Naik MRT dari Changi Airport ke Kota Singapura


Welcome to Singapore! 

Jika ini adalah kali pertama teman-teman merencanakan liburan ke Singapura dengan keluarga, mungkin masih bingung, bagaimana cara naik MRT dari Changi Airport menuju kota Singapura? 

Tapi tidak perlu khawatir, petunjuk di bandara yang menyandang predikat The Best Aiport in the world berkali-kali ini, sangat mudah diikuti.


Our group has just arrived at T1 - Changi Airport

Arrival at Changi Airport

You will be arriving di Terminal 1 jika terbang dengan Air Asia dan Jetstar. Di Terminal 2 jika terbang dengan Tiger Mandala. Sedangkan jika menggunakan premium airline seperti Garuda Indonesia, teman-teman akan tiba di terminal 3. 


Nama airline di masing-masing terminal


Memang terminal 3 ini super keren, tapi gate Garuda Indonesia terletak di bagian paling ujung, yang artinya jalannya jauh banget! Untungnya Changi menyediakan Skytrain yang bisa dipergunakan dari gate 16 (gate Garuda Indonesia) ke bagian immigration.


Shopping area di T3


Oke, kita kembali ke terminal 1 ya, saya naik Garuda ke Singapura kalau dibayarin aja. Selebihnya, AirAsia, Jetstar dan Tiger Mandala adalah maskapai yang saya pilih:D (update: Tiger Mandala sudah tidak beroperasi, saat ini Tiger berkolaborasi dengan Fly Sccot)

Setelah keluar dari pesawat, pasti kami langsung mengisi botol kosong dengan tap water. Lumayan hemat sekitar SGD 2-3 untuk membeli air mineral di bandara. Kami selalu membawa botol minum kosong, terutama jika bepergian ke Singapura.

Tap water, anyone?


Jalan Kaki Menuju Area Imigrasi

Kemudian teruslah berjalan mengikuti petunjuk "Arrival". Mendekati "Arrival", kehidupan sudah mulai terasa, teman-teman akan disambut Starbucks, toko coklat, toko mainan, toko baju, well.. you name it. From the start, Singapura sudah menyediakan tempat belanja untuk wisawatan:p 


Travelator menuju "Arrival"

Jika sudah selesai belanja, lanjutkan jalan kaki untuk menyelesaikan proses imigrasi. Isilah kartu kedatangan di atas pesawat. Namun jika belum atau tidak sempat, teman-teman bisa mengisi kartu kedatangan di meja yang disediakan, sebelum mengantri untuk stempel passport. Data yang diisi standard lah ya: nama, nomor passport, tgl lahir, alamat di Singapura, berapa lama akan tinggal di Singapura.

Please note bahwa antrean imigrasi Singapura seringkali panjang, apalagi jika saat peak season. Sabarlah antre, dan jangan foto-foto di wilayah imigrasi ya. Dilarang keras.

Yeay...! We are officially arriving in Sigapore! Setelah imigrasi yang kita temui pertama adalah baggage claim area, jika tidak ada bagasi teruslah berjalan ke luar. 


Bagaimana Naik MRT Dari Changi ke kota Singapura?  

Ikuti petunjuk "Train to City" dan teman-teman akan menemukan stasiun Skytrain. MRT station terletak di terminal 3, jadi dari terminal 1, teman-teman harus naik Skytrain terlebih dulu yang disediakan secara gratis.




Keluar dari Skytrain, kita akan disambut toko sepatu Bata. Apa..belanja lagi? Haha..belum juga sampai Singapura, godaan terus menghampiri:D By the way, sandal anak di Bata Singapura itu lucu-lucu loo.. Baiklah, abaikan informasi saya tsb, dan mari terus berjalan ke MRT station.

Stasiun MRT di Changi Airpot



Stasiun MRT Changi terletak di bawah tanah dengan arsitektur yang keren. Untuk naik MRT, kita harus membeli single journey ticket dari vending machine yang tersedia, ataupun membeli ez-link dari MRT Ticket Office.  

MRT dari Changi Airport berakhir di stasiun MRT Tanah Merah. Semua penumpang turun dan keluarlah ke bagian kiri. Dilanjutkan dengan naik MRT arah Joo Koon. Jangan salah keluar MRT ya, karena jika keluar ke kanan, teman-teman akan bertemu MRT ke arah Pasir Ris, yang artinya teman-teman tidak akan tiba di kota Singapura.


Source: Transitlink


Setelah naik MRT line hijau ke arah Joo Koon, turunlah di stasiun MRT terdekat dengan hotel ataupun ganti MRT line ungu, orange atau merah di interchange station.

Berikut Interchange MRT Station untuk teman-teman yang perlu berganti MRT ke line yang lain.
- Untuk ganti ke MRT line orange, turunlah di Paya Lebar MRT Station.
- Untuk ganti ke MRT line merah, turunlah di City Hall MRT Station.
- Untuk ganti ke MRT line ungu, turunlah di Outram Park MRT Station.


Source: Transitlink



Naik Taksi atau Airport Shuttle

Gampang kan naik MRT dari Changi Airport ke kota Singapura? Kalau enggak mau ribet, silahkan naik taksi atau airport shuttle. Perkiraan biayanya ada di foto ini:


MRT atau taksi nih?



written on April 19, 2014  
Follow our IG & twitter: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog

See our video on youtube: tesyasvlog

324 comments:

  1. klo dari changi, lebih deket ke geylang atau bugis...naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Changi ke Geylang lebih dekat, taksi sekitar SGD 15. Kalau ke Bugis taksi sekitar SGD 25.
      Naik MRT, turun di Aljunied Station.

      Delete
  2. mba tesya rencana akhir bulan sy ke sing dr kl, nah nyampenya malam sekitar jam 19.30 kami ber 5 nginap di deket mustafa center nah bagusnya menuju hotel kalau irit naik MRT atau patungan naik taxi/aiport shuttle ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nanda, berhubung taksi hanya untuk 4 orang, jadi kalau mau dua taksi akan kena sekitar SGD 40.
      Airport shuttle SGD 45. Antara taksi dan airport shuttle lebih baik taksi.
      Tapi kalau mau pae MRT lebih hemat lagi. Seorang SGD 2,5. Walalupun secara waktu lebih lama ya.
      Silahkan dipilih..

      Delete
    2. Hai mba tesya ikutan tanya ya
      Rencana aku mau nginap di arianna hotel little india kalau naik MRT gmn caranya mba? Transit atau tdk? Tq mba

      Delete
    3. Hai Mba Mayu, coba cek deh MRT terdekat dari hotel apa? Kayanya bukan MRT Little India Mba. Kok aku bacanya turun di MRT Lavender ya? Apa aku salah?

      Delete
    4. Aku liat di traveloka spt nya MRT terdekat itu farrerpark mba tesya

      Delete
    5. Oh berarti nanti Mba dari Changi ke Tanah Merah, terus naik yang ke Joo Koon. Turun di MRT Outram Park, kemudian naik MRT ungu ke Fareer Park.

      Agak muter2 itu... kalau ada budget sih lebih cepat naik Uber taksi hehe..

      Delete
  3. sis kalo mau menuju johor baru dr changi airport gimana caranya y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Linda, aku share di tesyasblog caranya, coba baca link ini ya:
      http://www.tesyasblog.com/2014/04/bus-ts1-from-changi-airport-to-johor.html

      Delete
  4. Mbak tesya..klo dr changi ke daerah bugis,naek MRT trun di mana..?lansung apa hrus transit dlu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Donny, kalau mau ke Bugis gini caranya:
      1. Naik MRT dari Changi, turun dari Tanah Merah MRT Station (disini semua penumpang akan turun). Turun ke arah kiri, lalu naik MRT mengarah ke Joo Koon. Ingat ya kiri, jangan ke kanan keluarnya.
      2. Udah naik di MRT Joo Koon, tinggal turun di Bugis deh.

      MRT dari Changi itu line hijau, sama dengan Bugis, Jadi enggak perlu transit dulu.
      Semoga membantu ya.

      Delete
  5. mba, rencana aku mau ke singapore ber-7 nih, aku mau menginap di hotel 81 selgie bugis, kalau naik MRT arah jo koon turunnya tepat di stasiun bugis ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Febrina, maksudnya hotel 81 Bugis (Middle Road) atau Hotel 81 Selegie Road nih? Kalau yang middle road, iya deket dari Bugis MRT Station. Kalau yang Selegie jalan kaki masih jauh dari Bugis MRT.

