Transportasi untuk Family Backpacking di Hongkong

Bagi anda yang baru pertama kali pergi ke Hongkong dan berencana akan melakukan family backpacking, mungkin anda mengalami kebingungan mengenai public transport yang bisa anda gunakan di Hongkong. Secara umum, yang paling gampang adalah MTR (Mass Transit Railway). Jangan salah sebut, di Singapura namanya MRT (Mass Rapid Transit). Ribet ya.
Sayangnya, tidak seperti Singapura, Hongkong MTR tidak tersedia dari Hongkong International Airport menuju Kowloon ataupun Hongkong Island.   

Selain MTR tentunya anda bisa menggunakan bus umum yang rata-rata merupakan bus double decker.  Jangan lewatkan juga untuk mencoba ferry dan ding-ding tram yang katanya "true Hongkong experience".

Sebuah Citybus melintas di daerah Causewaybay

Untuk persiapan anda melakukan family backpacking ke Hongkong, saya akan share pengalaman naik transportasi umum di Hongkong yang kami coba bersama kiddos. Kita mulai dari yang paling penting dulu ya, yaitu memiliki Octopus Card.

1. Octopus Card

Tempat membeli Octopus Card di arrival hall

Welcome to Hongkong! Begitu keluar dari area pengambilan bagasi, hal pertama yang saya lakukan adalah membeli Octopus Card. Seperti Ez-Link di Singapura, Hongkong memiliki Octopus Card yang bisa dipergunakan untuk membayar bus, MTR, ferry, dan berbelanja di merchant yang bekerjasama (convenience stores, restaurants, etc). 

Harga Octopus Card adalah HKD 150 dan HKD 70 untuk dewasa dan anak. Keduanya include HKD 50 deposit, yang bisa didapatkan ketika kita mengembalikan Octopus Card di MTR station, dengan dikenakan fee HKD 9.

2. Dari Hongkong International Airport ke Kowloon atau Hongkong Island

Arrival hall of Hongkong International Airport
- Airport Bus

Jika anda memutuskan untuk naik airport bus, berjalanlah mengikuti petunjuk "Bus", ke arah kanan setelah melewati pintu keluar arrival hall.

Ikuti petunjuk "Bus"
Berjalanlah terus hingga ujung lorong

Anda akan langsung menemukan airport bus terminal yang terhubung langsung dengan Hongkong International Airport. Bingung harus naik bus nomor berapa? Jangan khawatir, terdapat bus information board di bus terminal. Bus A11 dan E11 akan membawa anda ke Hongkong Island, sementara bagi anda yang tinggal di Tsim Tsa Tsui, naiklah bus A21. Untuk rute dan bus fare, silahkan klik link ini ya. 

Airport bus memiliki tempat khusus untuk penyimpanan bagasi para penumpangnya. Silahkan intip bagaimana kami naik bus A21 ke TST di sini.


Saya dan Rene naik bus A11 menuju Causewaybay

- Airport Express 

Tiket airport express

Karena ada Kids Go Free promo (maklum modal diskon:p), kami mencoba naik Airport Express ketika pergi bersama kiddos ke Hongkong. Airport Express Station hanya ""selemparan batu" dari arrival hall. Kayanya sih mereka memang sengaja "mengarahkan" wisatawan agar naik kereta cepat yang hanya 24 menit tiba di Hongkong Station ini.

Begitu keluar arrival hall, langsung deh ada stasiun kereta

Harga normal tiket Airport Express adalah HKD 100 untuk dewasa dan KHD 50 untuk anak. Tiga kali lipat harga airport bus! Tapi ada discount untuk mereka yang traveling dalam group. Cek informasinya disini ya.

Di dalam kereta yang nyaman. Harga emang enggak bohong ya:D
Kiddos yang enggak bisa diam

Kami melanjutkan naik free shuttle minibus yang sudah include di harga Airport Express ke hotel yang dilewati minibus. Sebetulnya JJ Hotel tidak ada dalam list, kami pun naik shuttle H1 dengan tujuan Novotel Century. Dari Novotel kami jalan kaki 5 menit ke tempat kami menginap. Sehingga kami tidak perlu keluar uang untuk naik taksi lagi. List hotel yang dilewati free shuttle bisa diliat di link ini.

