Terbang Dengan KLM dari Jakarta ke Kuala Lumpur


Live Blogging from Tokyo :)

Apa hal yang paling saya enggak suka dari liburan akhir tahun (selain harga tiket pesawat yang harganya selangit!)? Hiruk pikuknya bandara! Hih!! Kalau lagi business trip sendiri aja, suasana bandara Soekarno Hatta yang ramai di pagi buta itu selalu membuat saya enggak nyaman. Nah apalagi kalau liburan akhir tahun, bawa kedua Kiddos pula.

Tapi ya gimana lagi, ini adalah satu-satunya waktu dimana (saya yang enggak punya cuti ini) kami sekeluarga bisa libur panjang. Jadi seperti liburan ke Sydney tepat satu tahun yang lalu, kembali kami sekeluarga antre di check-in counter Bandara Soekarno Hatta.

"Kita naik KLM sekarang? KLM itu singkatan apa sih? Kok kita naik KLM? *anak AirAsia sejati!" saya diberondong pertanyaan oleh kedua Kiddos setibanya di bandara. Saya jawab aja, kalau tiket KLM harganya sama dengan tiket Air Asia, karena itu saya membeli tiket KLM. Tidak lupa saya tambahkan, "Nanti Kakak ama Dede bisa nonton film, main games, kaya waktu kita naik Garuda ke Hong Kong!". Mata mereka pun berbinar-binar:D

Kami sudah web check-in, jadi kami antre di counter drop baggage yang memang khusus untuk mereka yang sudah online check-in. Walaupun pesawat kami jam 19.20, konter check-in sudah dibuka sejak jam 15.30! Setelah 1 jam antre, kami dipersilakan untuk memasukan bagasi, numpang di business class karena penumpangnya sudah selesai check-in semua.

Udah follow IG @tesyasblog?
Kami upload video #JPFamTrip loh di sana


"Ini terlalu kecil tempatnya, saya harus duduk dimana?" seorang Bapak blasteran berkata kepada petugas dengan Bahasa Indonesia yang terpatah-patah. Di gate E7, KLM sudah memisahkan row berapa dan duduk di samping kiri atau kanan. Saya dan si Bapak seharusnya duduk di samping kanan, namun 80% nya diblok untuk penumpang kelas bisnis. 

Saya pura-pura sibuk melanjutkan membaca buku, sampai Kiddos#1 bertanya, "Bun, kenapa sih kita enggak boleh duduk di kursi itu?" Saya jawab aja, "Itu untuk penumpang kelas bisnis Kak, itu loh yang kursinya bisa ditidurin." Eh Kakak nanya lagi, "Kenapa kita enggak naik kelas bisnis, Bun?" Ibu sebelah saya udah senyum aja nguping pembicaraan kami. Menanggapi pertanyaan seperti ini, saya harus jawab jujur, "We could not afford it Kak, mahal banget!". Sambil berdoa sih, siapa tau someday ada kesempatan naik kelas bisnis KLM:D 


Kakak lagi suka baca Diary of A Wimpy Kid

Setelah delay 30 menit, kami dipersilakan naik pesawat. Kami yang jarang banget naik full airline service ini, langsung norak donk liat-liat video, games, dan foto-foto! Mr.husband ketika web check-in memilih 4 kursi di tengah, kanan dan kiri kami kursinya satu baris tiga. Eh iya, kenapa ya kalau pesawat kaya KLM atau Lufthansa itu sudah "on" tv nya bahkan ketika taxi? Dari pengalaman saya, Garuda baru nyala inflight entertainment-nya setelah take off.

Inside KLM

"Aku lapar!", Kiddos#2, our drama king as always, udah mulai minta makan sesaat setelah pesawat take off. Padahal kami baru aja makan malam di bandara sebelum naik pesawat! Saya bujuk aja, minta Dede untuk sabar. Kali kedua ia berkata, "Aku lapar banget nih!", saya mulai penasaran kenapa ini minum dan makan kok enggak keluar-keluar. Sesungguhnya saya juga haus! Hehehe.

Akhirnya saya melihat pramugari dan pramugara berpakaian ala chef mondar-mandir. Wuidih keren banget, mereka ganti baju! *maafkan, kalau saya norak:p

Dan mulailah kami dibagi makan malam super lengkap. Padahal sebelumnya kami underestimate. "Paling juga sandwich" kata mr.husband. Ternyata ini yang kami dapatkan. Ohh KLM, I love your food!


