Liburan Bersama Anak ke Hongkong Day 4: Tips Mengunjungi Hongkong Disneyland

Save the best for last! Kami masukan jadwal bermain di Hongkong Disneyland di akhir kunjungan kami. Sebetulnya ini strategi kami juga sih, karena kami ingin pindah ke hotel dekat Disneyland, jadi tidak mungkin kami simpan jadwal ke Disneyland di tengah-tengah. Sementara untuk memasukan jadwal ke Disneyland di awal, kami akan rugi karena baru tiba di Hongkong jam 4 sore.

Sebelum berangkat, agak sulit mencari tulisan di blog mengenai tips mengunjungi Hongkong Disneyland. Dan benar saja, ada hal-hal yang kami missed dari kunjungan kami pertama ke Disneyland Hongkong ini. Rempong betul ya mau ke Hongkong Disneyland aja perlu strategi dan tips! hehehe.. Yah, sekali lagi, kami mengunjungi Hongkong Disneyland pada periode libur sekolah di Hongkong dan China:p 

Posting ini cukup lama saya persiapkan, karena begitu banyak foto dan saya pun kebingungan memilihnya! Hehehe.. 


Kami meninggalkan JJ Hotel jam 8.30 pagi, dan naik taxi ke Hongkong MTR station. Ini pertama dan terakhir kalinya kami naik taxi di Hongkong. Itupun karena ribet bawa satu backpack dan satu koper besar, ditambah lagi ongkosnya murah hanya HKD 40. Setibanya di depan Hongkong Station, saya melihat pak supir taxi yang bercelana pendek itu menurunkan kami di depan Airport Express Station. 

Saya bertanya menegaskan "Is it the Hongkong MTR station?" Pak Supir mengangguk tanpa ragu. Jadilah kami turun, dan mencari letak MTR station dengan koper yang dinaiki kiddos#2:p Kami melewati check-in counter beberapa airlines, termasuk diantaranya Garuda Indonesia. Namun karena tidak ada petugas di counter Garuda (tadinya mau tanya mengenai city check in), kami lanjut berjalan menuju MTR station, dan naik MTR ke arah Tung Chung station. Ya, pagi itu sebelum ke Disneyland, kami pindah hotel dulu ke Novotel Citygate.

Foto kanan atas: Hongkong Station

Setibanya di Tung Chung station, kami berjalan ke arah Citygate Outlets. Sayangnya kami masih terlalu pagi, sehingga toko-toko yang nampak menggiurkan itu (OMG Coach factory outlet!) masih tutup. Saya dan kiddos menunggu di Citygate Outlet, sementara Rene check in di Novotel dan left baggage di concierge hotel. 

Novotel memiliki akses langsung dari Citygate Outlets, pintu masuknya dekat dengan Coach Factory Outlet (ah kenapa sih harus disebut lagi:p). Menurut petugas hotel, kamar baru akan siap jam 12.30 siang, karena itu kami meninggalkan Citygate Outlets dan berjalan kembali ke Tung Ching MTR Station dan langsung menuju Sunny Bay MTR station.

Siang itu Sunny Bay MTR station tidak terlalu ramai, kami sempat bingung, ini kami yang kesiangan atau bagaimana ya? Tidak lama menunggu, MTR berjendela kepala Mickey Mouse datang. MTR ini memang sangat unik dengan pegangan tangan berupa kepala Mickey Mouse, juga dilengkapi dengan patung-patung Disney Characters di dalamnya. Waktu melihat pertama kali MTR dengan jendela Mickey ini datang, kiddos were very excited!

Yeay finally heading to HK Disneyland!

Letak Sunny Bay MTR station tidak jauh dari gerbang Disneyland Hongkong. Cuaca mendung ketika kami tiba di sana, dan kami melihat tempat ini begitu ramai! Yah, kami pasrah saja mengikuti orang-orang mendekati pintu utama Disneyland Hongkong. Tips pertama dari saya, puas-puasin foto-foto ketika pertama kali tiba di Hongkong Disneyland, karena ketika malam tiba, pasti kita akan tergesa-gesa menuju MTR untuk kembali ke hotel.