- Taksi Dari Hongkong International Airport

Taksi di daerah Central, Hongkong

Jika luggage anda banyak dan memilih ingin naik taksi dari Hongkong International Airport ke Kowloon ataupun Hongkong Island, terdapat official taxi fare yang di tempel di information board yang ada di bandara. Sebagai contekan, anda bisa lihat di bawah ini. Foto taxi fare ini saya ambil bulan Januari tahun 2014.



3. Naik Bus di Hongkong

Secara umum, bus di Hongkong mirip dengan bus yang ada di Singapura. Perbedaannya, ongkos dibayar di awal pada saat naik bus. Pada saat turun, kita tidak perlu "tap" Octopus Card lagi. Dengan kata lain, jauh dekat tarif-nya sama. 

Untuk mencari rute bus di Hongkong, saya mempergunakan "get direction" dari google map. Setelah mendapatkan informasi mengenai bus nomor berapa yang saya harus naiki, saya mencari rute detail di website Citybus.

Seperti juga di Singapura, saya lebih suka naik bus untuk menjelajahi Hongkong karena jauhnya jalan kaki dari dan menuju MTR station. Apalagi jika harus transit di Central. Itu jalannya ya ampun..jauh banget!


Bus 629 yang siap di pintu keluar Ocean Park
Kiddos di dalam bus Hongkong

4. Mass Railway Transit (MTR)

Hiruk pikuk di MTR Station

Jika anda melihat map MTR, anda mungkin akan berpendapat, "Udah deh naik MTR aja gampang". Yup memang MTR terlihat gampang di peta, namun perlu diingat mengenai jarak jalan kaki yang jauh, serta penuhnya MTR di Hongkong yang menurut saya dua kali lebih penuh daripada MRT Singapura!

Saya naik MTR hanya sewaktu pindah dari JJ Hotel ke Novotel Citygate. Kami jalan jam 9 pagi dari hotel pada hari Sabtu, dan MTR masih lumayan kosong. Yang membuat saya geli di stasiun MTR adalah pengumuman yang berulang-ulang diingatkan kepada pengunjung "Please do not keep your eyes only on your mobile phones" Halah, jleb banget ya.


Kiddos#2 selalu minta berdiri di MTR

MTR juga punya banyak exit. Jika di Singapura hanya ada exit A,B,C,D, nah di Hongkong yang bikin bingung bukan hanya A,B,C,D, tapi ditambah dengan adanya exit D1, D2, D3. Waduhhhh... Jadi jika anda planning naik MTR, pastikan juga anda tau harus keluar di exit mana ya.

5. Ding-Ding Tram

Salah satu alasan saya menginap di Hongkong Island adalah karena saya ingin mencoba naik Ding-Ding Tram. "Bel atau Klakson" dari tram ini berbunyi "Ding-Ding-Ding" sehingga seringkali disebut Ding Ding Tram.



Yang berbeda dari naik bus, penumpang harus naik dari belakang, dan turun di pintu depan sambil melakukan tapping Octopus Card. Ongkosnya yang lebih murah daripada bus, menjadikan ding-ding tram alat transportasi yang dipilih warga Hongkong. Tiket untuk dewasa HKD 2,4 dan anak HKD 1,2. Ingin mencoba jadi orang Hongkong? Bersiaplah berdesakan di dalam tram. It might not be convenience taking your kids into the tram, tapi sesekali bolehlah dicoba.


Menunggu ding-ding tram

6. Ferry Dari Star Ferry Pier ke Central Ferry Pier (dan sebaliknya)

Public Ferry dari Hongkong Island ke Kowloon

Sayang kami tidak sempat membawa kiddos menyeberang dari Central Ferry Pier ke Kowloon menggunakan public ferry. Kami hanya sempat mencoba ferry waktu kami pergi ke Cheung Chau Island. Namun saya dan Rene selalu menyempatkan naik public ferry setiap kali ke Hongkong.

Jangan salah ya, terminal ferry untuk menuju Macau berbeda dengan terminal ferry antara Hongkong dan Kowloon Island. Terminal ferry untuk menyeberang menggunakan public ferry di Hongkong Island bernama Central Ferry Pier karena lokasinya memang di daerah Central. Sementara di Kowloon, namanya Star Ferry Pier. Biaya naik ferry ini murah, pada hari kerja hanya HKD 2,50 untuk upper deck dan HKD 2 untuk lower deck, dan sedikit lebih mahal pada weekend.  Naiklah di bagian upper deck karena view-nya lebih bagus. Harga di atas adalah untuk tiket dewasa, sedangkan untuk anak harganya HKD 1,50.


