Memesan Penginapan Dengan Airbnb: Apa Yang Perlu Diketahui


Situs www.airbnb.com adalah favorit saya untuk mencari akomodasi ketika liburan bersama keluarga ke luar negeri. Dengan memesan apartemen melalui airbnb, saya selalu bisa mendapatkan harga sesuai bujet saya yaitu Rp1,5 juta per malam untuk dua dewasa dan dua anak, di berbagai negara. Tidak hanya kamar, unit apartemen yang disewakan termasuk dapur dan mesin cuci.

Di Kyoto, saya akhirnya menaikan bujet menjadi Rp1,75 juta per malam, dan memilih sebuah rumah Jepang modern yang berada di dekat Shichijo Station. Dengan tinggal di apartemen bergaya Jepang tersebut, saya memiliki kesempatan memperkenalkan kepada anak-anak bagaimana orang Jepang tidur, yaitu di atas kasur bernama “futon” (dibaca fu-tong).

Our AirBnB in Kyoto, Japan



Baru mengenal situs airbnb? Jangan khawatir, memesan apartemen melalui airbnb sangat mudah, seperti melakukan pemesanan hotel secara online.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui:

1. Mendaftar sebagai anggota airbnb; ini adalah hal yang pertama yang harus dilakukan. Isilah profil, ceritakan mengenai keluarga, dan upload foto. Kira-kira profil kami seperti ini:  



2. Berkenalan dengan host; sebelum menyewa, biasanya saya mengirimkan pesan kepada calon host saya. Perkenalkan diri dengan sopan, lalu sampaikan bahwa kita tertarik menyewa apartemen pada tanggal tertentu, tanyakan apakah tanggal tersebut masih tersedia? 

3.  Baca ulasan tamu yang pernah menginap; sama seperti pada search engine hotel, di situs airbnb terdapat ulasan tamu yang pernah menginap di apartemen tersebut. Bacalah semua ulasan dengan teliti, apa yang dikeluhkan tamu, dan hal postif apa saya yang disukai para tamu.

4.  Teliti melihat “minimum stay”; tidak semua tempat bisa dipesan hanya untuk satu malam. Hal ini terkait dengan biaya sewa tenaga pembersih yang cukup mahal di luar negeri. Sehingga jika disewakan hanya satu malam, mungkin pemilik apartemen tidak untung. Karena itu, teliti sebelum memesan, berapa malam persyaratan “minimum stay” yang harus dipenuhi.

5.   Pergunakan fungsi “filter” saat pemesanan; jangan lupa untuk merubah jumlah tamu ketika melakukan pemesanan. Seringkali harga apartemen bergantung kepada jumlah orang yang menginap. Pilih juga apakah ingin tipe apartemen yang sharing dengan pemilik, ataupun lebih menyukai menyewa the whole apartment?

6.  Family friendly; jangan lupa memastikan apakah host menerima tamu anak-anak? Biasanya hal ini tercantum dalam informasi mengenai apartemen. Namun jika tidak ada informasi mengenai hal ini, tanyakan saja melalui pesan kepada calon host.

7.  Membayar di muka untuk pemesanan apartemen; ketika memutuskan untuk melakukan pemesanan melalui situs airbnb, kita akan dimita untuk memasukan data kartu kredit, dan saat itulah kartu kredit dikenakan biaya. Saat ini, airbnb belum memiliki “pay later option” seperti di search engine hotel.

8. Lihatlah kebijakan mengenai pembatalan; pada profil host terdapat kebijakan mengenai pembatalan pesananan, apakah strict ataupun moderate. Untuk tipe “moderate”, jika terjadi pembatalan 5 hari sebelum pemesanan, uang dapat dikembalikan. Sedangkan untuk tipe “strict” uang yang dikembalikan hanya 50% jika pembatalan dilakukan satu minggu sebelum tanggal kedatangan. Biaya jasa airbnb tidak dapat dikembalikan baik untuk pembatalan tipe strict maupun moderate.


