[Guestpost]: Bus Umum Dari Singapura ke Legoland

Berhubung saya belum pernah mengajak kiddos ke Legoland, saya sangat senang ketika @fluory yang baru saja kembali dari Legoland pada pertengahan Januari 2014 bersedia sharing cerita bagaimana ia dan keluarganya naik bus ke Legoland dari Singapura. Yang seru, karena @fluory tidak berhasil mendapatkan tiket coach bus dari WTS travel dari Singapura ke Legoland, ia dan keluarga pun naik bus umum.

Tulisannya sangat berguna sebagai bekal saya dan keluarga yang berencana mengunjungi Legoland pada bulan April 2014. Dan saya yakin tulisan @fluory ini juga akan sangat berguna untuk anda yang berencana melakukan family backpacking ke Legoland dari Singapura.

Thanks a lot mba @fluory for sharing.

Extremely fun riding the roller coaster

A guestpost by @fluory

Arka (almost 6) yang biasanya susah bangun pagi -apalagi sedang liburan- mendadak ‘melek’ karena  pagi itu kami berencana ke Legoland. Berbekal hasil browsing dan tanya sana-sini jadilah kami berangkat ke Legoland dengan bus. Selain agar menghemat ongkos, kami juga ingin memberikan pengalaman kepada keponakan (Rassya 13 tahun) yang baru pertama kali keluar negeri untuk melintas antar negara dengan bus

1. Bagaimana Cara Menuju Legoland dari Singapura?

Ada beberapa cara menuju Legoland menggunakan transportasi umum dari Singapura:

1. Taksi merupakan moda transportasi paling nyaman untuk menuju Legoland dari Singapura (walau harganya berbanding lurus dengan tingkat kenyamanan:p). Hanya taksi tertentu yang bisa ke Johor Bahru. Saya bahas di bawah ya.
  2. WTS coach bus yang bertolak dari  Singapore Flyer dengan harga SGD 20/orang (PP). Sayang kami kehabisan tiket pada hari yang kami pilih. Walaupun sudah cek melalui website resmi WTS bus, kami penasaran dan tetap datang H-1 ke Singapura Flyer. Ternyata tiketnya memang habis (yah namanya juga usaha:D).
  3. Bus umum dari Singapura ke JB Sentral, dan lanjut dari JB Sentral ke Legoland. Tentunya tiket bus umum paling terjangkau. Namun saya hanya merekomendasikan cara ini untuk keluarga yang adventurer dan tidak membawa banyak luggage. Kami memilih naik bus umum dari Queen Street Bus Terminal yang terletak di belakang Bugis MRT station.

2. Queen Street Bus Terminal

Pukul 9 pagi dari tempat menginap di daerah Sommerset kami naik bus no 175 dengan tujuan Queen Street Bus Terminal di daerah Bugis. Kami turun di seberang Rafffles Hospital dan berjalan sejauh 200 meter (atau kira-kira 10 menit jalan santai) ke Bus Terminal.

Sesampainya di sana, kami menemukan dua opsi transportasi umum menuju Johor Bahru; Pertama naik taksi merah yang khusus melayani rute Singapura ke Johor Bahru, untuk kapasitas maks 4 orang dengan harga antara SGD 40-60 (sampai JB sentral) tergantung kondisi jalan. Jika lancar, maka biayanya sekitar SGD 40.

Keuntungan naik taksi dari Singapura ke Johor Bahru? Anda tidak perlu turun untuk melakukan proses imigrasi baik di Woodlands maupun di Johor Bahru. Hanya duduk manis dan menyerahkan passport dari dalam taksi. Pastikan anda melakukan double check atas passport anda dan keluarga. Apakah semuanya sudah distempel atau belum, takut ada yang terelewat.

Kedua naik bus umum menuju Johor Bahru. Kami memilih bus Causewaylink-CW2 yang berwarna kuning dengan harga tiket untuk dewasa SGD 2,5 dan anak SGD 1,2. Bus CW2 memiliki rute Queen Street Bus Terminal di Singapura ke Larkin Bus Terminal di Johor Bahru. Ingat ya, simpan tiket untuk ditunjukkan pada pemberhentian berikutnya.

