Family Backpacking ke Sydney: Menikmati Tempat Wisata Gratis


Insya Alloh akhir tahun 2014 ini saya akan liburan ke Sydney, tapi kali ini bersama kiddos. Banyak yang bertanya, kenapa ke Sydney? Berbagai excuse pun saya lontarkan, dari alasan mendapatkan tiket murah Kl-Sydney PP Rp 10,5 juta untuk empat orang (periode natal dan tahun baru), kiddos ingin ke Sydney karena Nemo mencari papa nya hingga ke Sydney, sampai cita-cita saya untuk menetap di Sydney:D

Tentunya, saya dan Rene berencana menikmati Sydney dengan cara yang murah namun meriah. Selain mengunjungi Taronga Zoo yang berbayar, kami hanya akan menikmati wisata gratis di Sydney, Blue Mountain dan Newcastle. Mmmm, karena liburan akhir tahun kami cukup lama, kami putuskan untuk melakukan roadtrip dan melipir ke Newcastle (3 jam dengan mobil dari Sydney).

Apa saja tempat wisata gratis yang dapat dinikmati dengan keluarga di Sydney yang kami pilih? 

1. Darling Harbour

Salah satu tempat yang paling kids friendly di Sydney menurut saya adalah Darling Harbour. Jika budget Anda besar, Anda bisa mengunjungi Sydney Aquarium, Wildlife Sydney Zoo ataupun Madame Tussauds Sydney. Ketiganya berlokasi di Darling Harbour.

Sementara itu jika Anda mencari hal yang gratis, Anda bisa menikmati playground di Darling Harbour. Terdapat dry area dan wet area, pasti anak-anak akan sangat senang bermain di sini.

Playground yang luas dan menyenangkan di Darling Harbour


Karena letaknya yang dekat dengan Paddy's Market (tempat membeli oleh-oleh), kunjungan ke Darling Harbour ini bisa digabungkan. Jangan lupa untuk makan siang di Sydney Fish Market sebelum bermain di playground.

Ada yang mau beli oleh-oleh dulu di sini?
Makan siang bersama burung di Sydney Fish Market

Paling tepat mengunjungi Darling Harbour pada hari Sabtu, karena setiap Sabtu malam terdapat Fireworks Show yang gratis di Darling Harbour. Berhubung kali ini kami tidak berencana menonton Sydney New Years Eve, kami sudah cukup puas memasukan fireworks show di Darling Harbour ini ke dalam itinerary kami.

Fireworks show setiap malam minggu

2. Enjoying Sydney Beach

Budget penginapan kami yang AUD 150 per malam untuk empat orang, memang memaksa kami memilih penginapan di luar Sydney. Kami pun memilih sebuah rumah yang disewakan melalui airbnb.com yang terletak dekat dengan pantai Coogee.

Ada banyak pantai cantik yang bisa dinikmati di Sydney, selain Coogee, kami juga ingin mampir ke Clovely dan Bronte beach. Semoga keduanya tidak seramai Bondi Beach pada musim panas nanti.

Bronte beach yang bersih dan indah


Pada kunjungan nanti, kami tidak memasukan Manly Beach, karena terbatasnya waktu. Padahal, saya kangen menikmati sunset di atas ferry dalam perjalanan pulang dari Manly ke Sydney.


3. Sydney Observatory

Dari Circular Quay, kami berencana berjalan ke arah The Rocks menuju Sydney Observatory. Di dalamnya terdapat science museum, saya bayangkan Rene yang akan menjadi tour guide untuk kiddos. Karena pengetahuan saya tentang science kalah jauh:D

The charming Sydney Observatory

Selain itu, kami juga ingin menikmati taman yang terletak di depan Sydney Observatory. Piknik sambil menikmati pemandangan ke arah Sydney Harbour Bridge pasti akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Taman di depan Sydney Observatory

Saya masih mempertimbangkan untuk mengajak kiddos ke Power House Museum yang berbayar. Harga tiket masuknya untuk 2 dewasa dan dua anak sebesar AUD 38. Dari review yang saya baca, tempat ini recommended.