9. Pemilik apartemen dan tamu bisa saling memberikan ulasan; Setelah menginap di apartemen, kita akan diminta mengisi ulasan, begitu juga host. Ulasan tersebut akan menjadi bagian dari “profil” airbnb kita, dan bisa dibaca oleh host kita berikutnya.




10. Pergunakan voucher diskon; saya akan membagikan voucher diskon untuk pembaca tesyaskinderen, dengan kode voucher tmeriam1. Silahkan klik link ini untuk mendapatkan potongan harga pada pemesanan airbnb pertama teman-teman. Voucher ini hanya berlaku untuk mereka yang belum terdaftar menjadi anggota airbnb.




Cara memasukan kode voucher tmeriam1:

Setelah memilih apartemen yang sesuai dan melakukan pembayaran, akan muncul "coupon code", masukan tmeriam1 untuk mendapatkan diskon. apartemen yang dipesan minimal harus berharga USD75, untuk mendapatkan diskon sekitar Rp 295.000 ini. 



   Semoga 10 hal ini sudah jelas dan membuat teman-teman yakin menyewa apartemen melalu airbnb. Kalau ada yang ingin ditanyakan, email saja ya ke tesyas.blog@gmail.com


Baca juga pengalaman kami:


written on April 28, 2016 by @tesyasblog


70 comments:

  1. yaaa, kalo udh dftar tp blm pernah book via air bnb ga bisa ya mbak.. aku rencana jg mau pake air bnb pas nginep di jepang ntr.. secara kita agak rame, jd sepertinya lbh murah kalo BnB aja drpd hotel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah, enggak bisa Fan (:
      Iya emang mendingan AirBnB aja, murah Fan dan seru bisa rame-rame kan.

      Delete
  2. Mba Tesya..itu caranya gmn ya bisa ngasih voucher diskon gitu? Apa setelah kita jd member dan book dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setelah jadi member, book pertama dapet diskon Mba.

      Delete
  3. Aku belum pernah booking penginapan dengan Airbnb ini kak. Biasanya ngandelin HotelQuickly. Kalo Airbnb enaknya rame2 ya apa gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga sendirian Kak Bob, tapi pesennya kamar. Nanti numpang di apartemen sama ownernya. Cobain deh asik, bisa live like a local.

      Delete
    2. Boleh juga sih itu kak. Belum pernah ngerasain soalnya. Pengen coba pas keluar aja..

      Delete
  4. mba, klo ga punya kredit card bisa pke debit kan ya? Debit card apa ya yg diterima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Cynthia, maaf aku enggak tau kalau pake debit card. Mungkin Cynthia bisa coba email ke AirBnB nya, atau coba-coba aja pesan dan masukin debit card. Maaf ya enggak bisa bantu.

      Delete
  5. Iya neh...sayangnya ga bisa pake debit card...masalahnya saya tkut pnya CC, tkut khilaf mksdnya hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya memang betul Mba, suka membuat khilaf:D

      Delete
  6. Hi mba tesya salam kenal,mba aku tanya dong kl di jepang itu hrga penginapanya iitung perorang ya bukan per kamar?jd kl nginepnya 2 org ya 2 x harga yg tertera bener ga mba,aku br mau coba booking lewat air bnb soalnya..thx y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, salam kenal juga. Iya kalau airbnb harus masukin jumlah orangnya. Lebih banyak orang, lebih mahal. Hehe..

      Delete
  7. Siang mb tasya kok saya coba klik voucernya susah banget ya masuknya... Hehe btw gimana nih caranya tx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei Mas, banyak kok yang pada bisa..

      Mas setelah pilih apartemen-nya, terus nanti payment, masukan kode vouchernya mas: tmeriam1 (coupon code tulisan di webnya).

      Kemudian pas mau bayar, kepotong harga kamarnya.

      Kalau masih ga bisa, email aku ke tesyas.blog@gmail.com ya Mas.

      Delete
  8. Hai, mau tanya. Waktu di suruh memasukkan kode keamanan kartu kredit, itu aman ngga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rara, sejauh ini saya sih aman ya Mba.

