Cara Naik Bus Umum dari Johor Bahru ke Singapura

Di hari ketiga dari our Legoland Trip, kami kembali ke Singapura. Hari itu bertepatan dengan libur Good Friday di Indonesia dan Singapura. Pada saat merencanakan liburan ke Johor Bahru, saya memang sudah mengira bahwa banyak warga Singapura akan berlibur ke Johor Bahru dikarenakan long weekend. Karena itu, kami mengunjungi Legoland satu hari sebelum libur Good Friday, dan pulang ke Singapura pada hari libur Good Friday. Liburan dengan kiddos, membuat saya harus memikirkan strategi "how to beat the crowd", terutama ketika berlibur pada saat peak period.

Setelah sarapan di Tune Hotel, kami naik taksi ke JB Sentral. Kami sudah janjian untuk bertemu di JB Sentral dengan dua keluarga yang lain, yang menginap di hotel yang berbeda: Sehan di Granada Hotel dan @rona_willis di Legoland Hotel.

Ongkos taksi dari Tune Hotel Danga Bay ke JB Sentral dengan taksi warna merah adalah MYR 12. Murah kan? Ketika memesan taksi di Tune, saya memang minta taksi merah, saya sudah kapok dengan taksi biru di Johor Bahru yang mahal.

JB Sentral sangat ramai pagi itu, arus kedatangan dari Singapura terlihat membludak. Saya mulai was was. Keluarga Sehan akhirnya pergi lebih dulu ke Singapura, sementara kami menunggu keluarga @rona_willis di Starbucks. Selang satu jam kemudian, kami pun memulai perjalanan kami kembali ke Singapura. 

Asyik nonton Rio 2 sambil menunggu

Bagaimana cara naik bus kembali dari Johor Bahru ke Singapura? Kami share di bawah ini caranya step by step, namun tidak dilengkapi dengan foto karena mengambil foto di area imigrasi memang tidak diperkenankan.

Step 1: Pegang Paspor dan Masuk ke Bangunan Sultan Iskandar 

Setelah semua lengkap, kami pun mulai berjalan ke gedung imigrasi Johor Bahru. Memasuki Bangunan Sultan Iskandar, saya memegang paspor. Petugas akan meminta pengunjung memperlihatkan paspor, jika kita berjalan tanpa paspor di tangan.

Bangunan Sultan Iskandar, imigrasi Malaysia di JB

Di tempat ini akan banyak sekali bapak-bapak yang menawarkan taksi ke Singapura. Saya tidak sempat tanya berapa harganya, saya terus berjalan mengikuti panah menuju Woodlands.

Step 2: Proses Imigrasi Keluar Malaysia

Setelah berjalan lumayan jauh dari foto di atas, akhirnya sampai juga ke tempat cap paspor di imigrasi Malaysia. Pagi itu arus balik ke Singapura lancar jaya. Sementara itu, saya melihat antrian masuk ke Johor Bahru panjang banget!

Saya mulai khawatir bagaimana arus balik ke Singapura yang akan kami lalui pagi itu? Apakah kami harus antri panjang untuk mendapatkan bus?

Setiap kali melewati imigrasi (di negara manapun), saya selalu berbagi dengan Rene. Biasanya kiddos saya pakaikan baju yang sama walaupun kadang berbeda warna, agar kelihatan mereka adik-kakak:D Saya bersama kiddos#1 dan Rene dengan kiddos#2. 

Things to remember: Sewaktu meninggalkan Singapura dan masuk ke Johor Bahru, saya antri pada lajur imigrasi yang berbeda dengan Rene. Ternyata petugas imigrasi Singapura di Woodlands bertanya cukup detail. Ia menanyakan kepada Rene umur kiddos#2 (nge-tes nih kayanya). Mereka memang mengontrol dengan ketat orangtua yang membawa anak, mungkin untuk menghindari adanya child traficking. Dari pengalaman tersebut, saya antri pada lajur yang sama dengan Rene ketika memasuki Singapura. 

Step 3: Naik Bus dari Imigrasi Malaysia ke Woodlands (Imigrasi Singapura)

Setelah proses imigrasi Singapura, Anda akan menemukan dua eskalator: turun ke bawah untuk bus 170, dan belok kanan kemudian baru turun eskalator untuk bus CW atau singkatan dari Causewaylink.

Kami berencana naik bus CW2 ke Queen Street Bus Terminal di Bugis. Untuk informasi lebih detail mengenai rute bus, bisa dibaca di buku saya dan @olenp ya Family Backpacking ke Singapura dan Malaysia yang akan terbit segara.

Ingat: Anda bisa naik bus kuning CW manapun untuk menuju Woodlands. Kami yang rencana awal ingin naik bus CW2, karena yang kami temui pertama adalah bus CW5, kami pun naik bus CW5. Ongkos bus dibayar pada saat naik ke atas bus, siapkan uang pas ya. Biayanya MYR 2,6 per orang, dan saya katakan bahwa kami akan pergi ke Bugis. Sang supir pun menekan suatu tombol, dan saya lihat di tiket tertulis "Queen Street Bus Terminal". Ongkos bus CW5 tujuan Newton Circus sama dengan bus CW2.

Rute bus CW saya bahas detail di buku saya dan @olenp Family Backpacking ke Singapura dan Malaysia, terbit akhir April 2014. Dapatkan di toko buku terdekat dengan harga RP 43.800 ya.



Step 4: Proses Imigrasi di Woodlands Singapura

Turunlah dari bus ketika tiba di Woodlands, dan langsung naik eskalator. Anda harus mengisi kartu kedatangan Singapura. Jika Anda sudah mengisi, langsung bisa antri untuk proses imigrasi masuk kembali ke Singapura.

Things to remember: usahakan Anda sudah mengisi kartu imigrasi di hotel sebelum pulang ke Singapura. Saya mengambil empat kartu kedatangan saat tiba di Changi Airport (on the top of kartu imigrasi yang sudah saya isi di pesawat sebelum mendarat di Changi). Kartu tersebut saya isi sebelum pulang ke Johor Bahru. Sehingga sewaktu proses imigrasi di Woodlands, saya tinggal menyerahkan kartu imigrasi beserta paspor. 

Setelah paspor Anda di-cap, Anda akan diminta untuk memasukan semua barang ke dalam x-ray dan Anda officially sudah kembali masuk ke Singapura.

Step 5: Naik Bus dari Woodlands ke Singapura

Keluar imigrasi Singapura, Anda akan melihat bus stop yang dilengkapi dengan nomor. Bus CW berada di bagian belakang. Jadi setelah Anda turun dari eskalator, langsung berjalan ke kanan dan belok patah ke kanan. Antri lah di bus CW yang sesuai.

"Sehan...!" panggil saya setengah tidak percaya. Keluarga Sehan yang sudah berjalan 1 jam lebih dulu dari kami baru akan naik ke bus CW2! Waduh, kekhawatiran saya pun terbukti, bahwa sulit mendapatkan bus kembali ke Singapura karena long weekend. Sehan melambaikan tangan dan memberi kode bahwa ia dan keluarganya naik bus duluan.

