Guestpost: Liburan Keluarga ke Singapura 4 Hari 3 Malam



Travel begins with a dream. 

Satu demi satu, Alhamdulillah impian jalan-jalan saya terpenuhi, bahkan setelah memiliki keluarga. Sebagai ungkapan rasa syukur, saya menulis dan sharing cerita di kedua blog kami: tesyasblog dan tesyaskinderen, dengan harapan bisa membantu keluarga Indonesia (atau bahkan mereka yang ada di luar Indonesia) mewujudkan their travel dreams.

I was very happy when I received email from Puspa, pembaca blog yang mengirimkan cerita mengenai perjalanan keluarga ke Singapura. Yuk baca cerita Puspa yang berlibur selama 4 hari 3 malam di Singapura. 

Thanks a lot Puspa for sharing :)


A Guespost by Puspa Dewi

Setelah tiket pesawat ke Singapura dan tiket masuk USS confirm, saya menghubungi mbak Tesya untuk minta masukan atas my itinerary. Ini perjalanan pertama saya dengan dua anak yang berusia 8 dan 3 tahun. Itinerary saya buat santai. Kalo si kecil kepanasan dan cape, bakalan rempong deh! 

Hotel sudah booking di Park View Beach Road yang lokasinya hanya 5 menit   jalan kaki ke MRT Bugis (FYI, Park View Hotel ini lokasinya satu deret dengan 85 Beach Hotel dan Marrison Hotel).  Halte bus berada tepat di depan dan di seberang hotel (Shaw Tower). Jadi sangat memudahkan kami untuk bepergian dengan bus, sekaligus menghemat tenaga karena tidak perlu jalan terlalu jauh. 


Di sekitar hotel banyak terdapat cafe dan restaurant




Day 1Jakarta-Singapura by Jetstar (etd 09.50 eta 12.40)

Dari Changi kami naik taksi ke hotel dengan ongkos SGD17. EZ-link sudah kami beli di Jakarta lewat sun****st travel. Jadi, kami enggak perlu repot mencari EZ-link lagi. 

Saya sangat senang dengan lokasi Park View Hotel yang dekat MRT Bugis, Bugis Junction (at least untuk makan Mc Donald saat lapar, cocok untuk kami yang bawa anak anak kecil), juga sebuah gerai 7/11, dimana kami bisa  membeli snack, minuman dan top up  kartu Ez-link.


Liang Seah Street, jalanan yang
menghubungkan hotel
dengan Bugis MRT


Selesai proses check-in hotel yang kilat (saya booking di pegipegi.com Rp 1,5 juta per-malam, hanya perlu menunjukan print out bukti booking aja), resepsionis memberikan titipan tiket USS dari mbak Darling.

Tidak lama-lama istirahat di kamar, sesuai schedule kami langsung menuju Merlion. Dengan naik bus dari halte Shaw Tower di seberang hotel, enggak sampai 10 menit, kami sudah tiba di Merlion. Gerombolan orang tampak sibuk berfoto, bahkan ada yang lagi pemotretan pre-wedding juga. Tentunya kami enggak mau ketinggalan:D

Akhirnya foto dengan Merlion :)

Setelah sibuk berfoto dengan background Merlion, Fullerton Hotel, Esplanade dan Marina Bay Sands, kami jalan kaki hingga Gluttons Bay. Anak-anak lumayan senang menikmati jalan sore ini, karena banyak juga warga yang lari sore di sekitar Esplanade


Kami tidak sempat mampir
untuk makan di Gluttons Bay


Dari Glutton Bay kami naik taxi menuju Gardens by The Bay (SGD6), dengan tujuan utama melihat Tulipmania Festival di Flower Dome.


This is it… begitu memasuki area Flower Dome, aroma wangi bunga menyeruak segar. Tanpa disuruh langsung pengen narsis foto-foto. Aneka tulip nan indah yang selama ini cuma dalam khayalan ada di depan mata. Warna-warnanya cantiiik banget! Ditambah semakin sore lampu-lampu mulai dinyalakan, membuat taman semakin manis dan romantic.

