Berburu Tiket Pesawat Murah ke Turki


"Lebaran pulang kampung kemana Bu?"

Akhir-akhir ini saya sering mendapatkan pertanyaan seperti itu, maklum sudah melewati minggu pertama Ramadhan. Saya akan berpikir keras sebelum menjawab. Begini loh, kan bulan puasa, saya enggak mau pahala puasa berkurang karena bohong. Eerrr... tapi sebetulnya enggak enak juga jawabnya.

"Insha Allah mau ke Istanbul Pak, saya mau puasa dan lebaran di sana" akhirnya saya menjawab jujur.

Istanbul dan Cappadocia udah lama sekali ada di buckelist saya dan mr.husband. Saya ingat kami pernah mendatangi counter Turkish Airline saat pameran travel di Grand Indonesia. Dari staff yang menjaga pameran saya mendapatkan advice, "Lebih murah ikut tour Mba, karena tiket pesawat ke Turki kalau beli sendiri mahal".

Serbuan low cost airline mengaburkan bucketlist kami, Turki pun menunggu antrean. Tiket murah malah membawa saya dan keluarga ke Australia dan bahkan hingga New Zealand. 

Sampai akhirnya saya melihat promo Qatar Airways pada awal tahun ini.

Catat tanggalnya: awal tahun hingga pertengahan Januari 


Promo Qatar menghidupkan impian saya untuk mengunjungi Turki. Dan karena saya libur panjang pada saat periode lebaran, mau tidak mau tanggal di peak season tersebut yang harus saya pilih.

Saya sudah mengenal promo Qatar ini sejak pertama kali muncul. Namun tanggal liburan panjang kami selalu sudah terisi, sehingga kami tidak ikutan hunting tiket pesawat murah ke Eropa. Seneng sih membaca euforia tiket murah ke Eropa di twitter, setiap kali Qatar Airways mengadakan promo.

Promo Qatar Airways di awal tahun 2016 yang lalu, sempat membuat galau. Kedua sahabat saya mencari tiket ke London. "Aku mau ikuuut!" begitu saya mengirimkan pesan kepada mereka. Tapi saya ingin mengajak orangtua untuk menikmati Ramadhan di Turki. Akhirnya saya mantap mencari tiket ke Turki.

Pada website Qatar Airways, rute yang pertama saya cari adalah tiket dari Jakarta ke Istanbul. Dengan kurs USD yang Rp 13.900, harga tiket ber-enam adalah sekitar Rp 62 juta. Glek!

Jakarta Istanbul untuk 6 orang PP


Lalu saya mencoba praktekan ilmu yang saya dapat untuk mencari tiket pesawat murah ke Turki ini dari blog Eky mengenai multicity. Jadi rutenya Kuala Lumpur-Istanbul dan pulangnya Istanbul ke Jakarta. Sayangnya, lebih mahal daripada beli tiket KLM ngeteng (terpisah) dari KL ke Jakarta.





Setelah gagal mencoba multicity, akhirnya saya coba masukan tujuan Kuala Lumpur-Istanbul PP aja deh, dan harga tiketnya lumayan wajar. Tiket pesawat ke Turki yang kami dapatkan tidak murah, namun untuk ukuran periode lebaran, lumayan murah. Per orang Rp 6,4 juta.


Kuala Lumpur-Istanbul: 4 dewasa dan 2 anak


Untuk tiket Jakarta-Kuala Lumpur kami memilih Malaysian Airlines, dan Kuala Lumpur-Jakarta dengan KLM. Kenapa beda-beda? Karena Malaysian Airlines waktunya lebih cocok, kami punya spare waktu lebih banyak di KLIA. Sedangkan untuk pesawat pulang, kami memilih KLM, karena kedua Kiddos sudah jatuh cinta dengan KLM. Baca kisah perjalanan kami dari Jakarta ke Kuala Lumpur dengan KLM.