Sesaat setelah keluar dari MTR Station

Tips kedua, untuk menghemat waktu, disarankan membeli ticket Disney baik secara online maupun di tempat-tempat yang menjual ticket Disney di Hongkong. Kami membeli di MTR Travel shop yang terletak di MTR Admirality Exit B, dan mendapatkan harga yang lebih murah daripada membeli langsung di web. Siang itu tidak ada antrian yang berarti di gerbang (yeay!). Selepas memasuki gerbang, kami kembali foto di depan taman berbentuk kepala Mickey.

Foto dulu di gerbang Disneyland
Tujuan pertama kami adalah tempat sewa stroller. Kami menemukannya tidak jauh dari gerbang. Petugasnya sempat bertanya "How heavy is your kid mam?" Saya jawab 22 kg, phew.. aman karena ternyata berat maksimal adalah 27 kg. Kami harus membayar 90 HKD untuk biaya sewa stroller di Hongkong Disneyland satu hari, dan membayar deposit 200 HKD yang refundable. Sang petugas mengingatkan "Please keep this receipt to get your deposit back" Saya pun menyimpan dengan baik di tas saya. Lumayan kan 200 HKD! Jadilah both kiddos duduk di stroller-nya masing-masing. 

Oya stroller kiddos#1 pun saya pinjam dari teman kantor, saya sudah mewariskan stroller kiddos ke sepupu mereka. Ini adalah tips ketiga, sebisa mungkin anda membawa atau menyewa stroller untuk keliling Hongkong Disneyland, supaya kiddos bisa enjoy. Di setiap area ada tempat penyimpanan stroller, jadi kita bisa tenang meninggalkan stroller dengan aman.

Tempat sewa stroller di dekat gerbang Disneyland

Kami berjalan menyusuri Main Street, hari itu karena masih dekat dengan Chinese New Years, semua hiasan masih bertema merah. Jadi makin berasa di Hongkong nih hehehe. Di sepanjang jalan berderet toko-toko yang menjual souvenirs dan mainan bertema Disneyland. Tentunya kiddos mulai sibuk hunting, namun kami katakan bahwa kita akan membeli di area Toy Story Land. Untungnya mereka mau dibujuk.

Main Street of Hongkong Disneyland

Karena sudah mendekati pukul 1 siang, kami bergegas ke area Castle, untuk bersiap menikmati Disney Parade. Tips keempat, tibalah 30 menit hingga satu jam sebelum parade untuk mendapatkan best spot:) Siang itu kami berhasil mendapatan deretan paling depan, sehingga kiddos bisa melihat tanpa harus kami gendong.

Semua bersiap menanti Parade
Ketika parade mulai, kiddos teriak memanggil Disney Character yang mereka kenal. Yang paling heboh tentunya waktu Toy Story Characters muncul di bagian akhir parade! Wah sulit menggambarkan betapa bahagianya mereka melihat tokoh-tokoh Toy Story yang mereka sangat suka. Jujur saja, saya juga sangat menikmati parade ini kok :)


Ketemu juga ama Buzz Lightyear!
Selesai parade kami berjalan ke arah Toy Story Land, yang merupakan tujuan utama kami mengunjungi Hongkong Disneyland. Malah kalau boleh jujur, pencarian ticket ke Hongkong dimulai ketika saya membaca bahwa Hongkong Disneyland baru saja membuka Toy Story Land pada bulan November 2011. Dan akhirnya kami mendapatkan ticket promo yang kami beli di bulan Maret 2012. Tulisan khusus tentang Toy Story Land bisa dibaca disini.  

Enggak kerasa, lama banget kami di Toy Story Land

Setelah menghabiskan waktu 3 jam di Toy Story Land, kami kembali ke arah Parade di sekitar Disney Castle. Hari itu Disney parade diadakan pukul 1 siang dan 3 sore. Dan kiddos nampaknya belum puas melihat Buzz Lightyear, karena itu mereka minta kembali melihat parade. Setelah melihat parade yang kedua, kami lanjutkan exploring Hongkong Disneyland ke area Tomorrowland.



