Tempat Wisata Belanja di Istanbul Yang Wajib Dikunjungi


Mungkin seharusnya saya menambah "Versi Tesyasblog" pada judul di atas, karena tempat wisata belanja di Istanbul itu kan banyak banget, dan saya hanya menulis beberapa tempat favorit saya saja. I am so excited to write this post, shopping di Istanbul itu menyenangkan karena harganya terjangkau:)

Pasti udah pernah denger tentang the Grand Bazaar kan ya, tempat wisata belanja di Istanbul yang very touristy. Saya sudah sering membaca bahwa harga barang di Grand Bazaar itu mahal, tapi tetep aja saya jadi korban. Waktu itu saya mencari topi untuk kedua Kiddos. Setelah membayar, baru saya sadar, kok mahal amat ya? Hiks.

Tapi tidak perlu khawatir, karena teman-teman bisa menjadikan Grand Bazaar tempat untuk hunting foto, dan belanja di daerah yang lebih murah. Mari kita bahas dimana saja tempat wisata belanja yang wajib dikunjungi di Istanbul (versi saya loh ya!).

Kedua Kiddos memilih gantungan kunci for their friends di Spice Bazaar

Spice Bazaar

Lucu ya namanya, awalnya saya pikir hanya ada spice atau rempah-rempah dijual disini. Tapi ternyata enggak loh, semua barang ada disini. Topi, baju, coklat, keju, teh, kopi Turki... semua ada di Spice Bazaar dengan harga yang jauh lebih murah daripada di Grand Bazaar. Tentunya, pandai-pandailah menawar!

Tidak hanya rempah yang dijual di Grand Bazaar


Dan kalaupun mengunjungi Spice Bazaar dengan anak-anak, mereka tidak akan bosan menunggu para mommies belanja. Di area luar Spice Bazaar, atau tepatnya di depan Yeni Cami (The New Mosque), anak-anak bisa bermain dengan burung. Saya menunggu di depan masjid, di area yang teduh. Haduh, Istanbul di bulan Juli itu panasnya luar biasa!

Kiddos with the birds


Cara Menuju Spice Bazaar:
Naiklah tram T1 (atau jalur dari Sultan Ahmet) dan turun di EminönĂ¼ Tram Station. Keluar dari Tram Station, menyeberangi jalan, langsung berjalan ke arah kanan. Yeni Cami dan Spice Bazaar will be on your left.

Tip Belanja Murah di Sekitar Spice Bazaar:
Hmmm, kalau masih ada tenaga, berjalanlah ke arah stasiun kereta Sirkeci. Toko-toko di dekat tram stop dan stasiun kereta Sirkeci banyak menawarkan barang murah meriah!


Ortakoy Weekend Market

Glad we visited Ortakoy, dan kebetulan sekali hari Minggu, jadi kami bisa menikmati weekend market di sana. Barang-barang yang dijual unik, dengan harga sangat terjangkau. Kami bertemu dengan seorang Bapak yang membuat kerajinan glass blowing.

Kiddos#1 minta beli satu kerajinan buatan si Bapak. Saya takut pecah di perjalanan, akhirnya tidak membeli apapun. Kemudian menyesal hingga sekarang. Memang betul kata mr.husband, lebih baik "nyesel" beli daripada nyesel enggak beli #eaaaaa :D

Menyimak cara membuat glass blowing dengan seksama
Keren-keren kan?


Yang terkenal dari Ortakoy adalah juga perhiasan dari batu, dan modelnya tidak pasaran. Saya membeli satu gelang untuk kenang-kenangan dari Ibu cantik pada foto di bawah ini.

Kalau suka perhiasan, past suka Ortakoy deh :)


Ortakoy ini wajib dikunjungi karena suasananya selow banget untuk hari Minggu, walaupun panasss...

A lazy weekend at Ortakoy, with the famous Ortakoy mosque as the background


Cara Menuju Ortakoy:
Naik tram T1 dari Sulta Ahmet ke Kabatas (ujung tram). Dari situ lanjut naik bus (nomor 22, 22 RE atau 25) ataupun taksi ke Ortakoy (tidak jauh untuk dicapai dengan taksi).



Arasta Bazaar

Deretan souvenir shops yang menurut saya sih lebih mirip gallery/butik daripada toko biasa ini, berada di samping Blue Mosque dan Mozaic Museum. Setiap pergi dan pulang ke apartemen airbnb kami di Istanbul, kami melewati Arasta Bazaar. Dan menurut Kiddos#1, Arasta Bazaar merupakan "cat fantasy land" karena banyak sekali kucing tiduran di atas karpet kecil ataupun di etalase butik hahaha..