Kami antri di jalur CW2, dengan antrian yang lumayan panjang. Kami, rombongan sirkus dengan 5 dewasa dan 5 anak ini pun mulai was-was apakah harus menunggu selama itu untuk mendapatkan bus?

The power of kepepet, membuat saya merubah rencana menjadi naik bus CW5 karena itu adalah bus pertama yang datang setelah kami menunggu selama 10 menit. Dengan susah payah kami pindah antrian, memegang kiddos, stroller, backpack, dan tidak lupa tameng Chima! Cerita tentang tameng heits itu bisa dibaca disini ya hehe..

"Emang bus CW5 kemana?" tanya Rene. Ia pun melanjutkan, "Tiket kita bisa dipake untuk CW5?" Saya belum pernah naik bus CW5. Tapi sewaktu riset menulis buku, saya pun hafal bahwa bus CW5 akan berhenti di Newton Circus, sebuah area foodcourt yang tidak jauh dari Newton MRT. "Bisa kok mustinya, kan harganya sama" jawab saya. 

Kami ber-sepuluh mendapatkan duduk walaupun berpisah-pisah. Bus sangat penuh, banyak juga yang terpaksa berdiri. Di perjalanan, barulah saya tau kenapa jarang sekali bus CW arah ke Singapura.

Jalan menuju Johor Bahru macet total! Baru sekali itu saya melihat kemacetan Singapura mengalahkan tol dalam kota Wiyoto Wiyono dari Tanjung Priok ke Cawang yang saya lewati setiap hari kerja. Karena jalanan yang macet, bus CW pun tersendat masuk ke Johor Bahru. Hal ini membuat Sehan harus menunggu lama untuk bus CW2 nya.

Mendekati Newton, saya bertanya kepada Bapak yang duduk di sebelah saya, "Sir, how to get to Newton MRT from the bus stop? It's my first time taking this bus". Bapak keturunan India dengan kulit hitam legam dan badan besar, menjawab dengan ramah, "It's about 5 minutes walk. You can walk with me". Baik banget ya, padahal tampilannya sangar loh, serius! Tapi saya menolak, bukan karena takut, tapi masa iya si Bapak ini harus menunggu rombongan sirkus kami turun dari bus? Saya katakan, "Thanks a lot Sir, but I travel with the whole group. We will find the way".

Step 6: Naik MRT dari Causewaylink Bus Stop ke Hotel

Setibanya di Newton Circus, saya ternyata pernah melewati daerah tersebut. Jadi udah kebayang deh harus jalan ke arah mana. Kami menyeberangi jalan, dan berjalan ke arah kanan hingga tiba di MRT station. Dari Newton MRT, kami naik MRT ke Aljunied MRT Station menuju hotel kami Fragrance Hotel Emerald.

***

Dari pengalaman saya di atas, bisa disimpulkan bahwa melintasi dua imigrasi: Singapura dan Johor Bahru pada saat peak period atau long weekend menjadi tantangan tersendiri. Kemacetan yang parah bisa merusak jadwal itinerary yang sudah Anda buat.

Jika Anda terlanjur berencana akan pergi ke Johor Bahru melalui Singapura pada another long weekend, Anda harus memikirkan strategi agar tidak harus terjebak dalam kemacetan ya.


written on April 25, 2014 by @tesyasblog


Next Post: 
Legoland Trip Day 3: Satu Hari Transit di Singapura  


Previous Post:
5 Hal Yang Perlu Diketahui untuk Persiapan Liburan di Legoland Malaysia


Posting tentang Johor Bahru di tesyasblog, bisa dibaca disini.

102 comments:

  1. dear mb Tesya.....
    Mohon info jk dari Johor akan ke universal naik bis apa ya? pemberangkatan plg awal jam brp dr johor?
    dan bus terakhir dr sing-ke johor pukul berapa ya?
    termakasih sekali atas informasinya. salam Kenal Yoana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yoana, kalau mau gampang, di sebelahnya Tune Hotel, ada Oddysey Travel, dia ada bus setiap hari return trip dari Tune Hotel ke USS. Berangkat sekali sehari jam 07.30. Pulangnya sore jam 6 an dari USS.

      Kalau bus umum jam 11.30 malam paling telat dari Spore ke JB.

      Semoga membantu ya.

      Delete
    2. Terimakasih sangat mb Tesya....sangat membantu saya. Owiya...ada saran terbaikkah perjalanan dr Fragrance Hotel Geylang menuju bandara Johor baru dipagi hari utk penerbangan pukul 12siang? Makasih banyak sebelumnya

      Delete
    3. Hai Yoana, wak musti sampe bandara sekitar jam 10 donk ya? Ambil bus pagi yang jam 06.30 dari Queen Street Bus Terminal. Jadi dari hotel jalan jam 6 pake taksi. Terus sampai JB Sentral bisa naik taksi ke bandara JB.

      Delete
    4. Mba tesya...klo oddysey travel itu 1org nya kena brp ya? Thanks mba

      Delete
    5. Terakhir sih aku liat RM25, coba cek harga terbaru ya.

      Delete
  2. Hi Sis,

    Perlu visa ke Singapura ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak perlu visa ke Singapura Mba.

      Delete
  3. Hai mbak Tesya,liputannya ciamik tenan !!!
    Saya akhir bulan ini akan ke Johor-Spore-Johor dengan membawa 3 pasukan kecil (12, 7 n 20 months).
    Pengen banget liat Laser Show nya Marina, tolong donk kasih petunjuk yg detaiiiillll, tempat yg terbaik n ternyaman (kl bs gratos) utk 3 kiddos ini.
    Saya rencana hbs breakfast di Hotel Mutiara Johor trus brkt ke Spore (nginapnya di YMCA Orchard), Nah sekalian rute dari orchard ke tpt laser show itu gmn? Sebaiknya brkt dari Orchard jam brp, sebelum laser show pengen juga ke Garden by the bay (Far East itu). Skln how to get there nya sekali lagi donk, makasihhhhhh banget ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak...thank you udah mampir ke tesyaskinderen ya. Wohoo anaknya tiga ya! Kereeen:)
      Ini aku coba jawab:
      1. Laser Show Marina emang gratis, ada jam 20,00, 21.30 dan 23.00. Show nya di area Promenade nya, mengahadap ke patung Merlion. Disitulah laser show nya.
      2. Rute dari Orchard ke Laser show: Naik MRT dari Orchard, atau Dhoby Ghaut MRT station (saya liat di map, hotel Mbak deket Dhoby Ghaut), ambil MRT line merah, turun di Bayfront MRT station, Mbak keluar exit D. Dari situ langsung masuk mall, tanya aja ke satpam, Mbak mau ke Promenade area liat Wonderful Lasershow ya.
      3. Kalo mau ke Gardens By The Bay dulu, Mbak dari hotel jam 3 aja. Naik MRT turun di Bayfront, cari exit yang ke Gardens By The Bay. Jalannya lumayan jauh dari MRT Station Bayfront exit ke Gardens By The Bay to Children Garden tapinya.
      4. Nanti jam 6.30 sore, Mba jalan kaki deh ke Marina Bay Sands lewat hotel. Review lengkapnya ada di tesyaskinderen. Klik aja label "Singapore" ya Mbak,
      5. Have fun liburannya yaaaa....

