Liburan Bersama Anak ke Hongkong




Sudah terbit 16 Februari 2015, dibeli yaaa:))


Well, it's still 4 months to go, tapi saya harus udah finalize itinerary untuk liburan pertama kami ke Hongkong bersama kiddos. Insya Alloh rencana kami berangkat adalah di bulan Februari 2013, selama 5 hari 4 malam. Untuk yang saat ini sedang planning liburan ke Hongkong bersama anak, saya coba share disini ya what I have been through so far hehe..

Tiket Pesawat
Saya dan rene sudah bertekad akan membeli direct flight Jakarta-Hongkong. Karena ini merupakan pengalaman terbang kiddos jarak jauh, kami tidak ingin transit dulu di Singapore (Jetstar) ataupun Kuala Lumpur (Air Asia) untuk liburan keluarga kami ke Hongkong. Jadilah kami berburu ticket dari awal tahun 2012 yang lalu. Dan Alhamdulillah kami dapat ticket Garuda Indonesia return 280 USD for one person. Itu sudah nett ya harganya. Ticket kami beli satu tahun sebelumnya (hehe..niat bener yah!) yaitu di bulan Maret 2012, dengan menggunakan promo Early Bird Fare Garuda Indonesia.

Hotel
Pemilihan hotel ini ribet luar biasa, selain masalah budget, juga karena kebanyakan hotel di Hongkong hanya memperbolehkan 1 orang anak, selain itu tambahannya dikenakan fee. Kalau saya dan Rene aja sih waktu ke Hongkong inepnya di Hop Inn, nah ini bawa kiddos, ga mungkin kan kita inep di hostel dengan ukuran super mini itu. Mungkin aja sih, tapi sebisa mungkin kami hindari hehe..

Melalui booking.com dan mengambil room dengan "free cancelation" kami sudah booking premier room di JJ Hotel Hongkong dengan harga sekitar Rp 5 juta untuk 4 malam. Itu untuk harga kamar paling besar ya di JJ Hotel, ada juga kamar yang lebih kecil dan tentunya harganya sedikit lebih murah. Kami juga sudah menanyakan kepada pihak hotel, JJ Hotel memperbolehkan kami membawa 2 anak tanpa dikenakan biaya. JJ Hotel memiliki review yang bagus di Tripadvisor, lokasi nya juga bagus dekat MTR Wanchai, namun sayang tidak ada kolam renang. Oya harga diatas sudah nett room only ya.

Walaupun lebih mahal booking kamar dengan "free cancelation" di booking.com, namun pembayaran hotel dikenakan pada saat check in nanti. Dan kita bisa cancel tanpa fee hingga 3-5 hari sebelum tanggal pemesanan. Jadi untuk planning jauh-jauh hari, booking.com adalah andalan kami.

Awalnya kami ingin juga menginap di Disneyland, namun karena kamar termurah adalah Rp 2,5 juta semalam, tanpa breakfast, dan tanpa indoor pool di Disney's Holywood Hotel, kami urungkan saja deh niat tersebut:p Pertimbangan utama selain harga di atas, karena faktor makanan yang sangat mahal di area hotel Disney. Daripada nanti ribet cari makan, kami putuskan untuk stay di daerah kota saja.

Terakhir, kami booking juga Harbour View Room di YMCA Salisbury hotel daerah TST. Pemilihan hotel ini karena dari sekian banyak hotel yang sudah di survey via web, YMCA Salisbury memiliki indoor pool. Jadi kalau cuaca kurang mendukung dan kami harus stay di hotel, kami tidak akan mati gaya amat lah. Bulan Februari memang adem adem semriwing di Hongkong, makanya indoor pool akan sangat bermanfaat. Booking kami lakukan directly ke website hotel, dan mereka tidak meminta DP, hanya minta isi data untuk booking room saja. Best rate untuk standard room sekitar HKD 1,080 per malam.

Sampai dengan saat ini, masih belum diputuskan antara JJ Hotel ataupun menginap di YMCA Salisbury. Tapi saya sudah buat dua itinerary untuk kedua hotel tersebut. Rempong yah.

Itinerary
Intinya sih tujuan kami ke Hongkong adalah membawa kiddos ke Ocean Park dan Disneyland. Namun setelah melihat ticket masuk kedua tempat tersebut, wow serem mahalnya. Jadilah hari-hari berikutnya kami masukan hal-hal yang free. Naik ke the Peak dengan tram pun kami masukan sebagai optional, karena kiddos pernah naik tram serupa di Penang Hill.

