Berapa Biaya Liburan Dengan Anak ke Singapura?


Liburan ke Singapura mahal? Dengan kurs Singapura berbanding Rupiah seperti sekarang, memang liburan ke Singapura menjadi mahal ya. Tapi kalau ada tiket promo ke Singapura, jangan gentar untuk berburu. 

Kami akan share tips liburan murah ke Singapura melalui tulisan ini, sekalian dalam rangka planning liburan kami dengan Kiddos ke Singapura bulan April 2014 nanti.




Alhamdulillah tesyasblog's trip to Singapore sukses... (April 2014)


1.    Tiket Pesawat

Target kami dalam mencari tiket pesawat Jakarta Singapura PP adalah sekitar Rp 500.000 per orang. Pada liburan pertama kami ke Singapura bulan April 2012, kami mendapatkan tiket Air Asia dengan harga Rp 1,5 juta untuk empat orang PP (tiket dibeli April 2011). 

Karena itu, ketika pada AA Big Sale April 2013 kami mendapatkan tiket Rp 1,9 juta untuk empat orang PP, langsung kami eksekusi.

Selain Air Asia, Jetstar dan Tiger Air juga sering memberikan tiket promo ke Singapura. Pastikan anda mengikuti akun twitter serta newsletter ketiga airline tersebut ya! Jangan sampai ketinggalam promo mereka (PS. Walaupun harus rela membeli tiket satu tahun di muka:p).

Oya, sangat disarankan selalu update dengan jadwal hari libur tahun berikutnya. Jadi ketika berita tiket promo datang, kita sudah siap dengan alternatif tanggal "liburan harpitnas". Lumayan bisa berlibur dan menghemat cuti serta ijin sekolah untuk Kiddos.


2.    Hotel atau Hostel di Singapura

Sebelumnya, kami mengajak kiddos untuk menginap di Landmark Village Hotel Bugis. Namun untuk liburan tahun 2014, kami ingin menghemat budget hotel untuk dapat dialokasikan ke liburan kebutuhan yang lain. Kami sempat menimbang-nimbang antara tinggal di hotel ataupun hostel di Singapura. Review hostel Singapura yang tayang di tesyasblog dapat dibaca disini.

Banyak hostel di Singapura memperkenankan anak untuk stay di tempat mereka. Namun setelah membandingkan harga hostel dengan sebuah family room di hotel Fragrance Emerald Geylang, kok harganya lebih murah di hotel ya? Karena kami pernah menginap di Fragrance Emerald Geylang sebelumnya (tanpa kiddos), dan sudah mengetahui lingkungan sekitar, kami pun PD book family room di sana dengan harga Rp 2.535.900 (nett) untuk tiga malam. 

Family Room kami book via booking.com dengan tipe “pay later and free cancelation”. Harganya Rp 300.000 lebih mahal daripada jika kami book "no cancelation room". Karena selisih harganya masih wajar, kami prefer free cancelation option.

Walaupun terletak di Geylang Road, Fragrance Emerald berlokasi di bagian paling ujung sehingga lumayan jauh dari area red light. Di dekat hotel terdapat masjid, dan juga sebuah bus stop tepat di seberang masjid (nama bus stop: Opp Mohd Salleh Mosque).

bus stop, 5 mnt jalan kaki dari hotel

Dari bus stop tsb terdapat bus yang bisa mengantar ke berbagai tempat. Dicatat ya:
Bus no.2 : Bugis Junction, ClarkeQuay, Chinatown
Bus no.21: Mustafa Center - Little India, Farreer Park MRT Station
Bus no.80: Arab Street (the famous Murtabak Zam Zam harus dicoba!), CityHall MRT Station, Vivo City, Harbourfront Station.
Bus no.100: Lau Pa Sat, tempat makan sate di malam hari.
Bus no.67: Botanical Garden (Jacob Ballas Playground)

MRT terdekat dari hotel adalah Kallang MRT, namun masih sekitar 3 bus stop away. Sehingga pilihan menggunakan bus adalah option yang terbaik, agar Kiddos tidak jauh berjalan. 

Catatan: walaupun telihat keren, peta MRT Singapura itu bisa menipu karena transfer dari satu line MRT ke line yang lainnya (beda warna), memerlukan jalan kaki yang cukup jauh di dalam MRT station (Phew!). Biaya naik bus juga lebih hemat daripada biaya MRT. 

Banyak alasan kenapa I love Singapore bus.


3.    Tempat gratis untuk anak di Singapura

Nah, karena kurs yang menggila, kami putuskan hanya akan masuk ke satu atraksi berbayar yaitu The Adventure Cove Waterpark di Resort World Sentosa, karena kiddos memang paling enjoy di wahana air. Sisanya kami akan pergi ke tempat yang dapat dinikmati dengan anak secara gratis di Singapura. Beberapa tempat kami share di bawah ini:

- Marina Barrage

Tempat ini pernah kami kunjungi, dan kami sangat terkesan dengan Marina Barrage yang menawarkan waterpark yang menyenangkan untuk kiddos, area hunting foto sunset untuk Bapap, dan tempat saya leyeh-leyeh sambil menikmati pemandangan Marina Bay Sands. Tempat ini gratis 100%, dan disarankan mengunjunginya di sore hari untuk menikmati sunset. Silahkan klik link ini untuk melihat cerita di tesyasblog mengenai Marina Barrage.




Cara pergi ke Marina Barrage: Naik MRT line merah ke Marina Bay Station, turun disana dan ikuti petunjuk ke bus stop Marina Barrage. Dari bus stop tersebut naik bus 400 dan turun di Marina Barrage (kalau ragu, minta Pak Supir memberitahu Anda jika sudah dekat dengan Marina Barrage). Pulang dari Marina Barrage, menggunakan bus no.400, lanjut naik MRT dari Marina Bay Station.


- Waterpark di Gardens By The Bay


Pintu gerbang selatan, jika anda menggunakan bus 400

Yeay, Gardens by The Bay sudah membuka Children Playground yang dapat dinikmati gratis :) Terdapat toddler playground, waterpark area, juga tree house di sana.

Cek di link ini ya info mengenai children playground yang ada di Gardens by The Bay.

Dan baca di tesyasblog mengenai kunjungan kami ke Children's Garden.


- Jacob Ballas Playground di Botanical Garden

Saya sempat melewati Botanical Garden dan melihat tulisan “playground” tanpa sempat melihat apa yang ada di dalamnya. Setelah melihat di website betapa keren nya tempat ini (asli keren banget dan gratis!) saya pastikan tempat ini akan masuk ke dalam itinerary kami. Terlebih lagi karena ada bus langsung dari hotel ke Singapore Botanical Garden.

Cara pergi ke Jacob Ballas: yang paling gampang aja ya, naik MRT line orange dan turun di MRT station Botanical Garden. Namun perlu dicatat bahwa inner circle MRT ini agak muter-muter, jadi jika anda berhasil naik bis, akan lebih cepat waktu tempuhnya. Silahkan baca disini untuk no bis yang bisa membawa kita ke Jacob Ballas.


- Palawan Beach Sentosa

Pantai yang terletak di Sentosa ini memiliki berbagai aktivitas untuk anak, baik yang gratis maupun yang berbayar. Jika rela mengeluarkan per anak SGD 8 (on weekday) dan SGD 15 (on weekend), anak anda bisa menikmati playground berbayar Port of Lost Wonder di Palawan Beach. Dari berbagai review, this playground is recommended.

Cara pergi ke Palawan Beach Sentosa: Naik Monorail dari Vivo City Sentosa Train Station (lantai 3) dan turun di Beach Station. Dari Beach Station, jalan kaki atau naik beach tram ke Palawan Beach.


- Free Laser Show di Marina Bay Sands

Wonder Full Laser Show di MBS

Sebagai alternatif dari menonton laser show berbayar Song of The Sea (atau sekarang diganti menjadi Wings of Time) di Sentosa, anda bisa memilih Wonder Full Lasershow di Marina Bay Sands (gratis!), sambil foto-foto di area iconic Singapura ini. Jadwal daily show nya jam 8.00 pm dan 9.30 pm (dan tambahan show jam 11 pm pada saat weekend). Disarankan berada di lokasi 30 menit sebelum jadwal show.

Setelah Wonder Full show, jangan lupa mampir ke Gluttons Bay untuk menikmati Singapore Satay dengan view Marina Bay. 

Satay with a view

Dari Marina Bay Sands, bisa berjalan kaki ataupun naik bis 133 dan 106, turun di bus stop The Esplanade (Jika anda tidak tau dimana harus turun, jangan khawatir, tanyakan kepada supir bis pada saat naik, dan minta ia inform dimana harus turun. Pastinya jangan duduk jauh dari supir bis ya).


- Sengkang Swimming Complex

Tempat renang ini tidak gratis, namun sangat murah sehingga bisa jadi pilihan untuk menikmati arena renang di Singapura. Biayanya hanya SGD 1,50 untuk adult dan SGD 0,80 pada hari kerja. Hanya beda sekitar 0,50 cent dengan harga weekend.