Tempat duduk di dalam public ferry

Pengalaman saya dan Rene memadukan public ferry, bus dan tram ke The Peak, bisa dibaca di posting ini ya. Sedangkan pengalaman kami naik ferry ke Macau bisa dibaca disini.

***

Transportasi di Hongkong yang terintegrasi, memudahkan siapapun yang ingin explore Hongkong secara independent, termasuk untuk rencana family backpacking anda ke Hongkong.

Anda punya pengalaman seru naik transportasi umum di Hongkong? Yuk share disini ya:)


written on March 17, 2014 by @tesyasblog


Related Post:
Mencari Tempat Menginap Dengan Anak di Hongkong
Tips Family Backpacking ke Hongkong
 

Good News on 15 May 2014:

Untuk Anda yang berencana ke Hongkong, silahkan download ebook Hongkong tesyasblog yang berjudul "Hongkong, a place for everyone" secara gratis!


Bagaimana cara untuk mendapatkan ebook travel gratis Hongkong ini?
Follow twitter @tesyasblog
Download our ebook di link ini


Updated February 2015: 
Untuk merencanakan liburan keluarga ke Hong Kong, Anda bisa mendapatkan informasi detail di dalam buku Family Backpacking Hong Kong yang sudah bisa didapatkan di toko buku terdekat. 


82 comments:

  1. Mba transportasi dr singapore ke hongkong ada jalur darat ga? Nah kira2 budget jkt-sing-hk-jkt brp ya skrg utk backpakeran? Thanks yes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Meida, ga bisa jalan darat..
      Budget pesawat Jkt ke HK aja ya (soalnya bisa via KL pake Air Asia atau via SIN pake Jetstar), kalau murah bisa dapet sekitar Rp 2 juta PP. Harga normal di Rp 3 juta Pp.

      Delete
  2. kalo ke hongkong kowloon naik MTR bisa ngak ya ? selain naik kapal feery

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Kak, nanti interchange di Central MTR station.

      Delete
  3. Rencananya dari HKIA saya mau naik bis menuju Cosmic Guest House di TST tapi bagaimana caranya saya dapat mengetahui Halte yang dituju (Halte Bis Station Tsim Tsa Tsui) sementara saya kan engga punya bayangan halte tsb seperti apa yaaa.... Terima Kasih infonya. Yani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Yani, saran saya sih sebelum pergi kita sudah tau akan turun dimana (nama bus stopnya apa). Pasti dari hotel sudah ada info kan ya?
      Di dalam bus, ada running text yang menyatakan nama bus stop berikutnya yg akan dituju. Tinggal turun sesuai nama bus kita.

      Delete
  4. Salam kenal mba tesya saya ada rencana kehongkong bulan juli 2015 bersama 3dewasa dan 1anak kecil ,sy mau mohon bantuan utk rekomendasi hotel dan wisata yg dituju serta tranportasi yg dipakai Utk hongkong dan macau krn ini perjalanan wisata yg pertama saat kehongkong bagi kami.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, untuk rekomendasi hotel dan tempat wisata, sebetulnya ada di buku aku: Family Backpacking Hong Kong. Bisa dibeli di Gramedia, bagian buku traveling ya Mas. Disana ada rekomendasi budget hotel dan hotel sesuai harganya.

      Kalo Mas mau stay satu kamar, bisa pilih Royal Plaza Hotel, family room nya enggak gitu mahal.

      Tempat wisata yg wajib: HK Disneyland, Big Buddha Ngong Phing, Ocean Park, The Peak dan Macau (ke Macau bisa pp aja).

      Delete
  5. Salam kenal mba tesya saya ada rencana kehongkong bulan juli 2015 bersama 3dewasa dan 1anak kecil ,sy mau mohon bantuan utk rekomendasi hotel dan wisata yg dituju serta tranportasi yg dipakai Utk hongkong dan macau krn ini perjalanan wisata yg pertama saat kehongkong bagi kami.trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, maaf ya saya baru balas.
      Bukan mau promosi, tapi di buku Family Backpacking Hong Kong (ada di Gramedia bagian buku traveling), saya share rekomendasi hotel, tempat wisata berbayar dan gratis, serta transportnya (ferry, airport bus, MTR). Semoga buku tersebut bisa membantu merencanakan liburan bersama keluarga ke Hong Kong ya. Ohya di bagian hotel, saya bagi pilihan hotel berdasarkan budgetnya.