Jika cuaca mendukung, kami ingin ke pantai Repulse Bay. Kami juga ingin menjelajah kota dengan naik Tram kuno dari North Point ke Western Market. Kemudian naik mid level escalator di dekat Central MTR. Mengunjungi Zoological dan Botanical Garden juga kami masukan ke itinerary. Pokoknya free things to do in Hongkong deh, jadi budget kami terpusat di Disneyland dan Ocean Park saja.

Tentunya itinerary tidak kami buat padat, kalau kecapean ya tidur aja di hotel deh hehe.. Oya untuk kepentingan our travelblog, saya udah minta bantuan rene mengunjungi Ngong Ping. Biar saya ama kiddos di hotel aja:p 

Selamat planning liburan bersama anak ke Hongkong ya, kalau ada tempat-tempat free yang wajib dikunjungi, please share melalui comment ya. Kalau ada pertanyaan juga dipersilahkan.. :) 

Next Post:
Day 1: Perjalanan dari Jakarta ke Hongkong
Transportasi Untuk Family Backpacking di Hongkong
Mencari Tempat Menginap Dengan Anak di Hongkong
Tips Family Backpacking ke Hongkong



Related Post on Hongkong Traveling w/ Kiddos:
Hotel review: Novotel Citygate
Hotel review: JJ Hotel
Halal Dimsum in Hongkong


posted on tesyasblog:
Jalan Hemat Hongkong Macau Singapore
Liburan ke Hongkong
Liburan ke Macau


Baca juga:
Pengalaman Buruk Dengan Ticket Promo Garuda Indonesia


Good News on 15 May 2014:

Untuk Anda yang berencana ke Hongkong, silahkan download ebook Hongkong tesyasblog yang berjudul "Hongkong, a place for everyone" secara gratis!


Bagaimana cara untuk mendapatkan ebook travel gratis Hongkong ini?
Follow twitter @tesyasblog
Download our ebook di link ini


Updated February 2015:

Alhamdulillah sudah terbit buku Family Backpacking Hong Kong, ayo dibeli untuk panduan Anda dan keluarga jalan-jalan hemat ke Hong Kong.

28 comments:

  1. Saya rencana mau berangkat awal september 2013 bersama istri dan anak anak.
    Terima kasih dengan pengalaman2nya yang pasti bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah senangnya mau liburan ke Hongkong, semoga lancar semuanya ya..

      Delete
  2. hallooo mba, seneng banget dapat referensi tulisan ke hongkong dari blog nya mba. Karena kami ada rencana juga ke hongkong, tp dgn budget yg pas...Thanks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga Mba, sama-sama Mba, semoga lancar ya liburannya nanti..

      Delete
  3. Thanks Mba, sangat bermanfaat sekali. Kami rencana akan berangkat akhir Mei ini, boleh japri langsung ga Mba, ada yg mau sangat tanyakan? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan email aja ya tesyas.blog@gmail.com

      Delete
  4. Mbak...waktu itu book jj hotel brp bulan sebelumnya? Kalau mau pergi maret tp booking skr, bisa gak ya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, aku book bulan April setahun sebelumnya, trip ku kan di Feb 2013. Hehehe.... Bisa kok booking 11 bulan di muka. JJ Hotel ini sekarang suka full terus kalau kata beberapa pembaca blog yg email aku. Semoga Mba bisa dapet premier room dengan harga ok ya :)

      Delete
  5. apakah untuk ke hongkong dan macau menggunakan visa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu visa jika hanya untuk berlibur ke HK dan Macau.

      Delete
  6. saya nadia dr malaysia.. saya nak tanya... di hong kong ada tak hotel with breakfast (halal food) yang berdekatan dengan mtr atau tram atau subway.. yang mudah ke ocean park, disneyland dan madam tussauds..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Nadia, salam kenal ya...saya tidak tau mengenai hal yang Nadia tanyakan. Namun sebabagi alternatif, Nadia dapat menginap di hotel dekat dengan Wanchai Islamic Center. Pilihannya: The Charterhouse Hotel. Jadi untuk makan pagi, bisa beli dari malam saja seperti nasi goreng di kantin halal inside the Islamic Center.