Cara pergi ke Sengkang Swimming Complex: naik MRT line ungu dan turun di Sengkang MRT. Lanjut naik LRT dan turun di Farmway Station. Jalan kaki melewati McD hingga tiba di pintu masuk Sengkang Sport and Recretaion Center.


- Playground Inside Malls

Ada banyak mall yang menawarkan playground gratis di Singapura, saya paling suka playground di Vivo City Mall. Karena selain playground di lantai 3 yang besar, terdapat juga rooftop pool di Vivo City dengan pemandangan ke arah Sentosa.

playground di Vivo City lantai 3

Mall lainnya yang mempunya waterpark keren nan gratis: Changi City Point (turun di MRT Expo, satu stop dari Changi), IMM (Jurong East), dan Nex (Serangoon). Belum semua kami kunjungi, tapi setelah saya melihat tampilannya di website, ketiga playground tersebut patut masuk ke dalam itinerary.

Oya, di Paragon Mall Orchard juga terdapat (dry) playground gratis di area yang dekat dengan Toys R Us. Sambil menunggu Kiddos bermain, Anda bisa menikmati wifi yang cepat dan gratis di Paragon Mall:p


4.  Biaya Makan dan Transport

Di luar ke empat biaya di atas, pastinya ada biaya transport dan makan yang harus dialokasikan. Supaya aman dan ada sedikit lebih untuk membeli pop corn Garretts oleh-oleh, saya alokasikan per hari 100 SGD untuk tiga kali makan dan transport (dua dewasa dan dua anak). Biaya makan tergantung ya, tapi kalau makan di foodcourt aja sih, lebih dari cukup.

Foodcourt dengan halal section terpisah di Vivo City (basement 2),
namanya sekarang menjadi Sedap Food Court

5.Total Biaya Liburan untuk 4 hari 3 malam di Singapura

Jika dijumlahkan, maka biaya liburan kami ber-empat dari Jakarta-Singapore adalah sebagai berikut: 
- Ticket pesawat Rp 1.900.000; 
- Hotel Rp 2.600.000; 
- Ticket masuk ke Adventure Cove Waterpark SGD112
- Biaya makan dan transport selama 4 hari  SGD400

Kalau rela tidak mengunjungi Adventure Cove Waterpark, kami bisa hemat lumayan banyak. Yah…, masih ada waktu tersisa untuk mempertimbangkan apakah Adventure Cove Waterpark itu worth a visit? Sebagai alternatif, kami bisa mengganti sesi renang dengan mengunjungi Sengkang Swimming Complex.

Jika anda membutuhkan referensi pembuatan itinerary liburan ke Singapura, anda bisa mendownload ebook gratis tesyasblog tentang Singapura disini.

Itinerary 4 hari 3 malam di Singapura sudah rampung, lengkap dengan rute bis. Kami memilih rute yang paling sedikit jalan kaki nya, mengingat Kiddos sudah terlalu besar duduk di stroller (dan kami harus siap jika mereka minta digendong hehe..).  


Update: April 2014

We proudly present our first published book, ditulis bersama teman saya @olenp. Silahkan dipesan melalui email ke tesyas.blog@gmail.com ya. Harganya Rp 43.800 aja, belum termasuk ongkir. 

Kalau suka blog kami, Anda juga akan suka buku kami. Hehehe promosi :)






written on August 21, 2013  
Follow our IG & twitter: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: tesyasvlog



Next Post:

Hari Pertama Legoland Trip: Tiba di Johor Bahru


Related Posts:
Hostel di Singapura Untuk Keluarga
Naik MRT Dari Changi ke Kota Singapura
Itinerary Liburan Hemat Dengan Keluarga ke Singapura
3 Hari 2 Malam di Singapura
Ke Johor Bahru via Singapura? Baca posting kami di bawah ini:
Family Backpacking ke Johor Bahru dan Singapura 
5 Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Persiapan Liburan ke Legoland
Step by Step : Cara Naik Bus Umum dari Johor Bahru ke Singapura


Review hotel di Johor Bahru yang tayang di tesyasblog bisa dilihat disini 

143 comments:

  1. keren banget mba, saya baru menemukan blog ini dan langsung jatuh cinta. Sangat informatif, lengkap dgn foto2, petunjuk, dan harga2. terima kasih ya, semua isi blog mba tesya sangat menarik dan bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba atau Mas, sayangnya ga ada namanya...terimakasih for the nice words. Alhamdulillah jika blog kami bisa bermanfaat :)

      Delete
    2. oiya maaf....saya ibu 2 anak dari bekasi. Ditunggu ulasan liburan lainnya....:)

      Delete
    3. Hai Mba Windi salam kenal ya hehe...

      Delete
    4. Infox bermanfaat bgt..tq alot mba...

      Delete
  2. infonya lumayan...saya berencana ke singapore 2014 nanti

    ReplyDelete
  3. Salam kenal, mba.. Blognya membantu banget, mbak.. Mbak, apa dari hotel fragnrance emerald mudah mendapatkan taxi ? Adakah mal dan food hawker dekat dengan hotel, mbak ? Makasih infonya ya, mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba salam kenal juga ya,,and thanks for your kind words:) Taxi mudah didapatkan di sekitar hotel Mba, malah kalau on budget, naik bis pun gampang. Food hawker non halal banyaaak banget sekitar hotel. Kalau food hawker halal saya cuma nemu satu restoran India di deket hotel. Semoga membantu ya. infonya.

      Delete
  4. Salam kenal mba,,, nice info banget...aku juga ada rencana ke singapore april 2014 aama suami n baby... mau tanya itu yg promo airasia masih bisa didapat ngga ya kalo pesan sekarang2 ini? Aku ubek2 google dapetnya sekitar 2jt bolak balik...hehe
    Trus mau sharinya dong,,,enakan jalan2 sendiri ato sama jasa tour ya?soalnya baru pertama kali mau ke singapore nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Vidiana, untuk tanggal kami April 2014 (yg adalah jumat nya libur) ticketnya memang udah mahal Mba..jadi kalau mau tunggu Air Asia sale berkitutnya, tapi mungkin untuk jadwal semester 2 thn 2014 ya. 2 juta pp itu per orang atau gimana?

      Kalau menurut saya sih karena Singapura negara yg transportnya sangat bagus, ga sulit kok jalan-jalan sendiri. Mba silahkan email ke tesyas.blog@gmail.com kalau mau tanya2 lebih lanjut ya. Nanti kita bisa discuss mengenai rute di Singapura:)

      Delete
    2. 2 juta itu saya, suami, sama baby umur 1 tahun.. Bulan ini air asia sebenernya ada promo murah banget. Cuma 49rb ke singapore.Tapi terhalang ga punya libur :(
      Oya, kalo pake jasa tour enak dan gak enaknya gimana ya mba?

      Delete
    3. Wah Mba mayan murah donk ya bertiga RP 2 juta..asyiiik:) Kalau saya yg ga biasa pake tour, ga enaknya karena waktu terbatas dan ga bebas nentuin kita mau kemana. Enaknya ga usah mikir, tinggal duduk di bis nanti sampe ke tempat yang udah ditentukan.

      Kalau Mba biasa pake tour, coba deh sekali pergi sendiri. Planningnya sendiri udah mengasyikan, dan menjalani liburan dari yg kita udah planning sendiri itu lebih seru. Hehe..

      Oya tentunya buat kami sih ga pake tour supaya hemat juga mba... *curcol

      Delete
    4. Betul betul..kayaknya lebih hemat tanpa jasa tour ya...hehehe... makasih sharingnya mba :)

      Delete
    5. halo mba tesya..,ahirnya aku dapet tiket airasia murah juga :p curcol...baru aja booking promo big sale, 1,6 untuk bertiga..mayan lah
      tinggal booking hotelnya dan tunggu jam tayang mei 2014 hehehe
      oya mba mau tanya kalo transportasi dari bandara ke hotel2nya bisa naik apa ya?soalnya aku memutuskan tanpa jasa tour saja biar hemat dan bebas

      Delete
    6. halo mba tesya..,ahirnya aku dapet tiket airasia murah juga :p curcol...baru aja booking promo big sale, 1,6 untuk bertiga..mayan lah
      tinggal booking hotelnya dan tunggu jam tayang mei 2014 hehehe
      oya mba mau tanya kalo transportasi dari bandara ke hotel2nya bisa naik apa ya?soalnya aku memutuskan tanpa jasa tour saja biar hemat dan bebas

      Delete
    7. Wow keren dapet promo :)
      Bandara ke hotel naik MRT per orang 2 SGD atau naik taksi untuk 4 orang sekitar 20-25 SGD.
      Iya lebih bebas dan hemat kalo pergi sendiri :)

      Delete
  5. Numpang tanya? Kalau dari airport changi ke bus stop dekat fragrance emerald naik bus apa saja, turun dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas or Mba..

      Dari Changi naik MRT dulu dan turun di Aljunied MRT station. Dari situ naik bis no 80, 63 atau 100, dan turun di bus stop kedua setelah naik di Aljunied Station.

      Setelah turun dari bis, jalan ke arah kanan dari pintu bis (searah dengan arah mobil, kebetulan jalan tsb satu arah), dua gang dari situ, belok kiri sampai deh di Fragrance Emerald.