3. Dari Singapura Menuju JB Sentral

Perjalanan dari Bugis ke imigrasi Singapura di Woodland memakan waktu hanya 30 menit dengan kondisi traffic yang bersahabat pagi itu. Kami turun untuk pemeriksaan imigrasi meninggalkan Singapura. Jangan lupa untuk membawa potongan kertas dari imigrasi pada saat masuk ke Singapura. Saya dan suami terpisah antrian karena Arka kebelet pipis, sementara potongan kertas imigrasi Arka saya yang pegang. Petugasnya ngotot minta suami untuk ambil pada saya di line yang lumayan jauh, lalu kembali lagi untuk menyerahkan ke petugas. Haduh rempong betul!

Selepas imigrasi Woodland kami turun mencari antrian bus berwarna kuning (tidak perlu bus CW2 atau bus yang sama, yang penting naik bus Causewaylink berwarna kuning). Penumpang hanya memperlihatkan potongan tiket yang sudah dibeli pada saat naik. Bus kemudian menyeberangi jembatan antara Singapura dan Johor Bahru, dan sesampainya di Johor Bahru, seluruh penumpang harus turun di JB Sentral dengan semua barang untuk proses imigrasi masuk ke Malaysia.

Menikmati perjalanan dengan bus umum

4. Bus dari JB Sentral ke Legoland

Selesai proses imigrasi, kami turun lagi mencari bus yang sama untuk lanjut ke Larkin Bus Terminal. Tapi bus kuning yang kami naiki dari Singapura itu tidak kami temukan, akhirnya kami naik bus LM1 ke Legoland. Bus LM1 ini cukup mudah dicari, karena pada badan bus terdapat gambar Hello Kitty dan Barney.

picture was taken by @ariftirtosudiro

Untuk naik bus umum, siapkan uang ringgit recehan. Jika anda hanya memiliki ringgit dalam percahan besar, maka disarankan untuk memecah uang dengan berbelanja minuman/makanan dulu di convenience store terdekat karena supir tidak menyediakan kembalian.

Harga tiket bus LM1 dari JB Sentral ke Legoland MYR 4.5 untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak. Yeay, bukankah kita menyukai yang gratis? Bus ini tersedia dengan interval waktu satu jam. Jadi pastikan jangan sampai terlambat. Jika tertinggal bus umum, untuk menghemat waktu, naiklah taksi dari JB Sentral ke Legoland dengan harga MYR 60 (kapasitas maksimum 4 orang).

Pukul 11.00 bus meninggalkan JB Sentral menuju Larkin Bus Terminal untuk mengambil penumpang. Tadinya saya berniat turun sebentar untuk membeli Mcd/ Dunkin Donuts karena kiddos kelaparan. Tapi daripada ketinggalan bus dan adanya peraturan bahwa di dalam bus tidak boleh makan/minum maka niat pun saya urungkan. Saya jadi menyesal tidak membawa snack ringan dalam ransel, supaya kiddos tidak rewel dalam perjalanan. Untungnya baterai gadget untuk main game terisi full. Walau lapar, kiddos masih menikmati sesi bermain dengan gadget mereka.

Dari Larkin Bus Terminal, bus melanjutkan perjalanan menuju Hello Kitty Town. Karena tidak ada yang turun/ naik, bus pun langsung jalan lagi menuju  Legoland. Total waktu tempuh dari JB Sentral ke Legoland sekitar 1 jam. Sepanjang jalan banyak sekali area yang masih kosong atau masih dalam tahap pembangunan.

5. Akhirnya Tiba di Legoland

Waktu menunjukkan pukul 12 siang ketika kami tiba di Legoland, pantas saja kiddos sudah kelaparan. Di depan Legoland terdapat Mall of Medini dengan berbagai macam resto seperti KFC, Burger King dll. Saya arahkan kiddos untuk masuk mall dulu karena kalau terlanjur masuk ke Legoland, kiddos bisa lupa lapar dan asyik bermain juga hunting mainan di toko souvenir.