      Delete
  6. Malem mba, saya mau tanya kalo misalnya saya menginap di daerah geylang di budgetone hostel itu dari changi naik MRT nya sekali atau ada transit? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau ke Geylang bisa turun di Aljunied Station atau Kallang Station. Enggak pake transit karena di lajur hijau.
      Semoga lancar ya liburan di Singapura nya.

      Delete
  7. Kak di gramedia ada bukunya kakak? Terus di daerah mana ya yg banyak hotel murah cocok buat muslim gitu dan deket sama tempat wisata keren gitu.. thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di Gramedia Devi, bahkan buku kedua yg Hong Kong pun udah ada.
      Nah hotel murah enggak banyak lagi di Singapura, karena kurs SGD terhadap rupiah yg unfavorable.
      Kalau mau melipir ke daerah Geylang, chain hotel seperti Fragrance itu cukup murah. Agak jauh ke lokasi wisata, tapi kan bisa pake bus atau MRT.

      Delete
    2. Tesya....misal transit 12 jam, otomatis bagasi kita lgs pindah pesawat ya? kalau hendak keluar bandara paspor kita distempel gak? Thx

      Delete
    3. Peswatnya sama kan, cuman transit? Kalau iya, berarti iya langsung pindah bagasinya.
      Kalau keluar bandara, lewat imigrasi, iya cap paspor.

      Delete
  8. rina jegeg3/5/15 8:45 PM

    Dimana beli tiket mrt di changi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rina, aku copy ya paragraf terkait pertanyaan Mba:

      Stasiun MRT Changi terletak di bawah tanah dengan arsitektur yang keren. Untuk naik MRT, anda harus membeli single journey ticket dari vending machine yang tersedia, ataupun membeli ez-link dari MRT ticket office. Anda bisa juga membeli Singapore Tourist Pass. Again, informasi lengkap ada di buku saya dan @olenp ya, di posting ini saya melengkapi dengan foto-foto saja.

      Semoga membantu:)

      Delete
  9. info ke sg pertama kali
    cocok buat backpacker nih
    thanks infonya

    ReplyDelete
  10. Kak mau tanya, kalau dari SIN ke KL untuk budget traveler mending naik kereta/ bus ? tiketnya bisa langsung beli terminal/ stasiun atau harus beli online jauh - jauh hari ? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak, menurut aku sih mending naik KA malam, supaya hemat nginep semalam. Belinya di website ktm.my 3 bulan di muka ya.

      Delete
  11. Hi Mbak Tesya,

    Saya rencana nginap di Swissotel the stamford mbak..kalau di cek di inet, ada stasiun city hall ya di bawahnya..jika dari Changi, kesana MRT nya seperti apa ya mbak? dan berapa lama?

    thanks,

    Candra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, tinggal naik MRT dari Changi, turun di Tanah Merah, naik arah Joo Koon dan turun di MRT City Hall Station. Kira-kira 45 menit.
      Have fun di SIN ya :)

      Delete
  12. Halo Kak, mau nanya kalo nginep di feel at home, dari mrt bugis jauh ngga? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Kak, lumayan sekitar 15 menit jalan kaki.

      Delete
  13. hi mba, dari changi ke hotel v lavender naik mrt apa?kalau pake taxi berapa? rencana kami ber 4 akan k sing d oktober, tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Mba, dari Changi bisa naik MRT, ganti MRT di Stasiun Tanah Merah, lalu lanjut ke Lavender MRT Station.
      Kalau pake taksi bergantung jam kedatangannya Mba. Kalau di jam normal sekitar SGD20-25.

      Delete
  14. Mau nanya nih mbak.... Dari changi menuju marina Bay dibanding changi ke lavender mrt station itu masing2 waktunya berapa lama ya mbak?, ini rencana aku tiba disana jam 10.30 dgn garuda bersama anaku usia 6 th acara di marina Bay jam 14.30 Dan nginep di v hotel deket lavender station, ini aku sebaiknya check in dulu atau langsung jalan ke marina Bay nurut mbak?, thanks

    ReplyDelete
  15. Hai Mba, sebaiknya menurutku sih check-in dulu aja, baru ke MBS. Dari Changi ke Lavender MRT sekitar 30-40 menit.
    Kemudian dari hotel, naik MRT ke MRT Bugis Station. Turun, dan ganti MRT dengan line MRT warna biru.

    Turun di Bayfront MRT Station kalau mau ke MBS.

    ReplyDelete
  16. Saya jadi tartarik mengenai buku anda mbak... Bisa pesen melalui Web ini?, WA saya:081938324383

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mbak, nanti saya WA. Bisa juga pesan via email ke tesyas.blog@gmail.com

      Delete
  17. mbak mau nanya kalo mau naek mrt dari changi mau ke hotel v lavender bisa tdk???saya hari ini mau ke sin....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, dari Changi turun Tanah Merah, keluar MRT lewat pintu kiri. Terus ganti MRT arah Joo Koon dan turun di Lavender MRT.

      Delete
  18. Salam mbak..
    Klo dr changi k greenkiwi hostel pke mrt,alurx gmn yach?.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, dari Changi turun di Tanah Merah, keluarh MRT via pintu kiri, lalu ganti kereta ke arah Joo Koon. Turun di Lavender MRT.
      Lalu Mas bisa jalan kaki ke Green Kiwi atau naik bus 133 atau 145.

      Ini mas, link nya how to get there dari website nya Greenkiwi: http://www.greenkiwi.com.sg/howtogethere

      Hope it helps, and have fun in Spore yah..

      Delete
  19. Hai Mbak, kalo dari changi sama mau langsung ke uss baiknya saya naik apa ya? kalo naik MRT bagaimana caranya? lalu apakah ada tempat penyimpanan koper disana? TQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Putri, dari Changi ke USS bisa naik MRT:
      1. Naik MRT dari Changi ke Tanah Merah, keluar MRT via pintu kiri, terus ganti MRT ke arah Joo Koon.
      2. Turun di Outam Park MRT Station. Disana ganti MRT arah Harbourfront.
      3. Keluar MRT Harbourfront, naik pake eskalator di dalam Vivo City Mall hingga level 3 menuju Sentosa Express Station.
      4. Naik deh monorail ke Sentosa (bayar SGD 4,5 per orang).
      5. Turun di stasiun monorail waterfront. Jalan kaki ke USS.

      Ada tempat penyimpanan koper, liat fotonya disini: http://www.tesyaskinderen.com/2014/07/3-jam-saja-bermain-di-universal-studio.html

      Semoga membantu ya Putri :)

      Delete
  20. Mbak ikutan nanya dong, aku dateng di terminal 1 trs rencana mau nitipin tas dulu, kmd naik MRT ke sentosa hbs itu balik changi lagi tapi di terminal 3. Enaknya titip tas dimana ya, langsung di T3 atau di T2. Soalnya blm prh di T3 neh.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, menurut saya sih titipin di lokasi terdekat dengan stasiun MRT. Mas coba googling dulu aja lokasi penitipan barang, apakah paling dekat di T2? Jika iya, titipkan di situ.

      Masalahnya Mas kan mau PP dari Changi ke Sentosa nya pake MRT kan? Jadi pilih yang paling dekat MRT Station aja.

      http://www.changiairport.com/en/airport-experience/attractions-and-services/baggage-storage.html

      Delete
  21. Mba tesya mohon info dan advice nya jika sy pergi ber 5 (2 dewasa:3 anak umur 11,9 dan 4 th) jika sy ingin menggunakan sarana transportasi MRT selama 3 hari ..apakah sy perlu membeli Ezlink atau STP? Utk anak yg umur 4 th bisakah free Ezlink /STP ? Terimakasih sebelumnya atas info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, tergantung di sana nanti apakah akan benar2 explore Singapore? Kalau hanya untuk alat transportasi sih saya sarankan Ez Link aja.

      Hal yang lain adalah, STP itu kan ada depositnya, kalau hari terakhir plan nya ke Changi naik taksi, nanti ribet harus ke MRT station di Changi untuk ambil deposit.

      Iya Mba, masih berlaku Child Concession Card nya, tanya aja di MRT Ticket Office pas beli Ez Link ya.

      Delete
  22. Halo mbak, saya mau tanya. Jika dr Changi ke Marina Bay Cruise Centre naik MRT caranya gimana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, saya barusan googling dan ketemu link ini:
      http://mbccs.com.sg/passenger-guide/getting-here

      Jadi Mbak naik MRT dari Changi, turun di MRT CIty Hall. Dari sana naik MRT line merah ke Marina South Pier MRT Station. Terus turun dan jalan kaki menuju Marina Bay Cruise Center.