      Hope it helps ya..

      Delete
  6. Aslmkm mba....
    Salam kenal mba...aku ibu 2 anak (8th & 3.5th)
    Share info lengkap dong. Scr baru pertama kali mau liburan keluarga ke sing. Rencana Nov bln depan perginya. tiket PP 2.7jt. (xixixi agak mahal ya mba?)
    Boleh via email aja ga mba? sepertinya bakal banyak yg pengen aku tanya.....:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...kita lanjut di email yaa hehehe..

      Delete
  7. Berguna bgt post nya mba tesy ;) Aku jg udah book tiket utk Juni ksana. Tapi tanpa kiddo dan emg sengaja tujuannya mw coba wahana2 extreme di Sing plus kuliner ;p Tp bbrp tempatmu bisa jd pilihan kalo semua rencana kita udh terlaksana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fanny, thank you udah mampir...apaan sih emangnya wahana extreme di Spore itu? Hehe..

      Delete
  8. Ƴɑ̤̥̈̊ªª☺ اللّهُ kapan Ƴɑ̤̥̈̊ªª☺ saya Ƅΐ§ά ke singapur.."̮hϱϱ.hϱ"̮...(Semoga di ijabah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Ya Alloh, semoga doanya dikabulkan ya Mba.

      Delete
  9. Hallo mb. Tesya....lam kenal yaaa...bsk Desember rencana mau ke Singapura nginep di Hotel Dickson ( itu deket Bugis ma Little India y mbak ? ) selama 4 hari 3 malam sm kiddos. Bisa minta share tips liburan hemat dan panduan transportasinya mbak ? Mulai dari Bandara Changi dst. Mksh bnyk sebelomnyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Silvi..iya Dickson deket dengan Bugis, tapi masih mayan ya jalannya hehe..
      Silvi bisa email aku ya ke tesyas.blog@gmail.com nanti aku kirim itin kami. Thanks..

      Delete
  10. Mbak Tesya, informasinya sungguh sangat menarik dan membantu sekali. Saya berencana tahun 2014 akan mengajak keluarga (istri dan 1 anak) saya berlibur ke Singapoura dan Malaysia. Saya prediksi selama 6 hari, masing2 3 hari. Saya minta tolong bila tidak keberatan dibuatkan schedule liburan kami agar ekonomis. Rencana di Malaysia kami bisa ke Genting, di Singapura kami bisa ke Universal Studio. Atau bisa juga dibuatkan kalau hanya dke Singapura selama 5 hari. Kalau tidak keberatan Mbak bisa jelaskan di email saya, vincent_610@reader.chip.co.Id. Terima kasih atas bantuan dan kerjasamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Vincent,

      Salam kenal ya dan thanks udah mampir ke blog. Untuk mixed liburan Spore-KL, beli tiketnya Indonesia ke Singapura, dan pulangnya KL ke Indonesia aja, supaya ga bolak-balik. Lagian airport tax keluar dari Changi itu mahal, jadinya Vincent terhindar dari keharusan membayar airport tax yang mahal:D Btw anaknya umur berapa ya? Aku asumsikan toddler ya.

      Day 1 - Singapura
      - Dari Changi ke hotel, left luggage, terus jalan-jalan
      - Gardens by The Bay, cantik banget:)
      - Foto di sekitar Marina Bay, Esplanade dan Merlion
      Day 2 - Singapura
      Ke USS
      Day 3 - Singapura
      - Naik bis ke KL
      - Malam di KL, ke twin tower untk foto twin tower malam hari
      Day 4 - KL
      - Ke Genting PP
      Day 5 - KL
      - Belanja di Bukit Bintang
      - Belanja di Pasar Senin
      - Ke KLCC (twin tower, kalau mau masuk twin tower harus pagi)
      Day 6
      Kembali ke Indonesia

      Kalau 5 hari mau di Singapura aja, mungkin bisa kaya gini:
      Day 1 - Singapura
      - Dari Changi ke hotel, left luggage, terus jalan-jalan
      - Gardens by The Bay, cantik banget, pasti istri suka deh.
      - Foto di sekitar Marina Bay, Esplanade dan Merlion
      Day 2 - Singapura
      - Ke USS
      Day 3 - Singapura
      - Jacob Ballas Children Playground
      - Ke Orchard
      - Belanja di Mustafa Little India
      - Malam nonton Wonderfull Lasershow di Marina Bay Sands
      Day 4 - Singapura
      - Mengunjungi Legoland Johor Bahru atau kalau enggak bisa ke River Safari dan Zoo di Singapura.
      Day 5 - Singapura
      - Main-main di Sentosa
      - Belanja di Chinatown atau Bugis Village
      Day 6: kembali ke Indonesia

      Banyak sih yg bisa dilakukan, tergantung sukanya anaknya apa dan ujung2nya budget berapa, secara kurs naik signifikan kaya sekarang.
      Silahkan Vincent maunya seperti apa ya..

      Rgds,
      Tesya

      PS. emailmu error, aku ga bisa send by email

      Delete
    2. Terima kasih banyak banget Mbak Tesya untuk bantuannya membimbing saya dalam pembuatan schedule liburan kami. Maaf, karena ini liburan pertama kami, jadinya kami buta dengan negara tetangga. Mohon bisa tolong ditambahkan naik apa saja transportasi dan harganya ke tiap2 tempat wisata, tiket masuk, tempat makan. Saya berharap liburan kami walaupun ekonomis tapi menyenangkan dan sensasional. Budget yang kami anggarkan hanya 15 juta saja. Ya, mudah2an cukup. Anak saya usia 9 tahun. Oh ya, bila email saya error, bisa juga ke email lain vhape_bgr@yahoo.com. Sekali lagi terima kasih.

      Delete
    3. Siap mas Vincent, kita lanjut di email aja ya :)

      Delete
  11. Asslm. Mbak minta masukan yah. Aku insyaAllah ke s'pore tgl 21 s.d 26 nov ini. Berangkat brg suami, my 11 years old son n my mom. Itinerary yg sdh kami buat sbb :
    1. Kamis, 21 nov, brgkt, ramah tamah dgn klg (kebetulan disana nginep di rumah sodara, lumayan penghematan :)))
    2. Jumat, 22 nov, ambil paket all in 1 pass dr hippo tours buat 2 hr, jadi bisa naik bis hop on hop off keliling kota, rute hari pertama : little india, mustafa center, suntec, duck tour, s'pore flyer, merlion park, orchad rd.
    3. Sabtu, 23 nov, hr kedua on hippo, rutenya arab street, asian civilization museum, chinatown, river cruise at clarke quay, orchad.
    4. Minggu, 24 nov, ikea alexandra (mom's request), terus ke garden by the bay. Dari situ lanjut ke marina bay buat liat free laser show mungkin nggak mbak?
    5. Senin, 25 nov, universal studio
    6. Selasa, 26 nov, pulang.
    Minta masukannya yah mbak, khususnya buat item no. 4. Terima kasih sebelumnya.
    Btw, kalau mai e book nya gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lizz, salam kenal ya..

      Wah mau donk di share nanti di tesyaskinderen gimana pengalaman naik hop on hop off nya, soalnya kalau buat aku it is way too expensive:D Nanti mau ya jadi guestpost di tesyaskinderen?

      Ok I leave your first two days ya..aku comment di luar Hop on Hop Off:

      4. Ikea Alexandra depannya ada Anchor Point, sekalian dimampirin ya (ini ada di ebook aku infonya). Gardens by the bay kalau sama orang tua beli shuttle service nya aja, 2 SGD, bisa nganterin dari MRT Bayfront ke Flower Dome dan Cloud Forest. Bisa banget lanjut ke Marina Bay Sands the Shoppes, tapi jalannya lumayan jauh. Pls be aware of that.
      Btw, shuttle service itu cuma sampe jam 5 sore, sementara itu, Gardens by The Bay bagus kalo dinikmati sore menjelang malam ketika lampu lampu taman udah nyala. Satu satunya cara menghemat tenaga pas datang ke Gardens by The Bay, dengan pake shuttle service, tapi pas di atas jam 5 ya harus jalan.
      Ga sekalian ke Marina Barrage (deket dari Gardens by the bay)? Asyik banget sunset di sana...haduh bingung kan jadi banyak yg harus dikunjungi hehehe...

      Kalau mau download ebook, tinggal masuk ke www.tesyasblog.com, terus ada page Ebook di bagian atas blog aku itu, klik aja. Udah ada dua ebook disitu yang bisa di download gratis yaitu tentang Singapura dan Melbourne. Nanti diarahkan ke mediafire untk download ebook nya. Selamat membaca ya :)

      Delete
  12. Hi Mbak Tesya..Salam kenal yaaa. Saya rani.

    Aku ada rencana bulan januari nanti ke Singapore bersama suami dan anak (usia 21mo's). Boleh minta rekomendasi itinerarynya?Pgnnya sih sekalian ke KL juga..minta rekomendasi tempat yang hemat dan nyaman untuk balita donk mba..makasiih yaa..boleh di email ke ranie_pd@yahoo.com..

    Thank's so much yaaa mba...