Kiddos gembira menemukan Buzz Lightyear Astro Blasters, yang merupakan arena tembak menembak antara Buzz dengan Zorg musuhnya. Nah disinilah kami menemukan apa yang disebut Fast Pass. Kami melihat ada orang-orang dengan antrian Fast Pass ketika kami bermain Toy Soldier Parachute Drop di Toy Story Land. Kala itu kami berpikir bahwa Fast Pass ini pasti mahal. Ternyata Fast Pass ini gratis! Dan hanya ada di area tertentu. Yang kami lihat selain di Astro Blaster dan Toy Soldier Parachute Drop, dua attraction lainnya memiliki Fast Pass, yaitu Space Mountain dan Winnie The Pooh.

Kami mencoba Fast Pass di Astro Blasters, kami masukan ticket Disneyland kami ke dalam suatu mesin, dan mendapatkan ticket fast pass dimana tertera jam berapa kami harus kembali. Jadi selama menunggu, kami bisa bermain dulu atraksi lain. Dan hal penting ini luput dari research kami tentang Disneyland! Arrrgh.. Padahal lumayan daripada antri lama untuk Astro Blasters, kami bisa menunggu giliran fast pass kami sambil bermain Orbitron. Sebetulnya Orbitron ini biasa aja sih, tapi karena tampilannya yang colorful, lumayan bisa menghibur kiddos yang sudah tidak sabar bertemu Buzz dan Zorg.


mendapatkan nomor Orbitron pada saat antri, sehingga tidak perlu berebut

Kita tidak bisa mengambil fast pass di atraksi lainnya, sebelum jam yang tertera untuk ticket fast pass kita terlewati. Jam 6.30 ada waktu kami mengembalikan ticket fast pass di Astro Blasters. Kami menyerahkan ticket fast pass kami ke petugas, tanpa antri panjang kami sudah memotong antrian Astro Blasters. Yah, coba saya udah tau tentang Fast Pass ini sebelum berangkat. Tapi ya sudahlah... anda jangan sampai tidak menggunakan fasilitas ini ya, rugi! Ok, kita jadikan fast pass sebagai tips yang ke-6.

Permainan Buzz Lightyear Astro Blasters ini menjadi favorit kiddos, bahkan kiddos#1 mengajak saya masuk lagi setelah selesai sesi pertama. Inilah satu-satunya permainan di Hongkong Disneyland yang kami mainkan dua kali:)


Astro Blasters over and over again

Karena hari sudah malam, atraksi terakhir yang kami coba adalah Autopia, yang merupakan mobil sport dengan track yang sangat futuristic, apalagi jika dikendarai di malam hari. Antrian Autopia panjang mengular, ketika kami masuk antrian, tertulis bahwa waiting time skitar 45 menit. Tapi kiddos tetap ingin mencobanya, jadilah kami masuk. 

Setelah mengantri selama 25 menit, terjadi drama dimana kiddos#2 ingin pipis! Waduh! Kami melihat bahwa emergency exit masih jauh. Untuk mundur rasannya sayang, namun kami juga tidak bisa menembus antrian menuju emergency exit. Untungnya kami memiliki botol minum kosong, yang kami korbankan malam itu untuk menjadi tempat penampungan:p Apakah ini bisa menjadi tips ke 7?:D Hmm.. yang pasti tersedia tap water di Disneyland Hongkong, jadi saya sarankan anda membawa botol kosong, selain untuk minum, juga untuk keadaan darurat hehe..


Autopia, lebih keren di malam hari



Karena malam itu hari Sabtu, fireworks show dimulai pukul 9 malam. Setelah Autopia, kami menuju Disney Castle untuk mencari spot terbaik melihat Disney Fireworks. Kami tiba jam 8 malam, dan masih mendapat baris kelima dari depan. Nah tips yang ke 8 adalah, anda wajib tiba 1 jam sebelum Disney Fireworks ya, dan  duduk saja di sana. Saya mempunyai ide brilliant untuk mengembalikan stroller sebelum show dimulai. Saya pikir akan antri panjang jika mengembalikan stroller setelah show, karena semua orang pasti mengembalikan stroller. Saya pun meninggalkan rene dan kiddos, mengembalikan stroller, dan sempat hunting tempelan kulkas beserta snowball di beberapa toko.

