Memesan Penginapan Dengan Airbnb: Apa Yang Perlu Diketahui


Situs www.airbnb.com adalah favorit saya untuk mencari akomodasi ketika liburan bersama keluarga ke luar negeri. Dengan memesan apartemen melalui airbnb, saya selalu bisa mendapatkan harga sesuai bujet saya yaitu Rp1,5 juta per malam untuk dua dewasa dan dua anak, di berbagai negara. Tidak hanya kamar, unit apartemen yang disewakan termasuk dapur dan mesin cuci.

Di Kyoto, saya akhirnya menaikan bujet menjadi Rp1,75 juta per malam, dan memilih sebuah rumah Jepang modern yang berada di dekat Shichijo Station. Dengan tinggal di apartemen bergaya Jepang tersebut, saya memiliki kesempatan memperkenalkan kepada anak-anak bagaimana orang Jepang tidur, yaitu di atas kasur bernama “futon” (dibaca fu-tong).

Our AirBnB in Kyoto, Japan



Baru mengenal situs airbnb? Jangan khawatir, memesan apartemen melalui airbnb sangat mudah, seperti melakukan pemesanan hotel secara online.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

1. Mendaftar sebagai anggota airbnb; ini adalah hal yang pertama yang harus dilakukan. Isilah profil, ceritakan mengenai keluarga, dan upload foto. Kira-kira profil kami seperti ini:  



2. Berkenalan dengan host; sebelum menyewa, biasanya saya mengirimkan pesan kepada calon host saya. Perkenalkan diri dengan sopan, lalu sampaikan bahwa kita tertarik menyewa apartemen pada tanggal tertentu, tanyakan apakah tanggal tersebut masih tersedia? 

3.  Baca ulasan tamu yang pernah menginap; sama seperti pada search engine hotel, di situs airbnb terdapat ulasan tamu yang pernah menginap di apartemen tersebut. Bacalah semua ulasan dengan teliti, apa yang dikeluhkan tamu, dan hal postif apa saya yang disukai para tamu.

4.  Teliti melihat “minimum stay”; tidak semua tempat bisa dipesan hanya untuk satu malam. Hal ini terkait dengan biaya sewa tenaga pembersih yang cukup mahal di luar negeri. Sehingga jika disewakan hanya satu malam, mungkin pemilik apartemen tidak untung. Karena itu, teliti sebelum memesan, berapa malam persyaratan “minimum stay” yang harus dipenuhi.

5.   Pergunakan fungsi “filter” saat pemesanan; jangan lupa untuk merubah jumlah tamu ketika melakukan pemesanan. Seringkali harga apartemen bergantung kepada jumlah orang yang menginap. Pilih juga apakah ingin tipe apartemen yang sharing dengan pemilik, ataupun lebih menyukai menyewa the whole apartment?

6.  Family friendly; jangan lupa memastikan apakah host menerima tamu anak-anak? Biasanya hal ini tercantum dalam informasi mengenai apartemen. Namun jika tidak ada informasi mengenai hal ini, tanyakan saja melalui pesan kepada calon host.

7.  Membayar di muka untuk pemesanan apartemen; ketika memutuskan untuk melakukan pemesanan melalui situs airbnb, kita akan dimita untuk memasukan data kartu kredit, dan saat itulah kartu kredit dikenakan biaya. Saat ini, airbnb belum memiliki “pay later option” seperti di search engine hotel.

8. Lihatlah kebijakan mengenai pembatalan; pada profil host terdapat kebijakan mengenai pembatalan pesananan, apakah strict ataupun moderate. Untuk tipe “moderate”, jika terjadi pembatalan 5 hari sebelum pemesanan, uang dapat dikembalikan. Sedangkan untuk tipe “strict” uang yang dikembalikan hanya 50% jika pembatalan dilakukan satu minggu sebelum tanggal kedatangan. Biaya jasa airbnb tidak dapat dikembalikan baik untuk pembatalan tipe strict maupun moderate.


