Cara Mencari Rute Bus di Singapura Step by Step


Salah satu alasan menjadikan Singapura sebagai negara pertama yang dikunjungi oleh keluarga Indonesia untuk "pengalaman liburan keluar negeri" adalah karena sistem transportasi yang sangat baik. Mass Rapid Transit (MRT) memang reliable dan nyaman, membuat siapapun bisa menjadi independent traveler di Singapura.

Tapi MRT juga bisa lelah loh...

Suatu hari, pembaca blog tesyaskinderen yang tengah berlibur ke Singapura bersama keluarga, Mas Adit, mengirimkam pesan melalui WA, "Mba, MRT-nya ada gangguan, kalau naik bus kembali ke hotel naik nomor berapa ya?"

Saya lebih suka naik bus di Singapura karena tiga alasan: 1) Jalan kaki lebih dekat, 2) Lebih Murah dari MRT dan 3) Banyak yang bisa dilihat.

Apalagi kalau duduk di bus lantai 2, pemandangan-nya lebih seru!


Ada dua perusahaan bus di Singapura, SBS Transit Ltd dan SMRT Buses Ltd. Dari kedua website, saya paling sering menggunakan website SBS Transit untuk mencari tau rute bus yang saya perlukan.

Saya akui memang mempelajari rute bus di Singapura lebih menantang daripada mempelajari rute MRT. Namun dengan informasi yang lengkap di internet, hanya perlu ketekunan dan wifi yang kenceng kok.

Udah siap mengikuti cara mencari dan mengetahui rute bus di Singapura?


STEP 1: Lihat di Google Map, Nama Bus Stop Terdekat Dengan Hotel Anda


Misalnya saja dari hotel Fragrance Emerald, terlihat bahwa bus stop terdekat ada di sebelah kanan, yaitu di Geylang Road.

Balon merah adalah Fragrance Hotel Emerald


Letakan kursor komputer ke atas bus stop berwarna biru (atau klik lambang bus stop jika menggunakan smartphone), dan Google Map akan memberitahu nama bus stop serta bus apa saja yang melewati penginapan Anda.

Nama bus stop: Opp (Opposite) Mohd Shalleh Mosque



STEP 2: Cari Rute Bus Menggunakan "Journey Planner"


Lalu masuklah ke website SBS Transit dan klik "Plan My Route". Masukan nama jalan dan pilih nama bus stop, dan masukan juga tujuan Anda.

Misalnya dari hotel di Geylang Road, saya memilih Bugis MRT


Kemudian Journey Planner akan menanyakan exact location Anda akan pergi kemana.

Anda harus memilih lokasi yang paling tepat, karena akan ke MRT station, 
saya pilih Bugis STN (atau Bugis Station)


Jika belum mengerti Anda mau kemana, ia akan terus bertanya lebih detail. Pada tahap ini, Anda memang harus mengetahui nama bus stop dari mana Anda pergi, juga bus stop destinasi yang dituju.

Memilih nama bus stop asal dan nama bus stop yang dituju



STEP 3: Memilih Nomor Bus

Journey Planner akhirnya akan memberikan rekomendasi bus mana saja yang bisa dipilih.

Ini adalah alternatif nomor bus yang bisa saya pilih untuk menuju Bugis Station dari hotel


STEP 4: Anda Sudah Siap Naik Bus :)

Anda tinggal berjalan ke bus stop, menunggu bus datang, dan naiklah ke dalam bus. Katakan pada supir Anda mau kemana, duduklah di dekat supir agar ia bisa memberitahu Anda ketika harus turun.