Rassya di depan Mall yang berisi
tempat makan di Legoland

Seperti yang selalu diingatkan oleh teman-teman yang pernah kesana, saya membawa topi, payung, sun block dan kacamata hitam. Tapi tetap saja panas ya, mungkin karena area sekitarnya tandus dan belum banyak pohon-pohon rindang. Saya mencoba menghibur diri dengan bersyukur: lebih baik panas deh daripada hujan tidak bisa main apapun:D

Setelah makan di mall, kami pun masuk ke Legoland. Kami langsung menuju Information Center berlokasi di sebelah kanan pintu masuk, untuk memeriksa jadwal  bus LM1 kembali ke Larkin Bus Terminal yaitu jam 09.30, 11.00, 12.45, 14.15, 15.45, 17.15, 18.45, 20.15 (hari kerja) dan setiap jam mulai 09.30 hingga 20.30 (pada hari libur).

Kalau masih ada waktu dan tenaga (plus ringgit yang banyak:p) bisa ke JPO (Johor Premium Outlet, seperti ditulis Mba Tesya di sini) menggunakan bus JPO2 dengan jadwal dari Legoland ke JPO: 08.45, 11.45, 14.45, 17.45.

Kami sudah membeli tiket masuk Legoland sebelumnya melalui website Legoland. Kalau pesan H -7 dan sebelumnya dapat diskon 20%. Jadi harga untuk dewasa MYR 112 dan anak MYR 88. Tiket diprint dan ditunjukkan di gerbang saat masuk. Petugas akan mencocokkan nama pemesan tiket dan ID (passport) kami. Pada saat booking tiket sudah ada pilihan tanggal dan tidak bisa dirubah.

Our fun day at Legoland

6. Bus dari Legoland ke Singapura

Karena bukan hari libur antrian permainan tidak antri panjang. Kami bisa menyelesaikan hampir semua permainan sd jam 4 sore. Sayangnya jadwal bus menuju JB Sentral adalah jam 17.15. Daripada menunggu terlalu lama kami putuskan untuk naik taksii dari depan mall di Legoland. Perjalanan dengan taksi jauh lebih cepat karena tidak mampir ke Hello Kitty town dan Larkin Bus Terminal. Lalu kami berhenti di suatu pemberhentian bus (maaf saya lupa nama tempatnya). Dari sini kami naik bus lanjut ke JB Sentral dengan membayar MYR 5 untuk 3 tiket dewasa dan 1 tiket anak.

Setelah menyelesaikan proses imigrasi Malaysia, kami ke bawah untuk mencari bus CW 2 di platform B tujuan Queen Street Bus Terminal - Bugis. Lagi-lagi harus siapkan uang pas MYR 2,6/orang. Jika tidak ada ringgit bisa memakai SGD degan tarif yang sama namun dalam mata uang Singapura (SGD 2,6) yang mana nilai nya jauh yaaa… Seperti sewaktu pergi dari Singapura ke Johor Bahru, tiket bus jangan dibuang karena akan diperiksa lagi di pemberhentian bus Woodland.

Untuk masuk imigrasi Woodland, kita harus mengisi kartu kedatangan ke Singapura dan antri proses imigrasi lagi. Baru kemudian turun untuk mencari bus CW2 ke Queen Street Bus Terminal. Tunjukan tiket atau jika belum memiliki tiket, disini penumpang bisa membayar SGD 2,6. Sangat disarankan anda sudah mengisi kartu imigrasi agar tidak repot ketika akan masuk kembali ke Singapura. Bawalah kartu imigrasi di Changi airport ketika anda tiba dari Indonesia. Pastikan anda sudah mengisi kartunya sebelum pulang dari Legoland kembali ke Singapura.

