untuk Keluarga
Naik MRT Dari Changi ke Kota Singapura
3 Hari 2 Malam di Singapura


Related Post on tesyasblog:
Wonderful Lasershow at Marina Bay Sands
Children's Garden at Gardens By The Bay

90 comments:

  1. weehh? kok aku ga ngeh ada play ground di garden by the bay hihihi
    waktu itu ga jadi kak ngajak ponakan aku main diplaygroundnya botanical garden :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mei ada, dan kereeen banget :) Ayo ajak ponakan kesana lagi Mei...

      Delete
  2. kalau anak saya sudah lahir pasti akan saya ajak kesana, ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...tunggu dulu kalau begitu.

      Delete
  3. nice info mbaaa, tengkyu banget..lagi bingung diajak kemana ini anak bayik 15mos, kalo ke USS selain mahal anaknya belom paham (emaknya cuma pengen foto depan bola USS xD)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...15mos sih ajak ke taman aja Mba biar lari-lari pasti udah seneng banget :)

      Delete
  4. hi mba tesya,

    money changer di changi open sampai jam brp yah? oya trus kalau saya nginap nya di Holiday inn atrium mau je orchard road naik taxi mahal gak yah? soalnya bawa anak jg
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, money changer kalau aku sampe jam 11 malam gitu sih masih buka kok.
      Hoilday Inn Atrium ke Orchard paling mahal sekitar SGD15 Mba.

      Delete
  5. Halo mbak Tesya...salam kenal ��
    Saya rencana ke Sing dan legoland awal maret ini, juga mampir sentosa island.
    Ada rekomendasi hotel murmer ga mbak? Enaknya nginep dmn ya? Ini trip pertama saya ke Sing bawa krucils (7&5yo) pula ��
    Sebelumnya terima kasih ya mbak ��
    #Okta#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Okta, salam kenal juga ya.
      Tergantung sih budgetnya semalam berapa. Tapi kalau mau, coba Tai Hoe Hotel yang ada di jalur MRT ungu. Jadi kalau ke Sentosa enggak perlu ganti2 kereta.

      Delete
  6. HI Mbak Tesya, banyak loh mall di SG yang menyediakan water playground dan itu free. COba deh belanja di mall-mall pinggiran jangan terlalu terfocus si Orchad aja. Anda akan menemukan product2 yang masih sale ato ke Outlet sekalian seperti ke IMM dan Changi Point. Banyak juga Hawker yang halal, untuk menghebat urusan perut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Diana, thanks untuk feedbacknya ya.
      Aku cuman lewatin Changi Point aja kalau naik MRT dari Changi, dan belum pernah ke IMM. Suatu saat kalau ke Science Center, aku mau mampir IMM :)

      Delete
  7. Hai mba Tesya, terimakasih sharingnya ya, sangat bermanfaat buat newbie traveller kayak saya nih :)
    Mbak, kalo aku mau di Singaporenya cuma 2 hari 1 malam, dan tujuannya cuma ke merlion, marina bay, marina barrage dan sentosa, sementara hotel di lavender, lebih murah pakai Ez-link atau STP ya mbak?? Kalo misalnya pake STP, ribet nyari tempat buat refund nya gak ya, soalnya sore harinya mau lanjut ke Johor Baru dan ke Kuala Lumpur.
    Ditunggu infonya ya mba Tesya....makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Endah, sama-sama, terimakasih udah baca blog kami:)
      Setuju Mba, ribet sama depositnya, udah aja pake Ez-Link. Atau kalau enggak mau bayar 5SGD buat Ez-Link nya, beli single ticket journey juga gpp, toh cuma sehari ini. Cuman di stasiun besar seperti Harbourfront, single ticket journey's vending machine suka antre panjang.