Kadang bus stop kecil hanya seperti ini,
hanya terdapat tiang berlambang bus saja.
Ini adalah bus stop Opp Mohd Salleh Mosque

Atau nyalakan GPS, dan bersiaplah turun ketika sudah dekat tujuan. Misalnya saya memilih bus nomor 2, ketika sudah dekat Victoria Street, saya akan bersiap turun (lihat screen shoot di atas, tertulis: "Alight at Victoria ST, Bugis STN")

Cara Naik Bus di Singapura:

1. Masuklah dari pintu dekat supir, tap atau tempelkan Ez-Link card ke mesin di dekat supir.
2. Duduk atau berdiri di dalam bus.
3. Push tombol "Stop" ketika Anda sudah mendekati bus stop tujuan.
4. Keluar dari pintu tengah, tempelkan Ez-Link card ke mesin di dekat pintu keluar. Saldo Ez-Link akan terpotong sejumlah jarak yang ditempuh.
5. Perlu diingat: Jika Anda lupa menempelkan Ez-Link card pada saat keluar bus, ketika Anda naik bus berikutnya, saldo Anda akan berkurang sebesar ongkos termahal (untuk rute yang paling jauh). Jangan sampai lupa ya!



STEP 5: Menyiapkan Rute Bus 


Untuk Anda yang lebih well prepared, Anda bisa klik nomor bus pada step 3, untuk mengetahui secara detail bus stop apa saja yang akan dilewati. Dengan cara ini, Anda tidak perlu bertanya kepada supir bus.


Layar ini akan muncul setelah Anda klik Bus Number 2 pada Step 3

Screenshoot saya potong, ini adalah rute dari Geylang Road menuju Victoria Street


Pada gambar di atas, berarti saya naik di Geylang Road, bus stop bernama Opp Mohd Salleh Mque dan turun di Victoria Street Bugis STN. Atau bus stop ke 7 setelah saya naik.

Anda bisa memilih melakukan hingga Step 4, atau hingga Step 5.

***

Cara mencari rute bus di Singapura ini bisa dilakukan untuk ke berbagai tujuan. Misalnya Anda dari Bugis Junction ingin ke Clarke Quay. Daripada naik MRT dan harus ganti kereta di Outram Park (dari line hijau ke ungu), Anda bisa naik bus nomor 33. Clarke Quay itu hanya beberapa bus stop saja dari Bugis Junction.

Pergunakan selalu google map untuk mengetahui nama bus stop dan nama jalan dari satu tempat, bangunan atau MRT Station yang Anda ingin tuju. 

Silahkan dicoba cara ini step by step ya, dan Anda akan satu langkah lebih advanced, tidak hanya bisa keliling Singapura dengan MRT, tapi juga dengan bus :)


written on September 14, 2015 by @tesyasblog


Related Posts:
Berapa Biaya Liburan ke Singapura?
Hostel di Singapura Untuk Keluarga
Naik MRT Dari Changi ke Kota Singapura
Itinerary Liburan Hemat Dengan Keluarga ke Singapura
3 Hari 2 Malam di Singapura



Untuk kepentingan merencanakan liburan ke Singapura, jangan lupa membeli buku kami: Family Backpacking Singapura dan Malaysia yang diterbitkan Elexmedia.

30 comments:

  1. nice share mba...Kalo pengalaman saya naik bis..agar tidak kelewat halte yang akan kita tuju.. biasanya liat rute bis nya di halte terus menghapal 2 halte terakhir sebelum halte tujuan kita.. jadi disaat sudah mendekati tujuan siap siap turun.. dan posisi duduk nya di sebelah kiri.. jadi bisa liat liat halte yang sudah di lewati.. agak ribet tapi suka males buka buka hp he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tips nya top abis, thank you udah nambahin tips nya lagi ya.. :)

      Delete
  2. Saya tuh 2x ke singapura tapi blum pernah rasain bus dan taxi nya.. soalnya di Indonesia sudah sering.. jadi kalo ke singapura yang saya pakai itu MRT nya... hehehehehe ndeso banget ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe gpp Mas, next time coba naik bus. Saya sebisa mungkin naik bus tingkat dua yang juga enggak ada di Indonesia. Eh ada denk beberapa bus, seperti Bandros di Bandung hehe..

