Mencari Penginapan di Dekat Bandara Haneda Tokyo


Penerbangan Air Asia dari Kuala Lumpur menuju Tokyo (Haneda Airport) berangkat sore hari dari bandara KLIA 2. Dengan waktu tempuh sekitar 7 jam, jadwal pesawat tiba di Haneda Airport adalah pukul 11 malam. Belum lagi kami harus spare waktu untuk imigrasi, ambil bagasi, dan the unexpected things. Maklum, traveling dengan kedua Kiddos itu, ya pasti ada aja deh:p

Dengan bantuan HyperDia, kami mendapatkan informasi mengenai ketersediaan kereta malam menuju apartemen yang kami sewa di daerah Yoyogi. Namun, saya kok khawatir ya kami akan ketinggalan kereta malam, dan harus menunggu di salah satu stasiun hingga kereta pagi sekitar jam 5.30 mulai beroperasi?


Route yang dikeluarkan oleh HyperDia

Opsi yang kami miliki mengerucut pada tiga hal: 1) Mencoba naik kereta langsung ke apartemen, 2) Menginap di bandara Haneda, atau 3) Menginap di hotel dekat bandara Haneda. Sebetulnya ada opsi ke-4 yaitu naik taksi dari Bandara Haneda ke Yoyogi. Namun ongkosnya sekitar JPY8,000. Wew, mahal betuuul!



Setelah berdiskusi dengan mr.husband, akhirnya kami sepakat untuk menginap di hotel dekat Bandara Haneda yang menawarkan free shuttle. Kami merasakan bahwa free shuttle sangat berguna pada liburan sebelumnya, ketika kami tiba malam hari di Melbourne Airport

Namun, kesepakatan yang sudah kami buat adalah, kami hanya akan memesan satu kamar untuk saya dan kedua Kiddos. Mr.husband akan mencoba menginap di Bandara Haneda. Duh... kasian bener ya.


Pilihan Hotel Untuk Keluarga di Dekat Bandara Haneda


1. Toyoko Inn Tokyu Haneda

Hotel yang pertama saya temukan setelah melakukan blogwalking adalah Toyoko Inn Tokyu Haneda Kuko No.1. Dari website nya, saya lihat hotel ini menawarkan free shuttle, dan harganya paling miring daripada hotel yang lain. Apalagi kalau langsung memesan via website mereka. 

Double room yang tersedia untuk tanggal 25 Desember ditawarkan dengan harga JPY9,700, untuk maksimal 2 dewasa dan 1 anak. Sesuai dengan bujet saya sebetulnya, tapi kondisi hotel yang tua membuat saya enggak langsung sreg.

Susah bener ya, mau hotel murah masih milih-milih penampakan hotel lagi:p


2. Royal Park Hotel Haneda

Hotel yang sangat bagus dan modern, berlokasi di bandara Haneda. Klik pertama saya langsung jatuh cinta, tapi melihat harga kamar yang paling murah JPY22.500 untuk 2 dewasa dan 1 anak, saya pun langsung mencari hotel lain.  


3. Hotel JAL City Haneda Tokyo

JAL City Haneda ini juga menawarkan free shuttle, dan kalau saya intip hotelnya, keren dengan sentuhan yang modern. Harganya semalam JPY15.600, masih lebih tinggi dari bujet saya. Jadi saya teruskan pencarian di website booking[dot]com.


4. Haneda Excel Hotel Tokyu

Haneda Excel Hotel berada di Terminal 2 domestik, sekitar 8 menit dari International Terminal. Saya sesungguhnya suka hotel yang langsung mempunyai akses ke bandara, namun harganya tidak bersahabat dengan bujet saya. Kamar yang paling murah ditawarkan dengan harga JPY23.940. Dua kali lipat dari bujet hotel saya.


