7 Tips Bermain di Kidzania Jakarta


Membawa anak bermain di themepark seperti Hong Kong Disneyland, Legoland Malaysia, Universal Studio Singapore, ataupun Jungleland Sentul pastinya memerlukan persiapan, apalagi jika ini merupakan kunjungan pertama Anda dan keluarga. Saya biasanya terlebih dulu membaca website dan family blogs yang pernah membahas tempat-tempat tersebut.

Begitu juga dengan kunjungan ke Kidzania Jakarta, sebuah kota yang memberikan anak-anak kesempatan untuk bekerja secara nyata. Saya mempelajari dari mulai establishments apa saja yang ada di Kidzania, hingga ada promosi apa sih di Kidzania. *maklum, mommies selalu mencari promo:D

Setelah dua kali kunjungan ke Kidzania, yang pertama menggunakan Kidzania Tranzit Ticket dan yang kedua dengan weekend ticket sesi pagi, saya mencoba merangkum menjadi 7 tips agar sesi bermain Anda dan keluarga di Kidzania Jakarta bisa semakin seru.

1. Sesuaikan Rencana Kunjungan Dengan Jam Operasional Kidzania

Menurut saya sih ini yang paling penting.Jam operasi Kidzania pada hari Senin-Kamis adalah jam 09.00-14.00, pada saat weekend terdapat 2 sesi: jam 09-00-14.00 dan 15.00-20.00. Untuk detail jam operasi Kidzania, silahkan klik disini

Datanglah 30 menit sebelum sesi yang Anda pilih, karena Anda dan anak-anak harus melakukan check-in di Kidzania Airport, dan menukarkan tiket Kidzania dengan secarik boarding pass. Cool banget kaya di airport beneran!

Our Kidzania's boarding pass!

Ohya, jika Anda datang pada sesi 1 jam 11 siang misalnya, ya tetep hanya boleh main sampai dengan jam 2 siang. Anda tidak mau bayar penuh namun hanya bisa bermain beberapa jam saja, kan?

Pada kunjungan kedua, hari Minggu jam 9 pagi, antrean untuk bermain di berbagai establishment sangat bersahabat. Atau mungkin kami yang beruntung datang ke Kidzania pada saat tidak terlalu banyak group.



2. Tentukan Establishment Apa Saja Yang Anak Anda Akan Coba

Malam sebelum kunjungan kedua ke Kidzania, saya bersama Kiddos melihat establishments apa saja yang ada di Kidzania melalui website Kidzania Jakarta. “Ya ampun, keren banget ada Hotel Royal di Kidzania” seru saya kepada Kiddos, sambil berharap mereka mau kerja di hotel. “Enggak, aku mau main balap mobil lagi aja” kata Kiddos#2, halah. Sementara Kiddos#1 memilih soccer di establishment milik Specs.

Jika diperlukan, Anda dapat download peta Kidzania sebelum Anda berkunjung. Silahkan klik link ini ya.

Menentukan apa saja yang akan dikunjungi, sangat membantu planning untuk bermain di Kidzania. Jika satu establishment penuh, Anda bisa langsung pindah ke tempat lain yang sudah direncanakan. Mungkin saya memang lebaay, ke Kidzania aja perlu persiapan? Tapi dengan harga tiket yang harus dibayar, saya yakin Anda juga berharap dapat mengoptimalkan kesempatan bermain di Kidzania.


Kiddos at the Shoe Factory

Semoga pada kunjungan berikutnya, Kidzania Jakarta sudah mempunya aplikasi yang bisa di download di smartphone para pengunjung. Asyik kan?


3.    Jangan Membawa Makanan ke Dalam Kidzania Jakarta

Setelah memberikan secarik boarding pass kepada crew Kidzania, tas yang dibawa harus dimasukan ke dalam scanner dan diperiksa tanpa kecuali oleh petugas. Anda diperbolehkan membawa air mineral, namun tidak boleh membawa makanan.


Pemeriksaan di pintu masuk

“Nah, terus saya harus taruh di locker? Locker nya dimana” saya nguping pembicaraan “tetangga sebelah”. Kemudian saya melenggang masuk, sehingga tidak tahu kelanjutan pembicaraan mereka selanjutnya. Ribet kan? Jadi jangan bawa makanan ya.

Note: Jika Anda memang harus membawa makanan, Anda dapat menitipkannya di Customer Service, dan membawanya kembali setelah keluar dari Kidzania.