      Delete
  4. berapa jam perjalanan dg bus dari johor bahru ke singapura????
    dari bandara johor bahru ke JB sentral berapa ongkos naik taxi ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Santi, tergantung ya macet atau enggak. Kalau weekend apalagi long weekend macet. Kalau normal bisa 2 jam termasuk imigrasi check. Pertanyaan Mba kedua, saya belum pernah, silahkan di googling aja ya.

      Delete
  5. setelah baca-baca blog mba, aduhh kerennn bangetzz, jadi mau ajak anak" jg ke legoland dan singapura.
    mba Tesya, inshaallah september long weekend tahun ini saya sekeluarga anak 2 (umur 11, 8 th) akan ke legoland disambung ke singapura.
    karena ini adalah perjalanan pertama kami ke LN bersama kiddos, mohon bantuannya mba tesya untuk memberikan itenary dan jg informasi untuk transportasinya :)

    sebelumnya terima kasih ya mba tesya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, makasih ya udah mampir ke blog kami :)
      Mau berapa hari ke Sin nya? Dan mau kemana aja?

      Delete
  6. Thank you buat artikelnya, Mba Tesa. Sangat detil, jadi bisa dipakai buat acuan. Saya akan ke Singapore dan Johor Bahru Agustus nanti. Agak was-was juga karena ini pertama kalinya ke LN bawa toddler. Boleh nanya2 dikit ya? :)
    1. Dari imigrasi Malaysia menuju Woodlands kan rombongan Mba Tesa naik bus CW5. Nah berikutnya di Woodlands kog awalnya antri unt naik bus CW2? Apakah memang boleh ganti bus? Ndak harus tetap naik bus CW5 yg sama ketika berangkat tadi?
    2. Kalau saya ingin naik bus Transtar (TS1) dari Johor Bahru (langsung menuju Changi), apakah naiknya dari Imigrasi Malaysia juga seperti bus CW? Tempat menunggu bus TS1nya kira-kira apakah di dekat tempat bus CW juga?

    Thank you in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Venny, thank you udah mampir ke blog kami.
      Aku coba jawab ya:
      1) Dari imigrasi Malaysia kita bisa naik bus CW mana aja yang pergi duluan. Pas ditanya ama supir mau kemana, jawab sejujurnya kemana. Misal ke Bugis atau kemana gitu, nanti harga bus sesuai tujaun kita. Nah kemudian dari Woodlands, baru deh kita naik bus sesuai tujuan akhir kita.
      2) Nah itu dia, karena bus nya jarang, aku enggak nemu bus TS1 waktu pulang dari Legoland Juni 2014. Akhirnya aku naik CW aja dulu karena banyak. Sampe Bugis lanjut ke Changi pake MRT. Seharusnya bisa dari JB Sentral juga, Mba pas-in aja jam nunggunya sama jadwal bus TS1. Tempat nunggu bis nya, aku enggak tau di JB Sentral nya karena belum pernah keliatan.

      Delete
    2. Dear Mba Tesya,

      mau tanya kalau dr Johor Baru ke Singapore itu naek bus berapa jam? saya mau ke maddame tussauds & universal studio setelah dari legoland, dan ada rekomendasi hotel yg bagus tapi murahkah di singapore yg dekat dgn 2 tempat itu?

      Delete
    3. Hai Mba Nuri, dari JB ke Singapura kalau enggak macet sekitar 2 jam, termasuk imigrasi (dengan catatan antrian normal ya).
      Hotel murah deket USS agak susah, adanya di luar USS. Aku sarankan Mba nginep di hotel murah deket MRT line ungu aja. Berarti cari di Chinatown, Clarke Quay, LIttle India, atau MRT Fareer Park. Jadi tinggal sekali naik ke MRT.

      Aku dulu inep di Mitra Inn Singapore (deket MRT Fareer Park) waktu bawa anak-anak ke USS.

      Delete
  7. Dear Tesya,

    Saya nemu blog ini saran dari si mbah googling :) kebetulan cari2 info ttg trip Johor Singapore. Tanggal 10 July ini brgkt berdua ama temen skalian bisnis trip. Kebetulan lagi kok tak liat reportnya okei dan blopgnya masih aktif memberikan info. Jadi saya pikir ga ada salahnya meminta bantuan dari Tesya yg dah pengalaman. Planning trip saya, tgl 10 July dari Surabaya landing di Johor Bahru jam 4 sore, rencana sih masih bingung apakah check in hotel dulu ataukah ke Premium Outlet dulu. Besoknya juga masih ga tau mau kemana di Johor, secara kita cowok2 tuwir g mungkin ke Logoland dan Heloo Kitty ( temen saya nih ngotot mau ke Legoland saya bilang nih kelasnya mainan kayak di Jatim Park aja .... ama Dufan kalah ) Yang saya mau tanyankan dan butuh masukkan adalah :

    1) enaknya stay di daerah mana ya, kita planning emang mau shopping di Johor krn kalo di Singapore harga ga beda malah lebih mahal dr Indo. Kita cari sih yg murah bersih dan ga jauh dari shopping spot biar ga mahal transport.

    2) Mana yg lebih murah Premium Outlet atau di Johor City Square ( kaloa ga salah )

    3) Apakah ada tempat wisata lain selain Lego Land n Hello Kitty dan Premium Outlet

    4) Untuk spot nongkrong di Johor yg sampe malam dimana?

    5) untuk transport apakah by bus and taksi aja ?


    Okei saya rasa itu aja yg dibutuhkan .... thank u Tesya .... mghkn bisa di email juga jika tdk keberatan utk info nya ke lapartie05@gmail,.com


    Regards,

    Michael David

    ReplyDelete
    Replies
    1. ouw iyah sekalian mungkin bisa dibantu planning waktu di Singapore :
      Jadwal kita
      tgl 10 july ---- SUB - Johor
      tgl 11 July ---- Johor - Singapore
      tgl 12-13-14 ---- Singapore
      tgl 14 July ---- Singapore - SUB

      kita mungkin ga akan ke gardens by the bay atau museum lebih ke arah jalan2 , nongkrong di cafe atau club , kuliner .... mgkn bisa d bantu nih ...

      thanx

      Delete
    2. Hai Michael,
      Untuk di Singapore kalau mau nongkrong bisa ke:
      - Esplanade: banyak cafe di sana, atau makan outdoor di Gluttons By The Bay
      - Clarke Quay: enak buat nongkrong di malam hari
      - Orchard Road, Mandarin Gallery banyak resto enak. Cobain Sacha and Sons.
      Have fun di SG ya :)

      Delete
    3. Untuk pertanyaan mengenai penginapan dan dan JB:
      1. Stay di deket JB Sentral aja. Bisa dicek di tesyasblog.com ada review Citrus Hotel.
      2. Lebih murah di mall City Square Mall, atau Aeon Mall.
      3. Hmm, bisa jalan-jalan di sekitar JB Sentral itu, ada istana JB. Tapi saya ga tau boleh masuk ga. Atau bisa naik bus 3 jam ke Malaka, mungkin?
      4. Di sekitar JB Sentral itu, rame sampe malam.
      5. Iya Michael, taksi juga murah kok.