      Delete
  7. sebelum ni saya pernah ke hong kong sekali aja. tp menggunakan khidmat tour guide. bayaran nya mahal. so kali ni saya plan untuk membawa family dan teman2 sekitar 30 adult and 10 kiddos.. rasanya harus ambil tour guide atau jalan sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah banyak sekali Nadia yang akan berangkat...hehe..tidak masalah jalan sendiri, asalkan mau repot book kamar (berarti 15 kamar ya). Mungkin Nadia disana sewa van saja, coba gooling van hire in HK.

      Delete
  8. Halo salam kenal. Mau nanya kalo aplikasi untuk chat seperti line dan whatsapp bisa digunakan ga di hongkong/macau? Makasih jawabannya☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...bisa banget, selama data internet kita nyala aja Mba. Semisal konek dengan free wifi.

      Delete
  9. Mba, kalau saya mau Ke Ngong Ping sekalian Ke Disney Land keburu ga ya mba waktunya? Saya bawa anak umur 4 tahun. Ngong Ping sendiri buka jam berapa ya? apakah bisa saya dari Ngong Ping langsung lari ke Disney Land?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, Ngong Ping bukanya dari jam 9. Semisal dari jam 9-12 di Ngong Ping, kemudian ke Disney hingga jam 9 malam (kalau hari Sabtu). Pastinya enggak akan puas di Disney nya sih, apalagi kalau abis waktu untuk antre. Tapi kalau mau dua-duanya ya bisa aja sih.

      Delete
  10. Mbak saya mau tanya, waktu ideal untuk ke Hongkong kira2 bulan apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya suka bulan Februari Mba, udaranya enak sekitar 15-20 derajat.

      Delete
  11. yeayyy udah beli n udah bacaaa... keren banget bukunya sangaat2 informatif tapi masih banyak yang pengen ditanya..hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kalau mau tanya-tanya Mba:)

      Delete
  12. Halo mbak.saya suami dan ank rencana akan tiba di hkg tgl 30 oct sore sekitar jam 6sore. Dan akan stay di hotel metropark mongkok,kwoloon.
    Itu bagusnya kami dr airport naik train airport express ya?trus turunnya di ho g kong?kemudian lanjut naik apa lg ya ke mongkok?kami akan bawa 2 koper besar seperti nya kok repot ya bawa koper dan anak ganti2 transportasi jg waktunya sudah malam.
    Dan jg esok hari nya kami ada keperluan utuk ke daerah cotton tree drive/causeway bay station dan admiralty station jg ke disneyland.bagusnya naik apa ya mbak?seperti nya MTR hanya pilihan nya ya tp mbak blg padet ya klo naik MTR itu..
    Jd bingung krna bawa anak ini takut gak nyaman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ayunda,

      Kalau mau ke Mongkok, naik Airport Express Train-nya sampai Kowloon Station aja, enggak usah ke Hong Kong Station. Nanti dari Kowloon Station ke Metro Park ada free shuttle. Ada dibahas di buku saya Mba. Mengenai free shuttle ke hotel mana aja. Mba jangan lupa beli dulu ya:D
      Ada tempat koper di shuttle, enggak masalah kok..nyaman.

      Pilih jamnya aja Mba, jangan jam pergi kerja dan pulang kerja, di luar itu kosong kok. Iya pilihannya cuman MTR kayanya. Naik bus malah lama nanti.

      Gpp kok Mbak, anak-anak akan nyaman kalau orangtuanya tenang, jadi just enjoy the vacation and what happens along the way ya Mba. Have fun!

      Delete
  13. Halo mbak..thank you answer nya ya mbak.
    btw itu buku nya judul nya apa ya?penulis nya atas nama mbak?info ya mbak?pasti membantu bgt itu referensi di hk biar gak berasa lost tourist
    .hihi..
    thank you mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, judulunya Family Backpacking Hong Kong, iya yang tulis tesyasblog dan Deasy Herlangga. Semoga bukunya bermanfaat ya.

      Delete
  14. Hi mba..salam kenal, saya jasmine..mau nanya kalau ke hongkong akhir maret cuacanya gimana yah? Nyaman tidak untuk anak2? (6&7 yo) tq...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maret ok kok Mbak, baru selesai musim dingin..

      Delete