Tangkap Ikan di Telaga Arwana Cibubur

Ini kali pertama kami mengajak kiddos ke Telaga Arwana Cibubur, hmm.. gitu deh kalau tempat deket rumah malah ga pernah dikunjungi:D Dari rumah, kami melewati Jalan Transyogi Cibubur mengarah ke tol jagorawi, putar balik di depan RS Melia Cibubur, dan belok kiri patah setelah SPBU (yang lengkap dengan KFC dan Domino Pizza itu). Dari belokan kami menyusuri jalan sempit hanya pas dua mobil, kurang lebih 1 km. Dan sampailah kami di Telaga Arwana Cibubur.


arena permainan yang ada di Telaga Arwana Cibubur

Tujuan awal, kami ingin mengajak Opa mancing di sini. Tapi tentunya saya pun sudah membawa perlengkapan berenang kiddos. Pagi itu karena masih dalam rangka libur lebaran, sayangnya area mancing tidak beroperasi. Hmmm, mungkin ikannya masih pada mudik ya? Jadilah kiddos berenang dengan biaya Rp 30.000 per orang.

Terdapat tiga kolam renang di Telaga Arwana Cibubur: 1) yang terdekat dari pintu masuk ke kolam renang dengan kedalaman 1,2 m, 2) kolam renang terbesar terletak di antara kolam renang pertama dan waterpark, terdiri dari kolam dangkal dan dalam, 3) dan satu lagi: area waterpark. Dengan ticket masuk Rp 30 ribu, tempat ini lumayan asyik sih, tapi saya agak kurang sreg karena tempat ini memperbolehkan pengunjung renang tanpa pakaian renang. 


1. kolam renang dengan kedalaman 1,2 m
2. kolam renang dangkal campur dalam (sd. 1,5 m)
3. waterpark yang walau kecil, namun lumayan bagus

Kiddos lebih memilih main watergun yg rusak di area waterpark juga berenang di kolam besar, walaupun air di kolam besar tsb paling kotor diantara tiga kolam renang yang ada. Tapi lumayan di sekitar kolam ini terdapat kursi menunggu di bawah pohon yang rindang.


pura-pura main watergun yang sayangnya rusak
area menunggu

1,5 jam kiddos menikmati permainannya di area kolam renang, dan akhirnya kami pun berhasil mengajak kiddos behenti setelah mengajak mereka pindah ke kolam ikan. Wih ini sih emang favorit nya mereka, masuk kolam dan bermain bersama ikan. 

Biaya untuk permainan ini Rp 20.000 per orang, anak akan dipinjamkan jaring dan ember untuk menyimpan ikan hasil tangkapan. Opa ikut turun ke dalam kolam, dan malah kedua jaring ikan dipegangnya. Sementara kiddos asyik paling suka memindahkan ikan dari jaring ke dalam ember.


asyik main tangkap ikan

Di akhir sesi, sang petugas menginfomasikan bahwa ikan dapat dibeli dengan harga Rp 5.000 per ekor. Yah, mendingan juga beli ikan mas di pasar ya. Kami pun menolak dan menyudahi keasyikan bermain tangkap ikan di Telaga Arwana Cibubur.

Sebetulnya masih ada area flying fox, ATV dan bajak sawah di Telaga Arwana Cibubur. Tapi mendekati pukul 12, kami putuskan acara main selesai, dan melanjutkan acara makan siang di Mang Engking, yang terletak dekat dengan area tangkap ikan. Sebelumnya kami ajak kiddos mandi. 

Hanya terdapat dua shower yang keduanya rusak pagi itu, kamipun mandi di ruang ganti baju yang dilengkapi dengan kran air setinggi kran untuk wudhu. Selain 2 shower, hanya terdapat 3 ruang ganti. Sayang sekali area mandi dan ganti baju sangat terbatas jumlah serta kondisinya. Padahal ini merupakan hal yang krusial, apalagi setelah tangkap ikan dan bajak sawah. Pasti anak-anak menjadi sangat kotor bukan?

Mang Engking di Telaga Arwana Cibubur sudah dua kali kami kunjungi, namun tempatnya sekarang sudah pindah dan jauh lebih keren dari kunjungan kami pertama. Saung di pinggir kolam adalah tempat favorit pengunjung.



Kami duduk di saung yang siang itu sudah dipadati pengunjung. Untungnya kami menyimpan barang kami dari jam 11 di sana, jadi tempat kami sudah aman.

saung sekitar kolam ikan

Menu wajibnya tentunya udang bakar madu..hmm..yummy sekali. Untuk kiddos kami memesan gurame goreng. Selain kedua menu itu, kami pesan karedok dan nasi putih. Total makan kami untuk tiga dewasa dan 2 anak siang itu Rp 200.000, sebagian udang dan ikan kami bawa pulang karena terlalu banyak.

menu wajib di Mang Engking: Udang 
Bakar madu

Kami berjalan pulang ke mobil dan mendapati delman di area parkir. Kiddos yang sudah biasa naik delman di Bandung, tidak minta naik delman siang itu. Atau mungkin karena mereka sudah terlalu cape. 

Overall, tempat ini asyik karena merupakan perpaduan antara restoran dengan tempat bermain anak. Tempat ini juga rindang, jadi tidak masalah untuk bermain di pagi hingga siang hari. Kami akan kembali untuk memenuhi keinginan Opa bermain dengan kiddos di area pancing ikan. Semoga saat itu, ikannya sudah siap untuk menerima kedatangan kami:D


written on August 18, 2013


6 comments:

  1. Ah ... liat mang engking saat blm makan siang itu sesuatu banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya Kak, ayo mampir..

      Delete
  2. Aaahh belom pernah ke TAC padahal deket rumah juga. Lumayan bagus yaa.. Anw, nice blog mba, sangat bermanfaat.. Salam kenal yaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Yuyun, jadi udah ke TAC belum nih? Aku baca ttg liburan ke Bangkok nya di blog mu barusan...uuuh..jadi kangen Bangkok hehe :) Keep on sharing ya..

      Delete
  3. Tempat wisata telaga arwana cibubur ini fly foxnya bisa org dewasa ngga ya.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf Mas, karena udah lama enggak berkunjung kesana, jadi saya udah lupa juga apakah bisa atau tidak. Coba tlp langsung ke Telaga Arwana ya.

      Delete