      Semoga lancar ya perjalanannya :)

      Delete
  23. Selamat malam mba, saya rencana ke sgp naik airasia dan nginap di hotel fragrance bugis. Jika memggunakan mrt rutenya bgmn dan dr stasiun mrt harus jalan brp lama untuk sampai ke hotel fragrance? Thx be4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mbak, dari Changi naik MRT ke kota, dan turun di Bugis MRT. Ke Fragrance jalan kaki sekitar 10 menit dari Bugis MRT.

      Delete
  24. Wah :D pengen banget ke SGP, segalanya udah siap, cman tinggal nunggu waktu liburan nih :D semoga aja menyenangkan pas mauin ke singapura

    ReplyDelete
  25. Malam mbak...aku kan nginep di fragrance kallang..tiba dari changi,kami mau naik mrt untuk menuju hotel
    Turunnya di stasiun kallang or aljuned yaa?..trs untuk hari terakhir menuju changi
    Kalo naik taxi kira kira brp sgd ya?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Dezy,
      Setau saya enggak ada Fragrance Kallang, bahkan untuk memastikan sampai saya googling barusan...
      Coba Mas cek lagi deh, maksudnya di Fragrance mana ya?

      Delete
  26. Hai mba salam kenal..: ) suka banget sama tulisannya..saya ingin backpacker ke sing tp sampai saat ini keberaniannya belom ngumpul hehehe ( takut nyasar ) notaben english sepotong" hehehe...boleh saya pesen bukunya mba ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Titi, salam kenal ya...thank you udah mampir ke blog kami.
      Tenang aja Mba, di Singapura bisa pakai Bahasa Indonesia juga kok.
      Untuk pesan buku silahkan email ke tesyas.blog@gmail.com ya Mba. Thank you...

      Delete
  27. Halo mba Tesya.. tulisannya mantep dah... bagi info donk rencana saya sama istri juga 3 anak kecil (umur 9th, 8thn, and 4thn) plus kakek ikut juga liburan ke singapur.. ada info ga hostel or penginapan yg murah tapi layak buat family gitu... soalnya saya dengar jarang ada penginapan yg perbolehin anak2 nginep juga.. maklum mba budgetnya pas-pasan wkwkwk... thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, thank you udah mampir.
      Hmm, berarti ber 6 ya? Aku ada tulisan mengenai Hostel Keluarga di Singapura, di situ aku bahas ttg Joyfor Backpacker Hostel, bisa ber 6.
      Coba liat ya Mas. Aku kasih link nya di atas, di bagian Related Posts ya.

      Delete
  28. hi mba tesya
    klo dr kallang station
    ke patung merlion turun dmn ya klo naik mrt?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, bisa turun di Raffles Place, exit H. Kemudian jalan kaki ke patung Merlion.
      Siapin dulu print2an Google Map nya ya Mba untuk jalan dari exit H ke Merlion, supaya pas disana nanti enggak bingung.

      Delete
    2. Klo dari changi ke pasir ris gmna mbak caranya pake mrt..pke bus dan taksi gmna

      Delete
    3. Hallo Mas, naik MRT dari Changi, turun di Tanah Merah MRT Station, keluar ke pintu KANAN (jangan salah ya). Terus naik deh MRT ke Pasir Ris. Kalau mau naik taksi, tinggal ambil taksi di taxi stand aja Mas.

      Delete
  29. Hi Mba, saya mau tanya dong..
    Kalau naik MRT ke Bugis transitnya 2 kali ya?
    Kalau misal naik taksi kira2 kena argo brp ya ke hotel dickson 81..?? hehe thx b4 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, transit sekali di Tanah Merah MRT. Kalau taksi normal bisa SGD20-25. Kalau mau murah naik uber taksi aja. Aku juga ada post mengenai naik uber taksi dari Changi Mba. Silahkan diintip ya.

      Delete
  30. Hiiii mbk salam kenal ya... kl menjelang thn baru sy ke sin dgn suami dan infant 1,5thn... naek taksi pesennya kmana y.. apa bs lgsg atau spt dibndara2 indo yg hrs ke loket taxi dl?dr inigrasi jalan kearah mana &kira2 biaya taksi brp dr changi ke ibis novena? Trims y mbk infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trs mrt rame bgt ga si mbk kl thn baruan?hehe biasanya ksana g prnh wkt new year.. ada rekomen kl bawa infant?

      Delete
    2. Hai Mba, untuk mencari taksi reguler di Bandara Changi Singapura, tinggal ikuti petunjuk ke Taxi Stand aja. Bahkan keluar dari arrival langsung ada antrean naik taksi. Kecuali Mba mau naik taksi Uber, tunggunya di bagian airport pickup. Baca aja tulisanku tentang naik Uber dari Changi ya.

      Ke Ibis Novena sekitar SGD25-30 untuk taksi biasa. Kalau pakai Uber lebih murah.

      Iya pasti rame kalau tahun baruan, Tapi enggak apa-apa donk sesekali malah seru:) Rekomen tempat wisata anak di Singapura, ada di buku saya, Family Backpacking Singapura ya Mba.

      Delete
  31. Alrasyid Kurniawan7/12/15 1:21 PM

    hi mba, kalau dari ferry tanah merah ke changi airport terminal 3 bagusnya naik apa ya? pesawat saya berangkat jam 09.20

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, saya dapet dari link ini informasinya:
      http://www.smrt.com.sg/Journey-with-Us/Travel-Information/Visiting-Singapore/Travelling-to-and-from-Cruise-Centres-Changi-Airport

      Jadi harusnya Mas naik bus 35 dulu, kemudian naik MRT ke Changi.

      Semoga membantu ya..

      Delete
  32. Hi mbak Tesya, kalo dari Changi menuju Fragrance Hotel Sapphire di Lor 10 Geylang itu naik MRT turun dimana?
    Thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Inge, turun di Aljunied, terus naik bus 62,63,80, 100 or 158 ke Fragrance Hotel Sapphire nya. Turun di bus stop Opposite Mohd Shalleh Mosque dan jalan kaki ke hotel. Cek di google map supaya enggak gamang ya.

      Delete
  33. Mau tanya kalau dri changi green mau ke haji lane naik mrt trun dmna ya ? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau mau ke Haji Lane itu turun di Bugis, kemudian ambil exit yang menuju ke Raffles Hospital.

      Delete
  34. Mba dari aljunied mau ke lorong 27a guilin building bisa jalan kaki atau harus naik bus lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dwi, aku kemarin sempat cari makan le Lorong 25 dan itu jalan kaki sih.
      Mustinya ke Lorong 27 itu juga jalan kaki bisa. Tapi better cek di google map biar pasti ya Mba.

      Delete
  35. Mba Tesya, senang saya baca blognya, silent reader :D
    Mba mau nanya, saya mau terbang sabtu besok dari Glasgow ke Sing, dan melanjutkan perjalanan dengan fery ke Batam. Saya kembali ke GLA via Singapura juga Pertanyaan saya :
    1. paspor Indonesia bebas masuk Singapur kan ya mba? Harusnya bisa ya, make sure aja sih hehehhe.
    2. Setiba di Changi, saya akan ke Harbour Front naik MRT. Jam operasional MRT sampai jam berapa ya mbak?
    3. Bisa tidak ya membeli tiket ferry langsung saja di counter tanpa pesan-pesan sebelumnya? saya berasumsi seharusnya bisa ya mbak karena banyak operator ferry Sing-Batam dan setiap jam ada trip. Tapi saya kurang tau apa sekarang peak season atau tidak di singapur.

    Thanks ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mba Shinta maaf banget aku baru balas... semoga masih kepake jawabannya buat pulang dari Galsgow nanti:
      1. Iya bebas
      2. Paling telat jam 11.20 malam kereta dari Changi.
      3. Bisa Mba, kalau Mba enggak pas weekend nanti pas nyeberang sih mustinya ok.
      Safe flight and have fun ya..

      Delete
  36. Hi mba Tesya,
    kalo saya mau ke basan dari cahngi airport bagusnya naik apa ya...?

    Thanks,

    ReplyDelete
  37. Hallo mba tesya...
    Ikut nanya juga ttg SIN

    Pas di SIN aplikasi Google map akurat (sebagai penujuk jalan/arah) apa engga, selain peta karna peta MAP/MRT?