      Thank you Michael udah mampir ke blog kami ya :) Selain di tesyaskinderen ada juga cerita tentang Johor Bahru di tesyasblog. Silahkan mampir dan klik aja label Johor Bahru.

      Delete
  8. Hi....mbakk
    Mau nanya nihhh...
    Liburan bulan INI mau Ke johor Dan singp
    1.mbak pernah Ke pantai desaru johor?
    2.di singp saya jg inap hotel dekat MRT aljunied...jadi bus Dr johor pasti turun di bug is?.
    Tq

    ReplyDelete
  9. Salam kenal mbak Tesya..mau info ya..sy dr Johor k Spore...kl sdh kkuar dr imigrasi Spore..naik bus CW 2 .tujuan sy mau k marina by sand...turun dimana mbak. dari bus nya...tq mbak Tesya....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, kalau mau ke Marina Bay Sands (MBS) turun dari bus CW2, jalan kaki aja ke MRT Bugis Station. Dari situ naik MRT jalur biru: Downtown Line dan turun di Bayfront MRT Station, exit D ya menuju MBS. Have fun di Singapore :)

      Delete
  10. Mba.. apa ada minimal USS yg harus dibawa di singapore? Diperiksa ya di imigeasi sgp nanti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, kalau saya sih bujet sehari SGD100 buat berempat. Sebelum berangkat Mbak hitung dulu aja butuh berapa yah.

      Diperiksa kalau bawa uang cash terlalu banyak. Aku lupa amount nya. Takutnya kan ada money laundring.

      Delete
    2. Tq mba atas porting2 nya.. paling tidak sblm jalan2 sudah punya gambaran. So pengalaman jalan2 kami sekeluarga kmrn cukup berkesan. Sampai2 saran mba masuk ke lobby hotel legoland saya praktekkan. Anak seneng bisa main yg lain bisa ngadem dulu. Hehehe.. banyak pengalaman yg bisa saya share juga. Dr dpt tiket murah masuk legoland, naik kereta yg pakai kasur. sampai salah naik bus waktu ke singapore. Next trip doain bisa ke hongkong n astralia yaa.. di tengah2 krisir ekonomi ini. Hahaa

      Delete
    3. Hai Mbak, seneng banget baca komen Mba :) Iya semoga semua mimpi traveling bersama keluarganya bisa terwujud yaa..

      Mbak, kalau mau jadi Guestpost di tesyaskinderen, I would be very happy. Mau enggak ceritain pengalamannya liburan ke Singapura dan JB kemarin? Please email me to tesyas.blog@gmail.com yaaa hehe..

      Delete
    4. With my pleasure.. insha allah nanti di bikin dulu stori nya ya mba tesya. Maklum sayah dr dulu nda begitu bisa ngarang.. heeheh. I will try

      Delete
    5. Asyik Mbak, makasih sebelumnya...ditunggu ya ceritanya :))

      Delete
    6. With my pleasure.. insha allah nanti di bikin dulu stori nya ya mba tesya. Maklum sayah dr dulu nda begitu bisa ngarang.. heeheh. I will try

      Delete
  11. Hai mb mau tanya nih aq ada rencana liburan ke singapore tapi via malaka ke jb dan nginep di jb dan gk berencana nginep di singapore. Ada rute yg pas buat itenary saya? Soalnya perjalanan pertama dan masih bingung. Saya ber 6 dewasa 1 balita bagusnya naik bus atau taxi tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ghina, dari Malaka ke JB bisa naik bus umum sekitar 3 jam. Kemudian Mba pilih aja penginapan di dekat JB Sentral. Yang mahal ada Double Tree By Hilton (baru) atau jika ingin yang standard bisa di Citrus Hotel. Dari situ tinggal nyeberang ke JB Sentral, kemudian naik bus umum ke Singapura.

      Hanya saja kalau weekend aku enggak recommend PP ke Singapura ya Mbak, bakal habis di jalan dan habis di antre imigrasi kedua negara.

      Hope it helps your planning Mbak.

      Delete
  12. hiii mba tesya... salam kenal yah sebelumnya, mau nanya transportnya dong kalau misalkan dari singapura ke JB tapi posisinya dari pusat kota...
    itin saya: Day 1 (pagi) tiba di singapura, inginnya ke patung merlion dlu dan sekitarnya buat foto2, lalu agak sorean mau ke sentosa (foto2 juga di universal) nah malam nya mau menuju ke JB (menginap malam itu d/Bus nya yah... kebetulan udah ada kartu pass EZ Link singapura nih hasil pinjeman temen2 kantor...

    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, salam kenal ya.. Aku coba jawab ya..

      Day 1: Berarti mau ke JB dari Sentosa ya? Ada bus Mas langsung dari Sentosa, namanya bus TS8. Saya cerita tentang ini juga di buku Family Backpacking Singapura Malaysia.

      Mas, enggak bisa nginep di bus, jadi tidur di dekat JB Sentral aja. Bisa di Hotel Citrus tinggal jalan kaki dari JB Sentral. Review hotelnya ada di tesyasblog ya.

      Delete
  13. Hai mbak tesya...salam kenal, sy tertarik membaca blok mbak, sy dan family enam orang recn mau ke JB dan singapore pd bln desember ini. Km nginap di kuala lumpur nginap selama 3 mlm di leo palace hotel , br ke tgl 26 ke JB dan tgl 27 renc km ke singapore, yg ingin sy tanyakan daerah mn di JB km nginap agar dekat dgn bus mnj singapur dan bus no.brp yg akan km naik unk PP ke JB lg,, atau kalau nginap di singapur hotel mn yg murah..mhn infonya mbak tesya makasih. dari vivi di medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Vivi, salam kenal ya, saya coba jawab pertanyaannya:
      1. Nama gedung imigrasi di JB (perbatasan dengan Singapura adalah JB Sentral). Jadi Mba Vivi kalau mau menginap cari hotel di JB Sentral. Aku ada review Citrus Hotel di tesyasblog.com. Silahkan diintip.
      2. Bus untuk ke JB lagi, saya bahas detail di buku Family Backpacking Singapura & Malaysia Mbak. Kalau sempat ke Gramedia, bisa dicari Mbak. Ada bus CW, bus 170, atau ada juga WTS bus.
      3. Keberatan enggak nginap di hostel? Ada hostel untuk berenam, Joyfor Backpacker Hostel. Aku ada posting disini:
      http://www.tesyaskinderen.com/2014/08/hostel-di-singapura-untuk-keluarga-rp-1.html

      Semoga membantu ya Mba Vivi :)

      Delete
  14. Halo Mba Tesya,
    Mau tanya..saya rencana mau berobat ke SG tapi stay di JB krn biaya tinggal lebih murah ya katanya?Saya dari Changi ke JB naik apa ya? Terus dari JB ke SG pagi harinya naik apa yg gampang & murah? Caranya bagaimana?mohon infonya ya krn baru kali pertama. Trm ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga Mba,

      Memang biaya di JB leih murah, tapi cape banget kalau harus PP terus. Dari Changi ke JB bisa naik bus Transtar, reviewnya ada ditulis di teyasblog.com, ketik aja bus transtar di box search ya.

