Mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa


One of our bucketlist adalah mengunjungi museum kereta api di Ambarawa. Pada liburan pertama kami ke Semarang, museum ini tidak jadi kami kunjungi karena keterbatasan waktu. Saat itu kami hanya sempat mengunjungi Lawang Sewu yang juga saat ini sudah dijadikan museum kereta api.

Pada liburan akhir tahun ke Semarang, kami khusus sewa mobil demi bisa mengunjungi museum kereta api di Ambarawa. Walaupun tidak bisa naik kereta uap yang hanya jalan di hari Minggu, kami sangat menikmati kunjungan ke museum kereta api di Ambarawa ini.

Kereta api yang ada bisa di explore oleh penumpang, kompleks museum sangat bersih, tiket masuknya pun murah. Bahkan saya menilai bahwa inilah museum terbaik yang pernah kami kunjungi di Indonesia :)

Puas naik turun gerbong dan lokomotif deh


Perjalanan Dari Semarang ke Ambarawa

Kami dijemput sekitar jam 8 pagi di hotel Louise Kienne Simpang Lima, untuk menghindari macet di pintu tol. Alhamdulillah perjalanan lancar, belum ada antrean sama sekali di tol Semarang.

Saya suka banget jalan tol di Semarang itu bagus ya, dan enggak macet kaya di Jakarta:D Tapi sewaktu kami pulang ke Semarang sekitar jam 1 siang, sudah tampak antrean lumayan panjang di gerbang tol keluar kota Semarang.

Jadi sebaiknya jika akan mengunjungi museum kereta api Ambarawa pada akhir pekan apalagi musim liburan, pergilah pagi hari.

Kami sewa mobil dengan supir di Semarang, karena mr.husband tidak ikut dalam perjalanan ini. Dan saya sebagai princess wann be yang mengandalkan uber dalam kehidupan sehari-hari, kurang adventorous untuk self drive dari Semarang ke Ambarawa. 


Tiket Masuk ke Museum Kereta Api Ambarawa

Saat tiba jam 9 pagi, museum masih lengang, kami juga bisa mendapatkan parkir dengan mudah. Kami disambut tulisan Ambarawa di pintu masuk. Jadi sebelum membeli tiket, jangan lupa foto dulu ya:D

Kedua Kiddos dengan Opa dan Oma


Harga tiket masuk ke museum kereta api Ambarawa adalah Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak. Lebih mahal harga minuman yang kami beli sebelum masuk ke dalam museum.  Hih, malah curcol di sini:D

Tiket masuknya aja keren!


Disambut Sejarah Kereta Api

Begitu melewati pintu masuk, kami disambut area yang memperlihatkan perjalanan kereta api di Indonesia. Area ini bersebelahan dengan lokomotif yang dipajang. Ada rantai pemisah yang membuat kedua Kiddos resah, "Aku mau langsung naik kereta!". Eaaaa padahal Opa nya masih asyik membaca sejarah kereta api. 

Bisa ditebak akhirnya kami berpisah karena kedua Kiddos tidak sabar explore lokomotif dan kereta yang bisa dinaiki.

Area yang menampilkan sejarah kereta api, Opa masih tertinggal di belakang


Naik Turun Kereta dan Lokomotif

Pagi itu udara lumayan bersahabat, tapi tentunya kedua Kiddos sudah saya amankan dengan topi, sementara Bundu nya sudah aman dengan sunblock:p Area museum sangat luas dan nyaman. Kami semua betah berada di museum ini.

Saya sibuk mengikuti kedua Kiddos yang very excited melihat kereta sungguhan dalam jumlah yang banyak ada di depan mata mereka. Jangankan kedua Kiddos, saya juga excited kok hahaha..

Baiklah, fotonya agak banyak ya, supaya terbayang seperti apa keseruan museum ini.

Keren banget lokomotifnya! Pengunjung juga bisa belajar sejarah atas D5106 ini
Masuk ke dalam salah satu gerbong
Puas deh ya naik turun kereta :)
Pura-pura jadi masinis
Kiddos#2 with Oma




Ada disini penggemar Thomas and Friends? Tau kan turntable di film Thomas? Ada donk di museum ini, keren banget walaupun sudah tidak beroperasi.

"Meja Putar" aka railway turntable



I Love Ambarawa

Dan di tengah-tengah area museum ada tulisan "I Love Ambarawa" yang sangat instagramable itu! Aaaah, we love this place!

I love Ambarawa, indeed


Kami menghabiskan sekitar 2 jam di musuem kereta api Ambarawa, dan akhirnya pulang kembali ke Semarang. Saya harap semoga museum ini tetap dapat dijaga dan dirawat dengan baik.

Semoga suatu saat bisa kembali lagi dan bisa merasakan naik kereta api uap di Ambarawa.

This is a must visit museum in Indonesia :)

Until we meet again, the cool trains!



written on March 23, 2017
Follow our IG and twitter account: @tesyasblog
Like our FB Fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: tesyasvlog




2 comments:

  1. Huaaah Ambarawa.. Aku dari zaman sekolah belajar sejarah pingin banget mba ke sana.. Hihi.. :D Anak2 pasti senneg banget ke museum kereta api di sana ya mba Tesya.. Anak2ku juga lagi suka nonton Chuggington nih.. Ada turntable-nya juga.. Keren foto2nya mbaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Dita ajakin anak-anak kesini, iya anak-anak ku sukaaaa banget! Mamahnya udah kepanasan:D Turntablenya cakep ya emang :)

      Delete