Public Transport dari Melbourne Tullamarine Airport ke Kota Melbourne

Kami tiba di Melbourne jam 11 malam setelah terbang selama 3,5 jam dari Christchurch. Kami mengambil bagasi, dan keluar dari pintu terminal kedatangan ke arah kanan. Skybus berwarna merah yang ngejreng sudah menunggu. Kami ikut antrian naik bus dan menyerahkan print tiket Skybus yang sudah kami beli di website mereka, return family ticket seharga AUD 70. Glek mahal banget ya! 

Kiddos duduk terpisah karena Skybus yang penuh 

Letak Melbourne Tullamarine airport yaitu 23 KM dari Kota Melbourne. Tidak ada kereta yang terintegrasi seperti di Medan ataupun di Singapura yang melayani rute airport ke kota. Pengunjung seolah "diarahkan" untuk naik Skybus yang tidak murah itu. 

Terdapat empat airport di Melbourne, dua yang paling sibuk adalah Melbourne Tullamarine Airport dan Melbourne Avalon Airport. Anda yang terbang dari Indonesia akan tiba di Melbourne Tullamarine Airport. Sedangkan anda yang memiliki connecting flight dari Melbourne ke Sydney dengan Jetstar, akan terbang dari Melbourne Avalon airport yang terletak 50 kilometer dari kota Melbourne. Wow jauh ya! Karena lokasi yang jauh, harga airport bus yang bernama Sita Bus itu per orang AUD 22, dan AUD 10 untuk anak. 

Pilihan Transportasi Murah dari Melbourne Tullamarine Airport ke Kota

Lalu adakah alternatif transportasi murah dari Melbourne Tullamarine Airport ke kota? Setelah browsing di internet, saya mencoba naik paduan bus dan kereta dengan biaya hanya AUD 6,20 per orang. Konsekuensinya, waktunya lebih lama sekitar 1 jam, namun lumayan hemat dibandingkan tiket Skybus one way untuk satu orang dewasa AUD 18. Baca cerita lengkapnya disini ya, sewaktu saya dan Rene honeymoon liburan ke Melbourne.

Rela berjalan jauh demi bus umum yang murah - Des 2012

Skybus dari Melbourne Tullamarine Airport ke Southern Cross Station

Tiba jam 11 malam membuat kami tidak memiliki pilihan, selain menggunakan Skybus yang memang nyaman. Family ticket yang kami beli saat itu AUD 65 untuk perjalanan pulang pergi. Skybus hanya melayani rute Tullamarine Airport ke Southern Cross Station. Kami harus melanjutkan perjalanan dengan taksi ke Ibis Hotel Therry Street dengan biaya AUD 10.

Berhenti sejenak di Southern Cross
untuk snacking time
Akhirnya tiba di hotel :)

Taksi dari Mebourne ke Tullamarine Airport

Kami memilih naik minivan taksi ketika harus kembali menggunakan Skybus. Pemesanan taksi dibantu oleh Albert, staff Ibis Hotel yang sangat helpful. Sebuah minivan kuning yang dapat memuat hingga 11 orang, menjemput kami. Kiddos sangat happy akhirnya bisa bersama lagi dengan Emir yang datang sehari setelah kami tiba di Melbourne.

Minivan taxi di Melbourne

"Why don't you go to the airport by this taxi?" tanya sang supir kebingungan kepada kami. Saya jawab bahwa kami sudah membeli Skybus ticket. Naik taksi biasa dari kota Melbourne ke Tullamarine Airport biayanya sekitar AUD 50-60. Mungkin dngan naik minivan taksi ini, biayanya bisa lebih mahal sekitar AUD 10-20.

Kami turun di Southern Cross Station, dan membayar ongkos taksi sekitar AUD 12. Sebetulnya untuk dua keluarga rasanya worth it juga ya naik taksi ke airport. Sayangnya kami sudah terlanjur membeli Skybus return ticket. "Well Sir, maybe next time" lanjut saya untuk meredakan kebingungan pak supir.

Kiddos#1 dan keluarga Dini di
Southern Cross Station
Tiba di Tullamarine Airport

Free Shuttle Bus dari Melbourne Tullamarine Airport

Mau transportasi yang gratis? Hotel di sekitar Melbourne airport biasanya menawarkan layanan ini. Kami menginap di Cilom Airport Lodge pada malam pertama kami tiba di Melbourne. Sebuah minivan menjemput dan mengantarkan kami ke airport.

Minivan dari Cilom Airport Lodge
Area khusus menunggu shuttle bus dari berbagai hotel

Jika anda mencari transit hotel di sekitar Melbourne Tullamarine Airport dan budget anda mencukupi, Hotel Parkroyal terletak di seberang terminal kedatangan internasional. Premium location tentunya harus dibayar dengan premium room rate :p

Untuk anda yang membutuhkan transit hotel

Silahkan memilih dari berbagai opsi transportasi yang sudah saya ceritakan di atas. Kalau saja tidak tiba malam, I would not hesitate membawa kiddos naik bus dan kereta ke Flinders Station. Saya yakin mereka akan sangat senang naik kereta dari Boardmeadow Station ke Flinders Station. Hmm, seperti yang saya katakan kepada bapak supir taxi: maybe next time.


written on March 14, 2014 by @tesyasblog


Related Post:

10 comments:

  1. infonya berguna banget mba :) Walo blm ada rencana mw ke Aussie, tapi semua info2 traveling begini srg aku keep. Kali aja ada rezeki bisa kesana ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya Fanny udah mampir. Semoga bisa segera mengunjungi Melbourne ya. Amin..

      Delete
  2. Mba Tesya klo bli tiket skybusnya langsung dri airport bisa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba, keluar airport ke kanan, terus langsung keliatan kok counter Sky Bus nya.

      Delete
  3. Saya bulan April 2016 ke Melbourne bersama keluarga dan menggunakan bis + kereta sesuai saran di blog ini. Naik bis 901 di T3, turundi Broadmeadows station, lanjut ke City dengan train.

    Asyik! Dan murah. Total kami bertiga habis AUD$17 (vs. Skytrain $38). Trims sarannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Rio, aaah senang kalau bisa dicoba untuk backpacking di Melbourne:)

      Delete
  4. mba Tesya, kalau taxi dari Melbourne Airport ke Kota, kira2 tarif nya berapa ya? kami rencana 4 orang, lbh efisien mana di banding shuttle bus? atau ada kah alternatif lain yg lbh murah? thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Dedi, alternatif paling murah adalah naik Smart Bus dari airport dan lanjut dengan kereta ke Flinders Station. Aku bahas detail caranya di ebook Melbourne. Silahkan di download (free) di tesyasblog.com ya.

      Kalau taksi aku kurang tau Mas berapa dari Mebourne Airport. Belum pernah soalnya..

      Delete
  5. mba kalo naik garuda indonesia dari jakarta biasnaya landing di melbourne di terminal berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. International terminal di T2 Mba.

      Delete