With all the beautiful tulips 


Puas di Flower Dome (kami enggak sempat exploring Gardens By The Bay, mungkin lain kali) kami mengejar waktu untuk nonton Wonderfull Laser Show di Marina Bay Sands. Setelah tanya ke beberapa orang kami jalan kaki lumayan bikin pegel:p 

Tibalah kami tepat di depan area laser show. Gemerlap lampu lampu kota yang mulai nyala membuat tambah cantik Kota Singapura. Kereeen bangeeet!


Day 2: USS dan Orchard


Pagi ini jadwal kami ke USS di Sentosa Island. After breakfast di hotel, kami menyeberangi jalan menuju halte Shaw Tower dan naik bus dengan tujuan ke Vivocity. 

Sampai di Vivocity,  kami langsung naik ke lantai 3. Kami naik Sentosa Express dengan membayar menggunakan kartu Ez-link. Walaupun jam baru menunjukkan sekitar pukul 9 pagi, tapi orang sudah ramai dan matahari lumayan terik. Voila tibalah kami akhirnya di USS yang jadi idaman si kakak.  

Kakak udah sah sampai di USS:D


Belum jalan jauh jauh dalam USS si adik mulai rewel kepanasan. Padahal sebelum masuk USS, kami mampir di Watson belanja juice, snack, permen, bahkan termasuk mainan senjata untuk ngerayu biar enggak rewel. 

Kami berempat sempat masuk ke Sesame Street Spaghetti Chase, dimana kami duduk naik kereta menikmati animasi.  Kayaknya cuma Spaghetti Chase ini aja wahana yang paling kosong alias tanpa antre. Karena wahana lainnya antri panjang, kami terpaksa skip berhubung si adik makin rewel.  

Akhirnya kami sekedar foto foto aja di USS dan sekitar jam 12. 30 siang kami putuskan kembali ke hotel seperti permintaan si kecil.






Setelah si adik puas istirahat di hotel, minum susu berikut mandi dan segar lagi kami jalan kaki ke Bugis Village untuk belanja souvenir. Lalu kami jalan kaki ke halte bus di North Bridge Road, Orchard adalah tujuan kami selanjutnya.  

Di sepanjang Orchard banyak pohon rindang buat si kecil happy bisa bebas lari lari tanpa kepanasan. Masing masing beli pop corn Garrets Caramel untuk kakak dan cheese untuk adik, kami duduk duduk santai sambil cucimata sekedarnya. Gak lama lama di Orchard kami lanjutkan perjalanan ke Mustafa sebelum hari tambah malam.


Menikmati sore menjelang malam di Orchard
Kakak bergaya di Orchard


Day 3: Jalan-Jalan Santai

Hari ini mau kemana ya… saya punya ide ke Botanical Garden atau Haw Par Villa. Tapi dengan pertimbangan kuatir si kecil rewel kepanasan lagi, kami putuskan untuk jalan jalan santai aja. Kalo cape ya kembali ke hotel. 

Pagi, seperti biasa kami mampir di gerai 7/11 dan jalan-jalan ke Bugis Junction dan sekitarnya. Makan Mc D, jajan es krim 1 dollar, then kami lanjut ke Orchard lagi.

Di Takashimaya lantai bawah sedang diadakan sale lumayan rame, beberapa brand lumayan besar diskonnya. Siang itu banyak orang duduk-duduk di sekitar Water Fountain. Dengan tujuan mengistirahatkan kaki yang pegal, kami ikutan duduk di area Water Fountain sambil makan kebab yang dibeli di depan Takashimaya.


Halal kebab di Orchard Road


Belum puas jalan sepanjang Orchard, tiba tiba hujan turun lebat dan kami terperangkap dalam H&M yang super besar dan 3 lantai.  Setelah hujan reda kami lanjutkan jalan dan melihat-lihat souvenir murah di Lucky Plaza.


Menunggu hujan reda di depan H&M



Sorenya dari hotel kami menuju MRT Bugis tujuan Chinatown seperti suggestion mbak Tesya.  Banyak souvenirs murah disini. Chinatown yang dihiasi lampion-lampion cantik membuat suasana daearah ini jadi berbeda. 

