Menunggu Pesawat di Terminal 1 Changi Airport

"Tok..tok.." saya mengetuk pintu kamar @rona_willis pagi itu yang terpaut tiga kamar dari family room kami. Rona rupanya belum siap, sehingga saya katakan, "Gw duluan ya Ron, mau cari jam titipan temen". Dan pergilah kami naik taksi dari Fragrance Emerald ke Changi airport. Karena jalan yang lengang pagi itu, kami hanya membayar ongkos taksi sekitar SGD 15. Sang supir mengantarkan kami ke pintu terdekat dengan gate Air Asia.

Kami tiba dua jam sebelum jadwal flight kami dan langsung menuju antrian document check Air Asia di Terminal 1. Karena sudah web check-in, proses document check pun menjadi lebih cepat.

Siap-siap pulang deh...


Pada saat document check, petugas menimbang backpack kami. Aman, masing-masing berbobot kurang dari 7 kg. Kami langsung menuju departure hall untuk proses immigration clearance.

Bersiap memasuki area departure

Lalu apa yang bisa dilakukan di Changi Airport jika Anda harus menunggu pesawat seperti kami? Tenang, aktivitas seru ditawarkan airport terbaik di dunia ini. Harga pajak yang include di tiket dari Singapura, sepadan dengan segala fasilitas yang ditawarkan.

1. Ambil Trolley dan Cek Nomor Gate 

Segera kami mengambil trolley setelah melakukan cap paspor. Lumayan kan supaya punggung enggak cape dan kiddos pun happy bisa kami dorong. Tidak lupa kami langsung menuju mesin flight info untuk mengetahui nomor gate dari penerbangan kami. Pada saat web check-in kami kan belum tau nomor gate-nya.

Trolley imut-imut
Ayo scan boading pass dulu sebelum
shopping di Changi:p

2. Eksis di The Social Tree

Sebuah pohon yang sangat eye-catching menyambut penumpang yang sudah berhasil melakukan cap paspor. Kami awalnya tidak tertarik mendekat dan segera mencari playground untuk kiddos. Namun setelah mengetahui dari teman saya Sehan bahwa kita bisa eksis disana, kami pun segera menghampiri pohon artificial ini.

The Social Tree di Terminal 1 Changi

Ternyata mesin-mesin di sekitar pohon ini berguna untuk mengambil foto selfie, dengan sigap kami berpose keluarga, dan voila...foto kami masuk ke dalam Social Tree. Ide-nya awesome ya! Dan foto yang kita ambil ini juga bisa langsung di share ke social media.

Our family picture at the Social Tree

3. Bermain di Playground 

Dimanapun itu kalau jalan-jalan sama anak yang mereka cari pasti playground kan? Yup begitu juga dengan kiddos. Kami menemukan playground di area makan. Keren deh, di atas ada helicopter-nya, wah kiddos berkali-kali naik ke sana.

Playground di Terminal 1 Changi

Area playground di Terminal 1 Changi berlokasi tidak jauh dari Garden @ Changi. Karena terlalu lama bermain kami tidak sempat ke taman outdoor dan hanya sempat foto-foto saja di dalam.

Booth foto Garden at Changi

4. Shopping..., anyone?

Jika Anda masih mempunyai SGD tersisa, Changi adalah surga shopping. Saya kurang beruntung karena tidak menemukan jam yang dititip oleh teman saya. Jadilah saya tidak belanja, tapi sempat mengintip toko apa saja yang ada di Terminal 1 Changi.

Helloo Mister M & M :)
Untungnya kiddos enggak lihat ada toko ini:p
Tempat belanja yang nyaman dan tanpa tax loh

5. Makan di Changi

Pagi itu kami memilih tempat makan di dekat playground saja. Pilihan kami jatuh pada roti srikaya dan teh tarik. Memang sejak meninggalkan hotel kami belum makan, jadi rasanya roti srikaya nya enak banget *apa laper ya?

Harga makanan di Changi relatif mahal, jadi kalau memang Anda perlu budgeting untuk liburan, saya sarankan budget kan SGD 10 untuk dewasa. Sebetulnya kalau mau irit bisa juga bawa cup noodle, dan ambilah air panas di ruangan menyusui. 

Cakep nih, area makan menyatu dengan playground

Di area makan ini juga ada free internet corner. Kalau gadget Anda habis batere dan butuh booking hotel atau tiket pesawat untuk liburan berikutnya #eaaaa bisa menggunakan komputer yang tersedia. Tapi kalau bawa gadget sendiri, gunakan saja free wifi-nya Changi.



6. Foto Dengan Icon World Cup'14

Last but not least, kiddos juga berkesempatan foto dengan icon world cup 2014. Yah, walaupun enggak sampai ke Brazil, lumayan lah bisa foto di Changi hehehe...

Kapan ya bisa nonton World Cup beneran? Hehe

Waktu menunggu begitu cepat berlalu, dan akhirnya kami sudah harus segera masuk pesawat Air Asia kembali ke Jakarta.

Semoga bisa dapat tiket promo lagi ke Singapura, masih banyak atraksi gratis yang belum sempat kami coba dalam kesempatan kali ini. Amiin :)

*end of our 4 days 3 nights Legoland trip*


written on May 3, 2014 by @tesyasblog


Previous Post:


12 comments:

  1. paling enak ada tempat makan dan free internetnya ya, mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya setuju plus ada playground nya ya :)

      Delete
  2. Mba Tesya, thanks a lot untuk bukunya ya, saya udah terima dari mb Rona :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lily salam kenal ya...semoga bukunya bisa membantu planning liburan ke Singapura dan Malaysia ya :)

      Delete
  3. Mbak mau tanya kalau harga sepatu kaya nike/adidaa di changi ada store khususnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas Sigit, waduh maaf Mas saya ga merhatiin. Coba mas cek di link ini ya: http://www.changiairport.com/shopping-and-dining/shopping/view-shopping-directory

      Delete
    2. Kisaran Sekitar $185 -$205 update 14 mei 2016

      Delete
    3. Terimakasih Mba untuk infonya :)

      Delete
  4. Numpang tanya donk bang, untuk tahu terminal keberangkatan kita di mana ya liat nya ? Makasih mohon banget bantuan ny karena ini penerbangan saya ke changi dan sendirian bener bener takut kalo ada apa apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mba Rina, nama saya Tesya.
      Pake airline apa? Kalau Jetstar di Terminal 1, Air Asia di Terminal 2.
      Atau supaya lebih pasti, keliatan kok di tiketnya.

      Delete
  5. dear mba tesyaaa,,

    buku panduan yang dijual lengkap kan untuk liburan SIN KL ? dari makanan, tempat hiburan, hotel, arah arah yang bisa diambil, waktu waktu yang bagus? di gramedia ada gak yah ? dari beberapa blog yang udah aku baca blog mba paling gampang di mengerti :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, Insya Alloh lengkap hehe.. Di Gramedia ada di bagian buku traveling, kalau ga nemu bisa pesen via aku. Email aja ya Mba ke tesyas.blog@gmail.com

      Thank you for your nice words about our blogs:)

      Delete