      Delete
  3. Halo Mba, saya mau nanya dong..
    Kalau saya mau stay di Fragrance Hotel Emerald Geylang seperti Mba Tesya, saya ke Universal Studio dan Singapore Zoo naik apa ya enaknya?
    Ada saran tempat mana saja yg bagus untuk dikunjungi dalam tempo 4D3N??
    Lebih enak mana ya saya nginap di Fragrance Balestier Road atau yg di Geylang? dan saya dr airport kl naik taxi bayar berapa? naik MRT bayar berapa?
    Terimakasih banyak Mba.. :) Maaf saya banyak nanya, masih buta Sgp soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, udah beli buku Family Backpacking Singapura dan Malaysia? Bukannya promosi nih Mba (hihi) tapi disitu saya tulis tempat wisata dengan anak yang gratis dan bayar, juga contoh itinerary beserta biayanya. Kalau sempat mampir ke Gramedia ya Mba hehehe..

      Dari Fragrance Hotel Emerald ke USS naik bus 80, turun di Vivo City, terus ke Sentosa deh.

      Dari Fragrance Hotel Emerald ke Singapore Zoo, naik bus 80, turun di City Hall MRT. Naik MRT dan turun di Ang Mo Kio Station. Jalan kaki ke bus interchange (connected directly from MRT Station), naik bus 138 ke zoo. Kalau di buku sih saya rekomen naik SAEX Bus dari beberapa hotel di Bugis, Orhard, etc.

      Fragrance Balestier bagus kan kamarnya ada ranjang susun-nya bukan? Tapi jauh aja dari MRT ya, harus naik bus. Dari airport naik taksi sekitar SGD25, kalau pakai MRT SGD2.5 per-orang kurang lebih.

      Semoga membantu ya Mba...

      Delete
  4. Ini kayanya saya ya yang dibahas?? hehehehe... pengalaman banget ni mba, sekali nya ke singapore malah MRT nya down. Alhasil nunggu hampir 3 jam nunggu bus yang agak sepi. Sampai hotel jam setengah satu pagi xixixixi... Thank you ya mba atas bantuannya.

    ReplyDelete
  5. Wuaaaaa ada namaku di tulisannya Mba... Hehehehe...
    Makasih banget udh guide us selama di Singapore ya Mba, wah jd ketagihan travelling nih jdnya...
    Jangan bosen2 kalo ditanyain ya Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya Mas Adit, ini dirimu :))
      Makasih juga karena WA mu menginspirasi aku menulis posting ini Mas hehehe..

      Delete
  6. Hai mba tesya..
    untuk naik bus atau MRT, apakah anak usia 3 tahun harus bayar seperti orang dewasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Wanda, gratis untuk anak di bawah 7 tahun. Saya ada postingan mengenai hal tsb, coba Mba googling: "Kartu Ez Link Untuk Anak" ya..

      Delete
  7. Halo mba Tesya.. Aku seneng naik bis di singapura..bersih dan nyaman sekali sampe ga mau turun hehe.. Pengalaman kami naik bis ke singapore zoo juga berdasarkan cerita mba Tesya.. Ternyata lbh praktis ya dr naik MRT..pulangnya juga naik hop on hop off yg rute pulang malem dr night safari..seru juga di lantai 2 wlo malam2 liat pemandangan singapur dr pinggir ke city center...seruuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sari, apa kabar?
      Wah aku malah belum pernah loh naik Hop On Hop Off, cuma liat aja dari kejauhan:D Glad you enjoyed your holiday:)

      Delete
  8. Kalau bawa rombongan 14 orang naik bisdimarahin ga? Apa keangkut semua. Atau terpisah2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ira, tergantung bus nya penuh enggak? Saya pernah bareng temen-temen 12 orang sih keangkut semua, dari Cozie Lodge ke Vivo City waktu itu.

      Tapi pastiin aja semua punya ezlink ya, jadi cepet pas masuk dan keluar busnya.