    ReplyDelete
  13. salam kenal mb tesya...aku eski.. suka banget dengan blog yang memberi info yang bagus banget buat travelling khususnya buat aku.lengkaaaaappp.....

    aku ada rencana ke singapura sama suami dan 2 anak, 5 th dan 2 th.boleh minta rekomendasi itinerary anak yang tidak melelahkan mengingat anakku yang gede gampang capek jalan hehe, hotel sm makanan halal mb....??

    kalau berkenan boleh email eski ke eski_nugraheni@yahoo.com

    thanks a lot mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Eski...salam kenal ya...aku lupa kamu udah email aku belum ya? Baiklah segera aku email :)

      Btw Singapura itu melelahkan karena banyak jalan kaki, kecuali mau naik taksi sih hehehe..see you in the emails.

      Delete
  14. Hai mba, salam kenal. Aku suka baca2 blog mbak yg banyak menginspirasi utk liburan^^ Mbak, aku rencana mau liburan 5 hari dari SG - Malaka - JB - SG. Boleh minta saran itinnya? Must seen listnya : Hello Kitty Town, Malacca Heritage Center, Jacob Ballas dan landmark SG (merlion, Gbtb, etc). Liburan dg toddler (4Y dan 1,5Y) yang doyan jalan. Kalau ga keberatan, via email saja di siskart15@yahoo.com.

    Terima kasih banyak mba Tesya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Shiska, thanks ya udah mampir..and also thanks for your kind words:)

      Menurut saya 5 hari mencakup semua itu terlalu padat, ga maksimal dan cape di jalan..hehe..But here we go:

      Day 1: Jkt-KL (beli tiket direct ke KL pesawat paling pagi) Naik bis Ke Malacca, stay overnight di Malacca.
      Day 2: Malacca-JB: Naik bis dari Malacca ke JB, sampai sore di JB
      Day 3: JB: Hello Kitty Land dan jalan jalan di JB
      Day 4: JB-Spore pagi. Ke Jacob Ballas, Merlion dsb..
      Day 5: Kembali ke Indonesia.

      Itu gambaran besarnya ya Siska...cape banget kan?

      Delete
    2. Bener mba, capek^^ Btw aku brangkat pp dari Spore mba (lebih capek y?) Jadi itinnya :
      Day 1: Bdg - Spore - Malaka (overnight Malaka)
      Day 2: Malaka (overnight Malaka)
      Day 3: Malaka - JB (berangkat 8a.m) - Hello Kitty Town (overnight JB)
      Day 4: JB - Spore pagi.
      Day 5: Kembali ke Indo

      Highlightnya memang Malaka dan HK Town sih mba. Klo jalan di Spore itu hanya bonus^^. Ada masukan mbak?

      Mbak, klo nginep di Fragrance Emerald amankah untuk anak2? Maaf ya mba jadi banyak tanya.

      Terima kasih.

      Delete
    3. Hai Siska, maaf baru balas lagi nih..
      Ke Malaka sih lebih deket nya dari KL memang ya hehehe..kalau liat itin mu ini sih lebih cocok kalo untuk dua dewasa, ga pake balita. Soalnya bakal cape banget di jalan, dan sedikit yg dilihatnya. Tapi anyway gpp asalkan udah siap kondisi fisik aja ya.
      Udah ok itin nya tuuh.. Fragrance Emerald ok aja kok untuk dengan anak, karena jauh dari pusat red light Geylang nya.

      Delete
  15. Siang mba Tesya, akhirnya sesuai saran dari mbak saya skip Malaka, jadi 2 hari JB (biar full day lihat HK nya).
    Mbak, nanya lagi y? Klo usia 1.5Y naik bis2 di SQ bayarkah? Secara tidak wajib beli tiket utk naik MRT. Oya ada tips naik bis di Spore g? Soalnya takut kelewatan bus stopnya. Karena bawa ortu dan anak2, memang betul lebih sreg naik bis.

    Trims ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Siska, untuk anak 1,5 tahun ga usah bayar, digendong aja pas masuk bis nya.
      Untuk naik bis di Sigapura, harus disiapkan dulu rute nya (masuk ke web sbs bus atau smrt bus), kalau aku sih biasanya save di excel rute bis, jadi udah tau bus stop mana aja yang dilewati, harus naik dimana dan turun dimana.
      Atau pas naik bisa bilang ke supirnya mau turun dimana, dan duduk atau berdiri dekat supir. Nanti supir akan kasih tau kapan harus turun.

      Oya untuk tau no bis nya, journey planner nya di sbs transit itu very useful.

      Delete
  16. Mba Tesya, mau tanya. Kalo naik tiger ke sing, mau bawa stroller di masukin bagasinya bersamaan dengan koper yang masuk bagasi atau bisa dikasi ke petugas di pintu pesawat? kemudian setelah di changi, stroller dikasiin lg pas kita keluar pesawat atau bersamaan ambil bagasi?
    thanks sebelumnya mba

    -Wiwied-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maap aku blm pernah..tapi waktu naik AA ke Penang dan Garuda ke HK emang selalu gitu sih, masukin pas kita boarding dan dikasih pas kita keluar pesawat

      Delete
  17. halo mbak tesya..makasih ya info-nya..
    krn mmg awal taun ini kita sekeluarga mau liburan ke singapore,tp klo saya sama 3 anak(kebayang ribetnya)
    kali ini pertama kalinya kita mau ke liburan ke luar negeri..agak deg2an..
    tp bolehlah blog ini...saya save langsung...supaya bisa dibaca2 lagi klo udh mau deket2 tgl berangkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nina, have fun ya liburannya :)

      Delete
  18. Keren infonya akrena sangat membantu bagi orang yang berencana liburan ke singapore

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih udah mampir ke blog kami.

      Delete
  19. terima kasih infonya mba, saya juga awal april (2-5 April) berencana kesana dan sama juga nginep di hotel Fragrance Emerald :).
    Btw kalo untuk naik bus yang bukan MRT itu emang lebih efisien dan lebih murah ya? mohon bimbingannya mba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nida, iya lebih murah kalau naik bis, tapi harus tau bis no berapa untuk menuju suatu tempat, turun di bus stop namanya apa. Saya biasa siapin dulu rute bis nya sebelum berangkat. Jadi udah tau naik bis berapa dan turun dimana. Masuk ke website smrt buses ya, coba deh pake journey plannernya. Kalau ada pertanyaan lanjutan ttg bis bisa via email ya Nida.

      Delete
  20. halo tesya,
    Salam kenal, saya Tika, Seneng banget ketemu blog-nya Tesya..! Ceritanya selalu bikin pengen ikut ke tmpt tujuan.. Semua ceritanya jelas ampe ongkos perintilannya.. hehehe..Aku pengen nanya2 nih..
    aku lanjut di email ya,,,,
    Keep travelling and sharing.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tika, thank you for your nice words. Aku udah balas emailnya ya Tika..

      Delete
  21. Salam kenal mb tesya saya martin,Sangat Detail mba, sdikit share klo mau beli oleh2 yang murah ada di bugis street dan alternatif hotel bisa di fragrance selegie road cukup strategis jg,oiya utk transport memang bus lebih murah dan lebih liat pemandangan hanya kita harus banyak bertanya rute tiap angka bus,utk pemula mrt lebih tepat krn kita bisa lihat mapping yg tertera di layar tiket atau di dalam mrt nya kira2 begitu kan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Martin, terimaasih ya untuk tambahannya di sini. Pasti berguna banget untuk pembaca yang lain.
      Iya betul untuk yang baru MRT lebih gampang, tapi siap siap jalan kaki jauh aja sih ya. Thanks again Martin :)

      Delete
  22. Mba, lengkap banget deh... senang bacanya... Btw, knp ga ke uss mba? Apakah sudah pernah? Worth ga ya ke uss dengan anak usia 3 tahun. Thanks ya mba... *sambil ngeprint blog mba Tesya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lucy, enggak ke USS karena kiddos masih kecil..tunggu mereka SD deh. Kan ada batasan tinggi tuh untuk mainannya, aku takut kalo 3 tahun belum bisa Lucy di USS... Makanya aku ke Legoland dulu April 2014 ini.

      Delete
  23. Dear Tesya, salam kenal.. tolong info hotel yg no charge untuk anak2 7 dan 4 thn dan itinerary untuk 5hr selain sentosa, thx a lot;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..sayang nih ga ada namanya jadi aku ga bisa sapa hehe..

      Yg bisa bawa dua anak *menurut hotel policy di booking.com ya (umurnya beda beda tiap hotel, cek aja ya):
      - Landmark Village Hotel - Bugis
      - Grand Mercure Roxy Hotel - East Coast
      - Parkroyal on Beach Road - Area Arab Street
      - Novotel - Clarke Quay
      - Riverview Hotel - Clarke Quay
      - Pan Pacific Singapore - Marina Bay
      - Marina Mandarin Singapore - Marina Bay
      - Peninsula Excelsior - City Hall
      - Mandarin - Orchard
      - Holiday Inn City Center - Orchard

      Semoga membantu ya..

