3 hari 2 malam di Singapura


Tulisan ini saya buat untuk rekap perjalanan liburan bersama anak ke Singapura kami untuk pertama kalinya pada bulan April 2012. Siapa tau ada yang sedang planning ke Singapura dan membutuhkan sedikit sharing. Karena hanya punya 3 hari 2 malam di Singapura, kami memutuskan yang wajib adalah mengunjungi Singapore Zoo, sementara lainnya akan kami cari tempat yang free untuk anak di Singapura


Banyak terdapat plyaground yang gratis di Singapura :)



Tiket Pesawat

Kami mendapatkan tiket promo Air Asia, yang dibeli pada bulan Mei tahun 2011. Untuk 4 orang PP kami membayar Rp 1,5 juta nett, keberangkatan Sabtu pagi dan pulang di Senin siang, jadi lumayan lah hanya cuti dan ijin sekolah satu hari:p 

Untuk kami sih pembelian tiket jauh-jauh hari ini, selain mendapatkan tiket promo, juga ada kesempatan nabung untuk biaya liburan yang masih beberapa bulan bahkan setahun ke depan:p


Hotel 

Untuk anda yang memilih ingin menginap di hostel, kebanyakan hostel di Singapura memiliki policy hanya memperbolehkan anak-anak di atas usia 12 tahun menginap bersama orang tuanya. Untuk parents dengan anak di bawah 12 tahun, rasanya sulit menginap di hostel. 

Target pencarian hotel kami di Singapura adalah akses dekat MRT dan memiliki kolam renang, dan tentunya dengan harga yang tidak terlalu wow. Pencarian hotel selalu mengasyikan, membaca review di tripadvisor, memesan free cancelation room di booking.com, sampai akhirnya mencocokan lokasi hotel dengan itinerary kami. 

Hotel yang akhirnya memenuhi semua kriteria kami adalah Landmark Village Hotel; 5 menit dari MRT Bugis, free internet in the room, breakfast (walau akhirnya kita milih makan di luar), boleh membawa dua anak, kolam renang bagus, dekat dengan sentra makanan halal, dan dilewati SAEx bus yang langsung menuju Singapore Zoo. 

Walaupun merupakan hotel lama, namun kamarnya cukup besar, dan sekali lagi, pool area nya bagus. Review lebih lengkapnya bisa dibaca disini.





Singapore Zoo

Beberapa review di Tripadvisor bahkan menyebutkan Singapore Zoo merupakan best zoo in the world. Wah saya sih ga tau itu betul atau enggak ya, tapi yang pasti Zoo ini memang sangat nyaman, bersih, kids friendly, walaupun memang tiket masuknya tidak murah (terutama karena kurs dolar Singapura yang terus naik).

Review lengkap kunjungan kami ke zoo bisa dibaca di tesyasblog, namun dapat kami pastikan tempat ini wajib dikunjungi dan worth every dolar we spent

Oya karena terlalu lama main di water playground, kami hanya sempat mengunjungi the Elephant Show, wah bahkan sampai sekarang pun our 3 yo Arkan masih ingat loh apa yang dilakukan para gajah itu.


Atraksi para gajah di The Elephant Show



Tips dari saya sih untuk mengunjungi Singapore Zoo dengan anak, sangat disarankan untuk pulang dan pergi menggunakan SAEx bus. Karena waktu tempuh menjadi sangat cepat, dibandingkan harus naik MRT dan bus (ya jangan dibandingkan dengan naik taksi:p).



Marina Barrage

Free water playground di Singapura itu ada dimana-mana, di taman, shopping malls, you name it. Nah kami memutuskan untuk mengunjungi Marina Barrage, selain Kiddos bisa main-main air gratis, mr.husband dan saya bisa melihat Singapura dari sisi yang berbeda. Saking sukanya tempat ini, kami sudah mengunjungi dua kali, dan yang kedua khusus untuk hunting sunset. Posting lengkapnya silahkan dibaca disini ya.

Lihat nih Kiddos#1 lagi asyik maen di water playground Marina Barrage.. Sayangnya saat itu Gardens by the Bay belum buka, nah kalau sekarang anda berencana mengunjungi Marina Barrage, itinerary bisa dipadukan dengan kunjungan ke Gardens by the bay. Children's Garden di Gardens By The Bay wajib Anda kunjungi.


So happy to play at the wet playground


Dua tempat tersebut merupakan highlight liburan kami bersama anak ke Singapura. Yah namanya juga pergi dengan anak, itinerary memang tidak bisa disamakan ketika saya hanya pergi berdua dengan mr.husband.

Jika anda mencari tempat yang free dan kids friendly di Singapura, anda bisa mengunjungi How Par Villa, Botanical Garden, ataupun menikmati pantai di Sentosa.

Target kami berikutnya kalau ada rejeki lagi, kami ingin mengunjungi Legoland. Doain ya semoga ada rejekinya..amiin :)

Silahkan baca posting lainnya tentang Singapura di sini.. Anda juga dapat mendownload ebook travel kami tentang Singapura di sini, gratis!


written on October 13, 2012 by @tesyasblog


Related Post:
Berapa Biaya Liburan Dengan Anak ke Singapura?
Family Backpacking ke Johor Bahru dan Singapura 
Hostel di Singapura Untuk Keluarga
Naik MRT Dari Changi ke Kota Singapura

Itinerary Liburan Hemat Dengan Keluarga ke Singapura

6 comments:

  1. marina barrage! tfs, anakku jg seneng bgt ama mainan air mancur gituh hahaha.. eniwei, singapore science museum, harus tuh dicoba utk next tripnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..iya anak-anak dikasih air sih udah deh heboh:p Spore science nunggu Arkan 5 tahun kali ya? Kalo 3 tahun masih kekecilan ga ya ke sana?

      Delete
  2. Dear Mba Tesya, Ke Marina Barrage enaknya dari pagi atau siang-sore ya? karena anak saya baru 2 tahun, kr kr cocoknya kemana ya kalo ke singapore? mohon infonya ya, thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, ke Marina Barrage enaknya sore ke malam, soalnya panassss...
      Kalau 2 tahun, ajak ke SEA Aquarium Mbak, pasti suka. Bisa jalan kaki di atas karpet, kan nyaman buat anaknya hehe. Baca cerita aku ke SEA Aquarium di tesyaskinderen yah:)

      Delete
  3. Hi mbak tesya...aku mau ajak fam 5dewasa dan 2 anak... mau tny booking SAEX bus gmn y...enak aku inep dmn y... bisa ksih masukan k aku mbak....mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inep di Village Bugis aja Mbak..

      Delete