      JB ke SJ yang murah naik bus, sekitar MYR3 seorang. Caranya saya tulis lengkap di posting ini ya Mba, ikutin aja step by step nya..

      Delete
  15. Dear mba tesya, salam kenal sebelumnya, blognya bagus banget sangat informatif, apalagi buat saya yg pemula
    Saya rencana pergi ber-4, 3 dewasa dan kidos 3th, rencana kl bs 2 hr di jb dan 1 hr sing
    Day 1 saya rencana dr changi tiba jm 11 langsung mau ke jb, chek in dan wisata kuliner dan window shoping sekitar hotel,
    kira2 citrus hotel lokasi dekat mall dan resto, at ada recomend hotel lain?
    Day 2, pagi saya ingin ke uss, kira2 proses imigrasi dr jb ke sing ribet ga? Inginnya memang stay di jb tp kl tdk memungkinkan, saya cek in hotel di sing saja jd estimasinya
    1 hr di Jb dan 2 hr di sing
    Day 3 Kl sempat ke aquarium, chinatown, orchad
    Day 4 paginya sebelum cek out ingin ke musafa karena kl g salah buka 24 jam ya mba?
    Saya rencana menginap di soluxe inn at champion hotel sing kira2 menurut mba tesya lebih recomended yg mana hotelnya?
    Kl Jam 12 chek out hotel penebangan jam 14:40 di changi terlalu mempet ga sampe di bandara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Fitri, terimakasih ya udah berkunjung ke blog kami. Ini coba aku jawab:
      1. Citrus sangat strategis dan untuk lokasinya, murah harganya.
      2. Enggak ribet Mba, tapi kalau rame, antre nya panjang. Terus jalan kaki nya jauh aja dari JB Sentral ke imigrasi nya. Aku sih enggak akan mau PP, cape... Lebih baik inep di Sin.
      3. Soluxe Inn ok Mba, deket LIttle India MRT. Kalau hotel tergantung budget Mba. Mba bisa email saya kalau mau discuss ttg hotel. Alamay email ada di bagian atas ya "CONTACT US"
      4. Cukup Mba jam 12 dari hotel, pake taksi tapi ya.
      5. Iya Mba, Mustafa buka 24 jam...

      Semoga membantu Mba..

      Delete
  16. Mbak aku mau tanya
    Besok rencana mau ke kl nginep sehari trus ke JB ada acara bbrp hari.
    Dari JB saya kepingin ke sing pengennya foto2 di patung merlion itu.. nah yg ingin saya tanyakan gmn cara naik busnya drmana trus gimana caranya biar bs langsung ke patung merlion itu ya mbak..
    Thanks for you reply

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Rani, dari JB Sentral setelah imigrasi Malaysia, bia naik bus kuning CW2 tujuan ke Bugis. Nanti dari Bugis naik taksi aja ke patung Merlion nya, paling sekitar SGD10. Kalau mau murah pake aplikasi uber untuk nyari taksi nya Mba.

      Delete
  17. Hallo,mba....aq berencana minggu depan ke JB dr malaka....klu dr JB ke USS ...prosedurnya gmn yaa?? Dan tau tarif USS skrg,mb...ato tiket USS bisa booking online?? Makasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, iya tiket USS bisa booking online di website Resort World Sentosa.
      JB ke USS naik bus umum aja dari JB Sentral ke salah satu point di Singapura, kalau saya sukanya naik bus CW2 ke Bugis. Kemudian naik MRT ke USS.

      Delete
  18. Mba tesya.. kalo sy pergi dengan baby 13 bulan.. apa msh bs ikutin itenerary mba??mksdnya bayi umur sgitu amankan naik bus dr sing ke johor?? Terimakasi ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, menurut saya sih enggak masalah karena bus nya nyaman. Tapi pilih jam dan hari nya aja. Supaya enggak antre panjang di kedua imigrasi baik di Woodlands maupun di JB Sentral nya.

      Delete
  19. Mba Tesya,

    Need your help nih. Karena rencananya saya mau traveling dengan anak2 awal tahun depan, dan mengingat ini pengalaman pertama kami sekeluarga ke Singapore jadi butuh wejangan dari Mbak :-)

    Kami butuh info hotel di Singapore yang tidak mengenakan charge untuk anak2 ketika menginap sharing bed dengan orangtuanya. Karena ada beberapa hotel yang strict men-charge anak2 walaupun sekamar dengan orang tuanyan dan tidak menggunakan extra bed. Apakah jaringan fragrance dan 81 hotel termasuk yang seperti itu? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku dulu di Landmark Bugis Village, mereka enggak masalahin kok.
      Atau kalau Mba book via booking.com, liatin deh "children policy" nya, cari yg boleh bawa 2 anak.
      Di Fragrance waktu itu kan aku book Family Room, tetep ditanya, ini kan untuk 3 orang. Hih! Ya aku ngeles aja kan anak saya masih kecil, untung enggak diminta bayar sih.

      Delete
  20. Hai mba, mohon info ya. Rencana mo jalan sekeluarga ber 5 dg balita 3th ke johor & singapore bawaan pake koper besar melintas 2 negara bisa nggak ya mba kl naik bus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ira, kopernya sebesar apa ya?
      Please consider aja bahwa enggak ada tempat untuk simpan koper di bus. Selama Mbak yakin suami bisa pegang kopernya during the journey, rasanya bisa aja Mba.

      Delete
  21. Hai mba tesya, saya sudah membaca masukan2 dari mba di atas dan banyak info2 penting yang saya dapatkan. Saya sendiri bersama keluarga (istri dan 2 anak yang masi balita)ingin mengadakan perjalanan ke malaysia dan singapura dalam waktu dekat ini. Nah saya ingin sekali mendapatkan info dari mba mengenai hotel di kuala lumpur dan melaka yang tidak mengenakan charge untuk anak2 balita. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, di KL kami menginap di Aloft Hotel Kuala Lumpur, reviewnya bisa Mas googling: "Aloft hotel tesyasblog" mereka punya 2 queen bed besaaar :)

      Kalau Melaka maaf Mas, saya belum pernah kesana sama anak-anak. Karena akhir tahun kemarin nyaris kesana, saya booking di The Straits Melaka, tapi kemudian ga jadi ke Melaka. Coba deh diliat. Keren hotelnya.

      Delete
  22. Hai mba tesya, aku selalu baca blog mba loh kalo mau kemana2. Dulu sempat baca tulisan ttg spore juga ditahun 2014. Baru tahu ada yg tesyakinderen ini, jd ngebantu deh secara aku sama kiddos mau pergi juga bulan maret ini.
    Btw si oddysey yg dari johor ke uss itu berhentinya langsung di USS ya mba? Aku dan suami kan bawa2 koper gitu, yg aku tahu ada loker kan di USS mba tapi mahal amat yak 300ribu sehari. Klo mau titip koper di hotel ntar telat banget masuk USS nya, atau ada recomend hotel dekat USS yg murah mba? Makasih sebelumnya atas sarannya ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sarah, thank you ya udah mampir di dua blog kami :)
      Iya Mba langsung di Resort World Sentosa berhentinya. Aduh hotel daerah sana mahal-mahal Mba hehe.. Tapi bisa cek Fragrance Hotel Royal, Bay Hotel, sama Harbour Ville Hotel ya.