Perjalanan dari Woodland ke Queen Street Bus Terminal hanya 30 menit saja karena sore itu lalu lintas cukup bersahabat. Dari pemberhentian bus kami mampir dulu di Bugis Junction untuk sekedar melihat-lihat suasana imlek. Baru kemudian kembali ke hotel dengan hati senang.

Arka kalau ditanya permainan mana yang paling suka jawabnya: “Jet coaster Ma, karena kita main berempat”. Ya iyalah Nak, secara permainan disana yang Mama-Papa bisa ikut main hanya itu saja:p.

Overall kami sangat menikmati perjalanan dan permainan di Legoland, Johor Bahru. Terutama Anda yang memiliki anak antara 3-10 tahun, atau remaja/dewasa penggemar lego sejati.

*****

About @fluory:
A mother of one brave son, a wife of a super patient husband, have a big dream to take a trip around the world. Love her life so much. Hope her boss will always give permission to see many interesting places:p

Posted on January 26, 2014

Related Post
5 Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Persiapan Liburan di Legoland
10 Alasan Menginap di Legoland Hotel Malaysia
Yang Wajib Dilakukan di Legoland Malaysia
The Legend of Chima di Legoland Malaysia

Tulisan di tesyasblog tentang Johor Bahru bisa dibaca disini.

Ingin membantu keluarga Indonesia dalam merencanakan liburan? Ayo jadi guestpost di Kiddos Travel Stories untuk sharing cerita liburan anda. Email saya ya ke tesyas.blog@gmail.com.

44 comments:

1. Tgl 3 januari 2014 saya sekeluarga ber 8 berkunjung ke legoland via changi krn naik tiger air dpt free shuttle transtar ke johor ,promonya berlaku sd 31 maret 2014,sy nekad aja ke legoland tp blm tiket online krn dpt info ada promo kids go free dr biskuit o**o malaysia,eh ternyata infonya bener loh sy borong 4bks ,krn kami 4 dewasa 4anak ,lumayan jd ngirit sektr 440rm ,petugas loketnya sampe nanya bolak balik where are you from
    ?krn jrg turis indonesia yg tau promo kids go free ke legoland ...oh ya promo ini berlaku sd 31 maret 2014 jg,seblm promo dr biskuit o**o ini,ada promo kids go free susu dutch lady

Replies
    1. Hai Nadiya thanks a lot ya untuk infonya, pasti sangat berguna untuk keluarga Indonesia yang lain. Haduh jadi pas periode aku ga berlaku donk Kids Go Free promo nya..hiks..

Delete
    2. mba tesya, baru dapet info ini dari temen ku yang baru balik dari singapore ada susu dutch lady yang FREE masuk legoland untuk anak2.. banyak di PARAGON singapor katanya berlaku sampai tanggal 30 April 2014... yuk sama2 hunting secara sama2 bulan April (insha ALLah)..

2. mba miemieibnu,kira2 tau nggak lokasi hunting susu dutch lady nya selain di paragon?buat jaga2..kami ber 8 dgn 3 anak berencana ke legoland bln april 2014,,thx buat info nya ya..

Replies
    1. Mba Lily coba cari di supermarket di Sin, NTUC or Cold Storage mustinya ada.

2. Gemes baca blog ini..
      Kami ber-13 berencana ke USS dan legoland pertengahan april depan..
      Yuk hunting dutch lady hehehheh

@Yuliahartati

Delete
    3. Hai Yulia..kok gemes sih? Udah ga sabar berangkat ya hehehe..Ayo hunting dutch lady nya:)

3. Mba... kalau dr JB ke Singapore utk keluarga dengan bawaan koper baiknya naik apa? Tks.

Replies
    1. Kalau dari Spore-nya, Changi Airport, naik bus ga masalah karena ada tempat untuk simpan koper. Silahkan liat di tesyasblog ya, di kategori bagian paling kanan bawah, cari aja posting mengenai Johor Bahru.

Tapi kalau dari Spore nya bukan dari Changi, bus lain enggak ada tempat simpan koper. Jadi better naik taksi dari samping Queen Street Bus Terminal (Bugis).