      Delete
  9. mbak,,, kalo kita gak punya cc, tapi pake cc saudara yang gak ikut pergi gimana ya? boleh gak?

    ReplyDelete
  10. Halo mbak tessa,mau tanya kl jd.member hrs download airbnb dl?ini sy mau book apartemen.di tokyo tp cm buka webnya airbnb aja ga jd membernya. Jd kl mau.masukin nomor vouchernya setelah klik book ya
    Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lala, enggak musti download airbnb kok. Tapi musti daftar jadi member. Iya masukin nomor vouchernya pas di halaman payment.

      Delete
  11. hi Mba Tesya

    di airbnb dikenakan security deposit ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak Mbak..tapi pada hari booking langsung di charge ke credit card.

      Delete
  12. Hai mba tesya, kok kupon diskonnya gag bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga... aku pernah kejadian enggak bisa pake kupon, kalau pas baca ketentuannya, harus kamar yang harganya min USD75/night. Nah aku enggak tau apakah kondisinya sama? Coba aja masukin di harga kamar yang segitu, keluar enggak diskon-nya?

      Delete
  13. Halo mbak tesya, saya rencana mau singapore, trus rencana mau pake airbnb, yg saya tanyakan amankah sewaktu di imigrasi?? Ini pertama kali nya saya mau mencoba pake airbnb, saya berangkat ber 5...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman aja kok Mba, selama Mba tulis alamat lengkapnya. Kalau ditanya, bilan aja Mba rumah saudara kali ya.

      Delete
  14. hai mbak..
    kalau sudah punya akun air bnb tapi belum pernah pesan airbnb ga bs dpt diskon y?

    kalau seandainya saya bikin akun baru dgn email baru bs g ya mbak? biar dpt diskon

    thanks mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tya...bisa donk, kan pemesanan pertama.
      Tapi ada syaratnya dari airbnb, semalam min harga kamar USD75 ya Tya..

      Delete
  15. mba klo ada keterangan Tamu tambahan: Tidak Ada Biaya itu berarti bebas ya berapa orag yg nginep dsana atau gimana ya? rencana pengan coba nyewa soalnya buat nikahan saudra dluar kota hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Citra, itu berarti boleh ada tambahan tamu sd total maksimal tamu yang bisa ditampung di rumah tsb Mba.

      Delete
  16. Mba, kalau mau booking untuk 3 orang, bayarnya itu yang tertera kan? Nggak dikalikan lagi untuk 3 orang? Makasihh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, saat memesan Mbak udah ganti 1 orang jadi 3 orang kan? Kalau iya, berarti udah betul, harga yg tertera adalah untuk 3 orang.

      Delete
  17. Hai mba tesya, aku mau tanya nih, aku kan mau pesan kamar buat di singapura, total pembayaran yg tertera kan rupiah nih, nanti tagihan yg masuk di CC sesuai dengan yg ada di web ga ya?
    Semoga ngerti dengan maksud pertanyaan aku ya.. hehe
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ghina, iya nanti pada billing statement akan muncul di sebelah kiri amount dalam mata uang asing, dan sebelah kanan rupiahnya kok. Sebelah kanan artinya pada baris yg dijumlahkan dengan tagihan lainnya.

      Mengenai kursnya, tergantung kurs bank, pada saat bank charge tagihan airbnb Mba.

      Delete
  18. Hai mbak tesya,bisa minta rekomendasi airbnb di singapura?
    Rencana mau berangkat ber 4.3 dewasa dan 1 anak usia 6th.
    Kemarin search harga nya bisa setengah dr hotel.terima kasih jawaban nya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku belum pernah pake airbnb dengan keluarga di Singapura, tapi Mba bisa search aja. Kalau aku sih search yang reviewnya banyak dan bagus. Coba cari di daerah yang gampang kemana-mana Mba, favoritku Bugis.

      Delete
  19. Halo mbak mau tanya , saat saya mau payment dgn menggunakan cc di airbnb keluar billing postal code? Maksudnya gmn yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, masukan saja nomor kode pos sesuai alamat penagihan kartu kredit.