9. Pemilik apartemen dan tamu bisa saling memberikan ulasan; Setelah menginap di apartemen, kita akan diminta mengisi ulasan, begitu juga host. Ulasan tersebut akan menjadi bagian dari “profil” airbnb kita, dan bisa dibaca oleh host kita berikutnya.




10. Pergunakan voucher diskon; saya akan membagikan voucher diskon untuk pembaca tesyaskinderen, dengan kode voucher tmeriam1. Silahkan klik link ini untuk mendapatkan potongan harga pada pemesanan airbnb pertama teman-teman. Voucher ini hanya berlaku untuk mereka yang belum terdaftar menjadi anggota airbnb.




Cara memasukan kode voucher tmeriam1:

Setelah memilih apartemen yang sesuai dan melakukan pembayaran, akan muncul "coupon code", masukan tmeriam1 untuk mendapatkan diskon. apartemen yang dipesan minimal harus berharga USD75, untuk mendapatkan diskon sekitar Rp 295.000 ini. 



   Semoga 10 hal ini sudah jelas dan membuat teman-teman yakin menyewa apartemen melalu airbnb. Kalau ada yang ingin ditanyakan, email saja ya ke tesyas.blog@gmail.com


Baca juga pengalaman kami:


written on April 28, 2016 by @tesyasblog


16 comments:

  1. yaaa, kalo udh dftar tp blm pernah book via air bnb ga bisa ya mbak.. aku rencana jg mau pake air bnb pas nginep di jepang ntr.. secara kita agak rame, jd sepertinya lbh murah kalo BnB aja drpd hotel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah, enggak bisa Fan (:
      Iya emang mendingan AirBnB aja, murah Fan dan seru bisa rame-rame kan.

      Delete
  2. Mba Tesya..itu caranya gmn ya bisa ngasih voucher diskon gitu? Apa setelah kita jd member dan book dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setelah jadi member, book pertama dapet diskon Mba.

      Delete
  3. Aku belum pernah booking penginapan dengan Airbnb ini kak. Biasanya ngandelin HotelQuickly. Kalo Airbnb enaknya rame2 ya apa gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga sendirian Kak Bob, tapi pesennya kamar. Nanti numpang di apartemen sama ownernya. Cobain deh asik, bisa live like a local.

      Delete
    2. Boleh juga sih itu kak. Belum pernah ngerasain soalnya. Pengen coba pas keluar aja..

      Delete
  4. mba, klo ga punya kredit card bisa pke debit kan ya? Debit card apa ya yg diterima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Cynthia, maaf aku enggak tau kalau pake debit card. Mungkin Cynthia bisa coba email ke AirBnB nya, atau coba-coba aja pesan dan masukin debit card. Maaf ya enggak bisa bantu.

      Delete
  5. Iya neh...sayangnya ga bisa pake debit card...masalahnya saya tkut pnya CC, tkut khilaf mksdnya hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya memang betul Mba, suka membuat khilaf:D

      Delete
  6. Hi mba tesya salam kenal,mba aku tanya dong kl di jepang itu hrga penginapanya iitung perorang ya bukan per kamar?jd kl nginepnya 2 org ya 2 x harga yg tertera bener ga mba,aku br mau coba booking lewat air bnb soalnya..thx y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, salam kenal juga. Iya kalau airbnb harus masukin jumlah orangnya. Lebih banyak orang, lebih mahal. Hehe..

      Delete
  7. Siang mb tasya kok saya coba klik voucernya susah banget ya masuknya... Hehe btw gimana nih caranya tx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei Mas, banyak kok yang pada bisa..

      Mas setelah pilih apartemen-nya, terus nanti payment, masukan kode vouchernya mas: tmeriam1 (coupon code tulisan di webnya).

      Kemudian pas mau bayar, kepotong harga kamarnya.

      Kalau masih ga bisa, email aku ke tesyas.blog@gmail.com ya Mas.

      Delete