      Delete
  8. salam kenal mbak...saya ada rencana awal mei ini mau ke singapore 3 hari 2 malam pengen nya ke merlion.sentosa,marina bay sand.gardens by the bay mohon info mbak buat hotel yg murah dan enaknya daerah mana ya mbak...tanks bgt mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mbak, salam kenal juga.
      Budgetnya berapa Mbak? Kalau mau hotel murah, dengan kurs SGD saat ini, paling di area Geylang. Terkenal sebagai red district, tapi saya beberapa kali menginap disana aman kok. Coba Mbak liat website Fragrance Hotel, ada banyak cabangnya. Itu semalam sekitar Rp 600 ribu sd Rp 1 juta.

      Delete
  9. Halo mba tesya salam kenal. Saya rnc mau liburan keluarga ke singapura akhir mei. Tapi bingung nih nyari hotel, soalnya sy bawa 3 krucils (11,4,6yo) ada rekomendasi hotel gak mba? Makasih sblmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, wah kalau anaknya tiga coba aja inep di hotel yang besar, yang memang memperbolehkan "free all children under 12". Hotel favorit saya adalah Bugis Landmark Village.

      Delete
    2. kenapa g coba sewa apartemen yg harian aja mb..lebih fleksibel,harganya hamper sama kok dengan hotel 600 -1 jutaan

      Delete
  10. Hay mb tesya, rncana bln juli sya ma kluarga n ank2 (11y,18m) mau k Singapore tp lg bingung cari hotel yg "free all children under
    12" dengan budgetnya 1jtan kira2 Ada rekomendasi g mb,,mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau untuk keluarga Mba yang ber-4 tapi anak kedua masih bayi, saya rasa enggak masalah tidur di kamar family-nya Fragrance Hotel. Coba aja Mba masuk ke websitenya, dan pilih lokasi yang sesuai, tapi musti yang family room ya.

      Atau Mba coba cek Champion Hotel di Joo Chiat, itu sekitar Rp 1 Juta per malam. Semoga membantu ya. Have fun in Singapore:)

      Delete
  11. sangat membantu info infonya mba. makasih banyak yah.
    semoga akan banyak tulisan tulisan yg baru. liburan seru gak pake mahal...ehem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Isma, salam kenal ya.
      Doain aja supaya dikasih rejeki ya, biar bisa update cerita jalan-jalan hemat disini:)

      Delete
  12. Salam kenal Mba isma , sangat menginspirasi.. Dan detail sekali.. Jadi semangat ngajak si kecil jalan2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mba, yuk ajak anaknya jalan-jalan:)

      Delete
  13. Salam kenal mba tesya,sangat membantu banget infonya. Rencannya bulan sep nnt sya dan suami mau ke sg bawa baby 10m. Mohon info mba hotel yg murah (budget max 1jt an) dmna ya mba. Makasiiih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, coba lihat Fragrance Hotel (banyak cabangnya). Kalau bawa anak 1 sih boleh satu kamar bertiga, apalagi masih kecil. Cari aja lokasi Fragrance yang sesuai dengan itinerary Mba ya.

      Delete
  14. Salam kenal mba tesya, rencana kami mau berlibur ke singapore. jumlah kami sekitar 15 orang ( 2 bayi, 2 anak, 11 dewasa ) punya budget sekitar 3jt / person, diluar ticket pesawat apa cukup ya disana? sekalian mau tanya hotel atau apartement yang murah disana yang bisa nampung jumlah kami.rencana 3 hari 2 malam. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Putra, menurut saya cukup banget kok. 3 juta per person itu udah termasuk tiket pesawat kalau aku sih hehe.

      Kalau mau murah ambil hotel chain dengan brand Fragrance. Mas pilih aja lokasi yang paling sesuai dengan itinerary. Fragrance Hotel Bugis contohnya.

      Delete
  15. Saya bulan oktober rencana ke Singapura dengan formasi 4 dewasa, 1 balita 3 tahun dan 1 bayi 8 bulan. Tapi masih bingung nginap dmn. Banyak tempat yang harganya dibawah S$100 melarang membawa bayi. Kira2 ada masukan ga mbk?