Nasi goreng ala KLM

Perjalanan hampir 2 jam itu sangat nyaman dan cepat kami lalui. "Coba ya kita ke Jepang naik KLM, pasti seru deh" kata Kiddos#2 ketika pesawat mendarat di Kuala Lumpur. "Enggak ada De, KLM ke Jepang" jawab saya. "Nanti aja De, kalau ke Belanda pakai KLM ya!" saya melanjutkan seraya melirik mr.husband. Hahahaha, beban berat banget ya jadi mr.husband

Tapi pengalaman naik KLM pertama kali untuk kami sekeluarga ini memang sangat berkesan dan menyenangkan. Satu lagi maskapai yang sudah berhasil memenangkan hati our Kiddos. "Nanti kita naik KLM lagi dari Kuala Lumpur ke Jakarta, sekarang kita nginep dulu di Tune ya!" Kedua Kiddos pun berdiri meninggalkan kursi nyaman KLM, "Bye KLM" kata mereka ketika kami memasuki garbarata pesawat menuju KLIA airport. Saya berbisik dalam hati, tot ziens KLM!


Things to note:
Harga tiket pesawat Air Asia Jakarta ke Kuala Lumpur untuk periode akhir tahun itu mahal banget! Secara hub nya di Kuala Lumpur, jadi mau ke Australia, Jepang, Hong Kong, semua orang Indonesia harus ke Kuala Lumpur dulu kan?
Saran saya, kalau memang mau liburan akhir tahun 2016 via Kuala Lumpur, pantengin aja promo KLM. Tiket kami ini dibeli bulan Februari 2015, dengan harga USD500 untuk empat orang.



written on December 27, 2015 by @tesyasblog (using wifi in our friend, Tari's apartment at Yoyogi, Tokyo).



Previous Post:

33 comments:

  1. Salam kenal Bun... Kalau naik KLm sampai di KLIA 1 sekitar jam berapa ya ? Dan apakah pengambilan bagasi ada di tempat yang sama atau harus naik semacam kereta express lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shinta, setelah turun pesawat, kita naik kereta dulu menuju area imigrasi dan pengambilan bagasi.
      KLM nya kan jam 7.30 malam ya, sampai KL nya jam 10.30 waktu Malaysia.

      Delete
  2. beli tiket promo KLM nya via www.klm.com/indonesia kah mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, iya aku booking via web KLM.

      Delete
  3. hai salam kenal, Saya pya rencana ke Brunei, tpi tiket RBA cukup mahal, dan saya dapat alternatif CGK-KLIA (KLM) ~ KLIA2-BWN (airasia). apakah transitnya ribet ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Dede, gambarannya begini (karena ribet atau enggak relatif, kalau kata saya sih dinikmatin aja hehe):

      1) Sampe di KLIA, proses imigrasi, ambil bagasi, lalu naik KLIA airport train ke KLIA2. Harga tiketnya MYR2.
      2) Sampe di KLIA2, naik escalator ke departure hall, masuk ke international departure, kemudian imigrasi lagi, lalu ke gate nunggu pesawat. Eh iya kalau ada bagasi, berarti sebelum masuk international departure, drop baggage dulu di counter Air Asia.

      Begitu Mas, semoga lancar perjalanannya ya.

      Delete
  4. Hi mba salam kenal. Saya besok akan berangkat ke KL by KLM take off jam 18:45 kemudian lanjut ke Turki by Emirates take off jam . Mohon infonya apakah KLM sering delay? & apakah terminal KLM dengan Emirate 1 tempat apa beda terminal mba? saya khawatir kalo KLM delay dari suta, sampai di kl kita bakal pecicilan ke emiratenya.
    Mohon pencerahannya ya mba. Terima kasih. Yoke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yoke, I am in Istanbul at the moment. Baru nyampe kemarin.

      Cuman mau share, saya dari Jakarta pake MAS, kemudian lanjut Qatar Airways. Alhamdulillah ternyata mereka satu code share, jadi luggage kami di tag di Jakarta dan ketemu di Istanbul.

      Apakah KLM dengan Emirates ada kerjasama? You should check it.