      Delete
  23. Hai mba tesya :) saya mau tanya dong..

    1. Kalau dr Malaysia ke USS lgsg harus naik bus darimana ya mba? saya nginep di hotel ambassador bukit bintang, gatau harus kemana dulu utk naik bus ke singapore..karna saya liat di blog2 yg lain selalu brgkt dr johor bahru, apa dr bukit bintang hrs ke johor dulu ya mba?kan itu jauh banget ya :( kira2 brp biaya transportasinya mba?

    2. Lalu karna saya ga nginep di singapore, setelah mengunjungi USS saya mau lgsg pulang balik ke malaysia, harus naik bus dari mana ya mba? Dan beli tiketnya dimana? Makasih banyak ya mba tesya! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello juga mba, coba saya jawab ya:
      1. Mostly bus pergi dari terminal Puduraya ke Singapura. Mba naik taksi dulu ke Puduraya dari Bukit Bintang ya. Tiketnya bisa beli online di busonlineticket.com. Harga juga cek disitu aja ya Mba.
      2. Sama dengan jawaban nomor 1, Mba nanti pilih aja dari Singapura ke Malayais. Btw pulangnya Malaysia ke KL lagi? Hmm, itu 6-7 jam perjalanan loh..

      Delete
  24. salam mba tesya mau tanya aku rencana mau bawa istri dan anak ke merlion tp aku gk pernah masuk singapore jd agak takut nanti tersesat jd bisa tolong gk gmn caranya naik bus dari jb central ke merlion? dan harga tiket bus brpa ya kalau dihitung semua? dan harus sediakan uan brpa? apa perlu bawa uang singapore juga jika perlu bwa brpa ya.. salam. makasih harap bisa membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, kalau dari JB, naik bus CW2 ke Bugis. Kemudian dari Bugis kalau mau gampang naik taksi, enggak sampe SGD10. Atau naik MRT dari Bugis ke Raffles Place, kemudian jalan kaki ke Merlion.
      Naik bus, beli MRT dan bus bisa pake kartu Ez-link.
      Iya perlu bawa uang Singapore, tergantung berapa hari di Spore nya? Sehari seorang bawa SGD30. Jadi kalau saya sih sekeluarga, sehari SGD100 bujetnya.

      Delete
  25. Dear mba tesya, sya rencana mau ke JB mngu dpn tgl 4maret16.menginap ditune hotel danga bay 3mlm.ada bbrpa hal yg mau sya tanya in.(1) akses bus utk keliling dari tune hotel ke jb sentral ada gak?bus dgn kode apa ya?(2) hari kedua sya akan ke uss rncna mau pake bus travel yg brgkt dari tune hotel,nha itu bus dr brgkt smpe pulang apa kita naik nya bus itu aja?trs apa kita dianter smpe dpn uss?perlu beli ezlink gak?2th yg lalu sya pernah ke uss,setau sya kalo mau smpe ke uss kan naik mrt jg.kalo ini naik bus dr tune itu perlu beli tiket mrt nya gak? Terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dian, aku udah reply di inbox fb nya Tesyasblog ya:)
      Tapi untuk yang lain, aku jawab juga disini:
      1. Enggak ada. Jadi aksesnya dari Tune pake taksi. Minta aja ke reception nya Tune utk pesan taksi warna merah, biar murah.
      2. Betul naik bus itu aja, diantar ke Resort World Sentosa, tidak perlu pake Ez-Link lagi.

      Delete
  26. Hi mbak,saya lagi browse n nemu bog keren ini ..
    Mau tanya mungkin mba Tesya bs bantu,saya berencana ke Johor via Changi. Utk pengisian kartu kedatangan di Changi apa perlu mengisi alamat selama di Sing?krn saya lgs akan menginap di Johor pd hari itu.
    Ditunggu replynya
    Thanks
    Angelina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Angelina, thanks udah mampir ke blog kami ya:)
      Iya diminta nulis alamat, langsung isi aja di kolom Address in Singapore: "Go directly to Johor Bahru"

      Delete
  27. Hai mbak Tesya... saya ikutan nanya ya.... hihi

    kami sekeluarga rencananya dari KL naik kereta malam tiba di JB Sentral hari minggu tanggal 27 Maret ini. Kami ingin melanjutkan perjalanan ke S'Pore seharian. Tetapi malamnya kami akan menginap di hotel hallmark JB.
    Pertanyaan saya, sebaiknya barang yang kami bawa dititip di loker JB Sentral atau bagaimana? karena waktu dan tenaga kami terbatas hehe
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak..
      Sebaiknya titip di loker betul Mba, supaya enggak report bawa-bawa. Wah kalau hari Minggu jangan PP deh ke Singapura, imigrasi kedua negaranya suka rame banget.

      Delete
  28. waduh... terlanjur pengin ke sing dari JB nih. Gpp deh, sedapetnya aja. Tapi berarti kita mending nggak usah beli Ez link ya mbak?

    Oiya, sekarang pesan tiket kereta SS kok syusyah banget ya. Di website resminya tidak ada kereta SS. By email juga sudah tidak bisa katanya. Misalnya pesan di JB Sentral tanggal 24 malam sekitar pukul 22.00 masih bisa nggak ya?

    Thanks ya mbaak.... mmmuaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, iya enggak usah beli Ez-Link kalau cuman bentar sih.
      Wah udah enggak bisa online gitu kereta Senandung Sutera nya.
      BTW kereta SS ini buat dari JB Sentral ke KL kan ya, bukan ke Sin?

      Delete
  29. Hai, mbak Tesya
    Tgl 26 maret ini aku rencananya mau ke KL, sampe KL malam sekitar jam stgh11. Rencananya mau langsung ke singapore. Enaknya naik apa ya mbak? Train or bus? Kalo bus saya liat di online harganya sgd. Kalo naik train yang jam 00.00 ada gak ya mbak? Liat di online sold out. Kira2 kalo beli on the spot gmn, mbak? Minta sarannya ya mbak enaknya gimana? Bingung nyusun itinnya nih hehe. Oiya rencananya ke singapore pulang pergi. Pulangnya malem juga. Thanks ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Dede, coba saya jawab ya:
      1. Sampai di KL udah malam banget, naik KA itu kan dari Stasiun KL Sentral, jadi dari airport musti ke KL Sentral dulu.
      Saran saya sih naik pesawat aja besoknya yang pagi banget, Air Asia ke Singapura. Jadi bisa nunggu dan tidur di bandara untuk flight besok pagi2nya. Semoga dapet tiket promo.
      2. Eh, ke Singapura pulang pergi darimana Mba? Kalau dari Johor Bahru bisa PP, tapi dari KL sih kejauhan Mba. Kecuali Mba PP naik pesawat Kuala Lumpur-Singapuranya.