    Rencana perjalanan saya kira2 seperti ini :

    Hari 1 :
    Datang sekitar jm 11. Menuju hotel dan istirahat. Sore ke Merlion park, Esplanade lalu nonton laser show

    Hari kedua :
    Eksplore sentosa lalu jalan2 ke orchard road. Ow ya pantai2 di sentosa gratis kan?

    Hari ketiga :
    Kampung bugis (Sekalian sholat jumat. Ada masjidkah disana?), china town, garden by the bay, marina barrage

    Dari Garden by The Bay ke Marrina Barrage jauh ga? Seandainya jauh alternatifnya naik apa ya?

    Hari ke 4 :
    Eksplore changi dan pulang

    Menurut mbak gimana rencana saya? Apa masih bisa saya tambahkan tempat2 lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Asri,

      Nginep di Fragrance Hotel Ruby, atau Fragrance Hotel Emerald mau ga Mba? Tapi pilih yang family room.

      Atau bisa juga Tai Hoe Hotel, pilih yang triple room.

      Untuk pertanyaan pantai di Sentosa gratis? Iya Mba. Tapi ada playground Port of Lost Wonders yang berbayar. Mba kesana deh, keren. Silahkan googling dulu ya.

      Hari ketiga: solat di Sultan Mosque. Dari GTB ke Marina Barrage cukup jauh kalau jalan kaki, Mba bisa naik taksi dari GTB, atau naik bus 400. Tapi kalau naik bus, jalan kaki dari GTB ke bus stop nya aja udah lumayan sih. Better naik taksi aja Mba. Atau kalau udah di GTB dan main di Children Playground, enggak perlu ke Marina Barrage lagi. Playground di GTB keren banget soalnya:D

      Itinerarynya udah mantap Mba, have fun ya di Singapura:)

      Delete
    2. Kalau selain di daerah geylang ada ga mbk? Kita sekamar isi 3 an aja kok. Jd ambil 2 kamar gt. Tp kamarnya yg dibawah 100 dolar.

      Kemarin hbs baca reviewnya mbk sempat kepikiran di Evergreen Residence, karena walaupun di geylang tp lebih dekat ke jalan besarnya. Setelah saya cek ke ternyata sedang ada proyek di sampingnya. Bawa bayi jadi ragu2 hehehe

      Delete
    3. Banyak Mba, ada Fragrance Lavender, Bugis, banyak banget. Coba cek deh webnya Fragrance Hotel. Kalau mau yang ada pool di Fragrance Riverside daerah Clarke Quay. Cari aja yang lokasinya sesuai dan juga sesuai dengan budget ya.

      Delete
  16. Mbak tessa,salam kenal ya..mbak saya ada rencana ke sing.
    saya,suami dan 3anak (7y,4y,dan 2y). apa ada saran hotel yang cocok krn membawa 3 anak selain di geylang? butuh yang dekat dengan mrt dan makanan halal. dimana yang bisa dpt quadruple room dengan budget maksimal 1,5 jt/malam?
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Datha, revisi sedikit ya, nama saya Tesya hehe..
      Mba pesan apartemen via website airbnb aja. Masukan kode voucher aku tmeriam1 nanti dapet diskon Rp 300 ribu an.

      Karena kalau hotel quadruple gitu enggak dapet 1,5 juta Mba.

      Delete
  17. hai mbak tesya,, salam kenal ..
    baru banget baca blog mu recommended banget, sesuai kondisi saya rencana gak jadi berangkat ke SG November besok krn budget heheheheh btw mba,, kalau jadi saya kesna bertiga suami & Batita (3y) ada hotel yang recommended gak tapi low budget n gak trlu jauh dri MRT ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, budget per malam berapa nih? Kalau mau di daerah Bugis, ada Amaris, Fragrance Bugis, St.Grand Bugis.