Pernik-pernik yang dijual banyak yang unik dan berbeda dengan yang kami temukan di Bugis Village. Si kakak membeli beberapa magnet kulkas berbentuk es krim, pastry, cupcake dst yang harganya $10 untuk 6pcs. Lumayan kan? 

Tidak terasa hari makin malam dan kami kembali ke hotel karena besok pagi pagi harus check out kembali ke Jakarta.


Day 4: Kembali ke Jakarta

Jam 7 pagi kami sudah keluar hotel. Kami naik taksi menuju Changi Airport, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dan membayar ongkos taksi sebesar SGD15. 

Di Terminal 2 Changi, kami menemukan playground untuk si adik yang letaknya bersebelahan dengan area food court. Jadilah kami sarapan chicken Rice Hainan dengan harga SGD6 (belum termasuk minum). 

Tepat di depan food court dan playground area, terdapat deretan toko-toko mainan yang super menggoda. Si kakak dan adik memilih mainan Lego Ninjago dan Avenger sambil kami menghabiskan sisa dollar di dompet. 

Bye Singapore.. We’ll be back again soon :)



About Puspa Dewi:
Sejak 5 tahun yang lalu, meninggalkan kerja kantoran dan menjaga kedua anaknya sambil merintis bisnisnya. Saat ini, ia memiliki bisnis catering dan cakes. She loves to travel with her family.

41 comments:

  1. Hai mbak.. tulip festival itu bulan apa ya diadakannya?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya pada bulan April. Coba cek aja di websitenya Gardens By The Bay ya.

      Delete
  2. Mbak aku rencana visit Singapore - johor 24 -27 juli 2016. Satu setengah hari di Singapore dn selebihnya di johor.bareng 2 anak (3 dan 1 tahun).bisa bikinin itinerarynya.makasih
    ade.nurtias@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ade,
      Untuk contoh itinerary ada di buku kami Family Backpacking Singapura dan Malaysia ya. Di buku tsb ada itinerray kalau liburan di Singapura aja, di KL aja, atau di mixed Singapura dan Johor Bahru, bahkan sama KL. Mba tinggal nyontek aja. Untuk itinerary Singapura, saya tuliskan budgetnya juga Mba Ade.

      Delete
  3. Hi mba tesya, minta saran nya. Sy 4 dws + 1 ank 4 thn + 1 infant 1,8 thn. Krn bw anak sy mau tour jgn terlalu cape. Malah kalo bs dominan naek MRT dibanding bus krn cape buka tutup stroller.

    D1: tb di sin jam 5 sore. Kl smpet k garden butterfly terminal 3 lalu check in hotel boss.
    D2 : slesai bfast, naik mrt/bus k sea aquarium, lnjt ntn wings of time 19.40. Plg naek taxi krn sdh mlm.
    D3 : zoo. Naek express bus seberang v lavender hotel. Plg naek expree bus kembali tp tujuan k orchard.
    D4 : naek bus k merlion park, lnjt k garden by the bay. Plg naek taxi.
    D5 : city tour orchard/chinatown/etc.

    Bgmn menurut mba tasta utk rute saya? Lalu ada info resto keluarga apa yg cocok dan tdk mahal. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Miki, ini komenku dan pertanyaanku ya:
      D2: Ke SEA Aquariumnya seharian gitu? Secara WIngs of Time nya baru malam.
      D3: SAEX Bus lewatin depan V Lavender, aku baru tau. Aku dulu naiknya dari Bugis Landmark Village Hotel.
      D4: Dari Merlion ke GTB pake apa? Jalan kaki jauh banget.

      Mengenai restoran keluarga, saya sih kalau makan di foodcourt aja Mas. Hehe.. Kecuali beberapa tempat khusus yang selalu saya kunjungi, misalnya Murtabak Zam Zam. Deket itu dari Hotel Boss.