Salah satu kucing yang kami temukan di Arasta Bazaar


Karena takut harganya mahal, kami hanya melewati saja Arasta Bazaar, tanpa pernah berbelanja disini. Tapi lane di Arasta Bazaar sungguh fotogenic! Walaupun tidak belanja disini, saya pikir teman-teman tetap perlu mampir untuk foto.

On our way, back to our apartment through Arasta Bazaar


Sultan Ahmet Square

Ada dua buah souvenir shops yang cukup besar dan terletak di dekat the Blue Mosque. Carilah pintu keluar dari Blue Mosque menuju monumen Hippodrome. You will find kedua toko souvenirs di samping pintu tersebut.

Litellary disamping pintu menuju the Blue Mosque


Kedua toko ini menjual souvenirs lumayan lengkap. Jika waktu terbatas, teman-teman bisa belanja oleh-oleh Turki disini. 






Sebagai bonus, banyak polisi Turki ganteng yang berjalan hilir mudik di sekitar toko ini loh:D


Tiga orang polisi Turki, sayangnya tampak belakang hehe..


Di depan kedua toko ini, jalanan lebar dan tidak dilalui mobil. Kedua Kiddos bisa asik berlari, dan akhirnya naik turun batu di dekat Sultan Ahmet Tram Station.


Buat mereka sih yang penting main:)


The Grand Bazaar

Nah, seperti yang saya sudah sampaikan di atas, teman-teman wajib ke Grand Bazaar untuk foto-foto, karena bangunannya sangat unit dan "grande" dimulai dari gerbang uniknya.


Grand Bazaar atau "Kapalicarsi" in Turkish


Yang asyik areanya indoor, dengan atap yang tinggi. Sehingga begitu masuk langsung terasa adem. Berfotolah di spot yang terpasang bendera Turki seperti Kiddos dengan Papap dan Mamah Iyang, jadi berasa banget ada di Turkinya hehe..


Kalau membawa anak, jangan sampai anak-anak hilang disini ya



Cara Menuju The Grand Bazaar:
Naiklah tram T1 dan turun di tram stop Beyazit (only 2 tram stops away from Sultan Ahmet).


Istiklal Cadessi, My Shopping Paradise

Inilah tempat favorit wisaya belanja saya di Istanbul. Jalanan yang dipenuhi toko ini sangat menyenangkan, selain karena ada Nostaljik Tramvay, juga karena toko-toko favorit saya ada disini hehe..


Do not forget to ride this
Saat hari lebaran Idul Fitri, Istiklal Cadessi penuh sesak


Untuk teman-teman yang mencari baklava, snack khas dari Turki, mampirlah ke toko pada foto di bawah ini. Tapi harganya permium loh ya.






Yang unik, toko-toko di Istanbul selalu menyediakan makanan kucing. Sehingga berdatanganlah kucing-kucing nan lucu ke depan toko pada jam makan.


The cat is so fat :)


"Cadessi" dalam bahasa Turki berarti jalan. Istiklal Cadessi merupakan lurusan dari Taksim Square, dan jika dibandingkan dengan Singapura, inilah Orchard-nya. Namun seperti pusat belanja lainnya di Eropa, tidak boleh ada mobil melintas. Sehingga sangat nyaman untuk jalan-jalan.





Sebelum pulang, dari Istiklal Cadessi kami berjalan ke Tram Stops Karakoy melalui pertokoan di daerah Beyoglu. Dan kami banyak menemukan toko-toko cantik di jalanan ini, dengan harga miring.

If I could turn back the time, I would have chosen an airbnb apartment in this area:D


Beyoglu di waktu malam
Toko kaos ini lucu-lucu dan murah
Leather bags, anyone?
Beautiful Turkish Lamps


Forum Istanbul, The Shopping Mall

Supaya lengkap, kami juga mampir ke shopping mall di Istanbul, one of the biggest bernama Forum. Tujuannya adalah untuk masuk ke dalam SEA LIfe Aquarium Istanbul.

Forum ini sangat besar, dan mempunyai area playground yang menyenangkan. Akses menuju Forum sangat mudah menggunakan Metro.

Untuk teman-teman yang ingin mengunjungi Legoland Discovery Center dan SEA Life Istanbul, wajib hukumnya mampir ke Forum.








Sekarang sudah siap kan untuk wisata belanja di Istanbul? Have fun dan selalu waspada dengan dompet dan passport ya:)



written on September 20, 2016 by @tesyasblog



Previous Post:
Keliling Istanbul Dengan Transportasi Umum


Related Post on tesyasblog:
Liburan ke Turki

No comments:

Post a Comment