      Delete
    2. Mba tesya,,

      Budget 100 an hehehhehe ...
      itinerary pengeny spt ini,, ada masukan gak mba ?
      ARRIVED IN SG
      ORCHARD ROAD

      DAY 2
      SINGAPORE ZOO
      MERLION
      Esplanade dan Wonderful Lasershow

      DAY 3
      Children Playground, Gardens By The Bay
      Sentosa Island

      Day 4
      Back To Indonesia

      Delete
    3. Iya ba bisa coba cek Marrison Hotel, Amaris, Fragrance Bugis, St.Grand Bugis.
      Day 2: Setelah Sin Zoo, saya sih cape Mba hehe. Tapi kalau mau lanjut silahkan.
      Day 3: Sentosa dulu aja, baru GTB. Karena panas..
      Have fun ya..

      Delete
  18. Hai mbk tesya..thanks bgt infonya ya..klo sewa apartemen di airbnb gitu enaknya ambil yg di daerah mana ya mbk yg mudah ke lokasi2 wisata...thanx mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau enak sih yang dekat Orchard, tapi pasti mahal hehe.. Pilih aja yang dekatn dengan stasiun MRT Mba, nanti kemana-mana naik MRT.

      Delete
  19. salam kenal Mbak Tesya....insyaallah mo liburan ke Sing trus lanjut Johor baru. Total 6 hari. Rencana nginep di Sing 3 malam, Johor 3 malam. Ada saran itinerary dan hotel yang low budget? ini pertama kali kami liburan ke LN. Terimakasih ya Mbak...sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, di JB sendiri hotelnya enggak mahal, menginap aja di Citrus Hotel, yang lokasinya central.

      Di Singapura ini yang memang challenging, coba Mba liat2 Tai Hote Hotel, atau chain hotel seperti Fragrance Hotel. Coba cek website Fragrance deh, ada yang cocok ga?

      Saya pernah menginap di Fragrance Ruby dan Fragrance Emerald.

      Delete
    2. terimakasih infonya Mbak, klo di JB nginap di Citrus Hotel apa ada shuttle bus ke Lego Land? saya baca2 di blog nya Mbak Tesya, Tune Hotel ada shuttle bus ke lego land, lokasi hotel tsb dg pusat keramaian jauh/dekat? trims

      Delete
    3. Hai Mba, enggak ada shuttle kalau dari Citrus. Anyway gampang kok, pake taksi umum aja sekitar MYR25-30. Nah kalau di Tune Hotel itu bukan di pusat keramaian, jadi better di Citrus kalau mau dekat mall dsb.

      Delete
  20. http://tgunawan.simplesite.com/428831688, mungkin bisa membantu check tips sederhana saya. untuk liburan murah di Singapura

    ReplyDelete
  21. Hai mbak, salam kenal. Blognya sangat membantu banget... Saya mau tanya, rencana mau liburan bareng bertiga (saya, suami, dan anak 15mo), kebetulan dapet tmpt nginep gratis di Sentosa 4-5hari. Kira2 tempat yg infant-friendly yg wajib-dikunjungi kemana ajaya? Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, di Sentosa ada POL (Port of Lost Wonders) playground buat anak-anak.
      Trus di Resort Worl Sentosa nya ada SEA Aquarium dan USS. Ohya jangan lupa juga naik Sky Luge di Sentosa, seru!

      Delete
  22. Mba tesya, mw nanya nih, kami sekeluarga pengen keliling malaysia singapura taon dpn. Yg bikin bingung, k singapura dlu ato lsg ke malaysia yah, karena rencana d singapura cm numpang lewat plus liat2 bentar mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau saya sarankan ke Singapura dulu, kenapa? Karena airport tax dari Changi keluar (atau dalam hal ini pulang ke Indonesia) itu mahal. Jadi lebih baik pulang dari Kuala Lumpur.

      Delete
  23. Hii...mba tesya salam kenal, stalking blog nya seru plus informatif..perlu bantuan niy mba,need advice..krg dr 48 jam udh mo ke sing tp blm mastiin hotel, mending pilih hotel sekitar bencoolen atau bugis/beach road yaa ? Yg lebih gampang akses kemana2 nya mba..Kalo jarak st. mrt bugis ke v bencoolen hotel kira2 brp km ? Pls reply..thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, enakan di Bugis/Beach Road, soalnya lokasinya lebih central.