      Delete
  6. Rara Rejeki Anggreni23/4/15 11:04 AM

    Hi mbak tesya. Saya mau tanya, mbak pergi ke hongkong bulan berapa yah? Soalnya saya rencana pergi di akhir Juli sampai awal Agustus 2015 ini, dan saya baca2 bulan itu musim typoon. Saya mau tanya apakah mbak tesya sempat ada peringatan typoon waktu berkunjung kesana? Soalnya saya akan travelling bersama anak2. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Rara, saya ke HK bulan Jan dan Feb beberapa kali, sekali di bulan Mei dan itu pas bulan Mei hampir tiap hari ujan. Saya juga belum pernah merasakan peringatan typhoon. Mudah2an Rara enggak mengalami juga ya.

      Delete
  7. halo mba tesya, 2minggu lagi saya berangkat ke hongkong tapi masih bingung dengan segala hal tentang transportasi disana, apa mba tesya bisa memberikan saya saran transportasi paling murah dan terjangkau untuk sekelas mahasiswa ke alamat ini 1 Hung Lai Road, Hung Hom, Kowloon, Hong Kong. tepatnya di hongkong polytechnic university :( karena sepenangkap saya itu banyak mengeluarkan dana transportasi untuk ke universitas tersebut. mohon bimbingannya mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, ke Hung Hom kalau bis saya ga hafal, tapi ada MTR Hung Hom station kan ya. Palingan saran saya sih naik MRT ke Hung Hom station. Dari sana cari di google map ke alamat yang Mas tuliskan. Nanti google map akan kasih tau bisa naik bis nomor berapa.
      Dicobain dulu ya..

      Delete
    2. mba tesya, saya bisa minta email? biar bisa berlanjut komunikasi, untuk minta bantuan bimbingan lah, soalnya masih newbie banget nih seorang diri mau ke hongkong :(

      Delete
    3. Silahkan Mas ke tesyas.blog@gmail.com ya

      Delete
  8. Tesya, infonya top bingit. Insya Allah saya mau ke HK bulan Des 2015 nanti. Saya beli bukunya dulu di Gramedia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak, makasih udah mampir. Kalau enggak ketemu bukunya, bisa pesan lewat saya ya.
      Thank you and have fun planning your trip to HK :)

      Delete
  9. Salam kenal mbak...
    Sy berencana mau tahun baruan di hongkong bsama keluarga...
    Kira2 utk acara malam pergantian tahun nya dipusatkan di mana ya mbak??
    Trus kl kita beli octupus apa hrs beli 1 org 1 kartu??? Sebaiknya gimana ya mbak?? Mohon pencerahannya..

    Makasih sebelumnya ya mbak...

    Regard
    ddenykr@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Deny, salam kenal juga ya... Coba saya jawab:
      1. Di Harbour nya HK Mas, Avenue of Stars.
      2. Iya Octopus itu satu orang satu Mas...

      Delete
  10. Hallo mba Tesya salam kenal , sya rencana bln Dec 2015 mau ke hkg ber6 , dr HKIA ke Mirador Mansion loi loi questhouse TST recommended pke apa ya ? Soalx bawa anak usia 8 thn n ortu usia 69 thn...makasih mba // irma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Irma, kalau supaya enak dan cepat sih naik Airport Express Train. Ada group discount untuk 4 orang, detailnya Mba bisa baca di buku Family Backpacking Hong Kong ya.

      Airport express ini nyaman, dan ada free shuttle ke beberapa hotel besar. Mba naik aja shuttle yang paling deket ke guesthouse nya.

      Have fun in Hong Kong:)

      Delete
  11. Hi Mba, saya dan teman saya akan ada rencana pergi ke HK. pertanyaan saya kendaraan apa yang bagus untuk pergi ke Macau ? jika naik kereta dari Tsim sha Tsui itu ke stasiun apa dan kereta apa ? terima kasih ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Aulia, dari HK ke Macau naik ferry aja. Dari Tsim Sha Tsui, bisa jalan kali ke terminal ferry yang bernama: China Ferry Terminal.

