Liburan Hokkaido Day 6: Hari Terakhir di Sapporo

Terimakasih untuk teman-teman pembaca tesyaskinderen yang sudah mengikuti kisah liburan kami ke Hokkaido. Tiba saatnya, saya sharing mengenai hari terkahir kami di Sapporo sebelum kami kembali ke Indonesia. Tulisan ini menjadi penutup rangkaian travel diary kami selama berlibur di Hokkaido.

Pagi hari, kami naik kereta dari Asahikawa menuju Sapporo. Backpack kami titipkan di stasiun kereta, lalu kami langsung jalan-jalan setibanya di Sapporo. Hari itu kami awali dengan makan seafood segar di Nijo Market, pasar ikan di Sapporo. Lalu kami naik chairlift di Okurayama Ski Jump Stadium, waaah pengalaman tidak terlupakan naik ke atas puncak menggunakan chairlift. Belum lagi pemandangan yang kami bisa lihat dari atas menuju kota Sapporo :)

Tapi petualangan kami hari itu tidak berhenti di Okuraya Ski Jump Stadium. Kami juga pergi ke sebuah taman bernama Moerenuma Park. Taman yang saya temukan saat riset mengenai liburan ke Hokkaido ini berwarna hijau tertutup rumput pada musim panas, namun menjadi putih ditutupi salju saat musim dingin.

Enjoying our family time at Moerenuma Park

Mencari Seafood Segar di Nijo Fish Market

Kalau Tokyo punya Tsukiji Fish Market, Sapporo juga memiliki pasar ikan bernama Nijo Fish Market. Sewaktu ke Tsukiji, kedua Kiddos memilih tinggal di apartemen. Namun kali ini mereka tidak protes saat tau diajak ke pasar ikan.

Kami naik kereta dari Sapporo Station, dan kami begitu kagum melihat betapa kerennya underground station di Odori Station, yang merupakan stasiun terdekat untuk mencapai Nijo Market.

Aaaah, Jepang selalu amazing!

This was uber cool :)
Underground station walkaway dipergunakan juga untuk pameran lukisan
Beautiful art gallery undergorund

Saat tiba di pintu keluar terdekat dengan Nijo Fish Market, kami menemukan anak tangga yang lumayan tinggi! Aduh perut kami yang lapar harus bersabar menaiki anak tangga satu per satu. Hahaha..

Tapi kami senang sih, waktu tiba di atas, kami langsung melihat Sapporo TV tower up close and personal :)

Ayo, semangat Dek!
Di pintu keluar Subway, Kakak ternyata cape ya hehe..

Kami berjalan mengikuti google map, meninggalkan Sapporo TV Tower yang batal kami kunjungi karena terbatasnya waktu. Dan 5 menit kemudian kami tiba di Nijo Fish Market.

Pagi itu suasananya tidak terlalu ramai, dan pasar ikan ini jika dibandingkan dengan Tsukiji di Tokyo, jauh lebih kecil. Kami sempat makan oyster dan crab, duh segar sekali seafood yang ada di Jepang ini. Kalau tidak mengingat harganya, mungkin kami bisa makan lebih banyak lagi.

Ada hikmahnya juga mengunjungi Nijo Fish Market di hari-hari terakhir di Jepang. Sehingga kami harus hemat karena Japanese Yen sudah sangat terbatas hehehe..

We kept on walking...

Arriving at Nijo Fish Market
The crowd at Nijo Fish Market

Naik Chairlift di Okurayama Ski Jump Stadium

Karena batal mengunjungi Mount Moiwa pada malam pertama di Sapporo (iya... kami lebih memilih makan ramen halal Horyu), kami memasukan agenda naik chairlift di Okurayama Ski Jump Stadium.

Tentu saja kedua Kiddos sangat menunggu kesempatan naik chairlift lagi setelah mereka mencoba naik chairlift di Nakafurano. Kami naik kereta ke Maruyama Koen Station, kemudian disambung dengan naik bus 14 ke Okurayama.