      Itin 5 hari di Singapore? Udah download ebook nya tesyasblog ttg Singapura? Nah aku kan ga tau preferensinya kemana, semoga ebook tsb bisa jadi referensi.

      Activity dengan anak di bawah ini mungkin bisa jadi pilihan (kalau selain sentosa ya):
      Singapore Zoo, River Safari, Jurong Birdpark, Singapore Science Center, Wonderfull Lasershow, How Par Villa, Botanical Garden, Marina Barrage, Gardens by The Bay *kemudian bingung milihnya ya hehe..

      Happy planning mba..

      Delete
  24. Mba Tesya, thanks banget ya artikelnya bermanfaat sekali. Aku lanjut tanya lewat email ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba.. Iya silahkan email aja :)

      Delete
  25. Wah, ini berangkatnya April 2014 besok kah? Jangan2 tanggalnya sama ama big family trip aku.. Bakalan jadi referensi juga nih.. Aku bakalan pergi group 23 orang dan ini aku baru ceritain di blog :P
    Plan berangkat aku 9-13 April. Rencana aku tgl 11 malem / 12 pagi ke Johor buat ke HK Town sama JPO. Barengan ngga Mba? Aku boleh tanya2 kemanakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Cicha, salam kenal juga.. Aku perginya pas liburan paskah, agak serem nanti haze nya sebetulnya. Mudah2an aja aman ya.
      Silahkan email aja ke tesyas.blog@gmail.com Or kita DM an di twitter @tesyasblog

      Delete
    2. Ass mba Tesya, blog ini sangat bermanfaat buat saya. Saya bulan mei nanti berencana kesana bersama istri + 2 anak (11+10 th) tiket promo AA :-). Kalau boleh tanya utk hotel disana apakah diperbolehkan booking 1 kamar saja tuk ber 4 (biar hemat ... he he he ). Trus utk daerah geylang aman gak buat nginep bawa kel, soalnya aku pernah baca itu daerah red district.Satu lagi laundry disana gampang gak nyarinya atau disediakan hotel? Terimakasih sebelumnya, wass,

      Delete
    3. Waalaikumsalam Mas Agus, terimakasih ya sudah mampir ke blog nya kiddos ini. Mengenai hotel mana saja yang boleh 1 kamar ber empat sudah saya jawab di komen di atas ya Mas. Silahkan dilihat untuk jadi referensi.

      Memang betul Geylang adalah daerah red district. Nah kebetulan saya pernah menginap di Fragrance Emerald, dan saya rasa hotel tsb aman dan bersih. Makanya dengan kiddos saya book family room di sana untuk kami berempat. Laundry ada dari hotel, tapi mungkin mahal ya. Saya sih enggak pernah laundry di Singapura.

      Kalau mau Laundry mungkin lebih baik menginap di apartemen. Saya diberi informasi oleh Mba Fluory, yang pernah guestpost di tesyaskinderen juga mengenai sewa apartemen di Singapura. Coba cek disini: http://sewaapartemensingapura.com/apartemen-singapura/apartemen-centrepoint-singapura.

      Semoga membantu ya Mas.

      Delete
  26. Terima kasih atas artikel anda. Seronoknya bisa bermain dan bercuti di Singapore. Kawan saya memperkenalkan satu agen yang bagus di Bugis. Kami ada juga menyewa kenderaan dengannya untuk setengah hari di bandar Singapore. Agen ini ialah Travel Delight. http://traveldelight.biz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you travel delight for the info.

      Delete
  27. Wah jadwal liburannya sama nih kayak aku mbak tapi aku tanggal 18 april ke KL dulu baru tgl 19nya ke joohor by flight trus langsung ke sin.ini perdana bawa my baby liburan ke LN.mau tanya nih kl aa stroller gratis kan mbak?soalnya aku tanya di konternya untuk penerbangan QZ gratis tapi untuk penerbangan AA lain tergantung kebijakan AA masing2 negara,aku kan ada flight KUL-JHB kl smp byr ya beli bagasi online biar hemat,tp kl ga bayar mau ngirit ga pake bagasi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Angie, salam kenal ya dan thanks udah mampir. Wah aku tgl 19 udah flight balik lagi ke Jakarta. Aku cuma naik AA bawa stroller dari Penang ke Jkt, dan iya gratis. Nah aku ga tau kalau dari LCCT. Mungkin bisa tanya via twitter mereka @askairasia?

      Delete
  28. hai mba tesya,

    aku jg april 2014 ini ke SG. pesan kamar family di fragrance riverside kena 4,4juta utk 2 malam *pucet*. Pesen di booking.com, tp hr yg sama lsg di otorisasi sama pihak hotel, pdhal critanya mau bandingin sama hotel/apt lain. huhuhu...
    Udah gitu ga dpt breakfast mba...*curni (curhat niat)
    Ok, move on..
    aku travel sama suami dan 2 balita (3th dan1th). Perlu bawa 2 stroller ga ya? rcn si mau naik bus aja kmn2.?
    Rcn seharian ke garden by the bay, lanjut malam ke marina barrage. Dari hotel naik bus apa mba ke GBtB? trus dr garden ke marrina barrage ada bus apa hrs jln?
    trus hr ketiga kami mau ke johor. Mending naik causeway apa taxi ya mba? kan sama2 hrs turunin bagasi utk pindah kendaraan tuh...
    mhn info nya ya mba, thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fitrie,
      Fragrance Riverside ok kok..ada kolam renangnya juga, love it. Gpp ga dapet makan, B aja kok makanan dari cafe sebelah itu *menghibur kamu ga ya infonya? hehehe.

      Pesen di booking.com nya enggak yang free cancelation kali ya. Nah jangan lupa selalu liat "prepayment policy" nya.

      Ok aku coba jawab ya:
      1. Iya bawa stroller aja.
      2. Hmm, ga nemu bus nya. Udah deh naik MRT aja ya: MRT Clarke Quay (line ungu), terus ganti MRT line merah ke Marina Bay Station (liat aja di map MRT ya harus ganti di station mana). Dari Marina Bay Station naik bus 400 ke Gardens By The Bay. Bilang aja ke supir bus nya ya, tar dia turunin.
      3. Garden ke Marina Barrage naik bus 400 lagi. Dari bus stop yg sama kamu turun di Gardens By The Bay. Note ya, panas banget jalan dari bus stop ke garden. Bawa payung, topi, pake sunblock *penting.
      4. Ke JB, kalau ditanya mending mana aku akan jawab taksi dengan budget SGD 40-60. Sementara kalo ditanya murah mana aku akan jawab bus SGD 2,5 per orang. Jadi tergantung budget mu. Taksi ga perlu turun kok. Eh maksudnya pas di imigrasi bukan? Kok untuk pindah kendaraan?

      Semoga info ini sedikit membantu ya, dan have fun :)

      Delete
    2. thanks a lot mba tesya.
      - untuk poin ke 4, maksudnya kan harus ganti taksi JB stlh smp JB? ga bs nerusin pake taksi SIN utk ke Hello Kitty Land/Lego Land..Kalo naik taksi dari hotel, rate nya sama ya mba sekitar SGD 40-60?
      - stroller di hotel ada disewain ga mba? brp ya sehari? biar cuma bawa 1 stroller aja dr jkt, bawa 2 repot bawanya.
      - jadi bingung mending sunset di garden apa di barrage ya mba? ke barrage mau skalian liat laser show si
      - bole mnta excel-an bus mu ga mba? email ke fitrique@yahoo.com dund ;p

      Delete
    3. Hai Fitrie,
      1. Taksi ke JB hanya bisa dari Queen St.Bus Terminal. Silahkan lihat detail tulisan di tesyasblog: Bus from Singapore to Johor Bahru. Disitu ada gambara taxi station nya juga. Terus ganti taksi nya di JB Sentral, ga repot. Yg repot itu kalau naik bus, lewatin imigrasi harus turun bawa semua luggage. Kalau ganti taksi di JB Sentral, cuma tinggal turun taksi. Pindahin barang ke taksi lain.
      2. Di hotel ga disewain stroller.
      3. Sunset sih bagusan di Marina Barrage. Either dari Gardens Bay or Marina Barrage bisa ke MBS utk liat laser show. Tinggal naik bus 400 ke Marina Bay Station, terus naik MRT ke Bayfront, exit D. Sampe deh di MBS.
      4. Bus dari Fragrance Riverside aku ga punya. Tapi Fitri bisa googling: "bus from Clarke Quay Station". Terus keluar tuh nomor bus nya. Nah dari website SBS transit, Fitri masukin aja no bus service-nya untuk tau detailnya kemana aja bus yang lewat Clarke Quay Station. Which is bus stop paling deket dengan hotel Fitri. Ada satu lagi bus stop yang deket hotel, namanya Boat Quay. Coba googling lagi: "bus from Boat Quay Bus Stop South Bridge Road". Yang penting kita tau nomor bus nya dulu, untuk kemudian tau detail rute bus nya. Selamat mencoba ya, any question just drop me a line :)

      Delete
  29. Ass wr wb..salam kenal mba tesya..saya sangat tertarik sekali dengan blog ini. insyaAllah saya sekeluarga ke SG bulan juni. rencana yang berangkat 7 orang dewasa dan 1 bayi. boleh minta tolong dibuatkan initiary nya mba..dan kl bs petunjuk transportasi serta biaya nya brp.. mengingat baru kali ini sy ke SG..oiya, rencana kami akan menginap dihotel beach garden bugis..

    dan kl mau tanya lebih banyak ttg SG sy harus email kemana ya mba? kl bs dibls ke email sy di alamat: wiediezt@gmail.com. sebelumnya terima kasih banyak ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Widi, thank you ya udah mampir.
      Aku by email aja ya jawabnya.