      Delete
  24. Hai mba Tesya, salam kenal. Kami rencana april depan ke Sg dengan 4 anak, 12,9, 4 yo dan 17 mo. Kira2 hotel yg recomended apa ya mba, yg 1 kamar bs u 2 dws dan 4 anak. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Fakhtur, pesan di Bugis Village Hotel aja yang kamarnya besar. Jadi mas bisa bawa kasur pompa untuk tambahan hehe..

      Delete
  25. Mbak nya keren, masih terus aktif balas blog.

    Mau tanya2 nihh mbak. Aq dan keluarga mau ke SGP (istri dan anak 3.5 y.o). Kita berangkat tanggal 16 Januari mendarat jam 3.25 pm dan pulang 19 Januari, take off jam 10 am.

    Kita udah dapat penginapan di dekat stasiun MRT Paya Lebar.

    Klo mau jalan-jalan yang gratisan, kemana aja yaa mbak? Dan untuk daily meal, kita rencana mau masak nasi (jika memungkinkan) atau beli yang murmer dan halal. Kira2 tempatnya dimana mbak?

    Thanks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Dwi, iya saya usahakan balas saat weekend :)

      Yang gratisan aku bahas lengkap di buku kami Mas Family Backpacking Singapura Malaysia, udah beli belum hehe. Tapi yang wajib playground di Gardens By The Bay, Laser Show di MBS, kalau ada waktu ke Jacob Ballas playground.

      Mengenai makanan, masak nasi bisa aja.. Nah di Payalebar sih kan banyak yang muslim, banyak banget restoran atau hawker (kaya food stall gitu) yang halal. Have fun dan semoga liburannya lancar ya.

      Delete
  26. Hai mba tesya..salam kenal dr batam. Saya,suami dan anak (3.3yo) minggu dpn mo ke sing.masih bingung pilih hotel halal yg lokasinya dkt dengan MRT. Ada recomend ga. Rencana kami mau ke USS tp baca blog mba sepertinya GBTB yg ada playground nya itu menarik jg. Apa tiket playground sdh include dng GBTB? Kira kira klo bwa anak umur 3 thn rugi ga ya ke USS? Aku sih dah pernah bwa dia 2thn lalu ke SEAquarium..cm ke USS masih galau. Aku sendiri udh pernah msuk tp 5 thn yg lalu. Jd ga tau apa udh banyak permainan yg bs buat umur sgtu apa ga.mohon info dong recomend ke mana...makasih ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, salam kenal ya.. aku coba jawab pertanyaannya:
      1. Untuk first timer ke Sin, saya recommend Bugis Village Hotel. Dekat MRT, dekat makanan halal, kamarnya besar.
      2. GBTB playground gratis kok Mba, tapi kalau mau masuk ke Flower Dome, baru deh bayar.
      3. Menurut saya sih anaknya belum terlalu bisa main Mba. Lebih seru kalau Mba ke Singapore Zoo. Menurut saya loh ya.
      Have fun ya..

      Delete
    2. Mba boleh tanya lagi.. di deket daerah laser show itu ada tempat sholat terdekat ga ya. Berhubung acaranya berdekatan dng wktu magrib d sing kt rencana mo shalat dl bru ke sana.

      Delete
    3. Sayangnya enggak ada Mba.. Kalau saya dulu numpang solat di tempat Ibu dan Anak (tempat menyusui dan ganti pampers).