      Delete
  20. Halo slmt pagi. Maaf mhb info
    Sy sdh mendpt jwbn dr pihak airbnb klo CC sy sdh terverifikasi. Apakah itu artinya CC sy sdh terdebet?
    Soalnya dibawahnya ada tulisan "sialhkan anda pesan untuk perjalanan anda selanjutnya"
    Maksudnya apa ya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Lilik, apakah sudah ada konfirmasi dari airbnb bahwa sudah "confirmed" pemesanannya? Kalau sudah confirmed biasanya langsung masuk tagihan ke cc nya.

      Mengenai kalimat "silahkan pesan" itu biasanya untuk pengingat aja dari pihak airbnb, agar next trip pesan airbnb lagi.

      Delete
  21. halo mba...aq udh ada email jg td.mau bw anak2 liburan k jepang utk pertama kali nya nih tp ga py pengalaman utk pke transportasi umum.mslh nginap jg msh bingung secara bw 3 anak usia 3th,6th dan 8th.tolong d bantu ya mba...tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Mba, aku balas emailnya ya..

      Delete
  22. hello, mau tanya. pembayaran AirBnB apa hanya bisa menggunakan Dollar atau tidak ya walaupun keterangan paymentnya menggunakan Rupiah? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, kemarin saya baru pesan, dan Airbnb mintanya saya setting USD (sebelumnya saya setting IDR).

      Delete
  23. hello kak, mau tanya. kan AirBnB itu paymentnya menggunakan rupiah, ternyata tiba tiba dirubah menjadi dollar, kalau untuk debit biasa seperti mandiri apa tidak bisa digunakan ya karena mesti menggunakan dollar? atau tetap bisa menggunakan rupiah? hehe maaf ya kak, baru pertama kali menggunakan AirBnB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai.. Enggak masalah, nanti oleh pihak Bank di convert otomatis ke rupiah kok. Semoga pengalaman menginap dengan airbnb nya menyenangkan yah :)

      Delete
  24. Hi aku udah coba complete booking dan udah add payment methode. Abis itu disuruh scan KTP kan..
    yang mau aku tanya tau bookingan aku udah di approved gimana ya? soalnya di account nya statusnya masih "pre-aprroved".
    apa aku harus tunggu verified dari airbnb nya dulu kah?
    maaf banyak tanya ya, baru pertama kali pake airbnb soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga...iya betul tinggal tunggu di approve aja ama hostnya. Mudah2an saat ini udah di approve ya Mbak. Selamat nyobain pake airbnb ya :)

      Delete
    2. halo mbak,,,numpang nanya saya sudah coba melakukan pembayaran via kartu kredit..tapi keluar halaman seperti ini,,,,

      Enter the authorized amount on the card

      Search for two temporary authorizations labeled "Airbnb" on your card account. This nominal is not charged permanently on your card and will soon disappear.

      $

      0.00
      $

      0.00

      apa yang harus saya lakukan lagi mbak...

      Delete
    3. Hai Mbak, aduh saya belum pernah kaya gini. Maaf ya Mbak enggak bisa bantu. Apakah Mba bisa coba email ke customer support airbnb nya? Semoga mereka bisa bantu.

      Delete
  25. Mba mau tnya nih, saya kan uda punya account Airbnb trus kirim link undangan ke suami.Jadi ada rencana ke Jepang bulan depan dan saya pesan Airbnb melalui account suami karena katanya bisa dapet biaya potongan untuk pemesanan pertama ya. Tapi pas uda kelar check out bayar via kartu kredit. Tidak ada potongan sama sekali dari Airbnbnya :(
    Boleh dijelaskan ga mba knp bisa bgitu ya..saya mau tnya ke CS airbnb nya tapi gada cantuman email di websitenya, jadi bingung juga mau komplain ke mana..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ruth, seharusnya potongan terlihat sebelum payment sih. Misalnya harga yang harus dibayar 1 juta, jadi Rp 750 ribu.
      Ada beberapa syarat, di antaranya semalam USD75 minimum, di luar biaya kebersihan. Apakah waktu sebelum payment terlihat diskon nya?