      Delete
  9. Malem kak tesya .. Thanks ya kak artikel nya .. Sukses deh perjalanan aku 4 malem keliling spore dengan bus , mrt , dan saex bus .. Kak kapan lg nih ke ungaran .? Aku traktir kepiting ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba Lia kalau udah sukses menjelajah Singapura:)
      Duuh pengen Mba ke unggaran lagi, pengen beli tahu bakso hahaha...

      Delete
    2. Kalo tahu bakso bisa dikirim ke jakarta by paket kog kak .. cius ya kak ?? Heheheh

      Delete
    3. Hahaha enggak, nanti aja kalau ke Semarang beli lagi Mbak:D

      Delete
  10. Saya plan ke Sq ntar di 21 Juli. Nginep di Rucksack Inn Bugis, ada yg pernah disini?bagus ga? Mnrt Agoda ini adalah eco hotel with 18m2 room (katanya..). Dari Airport better ke hotel naek MRT, bener ga mba? Dan mnrt pengalaman saya MRT card exp pada hari ke 3 jadi saya plan hari tsb mo naek bus aja. Kalo di airport kartu bus beli dimana ya? Bisa kasih saran lain ga mba kalo di singapore better naik bus atau mrt melihat waktu saya disana cuma 5hari 4malem. Thanks ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Ruddy, untuk Rucksack Inn, saya pernah menginap di cabang mereka yang di Hong Kong Street. Silahkan dibaca reviewnya =>
      http://www.tesyasblog.com/2011/01/staying-at-rucksack-inn-2-singapore.html

      Saya suka menginap di Rucksack Inn, modern dan menyenangkan.

      Iya kalau mau murah naik MRT aja Mas, Bugis dan Changi ada di satu line hijau, jadi enggak perlu pindah kereta, enggak ribet.

      MRT Card yang expired 3 hari itu Singapore Tourist Pass kan maksudnya? Kalau Mas pake Ez-link card, Mas bisa pake ampe 5 tahun. Cobain aja pake Ez-link Mas.

      Lebih enak naik bus karena jalan kaki enggak jauh. Tapi ya Mas harus tau rute2nya juga sih. Di combine aja Mas antara bus dan MRT.

      Have fun ya di Singapore :)

      Delete
  11. Hallo mba..kalau saya inap di fragrance Hotel bugis ke Singapore Zoo naik bus No brapa ya? Dan saya bawa anak usia 2 tahun. Dia dikenakan ongkos ga mba? Thx ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau mau naik transportasi umum:Dari Bugis MRT Mba ke Ang Mo Kio MRT Station dulu (lajur merah), dari situ baru naik bus nomor 138 ke Zoo. Umur 2 tahun enggak bayar.

      Kalau saya waktu itu naik SAEX bus Mba, lebih cepet dan nyaman. Coba cek link ini ya:
      http://www.zoo.com.sg/visitor-info/singapore-attractions-express.html

      Delete
  12. Hai mba..sy rencana ke singapore tgl 23 okt nanti via batam. Sy masih buta soal pore. Bisa tolong dijelasin mba.. makasih yahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, apa yang bisa saya jelasin ya? Kalau Viat Batam nanti Mba naik MRT aja dari Harbourfront menuju hotel. Hmm, kemudian apalagi ya yang perlu dijelaskan? Hehe..

      Delete
  13. Hai Mba Tesya, terima kasih banyak informasinya. Bermanfaat bangett utk saya yg perdana & masih buta di Sing, hehee. Oya Mba, kalo STP bisa utk tap di bus juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba sama-sama, semoga bermanfaat. STP bisa pake bus juga Mba..

      Delete
  14. hai mbaka tesya,, mau nanya dong,, dari bandara changi ke hostel mitraa in gimana ya route mrt nya, naik yg line apa aja urutannya.. kalo misal naik bus gimana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak..begini caranya:
      1. Naik MRT dari Changi ke Outram Park, kemudian ganti kereta line ungu ke arah Punggol.
      2. Turun di Farreer Park MRT Station
      3. Jalan kaki ke hostel.
      Have fun ya :)

      Delete