      Delete
  12. Mb tesya, saya transit 5 jam dihongkong.. Kira kira bisa explore hongkong ngga ya? Yang deket deket aja.. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, menurut aku bisa sih:
      - 1 jam untuk immgration clearance keluar dari HK Int.Airport.
      - 1 jam untuk masuk kembali ke airport sampai dengan gate. Jalan kaki ke gate jauh banget.
      - 2 jam untuk jalan-jalan di Citygate.
      - spare 1 jam untuk jaga-jaga kalo ada apa-apa.
      Have fun ya..

      Delete
  13. Hai mbak, saya udh booking maskapai ke Hong Kong nih, kira2 Klo dri HKIA mau ke Tsim Sha Tsui yg tercepat dan murah naik apa ya, klp misalnya naik Airport Express dan itu kan harus transit lgi, itu bayar lgi gk? Klo dri bandaranya saya harus beli Tiket yg apa supaya bisa untuk dipakai kembali kebandaranya buat pulang, sma tempat oleh2 dan souvenirnya yg terdekan dri tsim sha tsuiyg murah2 apa ya, Thks Sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, untuk belanja di TST, Mas naik MTR aja ke Mongkok kemudian belanja di Ladies Market ya.

      Sementara untuk dari airport ke TST, paling murah naik airport bus Mas. Kalau untuk sehari-hari transport di HK nya, pake Octopus Card.

      Semoga membantu ya dan have fun di HK:)

      Delete
  14. Hai mbk tesya, mbk rencananya saya dan teman-teman saya ingin outing ke hongkong untk yang pertamakali mbk, nah kalau kita udah tiba di Hongkong International Airport untuk transportasi ke causeway bay tepatnya ke dompet dhuafa hongkong itu harus naik transportasi apa ya mbk?

    Terimakasih mbk, please respon mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Bunga, aku sampe googling dulu dimana itu Dompet Duafa HK hehe.. Dan ternyata ada di Man Man Mansion, yang aku enggak tau dimana sih Mba.

      Anyway kalau mau ke Causewaybay bisa naik bus airport A11, nanti turun di Hennesy Road. Mba pastikan dulu sebelum berangkat, bus stop yang paling deket yang mana ya. Nanti jangan sampai bingung turunnya.

      Mungkin Mba bisa email Dompet Dhuafa nya dan tanya "how to get there" kalau naik bus A11 dari airport.

      Semoga lancar perjalanannya ya..

      Delete
  15. Hallo mba, perkenalkan saya patricia
    Mau tanya ttg shuttle bus nya novotel citygate

    Apa mba ga di tanya tanya atau di priksa pas naik shuttle bus nya pdhl nginepnya ga di novotelnya?

    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, waktu itu kami menginap di Novotel Citygate. Tapi pas naik shuttle bus ke airport sih enggak ditanya dari kamar berapa, dsb sih.

      Apakah maksud Mba yang Novotel Century? Kalau yang itu kan disediakan oleh Airport Express Train, bukan oleh Novotel. Jadi kami memang boleh naik karena memiliki tiket Airport Express Train.

      Delete
  16. Assalamualaikum mbakk,
    Bisa bantu infonya donk,saya nginep di novotel nathan road.cuma pengennya bgitu sampe di hongkong,dari bandara mau ke citygate dl.baiknya naik apa yaa klo dari bandara ke citygate?trs ntr dr citygate ke nathan roadnya naik Apa?thx b4 mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, coba aku jawab ya:
      1. Dari bandara ke Citygate naik taksi aja udah deket ini. Tapi terus kopernya dibawa bawa belanja gitu Mbak? Ada penitipan barang tapi enggak besar kayanya lockernya.
      2. Dari Citygate naik MTR aja ke daerah Nathan Road.

      Semoga membantu ya..

      Delete
  17. Mohon bertanya, kl naik bus A21 menuju chungking mensions paling dekat turun dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Pak, bilang supirnya aja di Tsim Sha Tsui turnnya, aku lupa itu stop ke berapa.

      Delete
  18. mbak mau tanya nih,kalau dari terminal fery hongkong island mau nyebrang ke TST naik mrt bisa gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba naik MTR dari HK Island ke TST misalnya..

