Hostel di Singapura Untuk Keluarga Rp 1 juta-an


Saya dibuat puyeng ketika harus memilih hostel di Singapura untuk keluarga. Pertama, karena kami saat itu liburan pada periode school holiday yang artinya harga hotel maupun hostel lebih mahal daripada biasanya. Kedua karena nilai tukar SGD terhadap IDR saat itu hampir Rp 10.000 sedangkan budget saya Rp 1 juta dan "hanya" menjadi SGD 100 per malam (untuk empat orang) karena unfavorable exchange rate.

Jika saja budget tidak terbatas, banyak pilihan hostel untuk keluarga di Singapura. Anda dapat mencoba menginap di jaringan 5 Footway Inn atau Rucksack Inn yang memiliki quadruple room. Namun hostel ini memasang harga mulai dari SGD 150. 

Setelah membaca review di tripadvisor dan hostelbookers, akhirnya ada tiga hostel di Singapura degan rate Rp 1 juta-an untuk empat orang yang menjadi pilihan saya: Classic Room di Moni Gallery Hostel , family room di Joyfor Backpacker's Hostel dan Four bedded dorm di The Mitraa,

The Mitraa terletak dekat dengan Fareer Park MRT (line ungu)


1. Moni Gallery Hostel

Agak galau ketika memutuskan untuk memilih Moni Gallery Hostel. Kalau saya liat di web mereka, kayanya fotonya bagus dan testimonialnya juga ok. Tapi ketika membaca review di tripadvisor kenapa banyak yang tidak merekomendasikan ya?

Jadilah walau mereka memiliki Classic Room dengan rate SGD 100 per malam untuk empat orang, saya tidak jadi melakukan reservasi, dan terus mencari hotel yang lain.


2. Joyfor Backpacker Hostel

Tidak sengaja saya menemukan hostel ini lewat agoda. Review yang bagus di agoda dan tripadvisor membuat saya sangat tertarik untuk memesan kamar keluarga di Joyfor Backpacker Hostel. Namun apa daya, harga kamar ditawarkan mulai dari SGD 125 untuk enam orang. Tidak ada kamar untuk empat orang. Aah, kecewa!

Sewaktu saya melihat foto kamar, saya sangat terkesan dengan luas kamarnya yang termasuk wow untuk ukuran sebuah kamar hostel.

Kamar di Joyfor Backpackers Hostel, foto diambil dari agoda.com


Lokasi hostel ini memang dekat dengan Geylang (red light area di Singapura), namun berada di daerah "aman". Joyfor berlokasi dekat dengan Station MRT Kallang. Di seberang hotel terdapat bus stop, di antaranya dengan rute menuju Mustafa (bus no 21), Vivo City (bus no.80), Murtabak Zam Zam (bus no.63, 80) dan Bugis STN (bus no.2). Di sekitar hostel juga terdapat convenience store dan rumah makan halal. 


3. The Mitraa


Akhirnya, saya putuskan untuk menginap di The Mitraa. Hostel ini terletak di MRT line ungu, cocok dengan itinerary kami di Singapura yang bertujuan khusus mengunjungi USS dan SEA Aquarium. Keduanya dapat dicapai dengan MRT line ungu dan turun di Harbourfront MRT Station. 

4 bedded room kami seharga SGD 100 per malam (sesuai budget) termasuk makan pagi untuk 4 orang. Walaupun akhirnya kami tidak sempat makan pagi karena keesokan harinya memilih naik bus pagi ke Johor Bahru.

Kamar kami di The Mitraa

Plus points:
- lokasi sekitar 10 menit berjalan kaki ke MRT Fareer Park
- bunk bed yang besar
- staff yang hebat dan sangat helpfull
- terdapat mini market dan tempat makan di sekitar hotel

Minus points:
- secara keseluruhan bangunan hostel ini showing its age
- kamar mandi yang kami pakai di lantai tiga tidak bisa dikunci dengan baik, sehingga waswas ketika mandi di dalam:p Kamar mandi pun terlihat sudah "lama" tidak seperti kamar mandi hostel di Singapura lainnya yang modern. Tapi kebersihan kamar mandi sih ok banget.

Special notes:
Terdapat dua hostel yang dimiliki The Mitraa yaitu Mitraa Inn dan The Mitraa. Keduanya terletak berdekatan. Harga Mitraa Inn sedikit lebih mahal.

***

Pengalaman pertama membawa anak menginap di hostel Singapura memang seru. Saya harus berkali-kali mengingatkan mereka untuk tidak menyalakan pistol "Despicable Me" yang kami beli di USS. Khawatir akan mengganggu tamu di kamar sebelah. 

Satu hal yang tidak disukai kiddos adalah kamar mandi yang berada di luar (sharing bathroom). Tapi saya berusaha menjelaskan kepada mereka bahwa harga hotel dan hostel di Singapura mahal. Dengan menginap di hostel yang terjangkau di Singapura, uang untuk liburan dapat dialokasikan untuk makan, transportasi dan membeli hal yang lain (termasuk mainan di USS:D). 