      Delete
  30. Thx mba atas infonya, tp aku mau tny dong kalo kami ber 4, utk transportasi selama 3 hr di spore lebih hemat mana beli tiket mrt standart atau stp card yg harganya $20, utk 3 hr, soalnya kalo stp kan sdh unlimited utk mrt dan bus. Di tunggu infonya ya, thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai..kalau menurutku tergantung itinerary nya. Aku ga pernah pake STP, karena ga mau ribet bayar deposit, kemudian harus ambil deposit pas balikin kartu. Kalau iya jadwalnya pas. Krn cuma sebagian MRT station yg bisa jual dan balikin STP. Jam nya pun ditentukan juga. Itu aja sih minus nya STP.

      Delete
  31. gimana mbak? udah belum yaa liburannya ya? pengen baca2 resultnya ni...soalnya tanggal 30 ini mau go jg

    ReplyDelete
  32. Hai..today kami lagi di Legoland..duh seru tapi fanas..hehe. Ini lagi ngadem di Legoland Hotel. Temenku nginep sini..

    ReplyDelete
  33. yeiiiyyy...seruu..katanya ada promo buat kiddos ya? tp sampe tanggal 30 aja ya? :( kita tanggal 30-nya baru berangkat ke singapore...kita tunggu FR nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Promo Dutch Lady cuma sd 30 April, tapi promo susu Indomilk nya Indonesia sd September 2014 lho...yeay!
      Ceritanya udah ada ya, silahkan klik bagian "Next Post" di atas... Enjoy reading :)

      Delete
  34. akhirnya setelah muter2 kota dapet jg Indomilknya..ini kalo sy beli untuk yg adult wajib beli disana ya? ga bisa via online? kuponnya ga hangus kan kalo yg adult beli online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha asyik donk udah ada dus indomilk nya. Iya untuk promo enggak bisa beli via online, WAJIB beli di sana. Beli satu tiket dewasa combo, gratis satu tiket anak combo.

      Hmm, saya ga ngerti pertanyaannya. Tapi kalau enggak beli online, ya enggak berlaku indomilk nya..

      Delete
  35. Bagus banget informasinya mbak, sng bacanya, saya boleh tny2 lbh laanjut by email kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Apriani for your nice words:)
      Iya silahkan email ya...

      Delete
  36. infonya sangat bermanfaat ^_^ mari berwisata bersama Dunia Wisata Singosari Malang

    jangan lupa mampir di www.duniawisataku.com kami melayani jasa tour pariwisata dalam dan luar negeri.. bagi yang berada di malang bisa datang langsung ke Jl. Kembang No.8 Singosari Malang. atau call di 0341-456444

    ReplyDelete
  37. Hi Mba Tesya,
    Blognya enak dibaca. ketemu pas lagi cari referensi budget hotel untuk family di singapore.
    Sayangnya baru tahu ada tiket promo legoland dengan indomilk, saat sudah pesan online tiket :)

    Mau share tips, lihat web yg jual kupon spt living social, kita bisa juga dapetin tiket masuk tempat wisata dgn harga yg lebih murah.
    sayangnya kalau wisata ke Legoland, tetap lebih murah jika booking dari wts travel di singapore.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bayoe, thank you udah mampir ya. Dan makasih untuk tambahan tipsnya.
      Yup web living social id, deal sg, groupon bisa jadi alternatif beli tiket. Cuman aku ga pernah beli ke mereka karena misalnya Living Social ID harus ambil tiket ke Plaza Semanggi which is jauh dari rumah or kantorku sih hehe..

      Delete
  38. info menarik, berlibur di singapura murah...
    thanks..

    ReplyDelete
  39. Mbak, di Fragrance hotel utk kamar standart apakah boleh utk 2 dewasa + 1 anak usia 3thn? apakah ada tmbahan biaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba, kalo bawa anak satu bisa. Yg repot kalo bawa anak dua.

      Delete
  40. assalamualaikum mba, bulan januari nanti (2015) kami berencana travel ke singapore, bisa tolong recommend hotel apa yg cucok utk kel. dengan 3 anak usia 12, 11 and 6 tahun jadi total 5 orang agak bingung nih mba krn lihat di agoda untuk family room yg sesuai dengan budget (max Rp. 1,5 juta/night) koq ga ada ya, apa saya hrs booking 2 kamar standar mba? mohon saran nya mba ... makasih sebelumnya
    - Lya -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam Lia, salam kenal ya..
      Wah kalau berlima saya sarankan ambil family room di Joyfor Backpacker Hostel. Mereka punya 6 ranjang untuk family room nya (ranjang tingkat atau bunk bed). Tapi namanya juga hostel, kamar mandi di luar. Silahkan liat dulu reviewnya di tripadvisor ya. Kalau ga salah budgetnya Rp 1.250.000.
      Lokasinya enak, dekat MRT Kallang, di seberang hotel ada bus stop.
      Semoga membantu ya Lya.

      Delete
    2. Halo mba Lya dan mba Tesya, saya tinggal di Singapur, kebetulan ada apartment di Aljunied dan di Orchard dengan budget $30 sgd/pax, Aljunied kamar mdi dalam kalau Orchard kamar mdi sharing, WA (+65) 93723570, beberapa tanggal, kamarnya sudah dipesan jadi full booked, semakin jauh2 hari pesannya smakin baik.

      Delete
    3. Makasih Mas Heru untuk infonya.

      Delete
  41. Siang Mbak Tesya....

    duuh, seneng deh baca2 blog ini karena sy jg hoby traveling. Saya saranin mb tesya bikin travel aja yg utk kelas backpacker.. hehe..
    mbak, sy prnh pnya pengalaman ga bgs wktu ke sing, alias overbudget. Sy cuma 3 hari disana (dgn suami dan baby), tp sy habis smp 17jt lbh krn ga termanage dengan baik utk planing nya mw kemana2 dan hotel nya salah pilih jg.
    Belajar dari itu sy ga mau kejadian yg kedua kali, mknya sy mau konsul sm mb tesya dulu.
    sy ada planing dgn tmn2 kntr mau ke traveling ke spore & JB. Karena masing2 bawa keluarga & anak2, jd agak bingung pengaturan nya. Udah tnya2 paket tour lewat travel tp di ksh hrgnya mahal banget, pdhl kita pengen nya backpacker aja. Kami rencana trav tgl 19 - 22 Feb 2015 (pas libur imlek). Yg ingin sy tnya:
    - Rekomen hotel di sing yg murmer (budget max 1jt), kl di JB kami rencana menginap sehari.
    - Kami pengen ke universal, hello kitty , legoland dan sisanya kami pgn jalan2 di spore cari tempt wisata anak2 yg free (sy ud bc2 yg di dlm blog ini)
    - Jika sy cari penerbangan mlm (rabu mlm tiba spore jam 01.00) apkh ada bus atau taxi yg bs jmpt dari changi ke legoland? kira2 brp cost nya ya.

    tks ya mbak...

    ReplyDelete
  42. ini salah satu yang saya cari, destinasi murah sesuai dengan rencana budget backpacking kami awal tahun depan..
    terima kasih mbak Tesya telah berbagi informasi bermanfaat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Agung, semoga lancar ya rencana backpacking nya :)

      Delete
  43. Mbakkkk mohon bantuannya donk mbak, aq suami dan anak umur 1.5th. Akan ke singapore tgl 23 Maret nyampe jam stgah 8 malam dan kita nginep di Fragrance Ruby di Geylang ,, tapi tgl 24 Maret jam 11 malam lgsg terbang ke Bangkok,,mohon bantuannya mbak kemana kita harus pergi tgl 24 itu manfaatin 1 hari Utk mengenal Singapor,, mohon bantuannya mbakkkk,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Mela, lumayan donk dapet seharian full di Singapura. Kalau punya satu hari aja dan mau optimal (enggak mikir harus naik apa), ikutan aja Hop on Hop Off Bus. Dia akan melewati semua tempat yang harus dikunjungi dalam sehari.

      Atau kalau enggak mau bus, bisa main-main ke sini:
      - Pagi: Patung Merlion, foto-foto
      - Sentosa Island, main Sky Luge, foto di depan bola dunia USS.
      - Siang ke Orchard (wajib enggak)
      - Siang ke sore: Ke Gardens By The Bay, main di Children Garden dan masuk Flower Dome.
      - Ambil barang ke hotel dan ke Changi deh.

      Itu saran aku aja ya...silahkan di adjust sesuai keinginannya ya.

      Atau beli aja buku yang aku tulis ama Olenka, Family Backpacking Singapura dan Malaysia. Supaya dapet referensi kemana aja *promosi heheh..