      KLM saya naik terakhir Mei 2016 dari Jkt ke KL, delay hanya 30 menit. Nanti di KL punya waktu berapa jam sampe dengan flight Emirates? Kemarin saya 4 jam antara flight. Dan ya itu bersyukur banget enggak harus keluar terminal dan masuk lagi. KLM dan Emirates satu terminal.

      Btw di airport Turki rame banget imigrasinya (: Semoga lancar ya perjalanannya.

      Delete
  5. Hi mba salam kenal,
    Saya mau tanya untuk sistem pembayaran di website KLM hanya bisa pakai kartu kredit ya ?
    Mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, maaf banget saya enggak tau metode pembayaran yang lain, saya taunya cuman credit card. Tapi mungkin bisa di telepon ke kantor KLM di Jakarta, or tanya via akun FB nya yang KLM ID.

      Delete
    2. Aditia Niagara, coba booking di tiket.com or Traveloka, bisa bayar lwt indomaret, or transfer Bank.

      Delete
  6. Halo mba tesya, salam kenal...
    Mau nanya yg dapet makan dan ada TV nya itu penerbangan KLM kelas ekonomi ato bisnis?
    Dan unt penerbangan yg Transit ato bisa yg hanya direct langsung ke KL nya saja yah?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, salam kenal juga..
      Semua full airline service dapet tv dan makan kok Mba kelas ekonominya, termasuk KLM.

      Penerbangan long haul dari Jakarta ke Amsterdam, transitnya di KLIA. Kalau penerbangan dari Jakarta ke Paris, transitnya di Changi Mbak.

      Delete
  7. Hai mba Tweya mau tanya... mengenai makanan bagaimana? Secara kami muslim.. saya rencana mau ke KL - Jakarta PP naik KLM, apakah makanan mesti disebutkan kita mau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, makanannya saya lupa bisa pilih Moslem Meal enggak ya pas beli tiket. Coba nanti Mba pas beli tiket, pilih ya. Dan makanannya cuman snack kaya curry puff gitu.

      Delete
    2. Wahhh ini tiketnya udah dibeli.. waktu beli gak ada tulisan pilihan makanan sih..

      Delete
    3. Oh ya udah Mba, coba Mba kirim message ke FB KLM Indonesia deh, mereka fast response kalau lewat FB. Tanyakan saja bagaimana cara memesan moslem meal nya.

      Delete
  8. Hai mba emg sama yah biasa pake airasia hihihi nah ini aku prtama juga mau naik KLM mba dan baru pertama turun di KLIA bisa di jelasin mksd naik kereta mba? soal nya kan di klia2 ga naik kereta cuman jalan aja jauh
    lalu menurut mba aman ga ngemper tidur di klia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba sesama fans garis keras Air Asia hehe..

      Nanti di KLIA begitu turun dari pesawat, ikuti aja orang2 menuju kereta di dalam KLIA, kemudian Mba naik untuk menuju imigrasi.

      Ngemper ok kok di KLIA.. soalnya enggak terlalu dingin.

      Delete
  9. Salam mb tesya..
    Mb.. mau nanya nih, di Bandara KLIA, setelah ambil bagasi dg penerbangan MAS->imigrasi->bagasi. Tuk melanjutkan penerbangan Etihad/Qatar air dg melakukan check in baru, di lantai(level/floor) yg sama gak Setelah pengambilan bagasi tadi?
    (Jakarta->KL. KL->Edinburgh)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba... beda lantai Mba.
      Btw, kenapa enggak tag di Jakarta bagasi nya dan ketemu di Edinburgh? Naik Qatar sih bisa.

      Delete
  10. Hi mba, saya mau tanya. saya mau ambil penerbangan KLM dari malaysia ke Jakarta, dan Niatnya saya pengen pakai bus sampe ke bandara. Setelah itu prosesnya gimana yah mba? Itu kalo naik kereta wajib untuk semua penerbangan? Beda KLIA1 dan 2 apa yah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, coba saya jawab ya:
      1. KLIA 2 untuk Air Asia dan budget airlines lainnya, dan KLIA 1 untuk maskapai di luar itu.
      2. Maksudnya naik bus dari kota ke bandara ya? Setelah sampai di bandara, Mba ke counter check-in, kemudian memasukan bagasi, kemudian masuk ke departure hall untuk cap imigrasi. Setelah beres, jalan ke gate untuk naik pesawat.