5. Hotel MyStays Haneda

Dengan diskon khusus sebagai genius member dari website booking[dot]com, saya mendapatkan kamar yang sesuai harapan dan bujet di MyStays Haneda ini. Harganya JPY11.403 sudah termasuk pajak. Harga di booking[dot]com, lebih murah daripada reservasi langsung di website hotel.


Source: booking.com. Penampilan reception nya oke banget kan?


Walaupun lebih mahal sedikit dari Toyoko Inn (beda sekitar Rp 200.000), namun akhirnya pilihan saya jatuh pada kamar termurah di MyStays. Saya sampai cek di website nya, apakah memang betul kami boleh bertiga? Tertulis bahwa kamar standard double ini boleh untuk 2 dewasa dan 1 anak.

Saya simpan di smartphone screenshoot-nya, siapa tau nanti menjadi masalah pada saat check-in.





My Stays juga memiliki kamar untuk 2 dewasa dan 2 anak, yang ditawarkan dengan harga JPY17.600. Namun mr.husband bersikeras tidur di airport Haneda saja katanya. Ya, baiklah.


Mau Tidur di Bandara Haneda?

Banyak kok yang bilang nyaman, bahkan untuk anak kecil sekalipun. Namun saya tidak tau kondisinya pada saat peak season nanti. Apakah kami akan mendapatkan kursi panjang untuk tidur ber-empat yang letaknya berdekatan? Apakah kondisinya hangat di tengah dinginnya udara Tokyo pada bulan Desember?

We wouldn't take the risk, jadi kami putuskan hanya mr.husband yang menginap di bandara.



Budget Hotel Untuk Solo Traveler di Haneda Airport Dan Sekitarnya

Saya juga menemukan capsule hotel di dekat Bandara Haneda yang ditawarkan seharga JPY3.300 an aja semalam seperti Capsule Inn Kamata.

Atau tentunya yang terkenal First Cabin Haneda namun harganya mahal juga JPY6.000 an. Coba cek website nya di sini.

Tapi rasanya sih kalau pergi berdua dengan mr.husband saja, I wouldn't hesitate to stay at the airport.

***


Harga hotel-hotel di atas bisa saja lebih murah pada saat low season, karena memang kami berencana menginap pada tanggal 25 Desember. Jangan lupa untuk membandingkan harga di hotel engine website dengan di website hotel langsung sebelum memesan ya. 


PS. Enak deh di Jepang harga hotel via booking[dot]com belum terpaut jauh antara non-refundable ataupun free cancelation rooms. Hal ini berbeda dengan pencarian hotel di Singapura, Kuala Lumpur dan Hong Kong. Dimana harga free cancelation room bisa lebih mahal hingga USD50 per-night!  


written on November 21, 2015 by @tesyasblog


Related Post:
Review Hotel MyStays Haneda


Next Post:

Mengajukan Visa ke Jepang Untuk Anak


Previous Post:
Liburan Bulan Desember ke Jepang: Our First Winter Holiday


6 comments:

  1. Mba Tesya numpang tanya itu pas ke Jepangnya brp hari ya totalnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku total 8 hari sudah termasuk di perjalanan (pergi tanggal 24 Des dan pulang tgl 31 Jan).

      Delete
  2. Hi mba Tesya, di tokyo nginep dimana? mau infonya dong :)
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga Mba, kami menginap di daerah Yoyogi. Sewa apartemen milik teman kami.

      Delete
  3. Hi Mba Tesya. Nice blog, bisa buat gambaran saya utk travelling ke jepang di bulan nov bsk.
    Mau tanya mba, mau tanya temannya mba tesya masih menyewakan apartemen nya di tokyo tidak? Siapa tau bisa dan sesuai dgn waktu liburan sy.

    Thanks, Asti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Asti, waaaaa asiknya mau ke Jepang:)
      Temenku udah pindah ke Amerika sekarang Mba, jadi udah enggak di Jepang lagi.
      Anyway, cari di airbnb aja Mba, pake kode voucher tmeriam1 dapet diskon Rp 290 ribu. Lumayan kan?

      Delete