Namun apa yang terjadi ketika saya kembali ke area castle pada jam 8.30? Saya sudah tidak bisa melihat dimana rene dan kiddos berada! Ketika saya kembali, tempat duduk sudah penuh, saya tidak bisa mencapai kiddos. Ok, ide brilliant saya nampaknya menjadi musibah nih! Tapi akhirnya atas bantuan petugas, saya diperbolehkan melewati orang-orang yang duduk manis dan berkumpul bersama kiddos kembali. Ah senangnya:)

Fireworks show pun dimulai, diringi lagu A Whole New World, Beauty and The Beast, dan beberapa lagu lainnnya. Alunan lagu nampak matching dengan permainan fireworks. Indah dan romantis dengan latar belakang Disney Castle. Kiddos yang sudah sangat lelah menikmati show dengan kagum, ketika banyak asap di udara, kiddos#1 mengatakan, "Yah..gosong deh rumah Mickey!":p

Inilah foto-foto dari Hongkong Disneyland Fireworks Show yang sempat kami capture.

awalnya seperti ini..
love it when the castle turned purple
prachtig!
fireworks show dilengkapi dengan fire show juga

Dan inilah lautan manusia ketika fireworks show usai..Kiddos berebut ingin duduk di stroller, jadilah salah satu dari mereka kami gendong.



Kami langsung menuju gerbang utama dan beranjak pulang menuju Sunny Bay MTR Station. Pada gambar di bawah ini, di bagian kiri gambar yang terlihat terang merupakan MTR station. Pastikan anda memiliki Octopus Card yang cukup saldo ya, jika tidak maka anda harus antri cukup panjang di area top up Octopus Card.

see you another time Buzz Lightyear!

Tips saya yang ke-9 dan juga terakhir adalah, sebisa mungkin jika anda memutuskan untuk tinggal hingga fireworks show bersama kiddos di Hongkong Disneyland, pilihlah hotel yang dekat dengan Disneyland. Pilihannya memang tidak banyak, selain Disneyland Hotel dan Disney Hollywood Hotel, anda juga bisa memilih Novotel Citygate seperti kami. Atau jika memang anda tetap ingin kembali ke hotel anda di Hongkong atau Kowloon, lebih baik anda menyiapkan stroller untuk anak-anak anda. Most likely, kiddos akan sangat lelah dan tidur setelah seharian bermain. Dan ketersediaan kursi di MTR sangat terbatas mengingat sangat banyak orang yang pulang ke arah Hongkong ataupun Kowloon.

Masih banyak atraksi yang belum kami coba karena keterbatasan waktu. Namun memang benar apa yang dikatakan orang, bahwa attractions yang ada di Hongkong Disneyland ini lebih cocok untuk anak usia 7 tahun ke bawah. Untuk anda yang menginginkan atraksi yang lebih challenging, in my opinion, Ocean Park lebih cocok untuk anda.

Tapi tentunya untuk kiddos, pengalaman bertemu tokoh Toy Stories Characters adalah highlight dari kunjungan mereka ke Hongkong Disneyland.


- end of day 4 -


Related Post:
Tips Family Backpacking ke Hongkong


Next Post:
Naik Cable Car ke Ngong Ping

Previous Post:
Bermain di Ocean Park



Good News on 15 May 2014:

Untuk Anda yang berencana ke Hongkong, silahkan download ebook Hongkong tesyasblog yang berjudul "Hongkong, a place for everyone" secara gratis!


Bagaimana cara untuk mendapatkan ebook travel gratis Hongkong ini?
Follow twitter @tesyasblog
Download our ebook di link ini


Updated February 2015: 
Untuk merencanakan liburan keluarga ke Hong Kong, Anda bisa mendapatkan informasi detail di dalam buku Family Backpacking Hong Kong yang sudah bisa didapatkan di toko buku terdekat. 


36 comments:

  1. Mbakkk jd ga sabar nunggu juni bw anakku ke disneyland... dy juga mau ketemu sama buzz n woody.. aku ks liat foto disini, tambah gregetan anakku krn juni msh lama hehehe... bagus juga tips nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Echi, semoga nanti cuacanya mendukung dan perjalanan lancar ya.. Enjoy Disneyland!

