Kartu Ez-Link Untuk Anak (Alat Bayar Naik Bus dan MRT di Singapura)

Haruskah Anak Membeli Ez-Link Card?

Sewaktu liburan ke Singapura dua tahun yang lalu, saya masih harus membeli Ez-Link card for kids. Dengan menyerahkan paspor, kami mendapatkan kartu Ez-Link untuk anak, 50% discount dari harga dewasa.

Namun kabar gembira untuk Anda yang memiliki anak di bawah 7 tahun! Mulai Maret 2014, anak usia di bawah 7 tahun bisa naik bus umum dan MRT di Singapura dengan gratis! Tapi tidak termasuk monorail ke Sentosa, Hop on Hop Off Bus, dan any other special bus. Hanya berlaku untuk bus umum ya.

Yeay concession for kids under 7 :)

Di mana Mendapatkan Ez-Link Untuk Anak?


"I am sorry, we don't provide any concession card here" jawab petugas ketika saya ingin meminta Ez-Link card untuk kiddos di Newton MRT Station. Ia menjelaskan, "Only ticket office provide Ez-Link for kids" Baiklah, saya pun pasrah dan bertanya "What is the nearest MRT station having a ticket office?" Sang pertugas menjawab, "It will be Orchard, Mam".

Saya segera membeli standard single ticket untuk kiddos, sementara untuk saya dan Rene, kami sudah memiliki Ez-Link card dari perjalanan ke Singapura sebelumnya. Single standard ticket dapat dibeli di vending machine, tinggal masukan stasiun yang hendak dituju, jumlah tiket yang akan dibeli, serta uang ke dalam mesin. Saya membayar SDG 2,80 untuk dua standard single ticket dari Newton MRT ke Orchard MRT yang hanya berjarak satu stasiun. Membeli "tiket eceran" semacam ini lebih mahal daripada membayar dengan Ez-Link card.

Di stasiun MRT Orchard, kami segera mencari Ticket Office. Disana kami menyerahkan paspor, dan mendapatkan Ez-Link card for kids gratis. Yihaaa... lumayan kan kiddos#2 bisa naik bus dan MRT keliling Singapura gratis hingga umurnya mencapai 7 tahun.

Petugas memberi tanda sampai kapan kartu gratis
berlaku untuk kiddos#2

Persyaratan Umur dan Tinggi Badan Untuk Mendapatkan Ez-Link For Kids

Saya pikir kami bisa mendapatkan kartu Ez-Link gratis juga untuk kiddos#1. Namun karena ia sudah hampir 7 tahun, permohonan kami ditolak. "Hanya anak yang lahir tahun 2008 ke bawah yang bisa mendapatkan kartu ini" jelas Ibu keturunan Melayu yang menjaga ticket office siang itu. Ya sudah, akhirnya saya membeli kartu Ez-Link normal untuk kiddos#1 seharga SGD 12 (pulsa SGD 5, dan sisanya harga kartu yg non-refundable).

Saya masukan kartu mereka ke dalam ID card hanger yang saya bawa dari Jakarta, supaya mereka bisa melakukan tapping Ez-Link sendiri ketika naik bus maupun MRT. And they were so happy inside the MRT.

Gantungan ID card nya tetep bertuliskan "One Heart" :D 

Hanya anak dengan tinggi 90 cm yang memerlukan Ez-Link card untuk anak. Jika anak Anda masih di bawah  90 cm tingginya, cukup digendong dan masuk bersama Anda ke dalam MRT station ataupun ketika naik bus. Di MRT Station terdapat alat ukur tinggi untuk anak Anda, silahkan diukur dulu ya.

