Berapa Biaya Liburan ke Belitung Dengan Keluarga?

Ini adalah perjalanan kedua kami ke Belitung. Kemarin, saya menerima mention di twitter dari @alencantik ketika sebelum berangkat saya tweet mengenai tiket pesawat saya yang murah ke Belitung. "Wut, ke Belitung lagi mbak?"  tanya Alen *kemudian dia komentar mengenai nama belakang saya yang macam nama artis hahaha #gapenting.

Sejak kunjungan pertama ke Belitung, kami sekeluarga jatuh cinta dengan pantainya yang cantik nyaris tanpa ombak. Pantai yang paling saya suka adalah Tanjung Tinggi. Ada dua hal yang membuat saya penasaran dengan Tanjung Tinggi: 1) Berenang di laut dan 2) Sop Gangan, makanan khas Belitung.

Pada kunjungan pertama, saya tidak sempat berenang di salah satu spot tercantik di Tanjung Tinggi ini, karena memilih berenang di depan Hotel Lor In. Dan mengenai Gangan, waktu itu saya melihat warung makan yang tersedia di pinggir pantai langsung agak ilfil. Mihihihi... Makanya don't judge a warung by its cover ya, jadi aja saya penasaran.


Aaaah, kesampaian berenang disini. It's like a huge swimming pool!


Anda sedang atau akan merencanakan liburan dengan keluarga ke Belitung? Saya update tulisan saya mengenai tip traveling ke Belitung ya, enggak banyak yang berubah sebetulnya dari tulisan saya tahun lalu. 

Tiket Pesawat Murah ke Belitung


Alhamdulillah kami tiba di Belitung

Dari beberapa airline yang melayani rute Jakarta-Belitung di antaranya: Sriwijaya, Citilink dan Garuda Indonesia, saya mendapatkan tiket murah dari Garuda Indonesia. Sesuai dengan tip traveling hemat dengan keluarga yang saya tulis, saya mengumpulkan point Garuda Miles.

Untuk menukarkan point Garuda Miles dengan tiket Jakarta-Belitung pp, hanya dibutuhkan 8.000 point. Murah banget, secara normalnya satu tiket pesawat one way itu membutuhkan point 8.000 (Mis: Jakarta-Malang, Jakarta-Sby). Atau bahkan 14.000 point untuk satu tiket one way dari Jakarta ke Bali.

Nah, tapi ya..karena saking murahnya ini, saat saya ke kantor Garuda Indonesia bulan April 2014 yang lalu, semua weekend sudah full tidak bisa di-redeem point nya! Memang Garuda Indonesia hanya menyediakan 6 tiket yang bisa di redeem di setiap flight. Saya dan Mbak di kantor Garuda Indonesia menelusuri setiap weekend, dan akhirnya mendapatkan tanggal 12-14 September 2014. Pas kiddos#1 ulang tahun.

Saya harus membayar biaya tambahan, airport tax dan fees sebesar Rp 150 ribu seorang. Ya enggak apa-apa donk hehehe. Thank you Garuda Indonesia! Jadi Anda belum menjadi member Garuda Miles? Aaaah..rugi! Ayo daftar dan segera belanja pake kartu kredit dan tukarkan point kartu kredit menjadi point Garuda Miles. Etapi saya bukan buzzer Garuda Indonesia loh. Serius, bukan.


Tiket (hampir) gratis dari Garuda


Hotel di Belitung

Kali ini saya menginap di Aston, dan memesan kamar langsung dari website Aston. Jangan lupa untuk mengetik "BOOKDIRECT" di pojok kanan atas saat memesan ya, supaya mendapatkan discount 10%. Ohya, book jauh-jauh hari karena Aston ini selalu full dan tentunya untuk mendapatkan harga "hot deal".

Harga kamar saya di Aston, tidak beda jauh dengan harga kamar di hotel Bahamas. Sekitar Rp 600 ribu per malam. Hotel Lor In mematok harga Rp 800 ribu, jadilah saya kali ini memilih Aston, dan mengharapkan standard Aston akan saya dapatkan di Belitung. Updated: Namanya saat ini ganti menjadi BW Suites Hotel.


Sewa Mobil di Belitung

Sewa mobil langganan saya bernama Pak Wiku, namun setelah dua kali sms tidak dijawab dan satu telepon tidak diangkat, saya mencari alternatif. Saya menghubungi teman kantor di Bangka untuk menanyakan apakah ia mempunyai kenalan yang menyewakan mobil di Belitung.
(Btw, saya memang mempunyai teman kantor di seluruh kota besar di Indonesia, dari mereka lah sumber informasi penyewaan mobil ketika saya traveling. Karena itu Kakak Olenka suka komentar kalau saya ini juragan rental mobil:D)

Saya mendapatkan telepon Pak Rohim, yang dengan sangat baik dan bertanggung jawab telah melayani kami di Belitung. Catat ya nomor telepon Pak Rohim:  081929680973. Bilang aja, temennya tesya dari honda ya.


