Mencari Tempat Wisata Gratis Untuk Anak di Singapura? Kunjungi Singapore Fire Station


Mari kita mulai posting ini dengan kenyataan bahwa kurs dolar Singapura sudah tembus Rp 10.000 per akhir November 2017 (: Aduh... tambah mahal aja ya liburan ke Singapura sekarang ini. Tapi di sisi lain, tiket pesawat dari Jakarta ke Singapura lebih murah daripada ke beberapa tempat wisata domestik di Indonesia.

Lalu bagaimana caranya supaya liburan keluarga ke Singapura bisa tetap terjangkau? Kami menyiasati hal ini dengan mengunjungi berbagai tempat yang gratis namun tetap memberikan pengalaman untuk kedua Kiddos. 

Pada kunjungan ke Singapura di bulan Juli 2017 yang lalu, kami mengunjungi Fire Station di Singapura, untuk belajar menjadi fireman. Kegiatan ini gratis, dan diadakan di semua Fire Station yang ada di Singapura. Saya memilih Central Fire Station yang ada di dekat Clarke Quay, karena memang sudah familiar dengan lokasi gedung ini.

Central Fire Station merupakan fire station paling tua di Singapura


Acara yang diberi nama Fire Station Open House ini berlangsung selama 2 jam, dari jam 9 pagi. Teman-teman tidak perlu mendaftar terlebih dulu, kecuali jika memang membawa rombongan lebih dari 10 orang.

Tepat jam 9, pengunjung yang sudah datang dikumpulkan dan bersama-sama kami mengelilingi seorang Bapak yang menerangkan mengenai emergency. Apa yang harus dilakukan saat keadaan emergency, harus menelepon ke nomor mana, dan sebagainya. Furthermore, ia juga menjelaskan bagaimana teknik berjalan kaki untuk seorang fireman yang masuk ke ruangan yang sedang terbakar.

Di saat semua fokus mendengar penjelasan Bapak tersebut, beberapa fireman menghampiri kami sambil membagikan topi. Yeay! Jadi acara ini udah gratis, dapat topi pula yang bisa dibawa pulang!







Menurut saya sih bagian penjelasan ini agak terlalu lama, sehingga anak-anak mulai bosan. Ditambah pagi itu udaranya panas menyengat! Untunglah sesi pertama segera berakhir, dan kami pun beralih ke sesi peragaan.


Dibuat simulasi seolah-olah ada kebakaran, lalu para fireman turun dari gedung dengan menggunakan tiang besi. Persis seperti di film! Dan akhirnya mereka pun memadamkan api yang ada di area parkir. 

Trust me, if your boys love fireman, take them here :)





Sebelum pulang, kami melihat-lihat dulu isi ambulance yang juga dipamerkan pagi itu. Dan tentunya foto dengan mobil kebakaran yang gagah berwarna merah.





Acara ini bisa ditiru untuk diadakan oleh Dinas Pemadam Kebakaran di Indonesia. Supaya kita sebagai WNI bisa lebih aware mengenai bahaya kebakaran. Apalagi jika awareness kita tanamkan kepada anak-anak sejak kecil. Ada disini teman-teman yang punya akses ke Dinas Pemadam Kebakaran? Tolong titip usul saya ya :)


Thank you Singapore Civil Defense Force (SCDF) for this session. Keep up the good work!







written on December 2, 2017
Follow our IG & twitter: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: Tesya Sophianti


1 comment:

  1. wooowww keren banget ya Petugas Pemadam Kebakarannya
    pingin kesana juga ...

    ReplyDelete