      Delete
  2. mba... kalau tempat sholatnya ada ga di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih ga liat ya, tapi bisa diakalin bawa sejadah dan mukena, cari tempat yg agak tersembunyi untuk solat (di taman gitu misalnya). Atau kalau bawa anak, bisa masuk ke ruang menyusui dan solat di sana. Asalkan kita bawa smartphone berinternet untuk nunjukin arah kiblat ya.

      Delete
  3. Makanannya gimana mba... yg halal banyak kah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya ada dua yang bersertifikasi halal mba: Explorer's Club Restaurant di Mystic Point dan Tahitian Terrace di Adventure Land. Coba liat link ini deh: http://park.hongkongdisneyland.com/hkdl/en_US/general/popup?name=HalalCuisinePopUpPage

      Semoga membantu ya..

      Delete
  4. mom, mau nanya... apakah wahana di ocean park dan disneyland hongkong itu, cocok untuk anak berusia 4 thn?
    sayang juga kan kalau sudah sampai sana, ternyata banyak permainan yang gak bisa ikut.. thank you ya buat sharingannya.. sangat2 membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Reimon, keduanya cocok untuk anak usia 4 tahun, pasti anakmu puas deh di sana. Have fun yaa :)

      Delete
    2. Thank you tesyaa.. we will have fun :)
      again thank you bgt sharingan di blog ini membantu banget *thumbs up*

      Delete
    3. You are very welcome Reimon :)

      Delete
  5. mba mau tanya harga tempelan kulkas sama snowballnya kira2 brapaa ya mbaa??hehe mau nitip sama temen..makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai...tempelan kulkas sekitar HKD 10, kalau snowball sekitar HKD 20.

      Delete
  6. hy pertama wuah excited bngt baca pengalaman kamu :) ...
    kayakny seru bngt d Disneyland...

    Kalu boleh tahu kira-kira untuk liburan d Hong Kong bisa habisin brpa uang yah ? Bisa d kasih rincian gak ? makasih sblum ny :) ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga Mba or Mas..
      Rincian besarnya begini:
      - Ticket pesawat Garuda Indonesia per orang PP USD 280 => dengan kurs waktu itu, kami membayar Rp 10 juta untuk berempat.
      - Hotel 4 malam : Rp 6 juta
      Sisanya adalah untuk budget harian dan tiket masuk ke Disneyland, Oceanpark dan naik Cable Car.
      Kalau mau detail itinerary plus budgetnya, email saya aja ya Mba or Mas..thank you..

      Delete
  7. hi mba tesya...ga sengaja lg nyari2 ttg disneyland dan ocean park, malah diarahin ke blog mu..

    mw nanya mba, itu liburan sekolah di sananya bulan apa ya? aku rencana ke sana antara tgl 8-18 desember. Peak season juga ga ya di sana?

    Btw, di Disneyland banyAk wahana extreme nya ga? yg aku cari cuma yg naikin adrenalin doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fanny, liburan sekolahnya aku ga tau kapan....maapkan. Tapi kalau tgl 8-18 masih aman, belum mulai liburan natal. 15 Des ke atas mungkin sih udah mulai rame ya di HK.

      Disneyland ada donk wahana extreme nya, tapi emang aku ga nyobain waktu di HK karena bawa kiddos. Misalnya Space Mountain, roller coaster di dalam gelap. Seru tuh...

      Eh ya, kalau mau yg memacu arenalin, kayanya Fanny lebih cocok ke Ocean Park deh. Ih gile itu roller coasternya berliku-liku! Ayo cobain *aku sih enggak mau hehehe..

      Delete
  8. Halo mba Tesya salam kenal
    Mau tanya kalo libur lebaran itu ke disney termasuk lagi ramai apa ngga ya mba...
    Makasiyyyy....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Cantik, iya kalau lebaran termasuk periode peak, isinya orang Indonesia semua juga..hehe..

      Delete
  9. Halo mbakkk....
    mau tanya, disana org2nya masih bisa bahasa inggris kan yah?
    rencana mau kesana bulan mei, enak ga yah? Td mba blg ud mulai hujan yah? Hehehhe....
    thank youuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Felicia, salam kenal ya..
      Bisa kok mereka, terutama di tempat tourist ya. Kalau di pasar lokal ya banyak juga yang enggak bisa.