      Delete
  27. Hi mba Tesya, salam kenal. Saya dan suami rencana pengen ke Singapore akhir maret 2017. Kami 2 dewasa dan 2 anak(7Y & 3Y). Ini liburan pertama kami keluar Indonesia berempat. Mba ada suggestions ga untuk liburan low budget(banget)? Kalau baca2 diatas, fragrance udh yg low budget dan cocok utk family ya. Kami mungkin pengen ke universal(anak 3thn udh bisa blm ya?). Sisanya ya jalan2 yg tempatnya ga berbayar. Juga mungkin mau belanja(bukan yang merk high end). Ada suggestions ga mba? Maaf kebanyakan nanya, hehehe. Thx in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Claudia, coba saya jawab ya:
      1. Iya kalau hotel sih Fragrance udah murah.
      2. USS enggak jadi low budget kali Mba, kan mahal:D Banyak kok tempat wisata yang gratis dan bagus.
      3. Belanja murah di Mustafa Little India Mba. MRT terdekatnya MRT Farreer Park.
      Have fun ya :)

      Delete
  28. Hallo Mba Tesya, ternyata aku belum khatam2 banget ya mba baca blog mu hihihi.. udah WA jg tp mbok ya masih kurang aja hahaa..

    Tanya dong mba.. Kalo naik bus 400 ke Marina Barrage dr MRT Marina Bay itu bayar lg ga mba? dan kalo mau foto2 buat prewed disana ada charge nya ga ya?

    makasih mba tesyaaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba, iya naik bus 400 bayar pake ez-link.
      Mestinya bayar ya Mba untuk pre-wed, tapi aku ga tau harus nanya-nya ke bagian mana.

      Delete
  29. Salam kenal mba tesya, saya rencana mau liburan ke sing-jb-kl selama 1 minggu dari tgl 22-27 jan bersama suami & anak umur 3,5y. Ini liburan pertama kita keluar negeri. Saya udah sering bolak balik baca blognya mba tp tetep aja ga ngerti2..hehehe..
    Saya mo tanya2 boleh ya mba..hehehe..
    Rencana di sing saya 4D3N,nginap di 81 dickson. Dari changi ke dickson naik MRT kemana mba? Di sing saya rencana mau ke merlion,garden by the bay (cloud forest & flower dome),esplanade,lasershow,singapore river cruise,USS,madame tussauds,trick eye,MBS,singapore flyer,orchard,bugis,mustafa centre. Kira2 bisa kah dalam 3 hari saya mengunjungi semuanya mba? Enak nya kemana dulu ya mba? Bolehkah bagi info mba,naik transportnya kemana & apa saja untuk setiap destinasi saya & berapa kira2 biaya utk masuk masing2 t4 wisatanya. Rencana hari ke 4 paginya setelah checkout hotel saja mau ke legoland. Dari dickson ke legoland naik apa ya & naiknya dimana mba? Sebaiknya saya nginap di johor bahru atau di KL sentral mba? Selain ke legoland saya berencana ke genting highland,batu cave,KLCC,bukit bintang..enaknya kemana dulu ya mba? Dan transport naik apa aja..ada rekomendasi hotel di malaysia kah mba? saya cuma 2 hari di malaysia hari ke 3 balik jkt..mohon bantuannya ya mba,bingung banget saya mba..hari keberangkatan makin deket..makasih banyak ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Muji atau Mba Novi ya panggilannya? Saya jawab disini aja ya, supaya bisa dibaca yang lain. Coba saya buatkan pointersnya.

      1. Dari Changi ke Dicson 81 Hotel: naik MRT ke Bugis, turun dan jalan kaki. Agak jauh sih Mba dari Bugis MRT.

      2. Bisa aja kalau memang mau ke semuanya:
      Day 1: Sing sampe, langsung ke GTB. Malamnya nonton lasershow.. Terus ke Merlion, Esplanade, Boat Quay dan naik river cruise dari Boat Quay.
      Day 2: USS dan Sentosa all day long. Malamnya ke Singapore Flyer.
      Day 3: Hari belanja: ke orchard, mustafa, Bugis, Chinatown.

      3. Untuk transportasi, kemana-mana naik MRT aja Mba.
      Di buku saya, Family Backpacking Singapura dan Malaysia, ada informasi transportasinya, dan ada informasi harga tiket ke masing2 tempat wisata. Malahan ada juga informasi tempat wisata gratis. Silahkan dibaca ya Mba.