      Delete
  19. Mbk mau tanya klu dr HKIA mau ke Mirador Masion TST naik bus A21 sekali jln bisa kan?Oya klu di hk selama 7hari transportasi disana yg lbh enak n murah naik bus apa mtr?klu Bulan juli pas gak musim hujan ya ? Thx u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, iya bisa naik bus A21. Lebih enak naik MTR kalau pertama ke HK, nanti bingung naik bus apa. Bulan Juli biasanya summer dan panas Mba. Tapi kan sekarang musimnya enggak menentu ya.

      Delete
  20. Mbak rencana april saya mau ke hongkong dari HKIA ke Metropark Hotel Kowloon 75 Waterloo Road, naik apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, sebaiknya naik Airport Express Train ke Kowloon Station. Dari situ ada free shuttle bus ke Metropark Hotel.

      Delete
  21. Hi mba tesya, saya intan..mba, kalau dr novotel citygate ke disneyland naik taxi kira2 berapa menit ya? Tq mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, maafkan saya enggak tau. Tapi kalau naik MTR sih deket banget ya.

      Delete
  22. Assalamualaikum mba, mau tanya.. kalau bawa luggage ukuran besar(bisa ditarik)apakah boleh ya naik bus?

    Satu lagi, saya berencana menginan di JJ, tp dihari ketiga berencana pindah ke Lnina di tsuenwan, apakah sebaiknya naik bis atau MRT ya?

    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, bisa naik bus yang Airport Bus maksudnya? Karena di dalamnya ada tempat khusus untuk koper.

      Dari JJ ke Lnina itu saya enggak tau Mba rute bus nya. Kalau Mba lebih mudah pake MTR, baiknya MTR aja, karena naik bus harus tau naik dari bus stop mana, bus no berapa, dan turun di bus stop mana.

      Delete
  23. Hi mau tanya donk.. gmn ya cara ke airport pagi2 jam 3an ato jam4an. krn pesawat saya jam 8. kalo posisi saya di daerah causewaybay... bingung gak ada opsi ke airport T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik Airport Bus aja Mas. Coba cek jadwalnya deh. Dulu saya naik jam 3 pagi dari Tsim Sha Tsui untuk ngejer pesawat yang jam 7 pagi.

      Delete
    2. Busnya nunggu depan hotel apa gmn ya mba? Sy ada rncana ke mcau. Lbih baik nginepnya di tsim tsa tshui atao causeway bay ya biar dket? Krn mau ke disneyland dll jg. Thkyuu infonya

      Delete
    3. Busnya hanya ada di bus stop Mba. Jadi Mba harus survey dulu H-1, nanti naik busnya dari bus stop mana untuk menuju airport.
      Kalau TST ama Causewaybay ke ferry station baik di Kowloon maupun di HK Island, lebih dekat yang dari TST Mba.

      Delete
  24. Hallo mbak, salam kenal ya mau nanya nih, klo octopus card itu bisa di top up gk ya, klo misalnya bisa itu dmn tempat untuk men top upnya ya, btw klo di hong kong itu ada gk kartu yg kaya Singapore Tourist Pass ( STP ) yang unlimited usage, karna nnti di hongkong pastinya saya akan begerak terus, biar bisa hemat kaya disingapore naik turun mrt sma bus, thks ya mbak tesya atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba atau Mas... bisa di top up di Seven Eleven, MTR Station. Ada semacam Hong Kong Tourist Card, coba di googling informasinya mengenai kartu tsb ya. Soalnya saya belum pernah pakai.

      Delete
  25. Hi Sis,

    saya berencana ke HK dengan suami dan 1 toddler. menginap di sekitar Yau Ma Tei.
    Nah, enaknya dari Aiport naik Bus atau Airport Express lanjut MTR ya?

    Karena dipastikan bakal bawa 2 luggage plus stroller juga. Apakah transit di Central cukup nyaman untuk tarik2 luggage? atau enaknya saya naik bus A1/A2 saja?
    Kalau naik bus kira2 berapa menit ya?

    Oh ya, saya landing di HK sekitar jam 8 malam.

    Mohon petunjuknya. Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, menurut saya sih paling enak naik Airport Express, kemudian lanjut naik taksi aja dari stasiun Kowloon ke hotel. Atau coba cek hotelnya dilewatin sama free shuttle dari Airport Express Train enggak?