    Apa ada aplikasi Android yg recommend buat jd penujuk jalan selain Google map?

    Terimakasih bantuannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Ady,

      Akurat banget Mas google map. Banyak juga Mas yang pake gothere.sg Coba deh diliat-liat ya.

      Have fun di Sin:)

      Delete
  38. beruntung bgt bis nemuin ini blog..
    mbak tesya aku januari entar mau ke SG, share info klo dri MRT Aljununied ke USS dan Madame Tusaud kira: butuh waktu berapa lama ya mbak? dan harga tiket NRT sekali jalan brapa?
    kita ke SG rmbongan 14 org. kalau pke kendaraan apakah lebih efektif dan ekonomis?
    mohon pngalamannya ya mbak..
    mkasih sbelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, makasih udah mampir ya.
      Ini aku coba jawab:
      1. Dari MRT Aljunied ke USS sekitar 1 jam kalau naik MRT, itu termasuk jalan kaki di stasiun MRT (karena Mba akan pindah dari line MRT hijau ke ungu) dan dari Vivo City ke USS nya ya. Naik MRT bervariasi bergantung jarak. Rata2 sekitar SGD2 per orang.
      2. Lebih efektif pasti Mba, kalau lebih ekonomis nya itu belum tentu hehe. Tapi coba aja Mba googling "van hire di Singapura".
      Semoga membantu :)

      Delete
  39. Hai mba tesya,seneng bgt baca blognya. Saya ada rencana ke singapore awal tau depan bersama suami dan 2 anak. Nyari penginapan bingung dimana krn nyari dekat mrt. Tujuan saya disana rencananya ke uss,science museum,chinatown,bugis dan mustafa center,klo sempet mau ke marina bay dan orchard jalan jalan aja. Kira kira ada masukan ga mba hotel yg ga terlalu mahal tp strategis lokasinya. Dkt mrt dan strategis dg tmp tujuan saya.

    Terima kasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Tiwuk, makasih udah baca blog kami.
      Kalau ada yang ke Sin bawa keluarga aku suka saranin di Village Hotel Bugis, enak deket kemana-mana.
      Mba coba buka tesyasblog.com terus di bagian labels Mba klik "Singapore Accommodation". Muncul nanti semua review hotel dan hostel yang aku pernah menginap. Salah satunya Village Hotel Bugis ini.

      Delete
  40. Hi Mbak Tesya. Kalau dari changi airport ke geylang lorong 14 kalau mau naik MRT bagaimana? Dan kalau mau naik taksi gimana ya mbak? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, naik MRT dari Changi ke arah Joo Koon, turun di Aljunied. Dari situ bisa jalan kaki atau naik bus nomor 80 atau 100, turun di the next bus stop from the MRT station.

      Kalau naik taksi, tinggal jalan kaki ke taxi stand di Changi airport. Kalau mau lebih murah naik taksi uber. Coba aja baca post aku ttg naik taksi uber dari bandara Changi ya.

      Delete
  41. Hay mba mau tanya kalo dr changi airport ke singaoore cruise center transportnya gimana ya..makasih mba tesya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nesya, bisa lebih spesifik Singapore Cruise Center nya yg dimana? Apakah maksudnya di Harbourfront?
      Kalau iya gini caranya:
      1. Naik MRT dari Changi ke arah Joo Koon, turun di Outram Park.
      2. Naik MRT ungu dari Ourtam Park ke Harbourfront.

      Delete
  42. Hai Mba aku mau tanya dong, penginapan aku di Cavenagh Garden, kalau dari changi naik taxi berapa ya kira2? Karena aku pergi ber4 tapi 3 orang lagi sudah tua jadi lebih enak naik taxi atau MRT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, sesungguhnya aku enggak tau Cavenagh Garden itu dimana, barusan googling ketemunya di dekat MRT Newton. Apakah betul disitu?
      Kalau memang betul, Mba naik MRT dari Changi arah Joo Koon, turun di City Hall. Nanti Mba naik lagi MRT merah ke arah Newton.
      Yup lebih enak naik taksi uber Mba. Ada postingan aku tentang naik uber cari bandara Changi, coba deh diintip ya. Murah dan nyaman!

      Delete
  43. Kalo dr airport mau ke mbs hotel naik taxi brpaan yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di bawah jam 12 malam, sekitar SGD25.

      Delete
  44. Hallo MBA, maaf nanya lagi
    MRT bugis mulai operasi jam brp? Terus stop operasi jam brp (malam)?

    Trus dgn Jam operasi LRT/Monorail di Kuala Lumpur stop operasinya jam brp (malam)? Terimakasih bantuannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, rata2 sama mulai 5.30 stop jam 11-an malam.
      Nah kalau di KL aku enggak tau Mas, coba ditanya ke google ya. Mungkin jamnya mirip sih.

      Delete
  45. Salam kenal mb.tesya.
    Mau tanya mb.
    Klo dari changi ke sentosa island naik mrt brp lama mb.
    Klo naik taksi dari changi ke sentosa apa bisa sampai uss. Ada biaya tambahan gak. Makasih mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, lumayan lama dan harus transfer sekali di MRT Outram Park. Kalau mau, naik MRT ke Tanjong Pagar MRT (line hijau), dari situ lanjut naik taksi udah enggak terlalu jauh. Iya ada biaya tambahan kalau naik taksi, liat link ini ya http://www.sentosa.com.sg/en/getting-to-around-sentosa/getting-to-sentosa/

      Delete
  46. mba Tesya mau tanya dong, kalau dari changi mau ke hotel Mercury backpacker baiknya naik mrt atau taxi ya? terima kasih mba sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada bujetnya, ya enak naik taksi Mba, lebih cepet dan nyaman. Tapi kalau mau hemat bujet, lebih murah naik MRT, atau kalau solo traveler bisa naik shuttle bus, seorang SGD9 (dari Changi).

      Delete
  47. Mbak kalau dr changi ke geylang mw cari hostel murah di area mana ya mbak..? Truss kalu ke marlion jauh tidak dr geylang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau ke Cozie Lodge, coba baca review aku dengan googling: Cozie Lodge tesyasblog
      Enak ke Kallang MRT deket, bisa jalan kaki. Ke Merlion dari Geylang enggak jauh2 amat, tapi ya tetep naik MRT, kalau jalan kaki jauh. Naik MRT dari Kallang, turun di Raffles Place MRT.

      Delete
  48. Mba, mau tanya:
    Dari changi ke V hotel bencoolen rute mrt nya gimana ya? Tks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, wah ke V Bencoolen susah karena MRT-nya belum jadi.
      MRT terdekat adalah jalur orange, turun di MRT Bras Basah.
      Jadi dari Changi ke Paya Lebar, interchange disitu dari MRT Hijau ke MRT Orange. Tapi jalur MRT Orange ini muter..
      Jadi kalau mau turun di Bugis MRT dari Changi itu, kemudian naik taksi ke hotel.

      Delete
  49. Mlm mba.mau tanya dari changi ke hotel rendezvous naik MRT gimana ya cara nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..naik MRT line hijau ke arah Joo Koon, turun di City Hall. Terus ganti kereta line merah ke Dhoby Ghaut. Dari Dhoby Ghaut, jalan kaki 10 menit ke hotel.

      Delete
  50. Hallo mba.. sy mau ke sin tgl 22 feb ini.. disana rencananya sy mau pk sim card starhub tapi sy udh dpt sim cardnya dr bekas teman sy yg kira2 sudah 6 bln yg lalu pake sim card itu di sin.. apa nanti sy bisa pake sim card itu dan cuma tinggal top up pulsanya atau sy mendingan beli sim card yg baru ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, cek dulu aja ya sebelum beli pulsa, apakah Sim card nya masih berlaku. Kalau masih, bisa beli pulsa yg 8 SGD.

      Delete
  51. Siang Mb Tesya..
    Saya mau tanya..saya akan transit selama kurang lebih5-6 jam bangkok - jakarta..apakah bisa saya buat jalajn ke marlion untuk selfie biar kekinian??klo bisa saya pake transportasi apa yah?mohon infonya yah..