Ada banyak tersedia gerai makanan di Kidzania, dari mulai burger, pizza, ayam goreng dan nasi, juga salad dan buah potong. Untuk budget makan dan minum per orang, siapkan Rp 50.000. Atau Anda bisa saja membeli Pizzania ukuran large seharga Rp 95 ribu, dan makan bersama keluarga. 

4.    Antre Establishment Pemadam Kebakaran Sekitar Jam 11

Salah satu permainan yang terlihat paling seru adalah Pemadam Kebakaran. Anak-anak akan naik mobil fireman dan turun disalah satu gedung yang terbakar, dan mulailah mereka memadamkan api. Tidak heran jika establishment ini selalu diserbu anak-anak (dan orangtua:D).

Gimana enggak seru?


Setelah bermain dua wahana, sekitar jam 11 Kiddos mulai antre untuk Pemadam Kebakaran. “Bapak masih harus menunggu sekitar 30 menit” petugas menjelaskan kepada Kiddos. Tapi mereka rela menunggu, dan untuk saya itulah saat yang tepat memberi mereka makan siang:)  Jadi sambil menunggu, mereka pun menyantap Pizzania yang endesss itu.


Makan dulu sambil antre

Memberi makanan atau cemilan pada saat anak-anak mengantre bisa memberikan mereka energi untuk bermain hingga waktunya late lunch, waktu bermain di Kidzania pun menjadi lebih optimal.

5.    Antre Race Track di Awal & Siapkan SIM

Tetep ya namanya juga anak cowo, establishment favorit Kiddos di Kidzania adalah arena balap mobil bernama Race Track Kidzania. Race Track ini baru mulai jam 12.30, selesai bertugas menjadi fireman, Kiddos lari ke tribun Race Track dan antre di sana.

Siapkan SIM dan uang sebesar 20 Kidzos dan berikan kepada anak, crew kidzania akan memeriksa apakah anak-anak yang mengantre sudah memiliki SIM dan uang. Daripada mereka harus keluar dari antrean hanya untuk mengambil SIM dan uang.


Pengecekan uang dan SIM ketika duduk di tribun

Jika belum memiliki SIM, Anda harus membuat terlebih dulu di Honda Riding School dengan biaya 20 Kidzos. 

6. Datanglah Pada Sesi Tertentu Untuk Parents Experience

Did you know kalau orangtua boleh bermain di Kidzania? Wooow seriously?!! *mupeng Karena banyaknya permintaan dari orangtua untuk bermain di Kidzania, maka Kidzania memberikan kesempatan untuk mencoba beberapa establishments hanya pada hari Jumat sesi 2 dan hari Minggu sesi 2. Catat ya, sesi khusus ini.



7.    Keluar dari Kidzania 15 Menit Sebelum Jam Operasional Berakhir

Mungkin karena kami sekeluarga sudah biasa “memasang strategi” untuk beat the crowd pada saat liburan akhir tahun, keluar dari Kidzania aja kami pakai strategi:p

Antrean keluar dari Kidzania pada jam dua siang mengular panjang, sehingga kami memilih keluar 15 menit lebih awal.


Antrean untuk keluar dari Kidzania
Kiddos#2 di Immigration Department Kidzania


Di Immigration Department, crew Kidzania akan melepas gelang pengunjung satu-persatu, jadi dapat dipahami mengapa antre keluar begitu panjang.

***


Sudah siap kan bermain di Kidzania? Ayo segera rencanakan tanggal kunjungan Anda dan keluarga :)



Disclosure: Our weekend ticket were complimentary by Kidzania Jakarta.
Thank you Kidzana Jakarta!



written on April 28, 2015 by @tesyasblog



Related Post:
Kidzania's Tranzit Ticket


4 comments:

  1. makasih yaa tipsnya Mbak Tesya. Aku lg googling tiba2 nyampe ke sini hehe. Lg cari kegiatan buat hadiah anaknya mbakku yg mau ultah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba, semoga FUN ya bermain dan belajar di Kidzania nya.

      Delete
  2. Mau ty donk mba Tesya, klo utk main pemadam kebakaran, minimal usia brp ya? Anak ku msh 4.5 thn, masih bingung nih, katanya umur segitu blm byk permainan yg blm bisa dimainin. Tku ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, umur 4 tahun harusnya bisa, karena kalau di websitenya ada seperti ini=> anak-anak usia 4-16 tahun bisa menikmati aktifitas di 60 establishment yang ada di KidZania.

      Delete