Maruyama terkenal dengan kebun binatangnya, namun karena kami sudah mengunjungi Asahiyama Zoo di Asahikawa, kebun binatang Maruyama Zoo di Sapporo kami skip.

Okurayama Stadium digunakan untuk Winter Olympics pada tahun 1972. Hingga saat ini, jika stadium tidak digunakan untuk ski jump events, pengunjung dapat naik ke atas menggunakan chairlift dan melihat pemandangan kota Sapporo dari atas.

Would you do a ski jump from that hill?
Naik chairlift ini lumayan murah, JPY500 aja pulang pergi
Ice cream on the top of the hill

Selain atraksi chairlift ini, pengunjung juga bisa masuk ke dalam museum Winter Olympics. Jadi saran saya, kalau ke Sapporo harus ya mampir ke Okurayama ini.

Tempat ini mudah diakses, tiketnya murah dan pengalaman naik chairlift nya pun sangat menyenangkan.

Entah gaya apa ini Kiddos#2

Having Fun At Moerenuma Park

Setelah makan siang di KFC dekat stasiun kereta Maruyama Koen, kami memutuskan untuk tetap mengunjungi Moerenuma Park, walaupun lokasinya di pinggir kota Sapporo.

Sewaktu di dalam bus menuju Moerenuma Park, kami melewati daerah perumahan di pinggiran kota Sapporo yang sepi. Asyik juga menikmati suasana Sapporo yang lain :)

Kepada supir bus kami sampaikan bahwa kami ingin pergi ke Moerenuma Park, saat tiba di bus stop terdekat, ia pun memberitahu kami untuk turun. Lalu kami berjalan lumayan jauh ke dalam taman, dan sesampainya di dalam, kedua Kiddos langsung guling-guling di rumput yang hijau dam tebal. Hahahaa..

Setelah berjalan kaki cukp jauh, seneng banget deh mereka guling-guling:D

Silahkan membaca lebih lengkap mengenai taman ini di website-nya, kami sekeluarga sangat happy bisa bermain di sini.

Taman ini memiliki design yang indah
Kita bisa naik turun di beberapa bukit buatan yang ada di Moerenuma Park
Ikut main bola dengan keluarga Jepang

To end our travel diaries in Hokkaido, saya simpulkan bahwa Hokkaido sangat menyenangkan karena lebih sepi dibandingkan tempat yang kami sudah kunjungi di Jepang sebelumnya (namely Tokyo, Osaka dan Kyoto). Walaupun kami datang saat awal musim panas, Hokkaido tetap dingin, nyaman untuk dijelajah dengan jalan kaki.

Public transport di kota Sapporo pun tidak se-pusing jalur kereta di Tokyo. Namun mungkin yang masih tidak terlalu banyak adalah referensi tulisan dalam Bahasa Indonesia tentang liburan ke Hokkaido di internet. Karena hingga tulisan ini di post, wisatawan Indonesia masih memilih pergi ke kota besar di Jepang.

Semoga tulisan yang kami share bisa bermanfaat untuk teman-teman yang akan liburan ke Hokkaido ya :)

written on November 6, 2017
Follow our IG & twitter: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: Tesya Sophianti

Our posts on Hokkaido:

Related Post on tesyasblog:

4 comments:

1. wow, menyenangkan sekaliii....

ReplyDelete
  2. Mbakk.. baru baca ini pas browsing ttg Hokkaido.. Langsung tamat Day 1-6.
    Hebat ya kiddos mau diajak jalan kaki jauh tanpa cranky ;-)Gak gadget minded juga kalau dari foto2nya. Udah gitu akur lagi berdua
    Salut mbak selalu bawa anak2 ke alam, merasakan kehidupan lokal gak cuma mall dan bahkan tempat hiburan spekta macam Disneyland.

Keep traveling and inspired us ;-)

ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah Mba Fluory mau ke Hokkaido? Asyik... Mereka kalau di jalan kita kasih gadget kok, apalagi kalau di kereta sampe 2 jam gitu.