4. Berjalan Menyusuri Sydney Harbour Bridge

Karena Sydney Bridge Climb terlalu mahal, kami hanya akan berjalan di atas Sydney Harbour Bridge saja, yang tentunya gratis. Dari atas jembatan, kami bisa melihat ke arah Opera House secara up close and personal.

Berjalan menuju Sydney Harbour Bridge


5. Piknik di Taman 

Salah satu hal yang paling saya suka dari Sydney adalah taman indah di tengah kota. Setidaknya ada dua taman besar yang bisa dinikmati, yaitu Hyde Park dan Sydney Botanical Garden.

Dari Hyde Park, kita dapat berfoto dengan latar belakang Sydney Tower. Enggak naik ke atasnya, cukuplah foto dari bawah aja:p

The Hyde Park


Sementara itu, Sydney Botanical Garden menawarkan taman dengan pemandangan cantik ke arah Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Piknik di Botanical Garden pada sore hari sambil menunggu matahari terbenam would be a good idea.

Salah satu sisi di Botanical Garden

6. Bushwalk di Blue Mountain

Setelah mencoba Prince Henry Walk di Blue Mountain pada bulan Mei yang lalu, kami ingin mengajak kiddos untuk trekking, namun tentunya dengan jalur yang lebih pendek.

Pemandangan menawan sepanjang rute bushwalk di Blue Mountain

Untuk Anda yang baru pertama kali ke Blue Mountain, mungkin Anda harus rela mengalokasikan budget untuk mencoba naik Cableway. Dari pengalaman pertama kami kesana, it was super fun! 

Family Funday Sunday menawarkan tiket seharga AUD 2,5 per orang yang termasuk tiket kereta api dari Sydney menuju Blue Mountain. Syaratnya, Anda harus bepergian setidaknya dengan satu orang anak yang berusia di bawah 16 tahun. Untuk menghemat tiket, Anda bisa pergi ke Blue Mountain pada hari Minggu. Berangkatlah pagi hari, agar mendapatkan tempat duduk yang nyaman di kereta, serta Blue Mountain yang masih sepi.

***

Selain enam tempat di atas, kami berencana mengunjungi Taronga Zoo. Tapi family pass nya AUD 124 untuk dua dewasa dan dua anak. Duh jadi mikir lagi...! Bulan Mei yang lalu sempat survei naik ferry ke Taronga Zoo, terus membayangkan nonton Sydney New Year Fireworks dari Taronga Zoo dengan tiket sekitar AUD 750 untuk satu keluarga. Hakjleb! Keren sih pastinya:D

Antre ferry ke Taronga Zoo
Pemandangan dari Taronga Zoo ke arah kota Sydney 

Kami hanya punya 4 hari di Sydney plus 1 hari di Blue Mountain, selebihnya beberapa hari di Newcastle. Itinerary pun kami buat santai saja, tidak ada target khusus selain menikmati family time di Sydney dan Newcastle.

Doakan ya teman-teman, semoga rencana kami ini bisa terlaksana. Amin...

Liburan ke Sydney mahal? Ya tinggal pilih tempat wisata yang gratis aja :)


written on October 5, 2014 by @tesyasblog


Related Post:

6 comments:

  1. Replies
    1. Amiin Nisa, semoga kita bisa bareng kesana kaya ke JB kemarin ya:)

      Delete
  2. Nice share, mbak Tesya. Jadi punya bayangan objek murah di Sydney trus nyicil beli tiket ke sana *pecah celengan ayam* ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Kak Hal udah mampir. Sydney bisa dinikmati secara gratis kok, cuman ya tiket kesananya ga murah ya..

      Delete
  3. [sigh]... Aussie msh blm bisa didtangin dlm wkt deket.. pdhl kalo kesana aku cuma pgn ke thempark di GC ngerasain rollercoaster tower of terror nya mba. Udh itu doang :D

    ...aaakkk... jd pgnnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata dirimu themepark freak ya Fan.. Kalo aku malah ga minat ke GC:D

      Delete