Is your child taller than her?


written on April 29, 2014
Follow our IG & twitter: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog

See our video on youtube: tesyasvlog


Related Post:


58 comments:

  1. Mba Tesa, kalau di Changi dimana kita bisa dapat EZ link kids free ini? Kalau sampai si anak blm punya... Apa konsekuensinya? Bayarkah? Apa mba tau? Tks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Joyce..di Changi , coba tanya di MRT Station. Di Changi MRT jual Singapore Tourist Pass, jadi I assume mereka punya tiket office. Kalo ada tiket office bisa dpt ezlink card utk anak.

      Delete
  2. mba tesa nanya donk, pas ke sing kapan itu saya sempet dapet ez link buat kid, nahh, kan skrg free, itu ez link kid yg pernah saya beli itu masih berlaku kah??, ato perlu apply lagi utk dapet ez link kid yg versi gratisan ini??tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..

      Perlu apply lagi buat MRT for kids nya sekarang...di Ticket Office MRT ya..

      Delete
  3. Anak saya no.3 tingginya 110 lahir th.2010, apakah bisa dapat ezlink untuk anak yg gratis?, dan apakah dapat fisik kartunya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... Iya bisa dapet ezlink gratis untuk anak (Child Concession Card) dan akan dapat kartu fisiknya.

      Delete
  4. Mba untuk dapetinya harus ke MRT Orchard ya ? kalau pas di MRT tanah Merah bisa ga mba. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. MRT Tanah Merah aku ga tau, intinya yang punya MRT Ticket Office bisa. Di Changi bisa juga (MRT terdekat dari Tanah Merah).

      Delete
    2. Untuk card anak yang hilang
      Apa kah bisa bikin lagi yang baru dengan data yang sama

      Delete
    3. Wah saya enggak tau apakah mereka mau mengeluarkan kartu lagi ya Mba. Tapi coba aja ditanyakan dulu ya.

      Delete
  5. Mba.. Anak sy umur 2th 10 bln.. Tpi tinggi udah 95cm... Apa harus pakai CCC ? Kan dia belum bisa tap cardnya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Helloo...
      Kalau begitu sih digendong aja, enggak perlu pake kartu.

      Delete
  6. Mbaakk.. kl bawa stroller ribet ga naek mrt nya?mskdku kl mw tap card sambil dorong stroller apa boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak ribet Mba... nanti tap MRT di lajur khusus yang pintunya agak lebar. Aku belum pernah liat sih, tanya petugas aja Mba stroller musti dilipat dulu apa boleh didorong. Anaknya dipangku aja.

      Delete
  7. Mbak kalo anak diatas 7 sampai 12 tahun pake kartu normal sama seperti dewasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, beli Ez-Link kartu dewasa.

      Delete
  8. Mbak mau nanya aku bakal 4 hari 3 malam di sg dan pertama kali nih gak sama travel jd agak bingung bakal banyak naik bus dan mrt gak.. rencana nginepnya di geylang mbak kira2 mending beli ezlink biasa atau singapore tourist pass ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Cantika, aku selalu beli Ez-Link, bukan apa-apa sih, karena udah punya Ez-LInk, jadi aku tinggal top up.
      Tapi kalau emang bakal banyak banget pakenya, silahkan pake STP. Cuman ada depositnya aja ya, dan harus diambil deposit sebelum pulang, kalau enggak rugi.

      Delete
  9. Hi mba. Aku mau tny maret akhir ini aku mau ke sing rencana nya. Anak ku umr 3thn 3 bln tp tingginnya uda di atas 90cm alias 100cm. Itu harus pake CCC gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beda sedikit sih, digendong aja Mba pas masuk dan keluar MRT Station hehe..
      Enggak perlu pake kartu.

      Delete
  10. Makasi bnyk ya mba tesia, jd saya ga usah ke ochard lg. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip Mba, have fun ya di Singapura..

      Delete
  11. mau tanya mba jika kartu ez linknya saya bawa pulang next time jika datang lagi anak sudah > 7 tahun apakah bisa dipakai seperti ez link biasa ? di top up atau harus beli ez link yg biasa lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, tidak bisa dipakai lagi karena saat kartu anak dikeluarkan, di set di sistem kapan anak tsb berusian 7 tahun. Iya betul, harus beli ez-link biasa lagi.