Mobil yang kami sewa di Belitung

Ohya, Pak Wiku akhirnya menjawab sms saya dengan bertanya "Ibu udah pernah sewa mobil dari saya?" Duweeeng! Saya bilang aja, pernah Pak, dan saya merekomendasikan Bapak ke teman-teman saya melalui internet. Eh, kayanya dia baru inget dan jawab sms lagi "Aduh Bu, kontak hp saya ilang. Udah Ibu ama saya aja ya, saya memang sudah rencana memberi Ibu diskon jika ke Belitung lagi". Saya pecinta diskon, tapi saat itu saya udah enggak butuh diskon. Saya butuh sewa mobil yang reliable dan menjawab semua sms saya.


Sewa Perahu untuk Island Hopping di Belitung

Melalui Pak Rohim, kami dikenalkan dengan Pak Kuto yang mengurus segala keperluan island hopping kami: sewa perahu, makan di Pulau dan alat snorkel. Review dari Pak Kuto ini akan saya tulis nanti sekembalinya dari pulau ya.


Perahu yang kami gunakan, bertuliskan Kapal Kita II

Biaya Liburan ke Belitung

Sebagai rekap penjelasan saya di atas, biaya yang saya siapkan untuk liburan ke Belitung pada bulan September 2014 adalah sbb:
- Tiket pesawat Rp 600 ribu untuk empat orang pp, sudah termasuk airport tax.
- Hotel dua malam di Aston: Rp 1,2 juta
- Sewa mobil Innova+driver: Rp 500 ribu per hari (saya sewa dua hari). Mohon dicatat ini adalah harga tahun 2014. Tambahkan inflasi per tahun sesuai kedatangan teman-teman ke Belitung. Misalnya per awal 2018: harga Rp 500.000 termasuk driver per hari adalah untuk tipe mobil Avanza.
- Airport transfer dari Aston: Rp 150 ribu
- Sewa perahu Rp 400 ribu. Updated harga per awal 2018: sewa perahu Rp 450 ribu, alat snorkel Rp 40 ribu, biaya masuk ke pulau Rp 20 ribu per orang, biaya makan siang di pulau Rp 80 ribu per orang.
- Makan di luar pulau: budget saya Rp 150 ribu setiap kali makan (untuk empat orang)
- Oleh-oleh: Rp 150 ribu (dikit amat ya, gpp deh hehe)

Biaya sewa mobil dan perahu saya share dengan family travel partner saya @diniros. (((Thank you Dini ))) 


***

Liburan ke Belitung enggak mahal dan enggak pake ribet, ikuti aja cara saya. Tinggal telepon Pak Rohim, semua dia yang akan atur:D

Oke, saya cabut dulu ya, hari ini kami akan island hopping. Enggak sabar ketemu ikan-ikan di laut saat kami snorkeling nanti :)


written at Aston Belitung (yes using their free wifi) September 13, 2014 
Folow our twitter and instagram @tesyasblog 
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: Tesya Sophianti



Next Post:

Tip Island Hoping Dengan Anak Di Belitung



Related Post:
Liburan ke Belitung

28 comments:

  1. Wahhhhh...... Aku kalah murah..... Nga rela nih Mbaaa...... Aku bertiga buat Juni 2015, PP dapet 1,4 jt..... Hiks...hiks...hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhh Bubu, tapi segitu juga udah murah banget looh hehehe

      Delete
  2. hiih, aku lg sebel ama belitung sbnrnya mba... Oct 11 bsk rencananya kantorku mw outing kesana..udh oke diatur ama travel agent nya, dan kmudian dia bilang ga bs brngkt tgl segitu krn pesawat penuh....trs voting ulang utk bulan nov, trnyata tmn2 bnyk yg ga bs...tpksalah ttp outing tgl 11 oct itu tp dgn tujuan JOGJA.. Hufftt... ampir tiap 6 bln aku ksana...yg bikin makin nyesek, suami yg krjanya dikntor yg sama cm beda departmen, ttp jd outing ke Belitung..agghhhh!! Aku iriiii :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Fan, aku kesana juga banyak banget group dari perusahaan.
      Berarti musti hunting tanggal lain tuh :D

      Delete
  3. antieardhini20/10/14 1:13 AM

    Hai mba.. Boleh tau itinerary mba waktu perjalanan ke-2 ke Belitung? Makasih banyak mba sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Antie, kira kira sbb itinerary nya:

      Day 1: Sampe jam 12 an di Belitung, langsung ke Aston, makan dan istirahat. Sorenya kami ke Tanjung Tinggi Beach. Malam juga makan di Tanjung Tinggi.
      Day 2: Island hopping all day
      Day 3: Makan pagi dan berenang di hotel. Terus kembali ke Jakarta pesawat jam 12.

      Semoga bisa jadi referensi ya Antie.