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nicho, bisa banget donk. Hahaha mau selfie!
      Naik MRT dari Changi ke arah kota (Joo Koon), turun di Raffles Place. Dari Raffles Place bisa jalan kaki ke Merlion. Siapin dulu sebelum berangkat map jalan kakinya ya. Pulangnya juga sama, jalan kaki dari Merlion ke Raffles Place, sekali naik MRT ke Changi. Have fun dan nanti colek aku donk di IG or twitter @tesyasblog foto selfienya hahahaha

      Delete
  52. yeaay..seneng nemu blognya mba tesya,kl dr village hoyel bugis ke garden by the bay jalur mrt nya gmn mba?oya kl mw internetan disana,qta hrs beli sim card lg di sisana ato cukup pk telkomsel?trus pilih paket telkomselnya apa mba?trims utk pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, salam kenal:)
      Bisa naik MRT line biru dari Bugis ke Bayfront. Namanya Downtown line MRT.
      Bisa pake telkomsel, pilih internet package untuk yang Asia.

      Delete
  53. Mba maaf mau tanya setelah kita sampai di T1 kenapa kita ke T3 ya? Bukanny T2? Perbedaanya apa mba? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello...itu berlaku untuk yg mau naik MRT ya.
      Stasiun MRT terletak di antara T2 dan T3, jadi sama aja sih mau ke T2 atau T3 juga. Kasusku di posting ini, aku ikutin tulisan "Train to The City" aja, dan waktu itu diarahkannya ke T3.

      Delete
  54. halo mbak, info yang bagus bgt dan bermanfaat, makasih bgt, maaf mbk tp aku mau nanya juga, bulan depan kn aku ke SIN, nginepnya di 60's hostel itu di daerah serangoon road, kira2 dri changi naik MRT ksana gimna ya? oh iya satu lagi,mKasih bnyak mbak infonya, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Bee Turtle, aku baru liat hostelnya, keren ya:)
      Katanya hostel tsb berlokasi di antara Fareer Park dan Boon Keng Station.
      Dari Changi, rada muter-muter nih:
      1. Naik line hijau ke Outram Park MRT Station.
      2. Di Outram Park, turun dan naik MRT line ungu ke Fareer Park atau Boon Keng.
      Kalau perginya berempat, coba naik uber taksi aja dari Changi. It will save lots of your time.

      Delete
  55. Mlm mb, kalo dr changi ke kallang enaknya naik MRT atau taxi ya? Kira2 dr kallang ke pusat kota jauh gk?
    Takutnya kemana2 jauh kalo nginep di daerah kallang. Sy rencana nginep di hotel boss kallang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Meta, aku sering juga nginep di daerah Kallang. Enggak jauh kok, tapi memang kemana mana musti naik MRT, kalau jalan kaki ya jauh hehe. Dari Changi naik MRT dan turun di Kallang Station.

      Delete
    2. Makasi infonya mb..
      Nama bukunya apa mb?
      Sy br pertama kali ke singapore jd agak takut nyasar. Di gramedia bali ada?

      Delete
    3. Sama sama Mba Meta, namanya Family Backpacking Singapura & Malaysia. Ada di Gramedia bagian buku traveling. Kalau abis stockya, bisa beli di Gramedia online ya Mba.

      Delete
  56. Halo mba tesyaa.. Mohon dibantu mba Aku bulan depan ke sg Dan mau nginap si fragrance hotel ruby.. Rute MRT Nya bagaimana ya mbak?

    Oh ya, perkiraan tiba di changi jam 2 siang. Kalau dari changi mau ke merlion dulu trus biaa titip koper di bandara/MRT raffles Nya bisa tidak mbak??

    Trimakasih sekali atas blog Nya mbak, sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mba Nadya, aku coba jawab ya:
      1. Naik MRT dari Changi, turun di Aljunied MRT Station. Jalan kaki ke hotel. Dari Indonesia, disiapkan dulu map jalan kakinya ya, daripada kesasar hehe. Ambil di google map.
      2. Kenapa enggak ke hotel dulu aja, simpen koper, lalu ke Raffles Place MRT untuk ke Merlion?

      Delete
  57. Hai mba..sy ke SG awal maret, tiba malam dan nginap di fragnance ruby. kalo naik taxi 4 dewasa + 1 baby kena charge ga? Berapaaan mba? Jika ke aljuined naik MRT dari changi tetap turun di tanah merah dulu ya kemudian ganti MRT arah joo koon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik Uber aja Mba, sekitar 20 SGD, kalau taksi biasa sekitar 30 SGD, itu sudah termasuk midnight surcharge 50%.

      Iya Mba kalau naik MRT, semua pasti turun di Tanah Merah, seperti map MRT yg saya post di atas.

      Delete
    2. Terima kasih blog mba tesya berguna banget apalagi kemungkinan ipar ga jadi berangkat...jd sy ngebolang cm sm suami n baby ��

      Delete
    3. Sama sama Mba Alesha, semoga lancar ya perjalanannya :)

      Delete
  58. Seneng banget baca blog nya mba tesyaaa..
    oia mba, rencana saya hanya 8 saja di spore,kalo dari merlion park mau lanjut ke johor baru untuk melanjutkan perjalanan ke KL Sentral via kereta senandung sutera bagaimana step yg termudah mba?
    Mohon pencerahan nya mba tesyaa..

    Hatur Nuhuuun....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mba, makasih ya udah baca blog kami...
      Startnya dari mana ini? Changi? Bugis?
      Intinya: naiklah MRT line hijau ke Raffles Place MRT Station, dari situ jalan kaki ke Merlion Park. Siapkan dulu petanya ya sebelum pergi (Get Direction di Google Map itu aja), supaya enggak tersesat.
      Pulangnya dari Merlion Park: jalan kaki lagi ke MRT Raffles Place, turun di Bugis, lalu jalan kaki ke Queen Street Bus Terminal. Naik bus CW2 menuju JB Sentral.
      Ada alternatif naik bus 130 dari depan Fullerton Hotel (seberang Merlion Park) ke Bugis. Pilih aja mau naik bus atau MRT ya.

      Delete
  59. Hai mba tesya lusa aku ke singapore n anak, aku mau tanya klo mau naik taxi uber itu kita harus download aplikasi lagi apa bisa otomatis pake aplikasi yg sudah kita punya di indo? Thank you mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Fitri, langsung pake aplikasi yg udah kita download di Indonesia kok.
      Have fun di Singapore ya!

      Delete
  60. Hy mbak boleh minta cp nya
    Saya dan keluarg sudah pesan tilet KL - Singapore pingin tau rincian nya pertama x mau nginpap di singapore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello..namanya serem ya:D
      Silahkan email aja ke tesyas.blog@gmail.com

      Delete
  61. Haii kak! aku mau nanya" nih, boleh minta contactnya gaa? makasi kak mohon di balas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Alika, silahkan email aku ke tesyas.blog@gmail.com ya. Thank you:)

      Delete
  62. Hai Kak Tesya, mau banyak tanya nih, kalo ke Sleepy Kiwi Bugis gimana caranya yaa ?
    MRT beroperasi dari dan sampai jam berapa ? rencananya mau ke USS dari pagi karna kesana pas Peak Season (26 March).
    cara ke USS dari sleepy Kiwi Bugis dan pulang dari USS ke Sleepy Kiwi Bugis gimana caranya ya ?
    thanks a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Nuno.. coba aku jawab ya:

      1. Ke Sleepy Kiwi itu naik MRT dari Changi, turun di Bugis MRT. Nah dari situ, ikutin petunjuk yang disini ya: http://www.sleepykiwi.com.sg/how-to-get-here

      2. MRT dari 5.30 am sd 11.30 pm. Kurang lebihnya sekitar jam segitu.

      3. Caranya naik MRT aja, dari Bugis MRT (line hijau) ke Outram Park MRT. Turun di Outram Park enggak usah keluar station, cari petunjuk MRT ungu menuju Harbourfront, ganti MRT Ungu, dan turun di Harbourfront MRT Station. Pulngnya jalurnya sama.

      Have fun di Singapura yah..

      Delete
    2. satu lagi kak Tesya, saya di SIN 3D2N, sebaiknya pake EZ Link atau STP ya untuk akomodasi dengan MRT dan Bus ? terimakasihhhh

      Delete
    3. Hai Kak, kalau aku enggak pake STP karena pertimbangannya hari terakhir biasanya kami naik taksi ke bandara, kalau pake STP ribet ngambil depositonya. Nah...how about you?

      Delete
  63. hai mbak tesya.. minggu depan saya rencana ke SIN, mau nanya donk mbak.. klo beli STP card di changi, trus mau ambil deposit nya apakah harus di changi lagi atau boleh di stasiun MRT mana aja.. karena saya rencana langsung ke KL naik bis.. via johor bahru... thank u...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, depositnya bisa diambil di MRT Station mana aja yang punya Transitlink Ticket Office, enggak perlu di Changi lagi.