Delete
  4. Mba kami juga berencana ke lego land tp nggak nginep/lsg bali singapura ..ada nggak tempat penitipan barang/koper selama di lego land?? tks.

Replies
    1. Hai Mas Eko, saya liat di webiste legolan ada penyewaan locker, tapi enggak dirinci biayanya: http://www.legoland.com.my/Plan/FAQ/

Delete
  5. Mba, promo kids go free nya utk agustus msh ada ga ya, hehe..biasanya beli produk promo ini dmn klo di JB? Anak 4th better ke legoland atau hk town? Tq

Replies
    1. Hai Ocha, masih ada promo Kids Go Free dari indomilk sd Sept 2014. Bungkus Indomilk nya beli di Indonesia ya. Ya iyalah kan di JB ga ada Indomilk hehe. Have super fun at Legoland:)

Delete
    2. Indomilknya hanya di supermarket tertentu atau dimana aja ada? Sebenarnya aku masih bingung mba antara mau ajak anakku (4 th) ke Legoland atau HK Town, apalagi harga tiketnya beda tipis? What do you think mba based on your experience :) Thx a lot mba for your answer.

3. Hai Ocha, aku kalau beli di Indomart gitu juga ada kok. Hello Kitty Land itu akan worth it buat yg emang fans beratnya.

Kalau bukan fans nya ya akan kecewa, apalagi krn area nya yg kecil.

Aku belum ke Hello Kitty Land, tapi kalau diauruh milih pastinya aku pilih Legoland.

Delete
  6. Promo kid nya beli dmna ya mba .. Saya mau kesana libur lebaran ini alias akhir bulan ini... Please advice

Replies
    1. Hai David, promo yang berlaku saat ini adalah dari Indomilk, belinya di Indonesia. Berlaku hingga akhir September 2014. Di balik kotak susu tulisannya ada di sana. Bawa kotak susu tsb ke tpt jual tiket di Legoland.

Dengan membelk 1 tiket combo dewasa dan membawa 1 kotak, David akan mendapatkan satu tiket kids utk waterpark dan themepark.

Have fun ya di Legoland :)

Delete
    2. kalo beli tiket dewasanya online trus kesana bawa kotak susu indomilk untuk dapatkan tiket anak bisa tidak?

3. Enggak bisa, promonya hanya berlaku kalau beli tiket combo di booth ticket Legoland

7. hi tesya. saya dr malaysial indomilk ada jual di malaysia x?

Replies
    1. Di Malaysia kayanya enggak ada Indomilk Mba, karena disana susu banyaknya Dutch Lady bukan ya? Tapi itu setau ku ya, coba aja Mba dicari..

Delete
    2. udah cari di giant malaysia. tapi ngak ada.. promosi dutch lady udah abis.. yg ada cuma indomilk. bisa tlng beli utk saya ngak?

8. Salam kenal Mbak Tessya, saya berencana ke legoland akhir januari 2015. promo kids go free masih ada ngga ya? belinya dimana?
    thx

Replies
    1. Udah enggak ada Yuli, tapi nanti sebelum pergi coba browse dulu di google ya. Siapa tau ada keluar bulan Jan yang akan datang.

9. Tlg info anak usia 2,5 tahun apa bsa masuk?thxb4

Replies
    1. Bisa Mba Femy, tapi ada height restriction 120cm. Jadi paling nanti main yang boleh aja, enggak semua bisa main ya.

Delete
  10. mba tesya... salam kenal..
    kalo baca tulisan mba, jadi bersemangat pengen ngajak anak anak liburan ke legoland. Tapi karena saya belum pernah keluar negeri sebelumnya, apalagi bawa anak 3, jadi deg degan... gimana kalo ini, kalo itu.
    kira kira untuk budget ketat, ber 6 orang (3 dewasa 3 anak) lebih hemat batam-singapura-JB-legoland atau singapur-JB atau atau JKT - KL ... ada saran mba? kira kira total budget minimal berapa ya yang harus dipersiapakan ? insyaallah pengennya kesana pas liburan sekolah ini *fingercross...
    Terimakasih sebelumnya.

