Bogor With Kids: Rusa di Istana Hingga Kebun Raya


Kota yang paling sering saya datangi selain Bandung adalah Bogor. Mungkin karena keduanya terletak di wilayah Jawa Barat, Bogor memberikan kesan "you are home" untuk saya. Kalau lagi kangen Bandung tapi enggak bisa pulang, melipirlah kami ke Bogor.

Tempat favorit keluarga kami di Bogor tentunya Kuntum Farmfield, sudah dua kali kami bermain di sana. Nah, kali ini kami memutuskan menginap semalam di Bogor untuk menikmati Bogor Car Free Day early in the morning. Tujuan utama kami ada dua tempat yaitu Istana Bogor, untuk memberi makan rusa, dan Kebun Raya Bogor.

Kami mulai jalan kaki jam 6 pagi dari Fave Hotel Bogor, dan melewati underpass untuk pertama kalinya. "Kita mau naik MRT?" tanya kiddos#1 ketika kami memasuki underpass. Dengan sedih saya jawab, "Enggak, kita cuma mau menyeberangi jalan" Semoga nanti Bogor punya MRT ya, doa saya dalam hati.

Ternyata underpass di Bogor ini keren, ada pameran batiknya segala :)


Kami sudah berada di sisi jalan dimana Kebun Raya Bogor berada. Pintu masuk masih tutup, kami pun terus berjalan di tengah hujan rintik-rintik, dan mulai memasuki area Bogor Car Free Day. Penasaran ada apa di dalamnya. Ternyata biasa aja, ada yang main bola, main skateboard, tukang jualan, dan lots of people!

Yuk mulai masuk di area Car Free Day
Yeay bubbles!
Banyak banget orang dan tukang jualan

Dan kami baru tau, kalau jalan kaki jauh ya ke Istana Bogor itu *dezigh! Bisa ditebak donk, kiddos mulai enggak sabar dan bertanya "Mana sih rusa nya?" Akhirnya setelah entah berapa lama jalan kaki di tengah hujan rintik, untungnya enggak becek, dan yang pasti enggak ada ojek, sebuah bukit menyelamatkan kami dari kebosanan kiddos. And there they go, naik turun bukit!

Akhirnya kiddos pun happy :)


Puas naik turun bukit, kami mulai melihat kerumunan anak-anak lain memberi makan rusa di sekitar Istana Bogor. Kami pun mendekati penjual wortel yang banyak kami temukan di depan pagar istana. Gedung istana tampak megah di pagi hari yang super mendung itu. 

Cantik banget ya!
Entah gimana caranya ada rusa yang berhasil melewati
sungai pemisah antara pagar dan halaman istana

Mulai deh kiddos memberi makan rusa di Istana Bogor, kami berjalan dari satu pagar ke pagar lainnya, mencari rusa yang kurang peminat supaya enggak rebutan dengan pengunjung lain:D 

"Aku pengen pegang rusa" 
Harus pilih rusa yang lagi lapar


Selain memberi makan rusa, kami juga bisa menikmati jajanan yang ada di sekitar istana, dari mulai makanan (cilok, kue ape, bubur, gorengan, you name it deh ada semua:p) dan juga mainan tradisional.

Membeli gasing tradisional

Karena udah agak kapok jalan cukup jauh dari Hotel Fave ke Istana Bogor, kami pun men-charter angkot untuk pergi ke Kebun Raya. Kiddos memang jarang naik angkot, karena di area rumah kami adanya ojek bukan angkot hehe.. Jadilah kami mengabadikan moment keluarga di angkot ini.

Selfie di angkot, bolehlah ya?

Tiba di Kebun Raya Bogor, kami foto-foto dulu di gedung depan dan langsung masuk membeli tiket seharga Rp 14.000. Untuk anak di bawah 5 tahun masih gratis.

Kiddos with Oma dan Opa

Gedung yang cantik dan terawat

Kami langsung berjalan menuju area Cafe Dedaunan dimana terdapat lapangan yang sangat luas untuk kiddos. Racket badminton sudah kami bawa sejak meninggalkan hotel, dan kiddos sudah tidak sabar ingin menggunakannya. Tapi tentunya kami harus berjalan dulu dari gerbang utama ke area Cafe.

Menikmati udara yang segar di Kebun Raya Bogor
Foto dulu di pohon palem

Akhirnya area yang paling saya suka di Kebun Raya ada di depan mata. "Tuh kita main disana ya" kata saya kepada kiddos, dan mereka pun mulai berlari ke sana. Racket segera dikeluarkan, dan bermainlah kami di Kebun Raya. Tidak lupa kiddos membeli bola bertuliskan "Kebun Raya Bogor" karena kami lupa membawa bola.

Wajib mampir ke sini kalau ke Kebun Raya Bogor


Puas main di Kebun Raya Bogor


Everybody was happy, tapi kaki berasa pegel:D Ok lesson learned, harusnya naik angkot aja dari Fave Hotel ke Istana, enggak usah melewati area Bogor Car Free Day. Tapi kalau enggak pernah dicoba kan enggak tau ya ada apa aja di dalamnya *menghibur diri.

Bosan weekend di Jakarta? Yuk bangun pagi dan main di Bogor. Semoga wisata hemat memberi makan rusa di Istana Bogor dan main di Kebun Raya ini bisa jadi alternatif liburan keluarga di Bogor untuk Anda ya :)


written on December 22, 2014 by @tesyasblog

2 comments:

  1. wah, aku slama ini cuma ngelewatin aja nih istana kalo k bogor mba..ga prnh bnr2 turun utk melihat :).. tp dec gini k Bogor, risky bgt ya...ujan muluuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ayo sekali-kali mampir di hari Minggu Fan, anak-anak sih suka ya. Emaknya juga suka bisa jajan Cilok hehe..

      Delete