      Delete
  64. Hai Mba tesya, mohon pencerahan�� aq smp di spore kira2 jam 19:00 sbab perubahan jdwl kedatangan&membawa anak umur 4th, jd alternatif menentukan hotel yg dkt dr mrt station, kl hotel boss di sultan road spore dr changi naik mrt tujuan lavender station?
    Betul tdk rutenya jk dari Changi bisa naik MRT, ganti MRT di Stasiun Tanah Merah,keluar MRT lewat pintu kiri. Terus ganti MRT arah Joo Koon dan turun di Lavender MRT (EW11). Ambil Exit B, Lavender St keluar dan berjalan 3 menit untuk tiba di Hotel Boss Singapore.(mohon cross cek)
    Hari ke 2 saya ingin jl ke sekitar merlion, orchad,chinatown dan bugis
    Hari ke 3 sekalian cek out sekitar jm 9 pg sy akan ke uss, bisa tdk titip koper di mrt st harbourfront(pernah baca bs titip koper di st mrt) pulang dr uss sekitar jam 3 sore sy akan ke johor(JB) mengunakan bus, kira2 sy harus naik bus apa?
    di johor/JB rencana saya menginap hallmark regency dekat ksl mall,jk naik bus naik bus apa ya mba?
    Hari ke 4 jalan2 sktr KSL mall, kolam renang di ksl jk untuk umum bs tdk? jk iya Kira2 kena tarif brp ya mba��
    Hari ke 5 chek out jm 9 saya pulang lewat senai airport, baiknya pk taxi at adakah bus ke senai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Fitri, aku coba jawab ya:
      1. Ya ampun Mba, aku baru tau ada hotel Boss, keren ya lokasinya (baru browsing hehehe). Iya Mba rutenya udah betul.
      2. Saya enggak pernah liat ada penitipan koper di MRT Harbourfront. Tapi saya pernah liat penitipan di sebelah kanan pintu masuk USS. Mba baca deh posting aku yg "3 Jam Bermain di USS" itu ada foto Locker Room nya.
      3. Ada bus Mba dari RSW ke JB, namanya Transtar 8. Aku bahas di bukuku, Family Backpacking Singapura dan Malaysia, udah beli belum Mba?:D
      4. Dari JB Sentral ke Halmark Regency, pake taksi aja Mba. Kalau transport di JB saya ga paham bus umumnya. Taksi juga ga mahal kalau di JB. Kaya di Indonesia.
      5. Maap Mba aku enggak tau KSL bisa untuk umum atau enggak poolnya, coba aja email hotelnya.

      Mba, kok enggak ke Legoland? *lah ini saya malah balik nanya hehe...

      Delete
  65. Mbak. Blog nya keren, hehe. Mau nanya kalau saya dari changi ke hotel v bencoolen harus naik mrt jurusan apa saja ya, baca2 tapi saya masih kurang jelas. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Galuh, thank you udah mampir ke tesyaskinderen ya. Eh aku udah review V Bencoolen di tesyasblog.com Coba deh search di tesyasblog.

      Dari Changi:
      1. Naik train ke arah Joo Koon, turun di Paya Lebar.
      2. Dari Paya Lebar naik orange line ke Bras Basah.
      3. Turun di Bras Basah MRT Exit D.
      Terus ikutin deh petunjuk yang ada di website hotel:
      - Exit Bras Basah Station (Exit D)
      - Walk along Bras Basah Road, heading towards Rendezvous Hotel
      - Turn right at Bencoolen Street

      Delete
  66. Hai mba tesya..
    Aku mau tanya kalo naik MRT dari changi airport ke Suntec Convention & Exhibition Centre gimana caranya?? Aku udah baca baca tapi belom ngerti.. terus tarif nya berapa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Putri, kalau tarifnya sekitar SGD2-3 per orang, per trip pake MRT.

      Ini caranya ya:
      1. Naik MRT dari Changi, ambil arah Joo Koon, turun di Payalebar.
      2. Naik MRT line orange dari Paya Lebar MRT Station ke Promenade MRT Station, turun disana, exit C menuju Suntec.

      Semoga lancar perjalanannya ya :)

      Delete
  67. hai kak tesya mau tanya
    1.top up ez link dimana ya? untuk 3 hari kira kira harus top up brp sgd?
    2.tempat beli kartu perdana ukuran nano dimana ya? atau harus di potong dulu?
    3.kalau dari chinatown mau ke changi terminal 2 naik mrt caranya gimana ya kak?
    terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Salza,
      1. Bisa di MRT station dan convenience store. Tergantung pemakaian. Beli pertama SGD 12 dan top up sekali SGD 10 kayanya cukup.
      2. Banyak tempat yang jual Sim Card, bisa ke kantor operatornya langsung (Star Hub, SIng Tel), ada di mall2. Cek aja ada di mall mana aja. Bisa dipotong ukuran nano ama mereka.
      3. Naik MRT ungu ke Outram Park Station. Dari Outram Park naik MRT line hijau ke Changi.

      Delete
  68. idaayusartika16/4/16 6:53 AM

    kalau dari bandara k kampong glam enaknya naik apa ya ??? trs jalurnya kemana aja ?
    dkt ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau enak sih naik taksi Mba, sekitar SGD20, jarak tempuh 20 menit-an.

      Delete
  69. Met pagi mba blognya keren banget sy Meilanny kebetulan juni ini kami mau ke SG 4D3N sampe jam 11 an balik ke Indo jam 19 mau ke singapore flyer, uss, madame,trick eye, wot, garden by the bay, marina bay nonton laser, merlion, esplanade, orchad, bugis kira2 itenary tiap harinya bisa dikshtau yg sejalan gitu mba spy gak bolak balik makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, wah mau ke Singapore, asiknya :) Coba ya Mba aku usulkan begini:
      Day 1:
      Ke hotel, lalu makan siang di Orchard.
      Sorenya ke Gardens By The Bay.
      Day 2:
      Seharian di USS ya.
      Malamnya nonton Marina Bay Laser Show.
      Day 3:
      Trick Eye Museum
      Madam Tussaud
      Singapore Flyer
      Merlion, Esplanade.
      Day 4:
      Paginya ke Mustafa Little India
      Jam 10 an ke Bugis
      Terus siap2 pulang deh.

      Semoga membantu ya Mba :)

      Delete
  70. prayer room di changi sebelah mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku susah jelasin sebelah mananya karena setiap terminal berbeda.
      Petunjuknya jelas, kaya orang lagi duduk di antara dua sujud gitu dan ada tulisannya "Prayer Room".

      Supaya ga salah, Mba tanya aja ke bagian informasinya yah.

      Delete
  71. Hallo mba tesya, ikutan nanya dong..kalo Dari changi ke regent hotel gimana caranya? Trus Dari regent hotel ke harbour front center gimana caranya? Tks mba tesya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, itu Regent Hotel yang di Orchard bukan? Musti pake taksi deh kesana, jauh dari MRT station.

      Kalau mau ke Harbourfront juga musti pake taksi.

      Kalau mau agak miring harganya, coba pake Uber aja di Singapura.

      Delete
  72. Mbak Tesya mau nanya..aku tgl 5-9 Mei ini ke Sin..landing jam 23.30 waktu Sin..kita ber 4..nginap di Village hotel Bugis..dari Changi ke hotel sebaiknya naik apa ya mba?n berapa biaya naik taksi nya?terimakasih..

    ReplyDelete
  73. Mbak Tesya mau nanya..aku tgl 5-9 Mei ini ke Sin..landing jam 23.30 waktu Sin..kita ber 4..nginap di Village hotel Bugis..dari Changi ke hotel sebaiknya naik apa ya mba?n berapa biaya naik taksi nya?terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Hesti, musti naik taksi itu sih, MRT nya udah enggak ada.
      Taksinya kalau Uber bisa SGD 25, kalau taksi biasa bisa SGD40.

      Delete
  74. Hallo Tesya, pls info dong...dari Changi aku mau ke 85 Beach Garden Hotel di Beach Road. (Apakah termasukk di jalan BUGIS ya?)
    MRT terakhir sampai jam berapa ya ?
    Please info yaa... thanks

    ReplyDelete
  75. Hai Mba, iya betul di dekat MRT Bugis.
    MRT jalan dari Changi terakhir jam 11 an malam.