      Delete
  30. Permisi mbak, saya baca blognya
    Luar biasa sekali bisa travellinh denggan kiddos, saya sering traveling sendiri juga mau rasanya suatu saat nanti bisa begitu
    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    20 mei ini saya rencana ke thailand tapi mau visit singapur sehari sama 9 teman saya (total 10 orang) via jhb . Flight saya dari jog-jhb karena dapet promo. Saya pernah ke sin dari kl sebelumnya, dan pengalaman saya di turunin di tengah singapur๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ kalau tidak salah daerah kllang dan itu malam hari, karena belum booking hotel saya bisa mencari hotel terdekat dr situ. Nah Yang mau saya tanyakan untuk trip saya dekat2 ini:
    1. Dari senail airport menuju sin, apa ada bus langsung? Atau tetap harus ke jb sentral kmenggunakan cw bus juga?
    2. Saya tiba di jhb pukul 17 belum termasuk custom masuk malaysia, estimasi waktu saya sampai ke jb sentral sekitar pukul 18.30 lalu langsung melanjutkan perjalanan ke singapura. Kira kira pukul berapa saya sampai di sing?
    3. Saya berencana menginap i daerah litlle india/ kllang. apabila saya sampai di sin pukul 20.30 di mana mrt sudah? Atau hampir closed
    Pilihan transportasi apa yg paling baik untuk menuju hotel? Mengingat itu sudah cukup malam dan kami hampir satu tim sepakbola
    4. Ataukah kami lebih baik menginap di jhb semalam dan melanjutkan perjalanan ke sin? Hotel memang lebih murah di jhb namun Mengingat flight kami dari sin-dmk pukul 22 pada tanggal 21 dan kami menginginkan lebih banyak waktu di singapur.
    5. Apakah pada saat masuk malaysia via jhb kami boleh menuliskan go directly to singapur pada lembar imigrasi?
    Terimakasiiih
    Jawaban bisa di email ke nabilasyarifahjamilah@yahoo.com
    Saya tunggu balasannya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Sukses selalu
    Regards
    Nabila S.J

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nabila, aku udah jawab ya by email. Semoga membantu.

      Delete
  31. Mbak Tesya,
    Kalau dr JB sentral mau ke Senai Airport naik apa ?
    Kalau Taxi brp MYR ? Taxi maxium brp penumpang ?

    Thanks
    Hermanto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Hermanto,

      Dari JB Sentral ada bus umum ke Senai Airport. Cek link ini ya => https://www.causewaylink.com.my/airport-shuttle-bus

      Taksi saya belum pernah Mas, tapi kalau ke Legoland aja MYR30, mungkin ke Senai dua kali lipatnya.

      Delete
  32. Hai mbak tesya...
    Saya dan keluarga berencana bulan juli akan ke legoland dan universal studio singapur. saya sudah membaca potingan mbak tesya yang menginap di johor bahru. Rencananya saya akan menginap di tune danga hotel. Jika saya ingin ke universal studio tetapi tetap menginap di tune danga hotel, kendaraan apa yang bisa saya gunakan? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba,

      Dari JB Sentral (JB CIQ) ada bus umum Transtar T8 menuju USS. Cek link ini ya => http://www.regentstar.travel/crossborder/

      Semoga lancar liburannya ya..

      Delete
  33. Hai mba Tesya. Numpang tanya nih, Klo naik bus causeway link boleh ga bawa koper besar (20kg)? Dan kl boleh bawa, kopernya dibawa masuk bus ato taro di bagasi bus? Thanks ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Leny, boleh aja sih bawa koper 20kg ke dalam bus, tapi aku enggak pernah liat ada yang masukin ke bagasi di bagian bawah bus yah. Enggak tau boleh atau enggak.

      Kalau harus dibawa ke dalam bus akan repot banget karena enggak ada tempat khusus untuk naro koper. Kecuali kalau Mba naik bus Transtar dari Singapura ke JB (dari Changi dan dari Resort World Sentosa), itu baru ada tempat khusus untuk naro koper di dalam bus. Saya pernah tulis pengalaman naik bus Transtar TS1 dari Changi ke JB Sentral di tesyasblog.com ya.

      Delete
  34. halo mbak tasya,,informaatif sekali webnya..mau tanya juga dong..klo dr bandara johor ke double tree naik apa ya yang paling efektif/efisien?kemudian kita mau ke uss, kemungkinan beli paket bus+tiket dr travel yg di tune hotel danga..recomended ga sih?makash..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mas, thanks udah mampir.. Enaknya pakai taksi aja Mas, atau kalau mau naik bus ada juga. Tanyain aja bus yg menuju JB Sentral ya.

      Jauh lagi Mas dari Double Tree harus ke Tune Danga Bay dulu.. Menurut saya sih Mas kan tinggal nyebrang dari Double Tree ke JB Sentral, terus naik bus TS8, dari JB Sentral ke USS.

      Silahkan di googling jadwal dan ongkosnya ya..

      Delete
  35. Mba tasya nanya dong kalau dari changi airport mau ke jb naik bus apa yah terus saya khan b 4 mending naik taksi apa bus ..makasih yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Centong Boy,

      Dari Changi ke JB naik bus TS1, aku ada ceritanya di tesyasblog,com, coba googling => bus TS1 tesyasblog.

      Kalau ber 4 mendingan naik taksi aja, dari Queen Street Bugis taksinya, sekitar SGD40-SGD60.

      Have fun ya Mas di JB:)

      Delete
  36. Mbak tesya mau Tanya.. rencana Dari johor bahru-jogja ke melaka naek bus, anak saya 3 tahun bayar tiket nya penuh atau ada harga khusus untuk anak2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya batasannya 4 tahun Mba, harusnya masih gratis.
      Tapi untuk lebih pastinya, Mba email aja ke provider bus nya sebelum berangkat ya.

      Delete
    2. Makasih ya Mbak, ni baru pulang dari keliling Malaysia. Banyak info yang didapet dari blog ini. Sangat membantu sekali

      Delete
    3. Aaah senang membaca komen-nya Mba Tyas, semoga perjalanannya berkesan ya..

      Delete
  37. Mba... artikelnya membatu sekali. Mau tanya ya, minggu besok mau ke Sing dan rencananya pengen day trip ke JB sama suami dan anak 3th, trus sore/malemnya balik lg ke Sing. Recommended nggak ya Mba? Apa bakal cape banget or buang2 waktu, lebih baik main di Sing aja? hehe...maklum kurang piknik :) pengen aja sekali traveling langsung dua negara. DiJB mungkin hanya city sight seeing sama makan. Kira-kira tempat-tempat apa yang bisa di datangi dengan mudah, dan free? Thank you sooooo much atas infonya. Sukses terus yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak.. daytrip-nya kira kira di hari apa? Soalnya kalau pas weekend, itu suka macet dari Sin ke JB nya. Kecuali Mba mau berangkat naik bus jam 6 pagi sih ya hehe.