      4. Naik bus dari Queen Street Bus Terminal di Singapura ke Johor Bahru.

      Mba coba deh baca lagi, Johor Bahru ke Kuala Lumpur itu 5 jam by bus. Jadi kalau mau ke Legoland nginepnya di Johor Bahru ya.

      Delete
  30. Mba Tasya,mau tanya lg ni, rencana kami sampe Changi jumat malam jam 7, paling lgs ke hotel. Sabtu nya br mulai jln2.krn sy dg kelg, 4 anak, ga bnyk yg akan dikunjungi. Paling merlion Park, sentosa, Dan garden by the bay. Enak nya rute ny gmn ya mba agar wktny efektif dan efesien, merlion - sentosa-gtb, ato merlion - gtb-sentosa?? Rencana nginep Di v lavender. Mgg dah balik Indonesia. Mksh mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku saranin sih: Sentosa, Merlion dan GTB. DI GTB nya sore aja biar adem. Have fun ya :)

      Delete
  31. Hi Mba Tasya, kalo snow city bagus ga ya, sy ubek2 di blognya ba tesya ga ada review snow city heehheh, rekomend ga ya ba
    Tq ba
    Umi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, aku belum kesana karena baca reviewnya kurang ok.
      Tapi enggak ada salahnya Mba cobain..

      Delete
  32. Wah makasih banyak ya mba udah ngasih tau, post yang ini bermanfaat banget! kemarin aku dan ibuku baru dari singapore dan sangat amat terbantu dengan post mba yang ini, jadinya kita gampang nemuin tempat tempatnya! sekali lagi terima kasihhh mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba, semoga librannya berkesan ya :)

      Delete
  33. Bener banget, info nya sgt berguna bgt pas kami liburan di Sg kmrn.bahkan suami sy yg bbrp Kali kesana utk urusan pekerjaan, pengetahuannya msh bnykan sy krn baca tulisan2 mba TesyaπŸ˜ƒ.mksh bnyk ya mba...Ini lanjut baca2 yg KL, ga banyak ya mba yg di KL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha..makasih Mba, udah mampir ke blog kami:)
      Kalau yang KL sama anak-anak sedikit Mba. Tapi kalau yang sama suami atau teman-teman ada. Coba liat di www.tesyasblog.com Di bagian bawah klik yang Kuala Lumpur => http://www.tesyasblog.com/search/label/Kuala%20Lumpur

      Delete
  34. Mbak Tesya,thank you infonya. Hampir setahun lalu,aku nanya2 itinerary nya ke HK dan membantu banget buat mbayangin gmn di HK. Secara ga tau gitu bahasanya hehe. Thn ini mo coba beneran ke SG,biasanya cuma numpang lewat. Thx buat itinerary with kiddos nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Have fun ya Mba, semoga menyenangkan liburannya :)

      Delete
  35. Mbak Teysa, blognya membantu banget nih, cuman makin baca kebawah makin bingung bikin Itinerarynya :p banyak banget yang mau dikunjungi! bantuin bikin bs mb Teysa?
    Rencana mau ke Sing bulan Agustus, 17-20, dgn istri & kiddo 3th. Budget total 11-13jt paling mb. Udh search flight di 5,5jt.
    Ini first trip LN pertama kami, & pengennya backpacker mb (biar murah dan simple). Owya kiddo kami lagi aktif banget, trip yg sesuai dan safe plus murah poool dimana ya?
    Recommend Hotel dan Halal food sekalian ya Mb hehehehe. Tx BTW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha, Hai Mufti, kenapa bingung?:D
      1. Nginep aja di Tai Hoe Hotel, bisa kok satu kamar biasa untuk 2 deasa dan anak 3 tahun. Tai Hoe ini di depannya banyak banget makanan halal. Secara lokasi di dekat Mustafa (Little India).
      2. Anak umur 3 tahun enggak usah ke USS atau Legoland dulu kali ya. Main-main air aja di Marina Barrage, Gardens By The Bay. Tapi kalau ke Singapore Zoo aku recommend sih, bagus. Anak umur 3 tahun pasti suka.
      3. Kalau mau ke Sentosa, beach hopping aja, murah meriah, dan anak tetep suka main air di pantai.
      Semoga lancar ya...

