Serba-Serbi Persiapan Liburan Biar Makin Fun


Liburan itu saatnya kita menikmati waktu yang nyaman dan menyingkir sejenak dari kesibukan, meng-eksplore hal-hal baru dan bertemu dengan orang-orang baru. Kalo hanya berlibur saja mungkin sudah biasa, namun sesekali bolehlah menjelajah ke  suatu daerah yang cukup jauh dari pusat kota dan mencoba pengalaman seru.

How about visiting Pink Beach in Komodo Island?

Untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan yang sesuai dengan harapan kita, maka ada hal-hal yang perlu digarisbawahi untuk persiapannya. Persiapan yang matang tentu akan membuat liburan makin menyenangkan. Selain itu, kita bisa melakukan langkah antisipasi dari kendala yang mungkin terjadi saat melakukan petualangan.

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan liburan. Sebanyak apapun pengalaman berlibur, traveling selalu membutuhkan persiapan, karena setiap daerah memiliki keunikan dan tantangan tersendiri. Perencanaan dan daftar perjalanan juga merupakan bagian dari persiapan liburan lho. Yuk, kita cek serba-serbi persiapan sederhana yang perlu kamu perhatikan, biar tetap fun dan pastinya aman!


Memperkirakan Biaya Liburan

Traveling membutuhkan perencanaan biaya, selain untuk kebutuhan transportasi dan akomodasi, juga biaya tambahan lainnya. Memperkirakan biaya berarti menyiapkan dana sebaik dan sehemat mungkin, termasuk biaya tak terduga. Semakin tepat perkiraan biaya, tentu semakin baik untuk persiapan liburan tanpa kekhawatiran akan kekurangan bekal uang. Apalagi jika destinasi wisata yang dipilih berada di negara lain. It is very important!


Tidak hanya dana pensiun, dana traveling juga penting untuk dipersiapkan bukan?

Biaya utama liburan mencakup banyak hal, diantaranya biaya perjalanan, penginapan atau hotel, biaya makan, obat-obatan termasuk biaya berbelanja untuk oleh-oleh. Biaya perjalanan wisata sudah pasti berkaitan dengan pemesanan tiket, entah itu kereta, pesawat terbang atau pun bahan bakar jika menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk menghemat biaya penginapan, pilihlah
jam penerbangan malam hari


Tak jauh berbeda, biaya penginapan juga harus terencana. Nah, di era serba modern ini, teman-teman bisa memilih cara yang paling praktis. Semua biaya perjalanan dan penginapan juga bisa ditempuh dengan satu langkah saja lho. Jasa OTA alias Online Travel Agency yang saat ini sudah banyak tersedia dengan banyak pilihan bisa teman-teman gunakan.

OTA ini menyediakan informasi penting dan lengkap melalui situsnya. Jadi kamu hanya perlu online dan pastikan jaringan internet yang bagus ya. OTA memiliki banyak fitur yang cukup lengkap dan bisa diakses melalui smartphone.

Menentukan Destinasi Wisata

Pilihan destinasi wisata juga jadi prioritas setiap rencana traveling, apalagi jika ini menjadi pengalaman pertama. Semakin tahu kondisinya semakin kita bisa menikmati dan meng-eksplore wilayahnya. Teman-teman bisa browsing melalui internet ataupun buku panduan. Paling mudah melalui situs OTA karena akan memberi banyak informasi mengenai destinasi wisata menarik, rute perjalanan, hotel dan restoran terdekat, termasuk itinerary.

Gunakan juga fitur-fitur dalam smartphone termasuk digital maps untuk mempermudah menempuh rute perjalanan. Setelah menentukan destinasi wisata, mengetahui info penting dari daerah yang akan kita kunjungi juga penting, jadi liburan kamu bisa makin berkesan karena tahu hal paling menarik di tempat tersebut.

Apalagi di negara yang tulisannya tidak kita mengerti,
fitur terkait traveling di smartphone akan sangat membantu


Menyusun Itinerary dan Perlengkapan Tambahannya

Sebenarnya ada banyak tipe itinerary yang bisa teman-teman buat. Namun, umumnya sudah cukup lengkap bila menyusun daftar kolom waktu, include mengenai hari dan jam, agenda dan juga biayanya. Paling tidak, itu gambaran singkat hal-hal yang perlu diperhatikan. Tentunya masing-masing orang memiliki cara tersendiri yang paling mudah dan efisien, so sifatnya sangat personal. Buatlah itinerary yang paling possible dan efisien untuk teman-teman.

Itinerary juga bisa ditambahkan dengan beberapa note mengenai hal-hal apa saja yang harus dibawa. Perbekalan menjadi penting untuk menghemat biaya yang seharusnya tidak perlu dikeluarkan saat berada di sana, misalnya saja membawa topi, kaca mata hitam, obat-obatan pribadi, dan perlengkapan lainnya. Jangan sampai salah kostum juga ya.


Pastikan Keamanan Rumah

Saat melakukan liburan dan harus meninggalkan rumah, ada hal penting lainnya yang harus teman-teman perhatikan. Jangan sampai di tengah-tengah perjalanan kita malah dipusingkan dengan hal-hal terkait keperluan rumah. Jadi pastikan kondisi keamanan rumah yang ditinggalkan masuk list persiapan. Pastikan rumah dalam kondisi terkunci, kamu juga bisa berpamitan dengan tetangga dekat atau anggota keluarga lainnya agar mereka tahu keberadaan kamu. Jadi bisa saling menjaga.

Nah, begitu kira-kira persiapan simple yang bisa kamu lakukan agar bisa merasakan liburan fun dengan perasan aman dan nyaman. Happy traveling.


2 comments:

  1. Apalagi kalau perginya sama anak-anak ya, Mbak. Persiapannya harus lebih mantap lagi :D

    ReplyDelete