      Delete
  12. Siang mbak....saya mau tanya...anak saya umur 5 tahu dan tingginy 12 cm....ini aoa bisa oakai ezlink gratis ya? Dan aoakah distasiun MRT woodlands ada mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 tahun bisa Mba, tapi maaf saya enggak tau di Woodlands ada atau enggak. Coba Mba googling di websitenya transitlink ya.

      Delete
  13. Mba kalo ibunya beli turis day pas untuk anak umur 4 tahun di beliin juga atau geratis seperti ez link ya.. trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya barusan cek di FAQ page nya Singapore Tourist Pass, katanya begini:
      Are there any concessionary rates for children and senior citizens?
      No, there are currently no concessionary rates for the Singapore Tourist Pass.

      Berarti harus bayar Mba..

      Delete
  14. Mbak....ikutan nanya ya.... Kalo bawa anak kecil naik MRT/bus dan nangis minta minum susu dot gimana ya? Secara kan gak boleh makan minum di kendaraan umum. Makasih jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh Mba, maaf aku enggak bisa jawab karena belum pernah (:

      Delete
  15. Halo mba tesya.. blog nya membantu banget deh..
    aku nanti januari 2017 rencana baru pergi berdua bareng anakku umur 4tahun. Gak susah kan ya? secara ini baru pertama kali hehe.. nah aku bisa minta EZ link for kids di Ticket office kan ya? jadi free deh tiket nya utk anakku? benar begitu ya? dr info yang aku baca..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, makasih ya udah mampir.
      Iya minta aja di ticket office Mba dan nanti tiketnya free buat anak Mba.
      Tapi kalau anaknya belum 90cm tingginya, di gendong aja Mba, enggak perlu Child Concession Card.

      Delete
  16. Halo saya ingin bertanya, kalo anak sekitar 4tahun tinggi kuranglebih 105cm. Itu perlu minta ccc atau gendong aja ya mbak? Soalnyakan juga ga bisa tap2 sendiri. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, digendong aja gpp Mba. Kecuali Mba akan balik lagi ke Sin, bisa minta dari sekarang kartunya.

      Delete
  17. Mba tesya mhn info,rencna kami awal jan'17 mw ke sing 5D4N baiknya pk ez link atw STP ya mba? anakku yg kcl umur 6,5th, Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku belum pernah pake STP karena pertimbanganku bawa anak paling sehari 1-2 tempat. Mahal kalau STP.

      Mba tergantung itinerary aja, kalau padat banget lebih baik STP karena lebih murah kalau dipake sering dan jauh-jauh.

      Delete
  18. halo mba tesya, wah pas banget nih nemu blog mba, saya sedang cari informasi mengenai ccc ini, putra mba yg ditolak pendaftarannya saat itu umur brp ya? putra saya saat akan melakukan perjanan nanti usia 7thn kurang 1 bln, apakah msh bisa mendaftar ccc atau beli ez link normal ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Siti, waktu itu Kiddos#1 umur 7 tahun kuran 5 bulan, dan udah enggak bisa (: Berarti putra Mba juga harus membeli kartu ez-Link yang normal.

      Delete
    2. oh gt mba...sip
      tanya lagi mba... kartu ccc ini kan kalau tdk salah tidak bisa untuk sentosa ekspress dan monorail ya? nah saat akan naik transportasi disentosa tuh gimna mba, bayar lagi atau hanya bayar yg di pintu masuk sentosa itu ya? yg USD 1 dan/atau USD 4?

      Delete
    3. Kalau mau naik monorail bayar lagi USD4 (sudah langsung masuk ke Sentosa, enggak bayar lagi). Kalau mau jalan kaki via Sentosa Broadwalk, baru bayar SGD1. Tapi jalan kakinya panas ya, walaupun ada tutupnya, hawanya tetap panas hehe.