      Have fun Mba:)

      Delete
    2. Waaaah makasih banged yaaa mbakk atas sarannya,,mau donk mbak bukunya,,Ad di Gramedia nggak yaa?? Btw,mbak ada nambah pertanyaan Lg donk mbak,,kan Ad tawaran Utk half day tour singapore durasi 3,5jam, 240rb/orang nya,, itu Mengunjungi padang & esplaned,Merlion park,little India,China town,gems factory,botanic garden,, menurut mbak dg harga segitu itu kira2 hemat nggak mbak mengenal singapore,,atau enakkan pake bus hop off hop oN itu aja,,nanti bisa saya sambung sendiri ke sentosa nya kalo pakek paket tour yg tadi,,tapi menurut mbk gmn yaa??maklum mbakk mau cari yg hemat dan hebat,,hehe,,krn perjalanan Kita masih Ad Bangkok Pattaya dak KL.mohon banged pencerahan nya mbakkk

      Delete
    3. Aduh maap kelewat bales, masih sempet baca enggak ya... Bukunya ada di Gramedia..silahkan cari di bagian Traveling ya.
      3,5 jam untuk 240 ribu sih ok, lumayan murah. Cuman ya kalo tour ada buang2 waktu ke gems factory gitu kan, tapi emang itu wajib dari pemerintah. Jadi kalau mau adventure pake Hop on Hop Off, kalau males nyari2 lagi pake tour hehe. Tergantung preferensinya Mela.
      Have fun ya di Singapur..

      Delete
  44. Ass.wr.wb... Salam kenal mba tesya. Perkenalkan sy Amy. Blog traveling with kiddosnya oke bget. Nanti sy lanjut tanya2 via email boleh ya mba? Soalnya ada rncn juli bsk mo ksana(ptama kali) dg suami dan anak. Skali lg trima kasih infonya mba tesya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Amy, salam kenal ya, thanks for your nice words:)
      Silahkan email aja Mba...

      Delete
  45. Siang Mbak Tesya, salam kenal. Saya Andy. Mantep info-infonya soal Singapore, banyak yang bisa saya ambil buat rencana saya dan keluarga ( Istri plus 2 Kiddos, 5th dan 7th). Ini pertama kalinya saya ke Singapore bareng keluarga sendiri, tahun 2014 pernah bareng saudara... Rencana bulan Agustus akhir nanti berangkat. Rabu, penerbangan pertama dan kembali jumat penerbangan terakhir. Mohon info untuk lokasi-lokasi menarik disana mbak. Dulu saya pernah ke Merlion, Mustafa, Bugis, Chinatown, Sentosa. Nah kali ini saya mau mengunjungi tempat2 lainnya seperti Garden by the Bay, MBS, Haw Par Villa, Chinese Garden, Suntec Mall dan Hawker2 yang enak... Ada rekomendasi ga mbak... Mungkin bisa via E-mail di take_mori@yahoo.com... Terima kasih mbak Tesya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Andy, salam kenal ya :)
      Lokasi-lokasi menarik disana saya bahas di ebook saya (download gratis di www.tesyasblog.com) dan juga di Buku Family Backpacking Singapura dan Malaysia.

      Ini rekomendasi saya Mas: Gardens by The Bay jangan lupa main di Children Garden, Marina Barrage untuk sunset dan main air, MBS untuk nonton Wonderful Lasershow. Haw Par Villa oke sih, tapi enggak usah dikunjungi juga gpp hehe. Chinese Garden jauh, kecuali mau ke Singapore Bird Park.

      Kalau Mas Andy mau tanya lebih lanjut bisa email ke tesyas.blog@gmail.com ya Mas. Thank you :)

      Delete
    2. Thank you mbak buat Infonya... Oh ya, sepertinya kalo main air sih engga dulu deh mbak. Hehehehe. Ribet ganti bajunya... Kalau yang Wonderful Lasershow di MBS itu jam berapa ya mbak? Lokasinya kita nonton di mananya mbak? Belum pernah ke daerah sana soalnya... Lalu yang Children Garden di GBTB itu Free atau ada Admissionnya mbak? Thank you buat infomasinya... Duhh jadi makin Parno dan bingung nih mo kemana aja kalau udah deket... Hehehehe

      Delete
  46. wah, keren sekali. saya pengen kesana. semoga tahun depan kesampaian deh. doakan.

    ReplyDelete
  47. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  48. Saya ud terlanjur booking hotel Fragrance hotel Sappire, yg di lorong 10.. Mnurut mba gmn yahh klo d sna..?? Aman ga..?? Apa dket banget sama daerah red light ny..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, it's ok kok Mbak, kalo udah malem paling Mbak juga udah kembali ke hotel kan?
      Asal jangan keluar di atas jam 10 malam aja Mbak.

      Delete
  49. mbak Tesya..suka banget sama blognya..terperinci..saya ada pertanyaan ya via email..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Indah, thank you for your nice words.
      Aku udah balas emailnya ya.

      Delete
  50. wah, keren sekali. saya pengen kesana. semoga tahun depan kesampaian deh. doakan.

    ReplyDelete
  51. Hai mbak, saya ikutin blog ini dan beli bukunya, informatif sekali. Btw, mbak, dari changi airport ke fragrance hotel emerald naik apa ya yang mudahnya? dan dari hotel tersebut ke garden by the bay naik apa ya? terima kasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, terimakasih udah membaca blog kami.
      Dari Changi ke Fragrance Hotel Emerald:
      1. Naik MRT ke Tanah Merah, keluar ke pintu kiri dari MRT, lalu naik ke arah Joo Koon, turun di Aljunied MRT.
      2. Dari Aljunied MRT station, cari bus stop di depan gerai Old Chang Kee. Naik bus 80,100.
      3. Turun di bus stop ketiga setelah naik: bus stop "Opp Mohd Shalleh Mosque"
      4. Jalan kaki ke hotel.

      Ke Garden By the Bay:
      1. Jalan kaki ke bus stop dari hotel
      2. Naik bus nomor 80, turun di Bugis MRT Station (tanya supir aja)
      3. Naik MRT Downtown line warna biru dan turun di GTB.

      Semoga lancar ya Mbak jalan2nya :)

      Delete
  52. Mbak jika mau perjalanan berdua saja sama sekecil (4th)?tidak menggunakan travel agent lebih baik ke Singapura (uss) atau Malaysia (legoland)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih mudah ke Singapura kalau menurut saya Mba. Kecuali kalau si kecil memang penggemar berat Lego ya.

      Delete
  53. wah mba saya penggemar barumu nih..nama saya wita..mba tolong sarannya dong,,kami berencana mo ke singapur 3 hari 2 malam dengan 3 anak umur 9,5,2 tpi hari kedua full mau ke legoland untuk hari pertama dan ketiga sebaiknya kemana aja ya biar bisa maximal dengan budget yg terbatas,kalo mau ke legoland sebaiknya naik taxy atau ikut wts travel ya berhubung dengan 3 anak..makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha hello Mba Wita, penggemar apaan nih:D
      1. Kalau ke Legoland mau hemat, naik bus umum Mba (WTS mah buat aku mahal:D), dari Bugis bisa atau dari tempat lainnya. Aku bahas detail di buku kami Family Backpacking Singapura dan Malaysia untuk nomor bus nya. Cuss ke Gramedia ya:)
      2. Atau Mba bisa naik bus ke Changi. Nanti setelah day 2 baru Mba menginap di Sin.
      3. Hari ketiga di Sin, enggak usah ke tempat wisata berbayar, ke yang gratis aja. Children Palyground di Gardens By The Bay is very recommended.

      Delete
  54. Hi mb bs mt id line nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya enggak pakai Line Mba, silahkan email aja, alamatnya ada di page "Contact Us"ya

      Delete
  55. Hallo mba tesya yg baik hatinya ����
    Mau nanya n minta tlong ya..ak first time n berencana ke sg bln april selama 3hari 2 malam aja dg suami. Nah bantuin buat itinary n jalur2 mrt dan yg jelas ak low budget dong mba tesya yg cantik��.
    Day 1. Ak brgkt dr sby jm 10pg..nah sesampai dsn ak pengen k merlion,marinay bay, esplanade, china town( fto2 aja).
    Day 2. Sea aquarium n maddame tuusaund n fto d bola uss (hemat)
    Day 3.. kl (dr sg ke kl sebaikny naik kereta/bus ya mba tesya? Yg low bugdet?)
    Note * tapi di kl waktuku sampe jm 2 siang aj..soalny jm 2 harus terbang k guangso china buat transit perjalanan ke amsterdam mba.
    Mohon bantuannya ya..terima kasih
    Ini email saya ninnannshop@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku coba jawab ya:
      Aku enggak ngerti ni sebetulnya, Mba dari Jkt ke KL atau JKT ke Sin?
      Day 1: Bisa mba dari Changi naik MRT ke Raffles Place untuk ke Merlion. Dari Merlion jalan kaki ke esplanade. Terus jalan kaki aja ke Marina Bay, kalau berdua ama suami gpp jalan banyak kan hehe. Tar ke Chinatown naik MRT. Dari Marina Bay The Shoppes itu ada MRT Station namanya Bayfront. Tar interchange di stasiun dan nyambung ke MRT ungu, turun di Chinatown.
      Day 2: ini mau ke uss, dari hotelnya di daerah mana?
      Day 3: kalau mau low budget naik bus dulu Mba ke JB dari SIN. Terus dari SIN naik kereta atau bus ke KL.
      Btw point nomor 3 ini aku bahas lengkap di buku Family Backpacking Singapura Malaysia. Ada bus apa aja yang bisa Mba pake dari JB ke KL.
      Semoga membantu Mba.