      Naik bus sekitar 1 jam, harganya saya lupa..kalau enggak salah sekitar HKD40 bukan ya?

      Delete
  26. Hi mba..sy mau tnya kalau pake aiport express dari bandara menuju ke kota bayarnya bisa pakai octopus card ga mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, tidak bisa. Harus membeli tiket khusus Airport Express di counter yang berada tidak jauh setelah Mas mengambil bagasi.

      Delete
    2. Salam kenal mba Tesya,
      Pertengahan April ini saya rencana ajak anak liburan ke Disney HK dan pp ke Makau. Dari planning cuman 2 kel akhir nya jd 3 kel dg total 14 org (7 dewasa & 5 anak serta 2 ortu) plus bbrp koper pastinya. Kami sdh booking kamar di Royal Plaza hotel @Mongkok, Better utk transportasi selama disana naik apa yah mba ? Thanks for suggest :)

      Delete
    3. Hai mbak, klo dri tsim sha tsui ke hkia naik bus naiknya dri mna ya thx mbak, btw klo bulan juni itu musimnya musim apa di hongkong ya mbak, cerah kah cuacanya? :)

      Delete
    4. Dari seberangnya Chungkin Mansion Mba, bus stop-nya.
      Wah sekarang kan enggak menentu ya, check aja accuweather.com sebelum berangkat ya Mba.

      Delete
    5. Halo om anonymous ke hongkong bulan juni tanggal brp nih?kebetulan saya jg mau ksana jg tgl 24-28 nginap di daerah tsim sha tsui jg,barang kali bisa join om,bisa minta nmr WA nya om?

      Delete
  27. Salam kenal mba Tesya, saya & kel total 14 org (7 dewasa & 5 anak serta 2 ortu) plus bbrp koper rencana april ini pergi ke HK & Makau. Better utk transportasi selama disana naik apa yah mba ? Thanks for suggest :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Nana, kalau 14 orang naik public transport repot juga ya hehe.. Saya enggak tau apakah ada van yang disewakan. Tapi ya kalau mau enak naik MTR aja Mba.

      Delete
  28. hai kak Tesya, aku berencana juli ini mau ke Hongkong dengan teman ku berdua aja. kami berencana stay disana selama 7 hari. kira kira kami butuh berapa dollar hongkong untuk deposit di Octopus Card yah kak? yah in order to use the transport sih mainly hehe. makasih sebelumnya :)
    really excited and helpfull reading your story :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tika, untuk 7 hari ya, rasanya butuh HKD150 waktu pertama beli dan top up mungkin hingga HKD200. Tergantung sih sesering apa dan sejauh apa pakai Octopus untuk transportnya.

      Delete
  29. hai kak tesya, mau nanya nih. aku sma temen rencanaya mau ke hong kong bukan juli ini. mau nanya jam operasi Ding Ding Tram nya itu jam berapa aja yah? atau mungkin kak tesya tau website yang bisa aku kunjungi untuk cari tau soal itu blebih lanjut? makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tika, Ding Ding tram bisa dinaca disini ya: https://www.hktramways.com/en/schedules-fares/

      Delete
  30. Hi jeng Tiesya salam kenal sy tgl 19mei mau ke jepang transit di HKIA 5 jam kl sy mau jalan keluar airport kemana ya yang paling dekat? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, saya sarankan ke Tung Chung MTR Station aja, ada Citygate Factory Outlet disana. Ada juga stasiun cable car, tapi saat ini lagi direnovasi.

      Delete
  31. hocky chandra30/6/17 12:15 PM

    Hallo mbak Tesya, salam kenal.
    Saya bersama anak dan istri saya berencana ke Hongkong bulan September tahun ini. Jadi kami berencana naik bus setiba di bandara Hongkong sudah jam 8 malam lewat. Jadi kami sudah memesan hotel yang di Chungking mansion. Yang mau saya tanyakan ke mbak Tesya, untuk bus stop nya di mana ya dan berapa biaya per orang ya? (anak saya berumur 6tahun). Terima kasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, sebelum ke masalah bus, aduh nginep di Chungking Mansion itu saya enggak recommend, apalagi bawa keluarga (: Jadi kalau masih bisa diganti, lebih baik diganti Mas. Tapi kalau enggak bisa ya udah gpp hehe.