      Delete
  26. Huaaa saya pernah baca postingan ini tapi lupa save kuponnya �� alhasil saya nginep di airbnb 7 malam tanpa potongan kupon.padahal lumayan loh potongannya..yg mau saya tanyakan itu,tagihan kartu kreditnya setelah saya menginap ya?karena saya booking untuk bulan april 2018.jd tagihannya masuk bulan mei 2018..

    ReplyDelete
  27. Saya booking di airbnb untuk bulan april 2018..jadi nanti tagihannya masuk di cc saya bulan mei 2018 ya?soalnya saya liat di tagihan cc,masuk tagihan airbnb.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, tagihan nya right after pemesanan. Jadi betul, tagihan airbnb Mba pasti udah masuk kalau Mba udah booking.

      Delete
  28. Hai mba, aku kmrn coba bookig pake airbnb untuk pertama kalinya tp pada saat payment gagal dengan keterangan klo ga salah "failde to find processor". Pdhl cc aku blm expired dan masih dalam batas limit. Kira2 tau ga yah knp? Oia kan aku booking untuk lokasi di bali dengan kurs rupiah, apakah payment currency yg digunakan di halaman setting jg bs dlm IDR atau harus USD? Thanks ya mba,

    Cheers,
    Cica

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Cica, wah aku enggak tau kenapa, apa itu karena sinyal ya? Coba Cica email CS nya airbnb.

      Mengenai kurs, nanti akan dikenakan USD, tapi pada saat tagihan langsung di convert ke IDR.

      Delete
  29. Mba. Syarat dapat disc itu usd75/night atau usd75/order ya? Misal kamar harga usd50 trus kita booking untuk 2 hari kan jadinya total usd100. Dapet disc ga ya?

    ReplyDelete
  30. Mbak mau tanya koe di web airbnb yg sy buka ga ada pilihan mata uang IDR rupiah ya? Semua pilihan mata uang yg tertera di penginapan nya baik di indonesia maupun luar negeri dlm bentuk mata uang asing... sy coba cari pilihan mata uang IDR ga ada... gimana dan kenapa ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, saya juga selama ini pakai USD. Kenapanya saya enggak tau, tapi nanti di tagihan cc di convert ke IDR kok Mbak.

      Delete
  31. Hai mbak tesya.. oot ya punten. Jd gini, awalnya aku mau booking via airbnb utk rencana nginep kami d kyoto, tp ratenya tinggi semua. Akhirnya dapet yg murah d hostel via booking.com. Waktu searching udh masukin 2 adult + 1 kid. Tapi pas udh payment dan vouchernya d kirim ke email, kok tulisannya maksimal 2 orang. Nanti jd trouble gak ya pas check in d hotel? Makassiiiiihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Tisa, sebaiknya Mba email ke hotelnya dan menyampaikan bahwa Mba kesana bersama anak Mba usia berapa. Temenku ada yang begini, pas dia email, hotelnya welcome kok. Coba aja Mba kirim email ya. Have fun di Jepang :)

      Delete
  32. Mba Tasya mnt tlg utk link vouchernya airbnbnya mba kalau ak mata uangnya ringgit bsa nda y.
    Pls advice.
    Terimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, bisa...setau saya semua diarahkan ke USD ya.

      Delete
  33. Hi , mba ..
    Aku mau tanya soal total pembayaran di Airbnb , jadi gini bulan Agustus ada rencana ke Jepang . La trus aku cari-cari tempat nya , udh dapet lalu aku liat di harganya seumpama 300k trus aku ambil 3 malem . Lah kok yg awalnya 300k berubah jadi 600k dan yg paling buat aku bingung waktu aku ambil 3 hari total pembayaran nya bisa sampe 5 juta Mba , jadi mohon bantuannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, harga yang di airbnb bisa berubah karena:
      1. Nambah orang, misalnya awalnya 1 orang jadi 4 orang, pasti harganya lain.
      2. Cleaning fee.

      Dan FYI cleaning fee di Jepang mahal banget, sehingga mungkin naik secara signifikan harganya. Semoga menjawab ya :)

      Delete