Pilihan menginap di hotel ataupun hostel di Singapura sepenuhnya tergantung pada budget liburan Anda. Yang penting, menginaplah di line MRT yang sesuai dengan itinerary liburan yang telah Anda susun. Khususnya jika Anda memang berencana menjelajahi Singapura menggunakan MRT.


written on August 17, 2014 by @tesyasblog


Mencari referensi penginapan di Singapura? Review hostel dan hotel Singapura di tesyasblog.com dapat dibaca pada link ini.



Related Posts:
Berapa Biaya Liburan ke Singapura?
Naik MRT Dari Changi ke Kota Singapura
Itinerary Liburan Hemat Dengan Keluarga ke Singapura
3 Hari 2 Malam di Singapura


Untuk kepentingan merencanakan liburan ke Singapura, jangan lupa membeli buku kami: Family Backpacking Singapura dan Malaysia yang diterbitkan Elexmedia.

21 comments:

  1. sip sip... reviewnya berguna nih mba... aku jg slalu pusing kalo cari pengnapan di SG krn jrg ada yg murah ;p. trs lg, yg sebelnya, suka ada tulisan ngelarang bawa anak dibawah 4 thn itu loh... makanya aku prefer tinggal di hotel tiap ke SG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya emang enggak semua bolehin anak kecil sih ya. Anakmu satu Fan, ke hotel gampang. Lah anak ku dua:D Jadi deh ke hostel aja...

      Delete
  2. Sebenarnya di orchard, lorong menuju mount elisabeth, ada banyak ditawarkan apartemen murah, dan banyak orang indonesia yang nginep di situ. Waktu bulan mei, aku ama teman-teman sewa 1 room dengan 2 king size dan 2 twin share seharga 180 $S.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nelson, thank you untuk comment-nya. Kalau ada contact person nya, tolong disertakan ya, supaya membantu pembaca yang lain. Thanks in advance.

      Delete
  3. halo, saya mau nanya untuk tiket uss beli di indonesia atau beli langsung di sana? kalo beli di indonesia, boleh di share gak belinya dimana, thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli langsung di website nya. Kalau beli di Indonesia bisa di tour agent semacam DwiDaya Tour.

      Delete
  4. Yuhuuu akhirnya nemu ini.Hotel dengan harga terjangkau dan budget sejutaan.Secara dari pagi browsing gak nemu nemu hotel murah buat berempat.Kami dan dua krucils.Tengkyu mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks udah mampir Mbak, jadinya book di hostel yang mana nih?

      Delete
  5. Saya tinggal di Singapur, menawarkan kamar apartment Orchard harga $100 sgd/malam untuk ber4 (low season),juga tiket Universal $60 sgd dewasa, Bisa tambah express anti antrian Universal juga dan juga jual tiket legoland, WA saja (+65) 93723570

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Mas Heru, thank you infonya.

      Delete
    2. Hallo Pak Heru.. Bisa minta info harganya untuk Januari 2017?

      Delete
  6. kalau untuk high season bisa naik jadi berapa mas heru?

    ReplyDelete
  7. Tqs,Tesya info nya,memang ada juga di Bugis yg juga sekitar itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Pak, di Bugis untuk berapa orang Pak? Kalau dua orang bisa di Marrison Hotel. Dekat sekali dengan MRT Bugis.

      Delete
  8. Hai mba tesya,, mau nanya... Pas liat peraturannya, anak dibawah 5 th free ya... Saya, suami n anak umur 3 th udh booking di double room the mitraa ini...Pas cetak voucher terdaftar 2 guest... Itu gmana ntar ya mba? Apa dedeknya bayar tambahan lagi? mohon bantuan ya mba... Makasih mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Riri, sebaiknya Mba email the mitraa. Mba cerita aja kalau baca di peraturang free, jadi Mba book double room. Supaya pas cek in hati tenang hehe..
      Have fun di Singapore ya :)

      Delete
  9. tolong dwong rekomendasikan apartemen di singapura yg lowbudget...buat 3org dewaa 1 anak umur 3thn dan baby 10bln untuk 2 malam thanks

    ReplyDelete
  10. mba, kalau bawa anak dibawah 1 tahun kira-kira nginep disini dengan kamar mandi luar nyaman ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Rere, Mba musti email hostelnya dulu ya, apakah boleh usia < 1tahun menginap di sana?
      Kalau masalah nyaman sih relatif Mba, tapi challengenya adalah, bagaimana supaya anak Mba enggak nangis, karena akan ganggu tamu yang lain.

      Opsinya pilih aja hotel yang semalam Rp 600 ribu,sama aja di hostel bertiga juga Rp 600 ribu. Pilihannya chain hotel Fragrance, Hotel 81, coba deh Mba liat-liat ya.

      Delete
  11. mba ak tanya dunk :) anak ku baru 2 tahun, apa dia dihitung bayar? kalo kitah masuk hostel nya dini hari apa masih okay? Thank you sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, iya kalau di hostel hitung per-orang. Kalau anaknya baru satu dan usia 2 tahun, lebih baik menginap di hotel Mba. Dari segi harga bisa lebih murah kalau Mba milih hotel yang budget.

      Masuk hostel dini hari okay kok, selama mereka memang state bahwa resepsionisnya jaga 24 jam.

      Delete