      Bus stopnya dekat dari Chungking Mansion kok, begitu turun tinggal jalan ke arah kanan (sama dengan arah bus) lalu nanti gedungnya ada di sebelah kiri.

      Have fun di Hong Kong ya.

      Delete
  32. Hallo mbaa tesya..maaf sebelumnya banyak banget pertanyaan aku
    1. Bisakah nail ding ding tramp dari times square, dimana saya harus stop bus itu
    2. Octopus untuk 4hari diperlukan berapa
    3.berapa harga sekali makan dsana, Dan dimana tempat yg murah untuk makan
    Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dewi, coba aku jawab ya:
      1. Bisa Mba, dari Times Square jalan ke arah Sogo. Disitu ada stasiun.
      2. Tergantung Mba pake kemana aja. Nanti kalau kurang tinggal di top up aja.
      3. Wah saya enggak tau berapa pastinya karena buat saya di HK itu susah makan, saya cuma makan di kantin halal di Wanchai. Jadi saya pagi makan disitu kemudian bungkus buat siang. Malamnya saya makan disitu lagi hehe. Biasanya saya budgetin buat makan, jajan, transport: Rp 1 juta sehari untuk ber 4.
      Have fun di HK ya...

      Delete
  33. Mbak mau tanya nih, apakah memang mtr hkg kalau mau pindah line (misal dari hijau ke biru) harus keluar station dulu lalu cari station yg bersangkutan atau sama dengan singapore bahwa kita gaperlu keluar2 station tinggal ganti line di station yg sama? Mohon jawabannya karena akhir sept ini saya ke hkg sendirian hahahhaa masih binging mau naik apa nih mabk, thx sebelumnya blog nya sanagt menginspirasi saya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Stella, di HK itu interchange nya enggak sebanyak di Sin. Tapi paling pusing kalau di Central MTR. Nah itu jalannya jauh. Tapi masih di dalam station kok, enggak keluar dulu. Have fun ya di HK:)

      Delete
  34. Hai Mbak Tesya,

    Kalau untuk anak usia 14 bulan (dengan stroller) apakah dikenakan tarif anak utk smua moda transportasi di HKG? Ataukah free?

    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, untuk anak usia 3 tahun masih gratis, aku baca disini: https://answers.travelchinaguide.com/question/509541.htm

      Delete
  35. hallo mba..

    saya minggu depan rencana ke hongkong denga 3 adult dan 1 baby(15 bulan) sebaiknya dari bandara naik bus or taxi soalnya saya cek kalau naik airport express pemberhentian shuttle nya jauh dari hotel kita menginap di daerah mongkok...

    dan untuk pulang nya dari hotel saya di daerah jordan sebaiknnya kebandara berapa jam sebelum keberangkatan (rencana naik airport express)

    dan untuk tiket kapal ferry turbojet apakah bayi 15 bulan diharuskan membeli tiket juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, sorry aku telat reply.. anyway aku reply aja siapa tau pembaca lain ada pertanyaan yang sama.

      Kalau ada budgetnya, lebih baik pake taksi, tapi memang mahal sih. Jadi kalau aku sih pilih Airport Express Train, turun aja di Kowloon Station, dari situ baru naik taksi.

      4 jam sebelum keberangkatan.

      Nah pertanyaan terakhir, mohon maaf tidak bisa jawab, karena belum pernah bawa anak ke Macau.

      Semoga liburannya menyenangkan ya..

      Delete
  36. Halo mba...

    Saya rencana akhir tahun ini ke hong kong, kalau airport express itu bayarnya pakai octopus sama seperti mtr atau tiketnya beda lagi ya?

    Terima kasih mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ghifari,

      Airport Express dibayar cash, tidak memotong saldo Octopus. Jadi beli terpisah ya. Have fun di HK :)

      Delete
  37. halo mbak tesya...

    kalau dari JJ Hotel mau ke bandara enaknya pake apa ya? bus bandara ada ga dekat situ? makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, iya bisa naik bus aja. Coba googling bus stop nya => A11 Hong Kong Bus Route. Nanti ketauan nama bus stop nya dimana, lalu Mba cari di google map lokasinya, lalu klik direction from JJ Hotel ke bus stop tsb. Nanti dikasih tau google cara jalannya ya, lewat mana saja.

      Delete