      Delete
  56. kalau ke jepang kira kira berapa ya biayanya?

    ReplyDelete
  57. Salam kenal mba, seru sekali bisa liburan bersamanya, semoga bisa ketularan :-p
    Menurut mba, kl pergi ke USS dan legoland dng anak umur 4thn dan 1thn, tetep seru ngk? Bs menjelajahi arena brmainnya? Biar ngk rugi beli tiketnya :-) ato kl harus pilih, yg mana ya USS/legoland, makasie ya

    Mitha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Mitha, thanks ya udah mampir di tesyaskinderen:)

      Menurut saya belum worth it karena banyak yang belum bisa dinaiki. Tapi enggak apa apa sih kalo mau foto-foto aja.

      Kalau saya jadi Mbak, saya milih ke Gardens By The Bay, masuk ke flower dome yang adem, anak2 pasti nyaman. Terus disampingnya ada Children Garden yg keren dan gratis.

      Delete
  58. Hai Mba Tesya, saya mendapat kesempatan untuk ikut workshop ke Singapura, rencana saya berangkat tanggal 17 Maret 2017, workshop berlangsung selama 3 hari, 18, 19, 20 Maret. Hotel sudah ditentukan di Hotel 81 Rochor lokasi workshop di Canadian International School, jujur saya belum pernah ke Singapura, jadi yang mau saya tanyakan dari Air Port ke hotel sebaiknya naik apa? Berapa estimasi biaya makan yang dibutuhkan selama di Singapura, berapa biaya taksi dari hotel ke lokasi workshop pergi dan pulang? Mohon tips nya mbak supaya saya bisa ajukan anggaran dana yang dibutuhkan agar saya memiliki budget yang aman selama di Singapura. Mohon jawaban di email ke saya di exlamail@gmail.com. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Alex, saya jawab disini saja, agar berguna untuk pembaca yang lain ya.
      1. Naik MRT dari Changi ke Bugis, kemudian jalan kaki ke hotel. Map jalan kakinya disiapkan dulu sebelum berangkat, lihat di google map, screen shoot di hp.
      2. Biaya makan estimate sekitar 10 sgd sekali makan termasuk minum dan jajan. Biaya harian makan SGD 30.
      3. Biaya taksi saya tidak tahu dimana itu Canadian International School (silahkan googling aja). Untuk mengajukan anggaran, minta saja biaya transport SGD50 per hari untuk dari hotel ke tempat training PP. Toh nanti kalau lebih, di claim hanya aktual kan ke kantor?

      Delete
  59. Wah makasih mbak Tesya cepat sekali pertanyaan saya direspon

    Saya sudah cek Google Map lokasi penginapan saya di:
    Hotel 81 Rochor, 5 Jalan Besar, Singapore 208785, ke
    Canadian International School, 7 Jurong West Street 41, Singapore 649414
    Estimasi perjalanan via PIE 38 min (20.8 km)
    Jika naik taksi pp ini kena berapa?
    Hari pertama training dimulai pukul 08.00 pagi, jadi saya spare waktu biar aman dijalan berangkat pukul 6.30. Training selesai pukul 16.30, saya pulang kira2 Jam 17.00, Hari kedua sama, Hari Ketiga pulang lebih cepat yaitu 14:00. Dengan skema perjalanan tersebut berapa biaya taksi yang dibutuhkan.

    Saya juga mau bertanya apakah ada biaya administrasi saat di bandara indonesia mau pun saat tiba di bandara singapura, jika ada tips saat pertama sekali tiba di bandara singapura agar tidak ada masalah :). Maaf jika pertanyaannya panjang. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Alex, coba lihat disini untuk estimasi harga taksi => http://www.taxisingapore.com/taxi-fare-calculator/

      Tidak ada biaya lagi di bandara, karena airport tax saat ini sudah included di harga tiket.

      Tipsnya: tibalah 2,5 jam dari waktu penerbangan, supaya Mas punya waktu untuk explore Changi yang keren itu :)

      Delete
  60. Halo mbak Tesya, terima kasih atas jawaban dari pertannyaan saya, mbak sudah lengkap memberikan informasi, saya sangat terbantu. Oh ya jika mbak punya pengalaman dalam pembelian tiket pesawat ke sigapura dengan nama yang berbeda di paspor dengan ktp, karena ini pertama sekali saya keluar negeri, ketika saya mengurus paspor nama saya ada 5 kata, oleh petugas migrasi diharuskan maksimal 32 karakter, alhasil di paspor dikurangi jadi 4 kata dengan pengurangan salah satu kata di tengah. Yg menjadi pertanyaan saya nama di paspor atau ktp yang dijadikan acuan dalam pembelian tiket pesawat. Apakah perbedaan nama di paspor dan ktp akan dicek sewaktu dibandara? Mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Alex, pada saat ke luar negeri, petugas sama sekali tidak memeriksa KTP sih. Yang penting nama di tiket pesawat sesuai nama di paspor.

      Delete
  61. Mba kl nginap di hotel di singapore ex: v lavender, kl nginap nya dua org dws sm anak 2 4 thn sm 6 thn di bolehin ga ya? Apa harus book yg family room?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau aman sih cari hotel di booking dot com yang children policy nya bilang "free all children under 12 yo" misalnya or something like that gitu..

      Delete
  62. Sore Mbak Tesya,

    Mbak saya masi bingung naik MRT,
    jika dari Changi menuju ke Hotel Zen Room Mackenzie ( Located in Rucksack Inn, Mackenzie Rd 15 )

    Saya harus stop dimana dan cara sambungnya gimana

    thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, berhubung saya belum pernah kesana, saya brsn googling di dekat little india MRT ya?

      Dari Changi: Naik MRT ke Outram Park, transfer ke arah Punggol (turun dari kereta, lalu jalan kaki ikutin petunjuk Punggol), turun di Little India MRT.

      Delete
  63. Halo mbak tesya salam kenal. Sy rencana pergi ke sing 24-26okt (3d1n). 3 dewasa dan 1 infant (1.5yo). Sudah booking penginapan di maple lodge chinatown.klo naik mrt dr changi rutenya spt apa ya? krn sy biasa nginap di daerah orchard. Apa lebih baik naik taxi atau gmn kalo dilihat dr biaya. Trus ezlink kami msh ada, pakai pertama tahun 2012, trus pakai lagi 2014 dan 2015, itu masa berlakunya kan 5 tahun, dihitung sejak pertama beli atau terakhir pakai ya? Utk itin sy mnt pendapat mbak krn br prtama x bw infant. Hari pertama landing di changi jam 9.50am dan hari ke 3 take off to indo jam 17.00. Terimakasih sebelumnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sari,

      1. Ezlink: coba aja ditanyakan saat di MRT office ya. Kalau sudah tidak berlaku, mereka akan ganti tanpa biaya. Paling Mba harus top up aja, min satu kartu 10 SGD. Anak Mba (kalau tinggi di atas 90 cm) minta concession card aja supaya bisa gratis.

      2. Agak repot memang karena harus ganti kereta (line hijau ke line ungu), tapi dari segi biaya murah MRT. Kalau MRT, 1 dewasa sekitar 3 SGD kayanya ke Chinotown. Kalau taksi bisa SGD25-30 an. Tapi jauh lebih cepat sih.
      Kalau MRT: Naik dari Changi ke Tanah Merah lalu ke arah kota (Joo Koon), lalu turun di Outram Park. Nanti di Outram Park cari kereta arah ke Harbourfront, turun di Chinatown.

      3. Day1: Langsung ke hotel simpan barang, lalu jalan2 ke Orchard dulu aja supaya enggak panas. Sorenya main di Gardens By The Bay. Ajak anak main di Children Garden nya ya. Malamnya jalan2 di Chinatown.
      Day2: Ini masalahnya yg dewasa sukanya kemana ya hehe? Kalau suka belanja bisa mulai paginya foto2 dulu di Haji Lane, lalu ke Bugis Village. Kalau mau lanjut ke Sentosa boleh. Kalau ke USS, anaknya banyak yg enggak bisa naiknya sih ya karena masih kecil.
      Atau kalau dewasanya mau ke Singapore Zoo, boleh juga Day 2 ini ke Singapore Zoo all day.
      Day 3: subuh supaya enggak ramai, belanja oleh2 ke Mustafa. Pulang ke hotel untuk packing. Check out setelah bfast, simpan barang di hotel, jalan2 lagi sekitar Chinatown. Ada OG juga tempat belanja. Jam 1 an udah makan, ke Changi.

      Have fun ya di SG :)

      Delete