      Tapi di JB kalau cuma sightseeing enggak ada apa-apa. Kecuali Mba mau ke Legoland. Jadi saranku, kalau memang enggak ke Legoland, stay di Singapura aja. Banyak yang bisa di explore:)

      Delete
  38. malam mbak.. mohon info nya donk, dalam wakti dekat rencananya saya mau ke malaysia tepatnya d batu pahat johor bahru. dan ada planningbjuga nih dri sana saya seorang diri mau ke Merlion dan USS. caranya gimana ya mbak. makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Anna, aku enggak tau Batu Pahat-nya, tapi tau Johor Bahru nya aja.

      Oke, Mba naik bus CW2 dari JB Sentral ke Bugis (Queen Street Bus Terminal). Lalu dari Bugis bus terminal, Mba jalan kaki ke MRT Bugis.

      Dari MRT Bugis kalau mau ke USS, naik MRT aja dari Bugis (line hijau), interchange sekali, lalu naik MRT ungu ke Harbourfront MRT Station.

      Dari MRT Bugis kalau mau ke Merlion, naik MRT dan turun di Raffles Place MRT Station. Lalu jalan kaki ke Merlion Park. Jalan kakinya agak membingungkan, jadi saranku siapin dulu peta dari google map. "Get direction" aja from Raffles Place MRT Station to Merlion Park ya. Semoga membantu.

      Delete
  39. web nya keren banget. ketepatan bulan desember rencana ke JB. mbak kl dari KL ke JB adakah bus dari terminal bandara KLIA2 langsung ke JB. atau harus dari terminal TBS semua untuk ke Jb nya. rencana penerbangan via malindo sekitar jam 11 sampai KL. terus kl di Jb recommended hotel baiknya di JB sentral arau dekat legoland ya mbak krn di JB esoknya mau ke legoland dan juga ada rencana ke singa day trip saja disinganya. mohon petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba,
      Kalau dari KL ke JB langsung aja Mba naik pesawat biar cepet hehehe..
      Aku belum pernah naik bus, aku pernahnya naik kereta api, dari KL Sentral ke JB.

      Untuk tempat menginap, baiknya di hotel Legoland aja sekalian. Tapi kalau memang besoknya mau ke Sin PP, sebaiknya menginap di dekat JB Sentral karena lokasi yang lebih strategis.

      Semoga lancar ya perjalanannya nanti..:)

      Delete
  40. Salam kenal mbak. Sy rencana des nti mo ke jhb trus ke sing. Kl hotel KSL itu dekat dg legoland apa jauh ya? Trus dr legoland ke hello kitty jauh apa dekat mbak? Tq infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, KSL lumayan jauh dari Legoland Mas. 45 menit kalau lancar.
      Legoland ke Hello Kitty lebih dekat daripada ke KSL, Mas.

      Delete
  41. Hi Mba Tesya
    Blognya berguna sekali nih.Kebetulan saya suami dan anak usia 13thn mau ke KL 20 dec 16 lanjut ke Johor2mlm diakhiri ke spore 2mlm.di KL nginep di Nu hotel di KL sentral, Johor di Belo hotel di JB sentral.spore belum dpt hotelnya krn mahal mahal.aku lihat mba nginep di fragrance hotel emerald.apakah lokasinya di red light distrik geylang?apakah masih nyaman utk anak anak?anak saya sdh remaja.sy akan brgkt dari Johor ke spore tgl 25dec.apakah akan crowded sekali ya?apakah sy bisa beli busnya dari jauh hari utk antisipasi tdk dpt tiket?mohon sarannya mbak.
    Terimakasih.
    Zhavia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Zhavia, makasih udah mampir ya.
      1. Saya enggak tau dua hotel yang Mba sebutkan di KL dan JB. Tapi Mba liat ada reviewnya di tripadvisor ya, apakah ok atau enggak.
      2. Iya Fragrance Emerald di Geylang, tapi waktu itu sih aman aja Mba. Wah Mba anaknya udah besar, kayanya enggak cukup deh, kamarnya kecil.
      3. Tiket bus nya enggak bisa beli in advance. Saran saya, berangkat lah sepagi mungkin. Supaya enggak macet.
      Have fun ya Mba..

      Delete
  42. Hi mba Tesya
    Thanks atas prompt responsenya. Ada yg ingin sy tanyakan lagi:
    1. Apakah punya experience beli tiket kereta sleeper dari KL ke JB atau KL ke Spore? Sy sudah coba booo lewat website dan create account namun gagal terus.
    2.apakah Legoland worth to visit for a teenager daughter and adults?aku pengennya cuma kuliner dan ke FO hehehe...soalnya cuma dua malam di JB.
    Thanks mba Tes..
    Zhavia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi lagi Zhavia:
      1. Punya, udah lama banget tapi..Kalau enggak berhasil, coba email deh ke mereka.
      2. Kalau suka lego sih worth a visit. Tapi kalau enggak suka lego di skip gpp, ke JPO aja hehe..

      Btw, dua malam di JB sih lumayan kok Mba..

      Delete
    2. Hi Mba Tesya,

      Blognya bkin nafsu untuk travelling and hunting tiket nih ^^.
      BTw klo di JB rekomen nginep di JB nya atau di gelang patah ? secara klo nginep di gelang patah, kalau mo ke pusat kota jauhkan? kalau naik taxi dari pusat kota ke Legoland brpan mba? tempat wisata yang rekomen di JB apa aja mba? kayaknya hello kitty town kurang rekomen ya. thx

      Delete
    3. Hahaha Mba Anggie, ayo hunting tiket:)
      Ke JB nginepnya di JB Sentral aja.. Naik taksi dari JB Sentral ke Legoland waktu aku kesana MYR30.

      Tempat wisata rekomen nya, ada di buku kami ya, Family Backpacking Singapura dan Malaysia Updated (Elexmedia).

      Delete
  43. Pagi mbak Tessa yang baik..saya butuh banget bantuan mbak tessa krn googling ga ketemu jawabannya.. Lusa saya akan berangkat menginap di Legoland hotel..tapi di hari ketiga saya ingin ke singapore zoo bersama anak.. Bagaimana rute dan transportasi yg harus saya lalui dari johor ke singapore zoo dan sebaliknya. Btw, anak saya masih kecil2 umur 4 dan 2 tahun jadi saya pengennya yg ga terlalu ribet eehehehe.. Makasih sebelumnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi Mba, maaf baru jawab, semoga masih sempet Mba baca jawabanku ya.
      Dari Johor Bahru ke Sin:
      1. Mba naik taksi dari Legoland ke JB Sentral.
      2. Dari JB Sentral, mba naik taksi ke Singapore Zoo, sekitar 60SGD.
      3. Atau Mba naik bus, tapi ribet sih. Kalau mau naik bus harganya paling cuma SGD10 berempat. Naik bus CW5 yang ke Newton MRT. Sampai di Sin naik MRT dari Newton ke Ang Mo Kio MRT station.
      4. Sampai di Ang Mo Kio jalan kaki ke pintu bus yang khusus ke Sin Zoo.

      Kalau enggak mau ribet ya naik taksi ya Mba dari JB Sentral ada banyak yang nawarin, di dekat pintu keluar yang ada Starbucks.

      Delete