      Delete
  19. Halo mba.. Mau nanya STP card bisa digunakan untuk naik bis CW1 dari kranji ke JB central?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, sesungguhnya saya enggak tau, tapi logiknya sih enggak bisa Mba. Karena itu hanya untuk transportasi bus dan MRT milik pemerintah Singapura. Sedangkan bus CW adalah bus Malaysia (kalau saya enggal salah baca, begitu sih, bus CW ini milik Malaysia). Maaf ya Mba, enggak bisa bantu..

      Delete
  20. Hai mba Tesya, minggu dpn rencana sy ke Singapura bersama keluarga, ank sy yg bungsu umur 4 thn tinggi 110, bgmna caranya spy naik MRT gratis ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, datangi saja Transitlink Office yang ada di beberapa stasiun MRT besar. Kasih paspor ke petugas, dan bilang mau minta child concession card. Have fun ya di Singapura :)

      Delete
  21. Mau tanya mba klo kartu stp itu bisa dipake 2org dewasa gak? Atau harus pya masing2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak bis Mba, seorang hanya boleh satu.

      Delete
  22. Mbak. Kalo stp, ada ngak utk anak diatas 7 thn yang harganya lebih murah (harga anak anak) dari stp normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga STP sama untuk anak dan dewasa sayangnya {:

      Delete
  23. mau tanya mbak... saya rencana mau libuŕan ke singapura utk pertama kalinya... 2 org dewasa dan 2 orang anak (3,5thn dan 7th). Bagaimana cara mmbeli kartu MRT nya mbak? kalau misalnya di bandara changi kita mmbelinya kemana mbak? harganya utk thun 2017 ini kira2 berapa ya??? mhon info.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Belinya di stasiun MRT di Changi.
      2. Harganya SGD12, dengan isi SGD7, sisanya adalah cost of the card.

      Delete
  24. Mau tanya, untuk membuat kartu CCC persyaratannya apa saja ya? anak saya umur 3thn dan 6,5thn. apakah prosesnya mudah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya memperlihatkan paspor, dan pada tahun tsb anaknya tidak akan berulang tahun ke 7. Jadi nih, anak yang 6,5 tahun kayanya enggak bisa deh..

      Delete
  25. hi mba tesya mau berbagi cerita soal kartu concension. februari kmrn kami daftar dan buat ccc. menurut web kartu bisa dibuat untuk anak dibawah 7thn, dan kartu berakhir di tgl 30 april diusia anak 7thn.
    nah anak saya pertama umur 7thn april ini, namun karena kami pergi saat februari lalu (sebelum 30 april) jd sulung saya masih bisa menggunakan ccc
    mungkin mba tesya pergi setelah 30 april ya, jd ccc putranya ditolak?
    keterangan lebih lanjut bisa cek diweb transitlink. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Siti, makasih banyak untuk sharingnya. Waktu itu kami pergi pertengahan April. Anak saya ultahnya September, tetep aja ga bisa (: Belum rejeki kami kali ya Mba. Hehehe..

      Delete
  26. Hai mbak tesya...ez link hanya bisa dipake oleh 1 orang saja ya? Kalau kami berempat (2 dewasa 2 kids 8tahun), berarti harus beli 4 card ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ayu, iyah ez-Link hanya bisa dipakai satu oleh setiap orang. Yup jadi Mbak nya harus beli 4 kartu.

      Delete
  27. HI,Mbak...kalau dewasa beli STP dan anak pakai EZ Link apakah ada perbedaanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, anaknya di bawah 7 tahun kah Mba? Dan mendapatkan Ez Link gratis?
      Kalau anaknya di atas 7 tahun, sama saja Ez-link nya dengan harga dewasa. Pertanyaan saya selanjutnya: kenapa enggak semuanya aja Ez-link atau semuanya aja STP, mba?

      Delete