      Delete
    2. Tx mb, langsung book neh hehehehe, planning hanya ke SG aja, ni juga lagi nunggu buku "Family Backpacking Singapura dan Malaysia" di gramed online buat nambah2 enaknya kemana aja hehehe. Pokoke have fun dan foto2, kan newbie, shopingnya ntar dulu nunggu sisa sisa.

      Delete
    3. Have fun yaaa :)
      Shopping mah asal tempelan kulkas aja aku sih heheheh:D

      Delete
  36. Mbak, klo naik Uber ke tempat2 yg mbak tulis diatas. Bisa ga sih? Soalnya bingung ngapalin bus/mrtnya hehehe

    ReplyDelete
  37. Hai mba salam kenal ya.

    Insya Allah ada plan ke sing -jb - KL. Cmn bingung juga. Sampe di sing jam 00.00. N bawa 2 kiddos. Mau ke hotel nanggung bgt ya mba. Karna maunya pagi lgsg ke JB dg tujuan legoland.

    Kalo baca baca blog mb tesya. Pnh tidur di changi airport. Itu bebas mba utk siapa aja boleh?

    Ada syaratnya g? Kalo bawa kiddos istrahat di situ recomended g?

    Di reply ya mba

    ReplyDelete
  38. Mba aku mau nanya dong klo untuk transportasi tgh malam atau jam 1 pagi, bus singapore msh beroprasional kah? Klo MRT kan hanya sampe jam 11 malem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada night bus Mba, tapi jarang sih. Jadi paling baik kalau Mba naik Uber aja.

      Delete
  39. Hi mbak Tesya, salam kenal ya mbak .. tks blognya sangat2 membantu bgt .. cmn bener spt yg diposting mbak sapa tuh yg di atas kok sy g khatam2..hahaha jd mo nanya sbb
    1. Rencana ke sin 3D/2N mg dpn dgn 3 dewasa dan 3 kiddos (7,8 dan 9 yo).pswt tiba jam 14 wkt setempat dan ngibep di v-lavender.Enaknya transportasi ke hotel by uber or mrt ya mbak..bw kiddos agak khatir jg plus bw koper

    2. Rencana maunya ke merlion, laser show, orchad,GbTB, USS, bugis
    Bagusnya itin nya gmn mbak Tesya?!
    Dan transportnya baiknya pake apa

    3. Kami plg dg pswt jam 17 klo mo jln2 dulu stlh check out , koper bs dtitip dmn ya mbak

    Terima kasih mbak Tesya ini lg bburu bukunya di gramed byat psiapan pergi 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy kmrn nginep Di v lavender jg, pake mrt dg 4 anak :) Di v lavender bs nitip koper kok

      Delete
    2. Thank you Mbak Hadnah untuk informasinya.

      Delete
    3. Mbak, aku reply ya..
      1. Enak sih pake Uber, enggak repot. Tapi harus 2 Uber atau pesan Uber XL.

      2. Mba ke GTB dulu aja: dari V Lavender pake MRT ke Bugis, di Bugis turun dan ganti kereta Downtown Line ke arah Bayfront. Turun di Bayfront, exit ke arah Gardens By The Bay. Nanti Dari Gardens jalan kaki aka ke MBS, untuk nonton laser show. Terakhir bisa naik bus atau jalan kaki ke Merlion Park. Ini udah malam kan ya.

      Besoknya baru ke USS seharian, pulang USS baru ke Bugis. Dari V Lavender naik MRT aja ke USS nya.

      3. Bisa titip di hotel Mbak.

      Have fun ya..

      Delete