      Iya aku waktu Mei kesana hujan dan berkabut setiap hari.

      Ohya, sebentar lagi buku Family Backpacking ke Hong Kong akan segera dirilis, stay tune ya Mudah2an Januari udah ada di toko buku. Nanti Elexmedia yang akan rilis :)

      Delete
    2. Tp masih bisa buat jalan2 dan ke disneyland kan yah?
      soalnya mau honeymoon kesana... (curcol dech) hehehe....
      trus acara fireworks tiap hari ga yah?
      sori yah banyak nanya...hehehehe

      Delete
    3. Iya cocok aja kok :) Acara fireworks nya setiap hari (selama ga ada typhoon ya).
      Wah selamat honeymoon-an ya nanti. Mungkin cocok nginep di Cheung Chau Island yang sepi hehehe

      Delete
  10. tuk ticket masuk disneynya berapa tuh mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Roby, skrg ticketnya HKD499 dewasa dan HKD355 untuk anak.

      Delete
  11. Hai mba. untuk ke disneyland lebih baik weekday atau weekend ya mba ? dan untuk fireworks nya apa setiap hari pasti ada ? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Mba, fireworks nya ada tiap hari, tapi kalau weekend mulai jam 9 malam.
      Saya waktu itu weekday, tapi lagi libur sekolah, jadi tetep rame. Kalau Mba enggak pas lagi peak period, lebih baik weekday.

      Delete
  12. halo untuk hotelnya perkiraan harga brpa yaa? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotel nya bukan hotel di Disneyland kan? Kalau hotel di Hong Kong mirip dengan harga hotel di Singapura. Mulai Rp 1,5 juta per malam.

      Delete
  13. Mba Tesya, saya rencana ajak anak( 4 tahun) ke disneyland, kalau misal saya berangkat dari pagi sampai acara penutupan kembang api jam 8 malam kan bakal lelah tuh, ada tempat istirahat buat si kecil ga ya, buat tidur siang ? soalnya penginapan di Hk island.

    O ya, untuk sarapan pagi ada rekomendasi ga (bukan buffet hotel) ? soalnya rata2 restoran halal bukanya jam 10-11, apa di 7-11 aja ya ? bisa makan distu juga ga ?

    Thxxx Mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mas Ivan, saya sarankan bawa stroller aja, jadi anaknya bisa tidur di stroller. Enggak ada tempat istirahat khusus, paling duduk di restoran dan tidur di kursinya.

      Kalau aku sih dulu beli nasi goreng atau mie goreng di halal canteen deket JJ Hotel di Wanchai, terus kami makan besok paginya. Atau bawa Pop Mie aja dari Indonesia hehee.. Beli 7-11 bisa, tapi tempatnya sempit2, aku enggak pernah sih makan di 7-11 nya. Paling jajan aja disana untuk take away.

      Delete
  14. keren mba! aku pengen juga ke disneyland hongkong cuman karena masih awam jadi masih harus cari referensi sebanyak-banyaknya. kira2 harga hotel di deket disneyland berapa ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, untuk referensi jangan lupa beli buku Family Backpacking Hong Kong ya hehehe...

      Mulai dari Rp 2 juta sd Rp 4 juta Mba, mahal kalau disana sih.. Kalau mau murah di kota nya, jangan di deket Disneyland.

      Delete
  15. Mbak.harga mainan woody buzz jessie berapa ya kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Afif, Rp 800 ribu. Mas mau beli pre-loved punya Kiddos? Hahaha... email aja kalau mau :)

      Delete
  16. Hi mbak.. klo utk atraksi antara weekday dan weekend ada bedanya? Firewoks pas weeday mulai jam brp? Oh ya fast passnya itu bayar lg atau free? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shierly, fastpast itu enggak bayar lagi.

      Jadwal firework untuk weekday cek di website Disneyland ya => https://www.hongkongdisneyland.com/entertainment/disney-in-the-stars-fireworks/

      Atraksinya saya enggak tau Mba, karena waktu ke sana sedang musim liburan. Tapi rasanya sih dijalankan semua Mba, karena tetap ramai.

      Delete