      Delete
  4. dear mba tasya
    salam kenal

    kira-kira biaya sewa Pak Rohim udah berubah atau belum ya mba?
    hehehee
    rencana nya, saya mau ksana tanggal 13 April ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas Iyo, aduh aku maap baru balas nih Mas.
      Pak Rohim aku udah enggak update harganya Mas, coba aja Mas SMS ya atau bisa juga BBM ke 537AEA7C
      Have fun ya Mas di Belitung :)

      Delete
  5. Hi mbak tesya, travel buddies nya memang sudah direncanakan dari jakarta atau di atur sama pak rohim juga mbak? Aku rencana mau ke belitung (tuker miles juga hehe) tapi cuma berdua. Kalo biaya sewa mobil dan perahu dibayar berdua rasanya berat juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, saya udah merencanakan pergi dengan siapa. Tapi kalo Mas cari barengan, bisa tanya ke Pak Rohim juga, soalnya temen saya pernah, terus dibarengn ama group lain.

      Delete
  6. Hi..mba... BBM yg 537AEA7C itu yang punya pak Rohim juga ya? Aku mau liburan ke belitung, tapi masih bingung hotel dan drivernya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, itu BBM nya Pak Rohim. Coba aja kontak, udah banyak pembaca blog yang pake Pak Rohim.

      Delete
  7. mba, mau tanya dong
    harga sewa mobil + driver, belum termasuk bbm?
    terus sewa boat, sudah termasuk sewa snorkle dan life vest-nya atau belum?
    terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba aku jawab ya:
      1. Belum termasuk BBM
      2. Sewa boat Rp 450 rb belum termasuk sewa snorkel dan live vest. Keduanya disewa Rp 50 ribu per orang.

      Delete
  8. mba tesya aq udh hub pak rohim,n ternyata dia kayanya gabung ma travel yah?msh rekomended ga yah?trims yah mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Recommend kok Mba, banyak temenku pake.
      Kalau Mba mau tetep sewa mobilnya, bilang aja bahwa Mba maunya sewa mobil ama perahu doank, hotelnya udah. Gitu aja Mba.

      Delete
  9. Nice share mbak nesya, saya mau tanya juga dong, itu biaya sewa mobil sudah termasuk tips untuk pak rohim blm ya? Kalo belum, brp ya biasanya tips utk driver disana
    Saya jg mau ke belitung nih mbak.. Thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, nanti mungkin drivernya bukan Pak Rohim.
      Kalau kemarin ini kan aku jalan-jalan pake van, ber-12 di Belitung. Nah aku kasih tip nya Rp 100 ribu per hari.

      Delete
  10. Terimakasih Mba Informasinya

    ReplyDelete
  11. Mba tesyaaaaa..tx buat recomennya kmrn,alhasil kmrn ke belitung aq udh pake pak rohim,dia yg atur semua disana,qta tinggal duduk manis ajah hehe,malah berasa private tour soale bener2 cm berdua ajaaah,naik mobil bahkan naik kapal isinya jg cm qta berdua hahaha,bener2 dijamu dgn sangat baik sekalii n very2 recomended deeeh...tx yah mbaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mba, seneng banget bacanya :)

      Delete
  12. Salam kenal mb tesya...
    Pertengahan februari bsok Insya Alloh ada rencana buat berlibur ke belitung dan pingin sewa mobil. Kira2 Pak Rohim masih sewain mobil g y?dan cp nya masih aktif kah?
    Oh iya..saya juga berencana bawa anak saya umur 1,5tahun kira2 klo dibawa islnd hopping bs p g y.
    Terimakasih banyak atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih Mba, dan no tlp di atas masih aktif, bilang aja tau dari Tesya ya.
      Nah, paling Mba enggak bisa snorkel aja sih, tapi yang lainnya ok kok. Main-main di pantai dengan pasir bersih, pasti seneng kan.

      Delete
  13. Hallo Mba Tesya..seru baca riview dari Mba ! Salam kenal !
    Mba kalau kita sewa mobil kira2 berapa tip yg wajar ? Apakah kita perlu memberi uang makan selain tip kepada sopir ? Tq..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Emily, salam kenal juga :)

      Iya menurut saya kalau kita makan, diajak aja Mba. Kalau untuk tips sendiri, aduh aku bingung ya hehe. Karena kami biasanya nyupir sendiri. Mungkin Rp 50 ribu sehari?

      Delete
  14. Hi mba, rencana Mei besok mau ke Belitung. Bawa anak 3 thn dan 5 tahun. Menurut mba enakan nyetir sendiri atau pakai supir ya ? Kalau setir sendiri kan bebas mau kemana2. Tinggal pakai Google maps aja. Ini pertama kali saya ke Belitung. Kira2 bakal ribet gak ya kalau nyetir sndr. ? Hehee. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku juga rencana Mei balik ke Belitung hehe. Aku sih udah pesan mobil setir sendiri, karena enak aja bebas. Dan lagi aku kan cuman mau ke island hopping aja. Waze nya gampang kok Mba.

      Delete