Tiket Air Asia Jakarta-Kuala Lumpur harganya sama dengan Malaysian Airlines dan KLM loh. Itu belum beli bagasi dan makan. Duh Air Asia kalau udah peak period mahal banget!

Total harga tiket ke Turki kami adalah Qatar: Rp 6,4 juta dan MAS+KLM PP: Rp 1,8 juta. Nyesek banget, secara sahabat saya ke London aja harga tiketnya Rp 10,5 juta udah PP dari Jakarta. Tapi setelah berdiskusi mengenai budget total, waaah ternyata London mahal gila ya (:

Ohya, tidak lupa saya cek juga website Turkish Airlines dengan tujuan Kuala Lumpur-Istanbul. Mahal banget! Padahal harga tiket anaknya 50% dari tiket dewasa.




Saya langsung lemas setelah mengeksekusi tiket pesawat ke Turki ini. Tegang banget takut salah tanggal dan jam! Alhamdulillah tidak terjadi kesalahan. Dan kabar baiknya lagi, kartu kredit favorit saya, ANZ tengah mengadakan cicilan 0% selama 6 bulan di saat saya membeli tiket ini. Kok bisa ya pas banget promonya. Jadi setelah saya membeli tiket pesawat, keesokan harinya saya merubah pembelian menjadi cicilan 6 bulan dengan bunga 0%.

Harga tiket pesawat yang murah ke Turki mungkin seharusnya sekitar Rp 4-5 juta, tapi tentunya harga tersebut bisa didapatkan di luar peak period. Tapi kalau ada yang berhasil membeli tiket pesawat ke Turki dengan harga Rp 4-5 juta pada periode lebaran sih namanya beruntung banget!

Lesson learned dari proses berburu tiket pesawat murah ke Turki saat promo Qatar Airways adalah:
1.Saya mungkin seharusnya mencoba rute: KL-IST dan pulang dari Cappadocia-Jakarta. Duh enggak kepikir nyoba multicity dengan rute ini. Tapi ya udahlah...
2.Seharusnya saya membeli tiket yang memberikan kesempatan untuk transit di Qatar! Padahal pengen banget ke Qatar dulu liat-liat kotanya seperti apa. Ok, next time, saya akan pilih jenis tiket ini. Baca mengenai transit di Qatar di link ini ya

Doakan ya teman-teman, semoga perjalanan ke Turki ini lancar, selancar pengajuan visa ke Turki yang mr.husband lakukan secara online (pokoknya urusan visa dan dokumen, saya nyerah deh!). Beberapa kali saya googling dengan keyword "is it safe to travel to turkey?" karena khawatir dengan kondisi di Istanbul saat ini. Akhirnya saya pasrah dan banyak berdoa saja.


P.S Please Follow our IG and Twitter @tesyasblog using the hashtag #TurkiyeFamTrip for more pictures and story of our journey to Turkey.


written on June 18, 2016 by @tesyasblog

10 comments:

  1. have a happy holiday tesya..
    moga semuanya lancar, sehat n baik-baik aja :*

    ReplyDelete
  2. Berangkat kapan mbak? Hati2 yah. Happy traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. 29 Juni, Bijo.. Doain ya :)

      Delete
  3. Lebaran 2 minggu lagi, mba Tesyaa.. :D Semoga lancar2 di perjalanan dan di Turki juga aman2 aja ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Dit, bentar lagiii..
      Makasih ya doanya :)

      Delete
  4. Akhirnya ke Turki mba? Bukannya udah punya tiket ke Bali kalo gak salah.. Anw selamat berlibur dan menjalankan ibadah puasa plus Lebaran di Turki. Ditunggu cerita2 serunya seperti biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Fluory, aku tergodaaa:D Air Asia nya dipindah ke April next year deh.
      Makasih ya Mba Fluory, selamat liburan juga...

      Delete
  5. Mba Tesya selamat lebaran di Turki...that my dream to see Pak Erdogan hehe

    Salam manis dari HK

    Cheers
    Yulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Yulia, sayangnya enggak ketemu mr.president hehehe..

      Delete