    ReplyDelete
  76. siang mbak. Hotel 81 Heritage itu jalan Bugis juga kan yah? kalau naik MRT dari changi jauh gak ya dari MRT Bugis nya?
    Makasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, iya turun di Bugis. Jalan sekitar 15 menit ke hotel. Lumayan jauh menurut saya sih. Apalagi kalau bawa anak.

      Delete
  77. Hallo Mbak Tesya, salam kenal.
    mbak, saya sekeluarga (9 orang) menginap di Hotel 81 Heritage Jalan Sultan 71. itu dari changi enaknya naik apa ya, mbak? naik MRT apa pakai shuttle bis? mohon infonya ya mbak, pleeease. thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau 9 orang aku sarankan sewa van. Coba deh googling "sewa van dari changi"

      Delete
  78. Hallo Mba tesya,kami mo liburan ke singapore bertiga..mhn infonya kl mau ke fragrance ruby hotel geylang dr changi naik mrt turun ditanah merah ya, lalu kl dr frgrnce ruby mau ke merlion kira2 kami bs naik mrt rute apa atau bus nomer brp? kl pesen taksi lbh efisien ygmn ya mbak? trimakasih atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, dari Changi semua pasti turun di Tanah Merah, lalu lanjut naik MRT ke Joo Koon ya, dan turun di Aljunied MRT Station. Kemudian jalan kaki ke hotel.

      Kalau mau ke Merlion dari hotel: Mba jalan kaki ke Aljunied MRT station, lalu naik MRT dan turun di Raffles Place. Dari Raffles MRT bisa jalan kaki ke Merlion. Tapi siapin dulu petanya ya supaya enggak bingung.

      Delete
  79. Haii mba tesya, saya ada rencana mau ke singapore terus minepnya di the port by quarters hostel alamatnya di 50A boat quay..
    Kalo dr changi naik MRT rute yg paling deket ke hostelnya gimana ya mba? Terus di MRT itu boleh bawa koper gak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mba.. aku jadi googling mengenai The Port deh karena baru denger. Keren Mba hostelnya:)

      Di MRT boleh banget bawa koper, enggak masalah.

      1. Mba naik MRT dari Changi turun Tanah Merah, keluar MRT ambil pintu KIRI, lalu naik ke Joo Koon, turun di Raffles Place MRT Station.
      2. Ini saya copy dari websitenya The Port:
      > From Raffles Place MRT Station:
      Once you step out of Exit G, you will see the Singapore River on your right. Walk straight, and you will see MacDonald’s. Walk on the pedestrian walkway along the river; The Port will be on your left, half way down along this stretch of shop houses.

      Semoga gampang ya Mba sesuai petunjuk di atas. Have fun di Singapore ya. Kalau udah sampai hostelnya dan Mba mau upload di IG, colek aku ya, pengen liat hahah, IG ku @tesyasblog.

      Delete
  80. Halo Mbak Sy lg liburan di Singapura, kira2 kl Dr fragrance ribu hotel ke Gardens by the bay rute nya seperti apa ya mbak? Mohon bantuan tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf banget saya baru balas Mas Erik. Fragrance Ruby maksudnya?
      1. Jalan kaki dari hotel ke Aljunied MRT.
      2. Turun di MRT Bugis, dan ganti Downtown Line warna biru menuju Bayfront Station.
      3. Turun di Bayfront Station, ambil exit yang menuju GTB.

      Delete
  81. Mba... aku nginep di Fragrance Ruby..kalo kira2 jam 7-9 an malam pulang ke hotel aman gak yaa...katanya daerah Geylang agak agak gimana gituu..makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kok Mba, kalau ngeliat ada yang rada dandan menor dan sexy, cuekin aja hehe..

      Delete
  82. misi mba mau tanya kalo dari changi ke hotel 81 dickson naik MRT apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba,
      Hotelnya di deket Little India MRT ya?
      Mba naik dari Changi line hijau ke arah Joo Koon, turun di Outram Park MRT Station. Kemudian naik MRT dari Outram Park ke Little India, turun di Little India Station, jalan kaki ke hotel.

      Delete
  83. Mba maaf saya nanya lagi dari fragrance hotel rubi geylang ke m1 store mall terdekat dimana ya mba? Lalu rute dari m1 store mall ke USS gimana ya mba? Lalu untuk trip selanjutnya ke marina by the beach itu kemana ya mba? Saya baru mau kesana untuk pertama kali di 21 agustus nanti sama pacar saya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, M1 Store Mall itu apa ya? M1 SIm card maksudnya?
      Marina Bay by the beach saya ga tau Mba. Saya taunya Maina Bay The Shoppes.

      Delete
  84. mbak mau tanya dr changi ham 11 siang ke village hotel bugis naik MRT jurusan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MRT jurusan ke Bugis Mba, line hijau. Nanti turun di Bugis MRT, exit yang menuju Raffles Hospital.

      Delete
  85. Hi mbak Tesya, kalo dari Changi menuju Village Hotel bugis, mendingan naik MRT, Taxi, atau uber yah. Soalnya saya berangkat dengan suami dan 3 anak (10,7,5 tahun). kalo dr bugis station ke hotel jauh ngga yah....terus misalnya pake uber sulit ngga yah hubungi drivernya, mengingat kita cuma ngandalin wifi changi airport hehehe
    Thanks mbak... blog nya kerennnnn banget nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, naik taksi biasa aja kalau ada budgetnya sih, sekitar SGD20-SGD25. Kalau naik Uber, hp Mba harus nyala. Dan di area waiting bay Uber itu (di airport), ga ada free wifi.

      Kalau mau nai MRT juga mudah kok, SDG2,5 per orang, dan dari Bugis MRT ke hotel juga gampang:
      - keluar MRT Station, keluar ke arah kiri.
      - cari exit yang menuju Raffles Hospital, naik escalator.
      - begitu mba di luar, jalan kaki lurus aja lewatin satu lampu merah. Lampu merah kedua, Mba belok kanan, hotelnya ada di kana.

      Thank you Mba for your kind words :)

      Delete
  86. Hi mba tesya.. sy rencana tgl 4 ini ke sing mohon bantuannya mba kl mau nginep yg ga jauh dr universal tp daerahnya tetep rame boleh saran di mana ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Susi, Mba bisa ambil penginapan yang ada di lajur MRT ungu, sehingga ke USS enggak susah Mba, cuman sekali naik MRT.

      Pilihannya: daerah Clarke Quay, atau Chinatown.

      Delete
  87. Mba mau nanya kalo dari changike daerah clark quay naik MRT apa ya mba.. mohon bantuan petunjuknya mba.. td br beli bukunya jg mba.. makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Wins Jo, makasih ya udah beli buku kami.
      Ambil MRT dari Changi ke Joo Koon, turun di Outram Park MRT. Kemudian ganti kereta MRT line ungu ke arah Harbourfront, dan turun di Clarekw Quay.

      Delete
  88. Maaf lupa info mba, sy perginya ber 4 mba... baiknya naik MRT ato taksi ya mba? Sama mohon infonya mba kalo mau telp murah dari singapore ke surabaya baiknya pake kartu apa ya mba? Sama kartu internet pake yg apa jg ya mba? Trus beli nya di mana ya mba... makasih buat infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada budgetnya, baiknya naik taksi karena enggak repot hehe. Taksi mungkin sekitar SGD25, kalau MRT be 4 sekitar SGD10.

      Kalau saya aktifin paket roaming Asia nya telkomsel Mba. Mau beli SIM Card sana juga bisa, 15 SGD harganya.

      Delete
  89. Hai Mbak Tessa. Saya suka baca bukunya. Saya mau tanya. Kalau saya dari T1 changi mw ke apartemen Reflection by Keppel Bay ber 10 org plus 1 ank,enaknya naik apa ya? Trus kira2 tarifnya brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nova, waduh..comment-nya terlewat saya balas (:
      Kalau banyakan sih sewa van aja, setau saya SGD 60 dari aiport menuju hotel di kota.

      Delete
  90. Hai tesya
    Sept ini mo ntn F1 di Sing, tp Tinggal di apt di Toa Payoh Dkt Curtin univ. 4dws, anak 5th Dan 3th. Dari Changi mending Naik Uber apa MRT ya? Keknya di red line MRT nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello juga Fitrie, wah asyik mau nonton F1:)

      4 dewasa dan anak 2 kayanya harus dua taksi atau 2 uber deh ya.. Kalau mau selow dan nyaman emang enak naik taksi atau uber. Karena kalau MRT line merah, berarti dari Changi nanti harus ganti kereta dulu di interchange station (City Hall MRT), terus baru naik line merah ke Toa Payoh.