Replies
    1. Hi Mba, thanks for your nice words:)
      Sebetulnya di buku yang aku tulis sama Olen itu ada perkiraan biaya liburan nya Mba, coba cari ya Family Backpacking Singapura Malaysia.
      Tapi kasarnya ya:
      - Tiket pesawat per orang, kalo lagi liburan anak mayan mihil, mungkin budgetin seorang Rp 1,2 - 1,5 juta PP. Beli jauh2 hari ya. Ohya, supaya ga ribet lgs aja Jkt-Sin.
      - Akomodasi: hostel mau? Bisa di Joyfor backpacker hostel, berenam sekitar Rp 1,3 juta
      - Biaya makan sehari SGD 100 untuk ber enam. Makanan sederhana ya bukan di resto mewah.
      - Biaya transport: beli kartu ezlink + top up per orang mungkin sekitar SDG 22. EzLink SGD 12, plus top up SGD 10.
      - Selebihnya biaya untuk masuk ke tempat wisata.

Semoga sedikit memberikan gambaran ya. Detailnya ada di buku Family Backpacking Singapura Malaysia :)

Delete
  11. Mbak Tesya, kalau bus WTS itu harus pp ya? Gak ada yg skali jalan ke singapore aja?
    Kalau dari johor bahru mau ke singapore (USS) dengan 3 anak dan koper sebaiknya naik apa ya? Karena flight kami dari bdg lgsg ke johor bahru dan mau lanjut ke USS dan pulang ke bandung dari changi
    Thanks

Replies
    1. Halloo..ini aku barusan ke website WTS, kayanya emang cuma two ways transfer ya jualannya. Tapi coba email aja: tour.sf@wtstravel.com.sg

Tergantung budget sih Mba, kalau mau nyaman dan ada budget sekitar SGD 60, enakan naik taksi. Tapi kalau mau hemat budget, naik bus berlima cuman SGD 15 tapi rempong hehe.

Delete
  12. Hi mba Tesya, apa ada info tentang promo tiket legoland di bulan Juli ini (dari produk tertentu)?

Replies
    1. Wah maaf Mbak aku ga ada info serupa lagi.

Delete
    2. Wah maaf Mbak aku ga ada info serupa lagi.

3. Wah maaf Mbak aku ga ada info serupa lagi.

13. saya lusa berangkat ke singapura-johor untuk 4 hari via tour. tapi paspor 3 bln lg habis masa berlakunya. ada yg punya pengalaman mengenai ditolak atau diijinkan berangkat gak? trims

Replies
    1. Hai Mbak, setau saya strict 6 bulan minimal. Tour nya emang bolehin berangkat?

Delete
    2. Hai Mbak, setau saya strict 6 bulan minimal. Tour nya emang bolehin berangkat?

3. setahu saya ngk boleh mbak.. harus diperbaharui dulu baru bisa berangkat...

14. iya travelnya blg bisa.
    saya sudah blg kl mmg gak bs...gak usah dipaksain. jdwl saya diundur saja...tgg saya sempat perpjg paspor.
    eh travelnya blg gpp bs brgkt gt.

Replies
    1. Wah kalau gitu dicoba aja Mba, siapa tau memang bisa. Travelnya mungkin udah punya pengalaman bisa berangkat sebelumnya ya.

Delete
  15. Hii mba tesya,mau nanya nih,, klo aku naik wts coach bus itu kan tiketnya PP, tapi kalo aku mau nginap dihotel lego land semalam trus balik besok apakah tiketnya balik ke sporenya hangus or msh berlaku gak yah??plz minta infonya mba,thx b4

Replies
    1. Hai Mba, aku barusan cari di WTS website kok enggak nemu infonya ya. Coba Mba email ke tour.sf@wtstravel.com.sg

Atau Mba bisa coba bus umum seperti CW2 dari Bugis, kalau itu sih bisa one way.

Delete
  16. Kalo dr queen street bus terminal singapore mau k johor bahru ada ny jam berapa aja ya?