      Have fun liburannya :)

      Delete
  11. Halo mbak..
    Maaf mau nanya bberapa nih :
    1. KLM kan uda full service, emg kita bs milih makanan nya gt mbak? *sempet baca comment nanyain yg ttg moslem food*

    2. Brati dr KLIA biar bs k KL sentral, kudu k KLIA 2 dulu ya mbak? Yg td mbak jelasin naik airport train seharga 2 myr itu, baru naik bus dr KLIA 2 k KL sentral.. *secara biasanya naik air asia jg sih, kan uda lgsg d KLIA 2. hehehe..

    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..
      1. Iya mostly full airline bisa request makanan-nya mau apa.
      2. Eh ada kok bus langsung dari KLIA. Coba cek deh di wesbsitenya KLIA. PP 18 MYR untuk dewasa.

      Delete
  12. Halo mba, saya mau bertanya seputar KLM

    1. Saya mau booking seat via web dan itu dikenakan biaya tergantung kelasnya. apa memang seperti itu ?
    2. Apakah check in via web itu diharuskan ? Bagaimana kalau saya check in pada saat hari H saja di loket KLM ??

    Mohon pencerahannya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, coba saya jawab ya:
      1. Full airline memang biasanya seperti itu ya. Tapi saya sih waktu book, enggak memperhatikan kelasnya, yang penting harga akhirnya sesuai tidak dengan budget.
      2. Jika travelling saat peak period, lebih baik web check in, apalagi jika traving dengan keluarga. Takutnya banyak rombongan tur, sehingga kita terpisah dari keluarga. Tapi kalau ditanya bisa tidak kalau check in di counter KLM di airport? Jawabannya bisa aja.

      Delete
  13. Salam sblum nya..mhon info dr suhu2 senior travel..

    Saya mau ke KL tp yg jmput penjamin saya di kL bisa nya jmput di pintu KLIA1..

    Yg jd prtnyaan..

    Bisa kh saya kluar lwat pintu migrasi KLIA1? sdangkan pnrbngan turun di KLIA2?

    #karna hrga tiket pswat yg trun klia1 mhal....😭😭mohon sgra dblz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, tidak bisa. Karena beda airport, dan di antara kedua airport tsb kita harus naik train.

      Delete
  14. Hai mba, waktu kmrn delay 30menit sempet masih antri take off ga? Maksudny sampe KL itu total delay 30menit juga atau lebih krn nambah antre take off itu?
    Saya tgl 27des dah beli Jkt-KL trs jeda 3.5jam lanjut pake Qatar. Nah saya ragu apakah masih keburu, trs bagasi ga bisa ditag lgsg dr Jkt-Ams ya (beda maskapai)...
    #maap nanyanya kebanyakan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...
      - Kemarin total delay karena antre take off juga Mba.
      - Kalau beda maskapai, coba cek mereka dalam satu group yang sama enggak? Misalnya MAS ama Qatar itu dalam satu group, jadi bisa tuh walaupun beda maskapai.

      Delete
  15. hai mba...mau tanya dong, pengalaman mba dari KLIA ke KL sentral naik apa yah ? naik KLIA express, transit, bus atau taxi. soalnya aku juga ada rencana mau ke KL (test drive keluar negeri pertama kali#harapmaklumhehehe) pake KLM juga, nah menurut jadwal kedatangan kan jam 21.55 (klo ga delay itu juga). yang aku bingung, sampai KLIA pasti hampir tengah malam, belum lagi harus ke KL sentral nya. yang ingin aku tanya, kira2 misalnya aku naik KLIA express/transit ataupun bus apakah "masih aman" waktu sampai di KL sentral nya? (secara sudah tengah malam) dan kira2 hotel apakah yang recomended untuk di sekitaran KL sentral (selain aloft, Le meridien dan hilton tentunya..hehheheh#ngiritbudget) terima kasih mba . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Adi, kalau mau irit sih naik bus aja, aman kok. Naik bus itu MYR10, sementara naik kereta MYR50, mayan ya jauh harganya (:

      Banyak sekali hotel budget di sekitar Aloft. Coba aja search di hotel engine (traveloka, agoda, booking dot com) masukan "KL Sentral" lalu pilih hotel yang sesuai budget ya.

      Delete