      Tapi kalau bawaan enggak banyak, gpp naik MRT. Pas pindah keretanya tinggal turun, dan jalan ke seberang, naik kereta arah berlawanan aja yg kebetulan adalah line merah kalau City Hall MRT. Beda dengan interchange station yang lain (misalnya Dhoby Ghaut MRT) yang jalannya jauh banget untuk ganti kereta.

      Have fun nonton F1 nya yaaa :)

      Delete
  91. mbak maaf saya mw tanya :
    1. kalo beli tiket dari Changi ke Merlion, beli nya tujuan ke Raffles Place kan? nah kan di atas mbak bilang harus turun dulu di stasiun tanah merah dan joo koon, nah itu beli tiket mrt lg yg baru?
    2. setelah turun dr kereta di tanah merah belok ke kiri kan mbak? stelah belok ke kiri lgsg di hadapkan sm.kereta yg mw ke stasiun joo koon kah mbak? atau nunggu dlu bberapa menit?
    3. Btw mbak ada pemberithuan gk klo misalnya kereta mw tiba di stasiun ‘ini‘ misalnya? kan klo gk ada pmeberitahuan bingung mba, ini berhenti di stasiun mana?
    4. oh iya mbak kalo dari Changi nunggu MRT yg mw ke Raffles Place di platform apa? saya lihat di video di yutub ada platform A, platform B gitu trus ada yg to bla bla bla, nah klo yg to nya to kemana mbak? to Raffles Place -> ato to Tanah merah?

    maaf mbak klo aku cerewet, abisan mw ke singapur agustus nanti dan sendirian,ini pertama kalinya ke luar negeri, takutnya nyasar.
    makasih sebelumnya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Brenda, coba aku jawab ya:
      1. Oh Mba enggak akan pake ez-link ya? Mau beli tiket MRT satuan? Mba ketik aja dari Changi ke Raffles Place. Pas turun di Joo Koon cuma ganti kereta, enggak beli tiket lagi.
      2. Keluar kereta ambil pintu kiri, terus langsung tunggu kereta arah ke Joo Koon. Nunggu dulu beberapa menit Mba.
      3. Iya setiap kali mendekati stasion ada "next stop is Changi MRT Station" misalnya.
      4. Raffles Place ada di line hijau, sama dengan dari Tanah Merah. Jadi platformnya cuma satu itu, begitu keluar kereta dari Changi, ya cuman satu yg arah Joo Koon. Kalau Mba salah keluar ke pintu kanan, Mba akan ketemu kereta arah Pasir Ris.

      Btw Mba, Buku Family Backpacking Singapura dan Malaysia kami ada peta MRT nya, jadi bisa Mba bawa kemana-mana itu petanya pas naik MRT hehe.

      Oke deh, have fun di Singapore ya..

      Delete
  92. Hello mba tesya..
    Kalau dari changi ke hotel grand park city marina bay transportasi yg bisa dipakai apa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Fary,

      Grand Park City itu yg deket dengan Peninsula Exelcior bukan ya?

      Kalau iya, berarti naik MRT dari Changi dan turun di City Hall. Keluar dari City Hall MRT Station ambil exit St.Andrew Cathedral, terus nyeberang jalan. Lalu jalan kaki aja ke hotelnya ya.

      Delete
  93. halo mbak tesya, salam kenal saya silvi. dari tadi saya asyik bgt baca komen satu2 (baik bgt di blsin satu2 hehe) dan beneran banyak membantu saya yg mau k sg buat pertama kali.
    btw mbak, saya jg mau minta saran nya.
    hari minggu ini saya mau k sg selama 4days 3night. menurut mbak buat akses mrt nya lebih hemat pake ezlink, STP apa beli tiket satuan aja?
    makasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Silvi, iya donk aku balesin, mudah-mudah bermanfaat apa yang aku balas hehe..
      Antara EZ-Link vs STP ini tergantung sama siapa perginya. Kalau pergi sendiri, dan bener2 mau menjelajah Sin, beli aja STP. Tapi kalau kaya aku family traveler, aku ga saranin beli STP karena rugi. Anak2 kan 2 tempat aja udah cape, terus minta pulang ke hotel:D

      Aku pribadi selalu milih Ez-Link karena 2 alasan:
      1. Udah punya Ez-link, jadi tinggal top up.
      2. Aku males ribet kembaliin STP ke MRT Changi. Biasanya last day aku pake taksi ke Changi soalnya, biar ga jauh jalan ke check-in counter.

      Nah begitu ya Silvi, have fun di Singapore:)

      Delete
  94. Maria stephanie15/8/16 10:51 PM

    Halo mba, blog nya membantu banget...
    Saya rencana minggu depan ke SG. Sama suami dan anak umur 2 tahun. Nah kalo boleh tanya, saya rencana kan mau ke USS. Kira kira buat anak 2 tahun rugi ga yah selain foto foto sama badut atau tokoh2 kartun gitu hehehe...apakah banyak permainan untuk anak 2 tahun?
    Trus pertanyaan ke 2, kalo dari SG ke JB tepatnya ke Hellokitty town naik apa? Rute nya? Berapa lama dan repot ga yah di imigrasinya? Dan kira kira harus berangkat jam berapa ? Apakah ada jam terakir untuk transport balik ke SG nya?
    Soalnya cuma mau PP gitu ke helokity town..
    Sori mba banyak tanya, soalnya walau udah pernah ke SG,tp ini pertama kali bawa anak 2 tahun kurang..jadi tegang butuh banyak kesiapan supaya ga repot hehehe..


    Makasih yah mba .. Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Maria Stephanie, thanks ya udah mampir..
      1. Menurut saya rugi sih enggak karena anak di bawah 2 tahun kan ga bayar ya. Cuman kalau mama papa nya main, ya anaknya ga boleh naik (: Jadi Mba ama suami musti gantian main. Ga seru ya:D

      2. Naik bus Mba, tergantung Mba di Sin nya darimana. Bisa naik dari Bugis, namanya Queen St Bus Terminal, naik bus kuning nomor CW2, naik ke JB Sentral. Kalo wiken antre banget imigrasinya. Better naik bus jam 6 pagi dari Bugis hehe.
      Sampe di JB Sentral naik bus lagi ke Hello Kitty, atau naik taksi aja deh. Bisa banget kok PP. Bus terakhir dari JB jam 11.30 malam. Kalau bisa, avoid weekend.

      Yup Mba, family traveling memang harus well preparation ya. Hehehe..

      Hafe fun Mba :)

      Delete
  95. Hi Mbak Tesya...nice blog. Suka banget bacanya.Berasa udah di Singapur aja jiaaaahh.
    Mbak aku rencana mau ke SIN bln Oktober ini, 2 malam nginap di joyfor backpackers. Nyampe SIN jam 1 siang, kalau aku langsung check in hostel trus jalan2 ke Merlion malam2 itu waktunya cukup gak?

    Trus klo beli kartu EZ-Link itu dah bisa buat keliling singapur 2 hari?

    Hari ke 2 bagusnya aku main kemana dulu yah...yg deket2 dari hostel dulu biar sekali jalan.( pengennya sih bisa ngunjungin semuanya hehe)

    makasih yahh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Mbak, thank you udah mampir:)

      1. Cukup banget kok. Cuman ke Merlion siang jam 2 an gitu panas banget loh. Kalau mau ke Orchard dulu jalan-jalan, sorean baru ke Merlion. Malamnya bisa lanjut nonton lasershow di Marina Bay Sands, gratis. Reviewnya ada di tesyasblog, Mba cari aja di bagian bawah kan ada label "Singapore" nah bisa cari tulisan ttg lasershow disitu ya.

      2. Ez-link itu sistemnya kan top up. Waktu beli pertama, SGD12, pulsanya SGD7. Kalau abis beli lagi SGD10. Cukup sih kayanya SGD12+sekali top up SGD 10. Lebih bagus kalo dari Indonesia Mba udah punya Ez-Link, jadi disana cuman tinggal top up. Pinjem sama temen, mungkin Mba?

      3. Wah aku ga tau, Mba maunya kemana? Ke USS, Sea aquarium gitu udah belum Mba? Atau mau ke Singapore Zoo? Tergantung sih anak anak sukanya apa. Kalau mau wisata gratis, wajib ke Children Playground di Gardens By The Bay. Keren banget playgroundnya.

      Have fun ya Mba di Singapura:)

      Delete