      Delete
  4. Makasih mba tesya input nya.
    D2. Kami brangkat sekitar jam 10 stlah bfast menuju sea aquarium. Kami awam dgn sin, jd antisipasi nyasar. Anak yg gd suka naik bus. Kl sampai emergency spt nyasar dan kemalaman baru kami naik taxi.
    D3 : utk SAEX nanti saya akan email utk pastikan lg.
    D4 : dr merlion park k Garden baiknya kami naik taxi saja?

    Mba sy mo ty:
    1. Kl naik taxi biasa bolehkan membawa 4 dws + 1 ank 4 thn+ baby? Krn sy tau nya max 4 dws.
    2. Selesai ntn wings of time apakah gampang cari taxi sekitar situ?
    3. Lalu kl sy naik bus/ mrt boleh tdk kasi makan yg toddler 1,8 thn? Spt kasi cemilan cookie biar anteng.
    Makasih bgt mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Miki, aku jawab lagi ya:
      1. Wah saya ga tau..baiknya naik Uber aja, terus pilih 5 seats (asumsi bayi ga perlu seat).
      2. Naik monorail aja dulu ke Vivo City. Kemudian taksi dari Vivo City lebih aman. Naik MRT juga bisa.
      3. Dilarang makan dan minum, denda SGD1000 kalau ga salah.
      Semoga membantu ya..

      Delete
  5. Hai mba, saya dan keluarga ( beranggotakan 6 org) akn berlibur ke singapur, selain di jakarta, apakah ada tmpt lain utk membeli ez link card? apakah di surabaya ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Nada, saya enggak pernah tau beli di Indonesia dimana sih. Tapi Mba enggak perlu khawatir, beli di SIN aja Mba, pas Mba baru sampe Changi itu juga ada stasiun MRT yang jualan Ez-Link.

      Atau kalau Mba ada temen di Sby yang udah punya, pinjam aja Mba. Jadi nanti tinggal top up kartunya.

      Delete
  6. Fitriasipipit11/7/16 9:22 PM

    Halo mba,mnt sarannya dong utk iterinary aku..aku brgkt sept 9-12 sama suami dan 15month old baby

    D1:sampe sing jam 8mlm.aku nginep d hotel Nuve dket mesjid sultan.kr2 kalo malem jam sgitu aku bs jalan2 kmn ya?tp jgn smp malem bgt jg krn bw infant

    D2: ke sentosa(foto d bola Uss),garden by the bay,wings of time

    D3: merlion,singapore flyer,SEA aquarium.malemnya pgn jln ke mustafa&bugis

    D4:solat idul adha d mesjid sultan,lanjut belanja oleh2+packing..flight balik jam14.00

    Yg mau kutanya,kalo SEA aquarium dimasukkan ke iterinary hari kedua itu kr2 bakal terlalu padat g ya mba?abisnya kalo hari ketiga ke SEA aquarium kok ky nya bakal bolak balik banget hehe

    kr2 iterinary aku ada yg krg bagus/gmn ya mba?maklum perjalanan pertama kali ini..dlu pernah ksna pake agen,taunya beres hahaha..

    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Firti, coba aku komen ya:

      D1: Jalan-jalan di sekitar Sultan Mosque aja, banyak restoran juga disana.

      D2: Paginya ok kok kalau mau ke SEA Aquarium, biar sekalian udah foto di bola-bola USS. Tapi bolak balik kalau mau ke Gardens By The Bay (GTB), terus ke Sentosa lagi gitu untuk Wings of time?

      D3: Berarti SEA Aquarium pindah day 2 ya? Kalau mau GTB di D3 aja, karena dia deketan sama SIN flyer dan Merlion Park. Malamnya bisa nonton laser show gratis di Marina Bay Sands The Shoppes.

      Kalau masih sempat, Mba bisa ke Gramedia beli buku kami Family Backpacking Singapura dan Malaysia ya. Detail kami tulis mengenai tempat wisata gratis, how to get there, itinerary, budget, dsb.

      Semoga lancar ya perjalanannya nanti..

      Delete
  7. Mba tesya mau tanya nih saya mau ke SG berdua tgl 1-4 nov rencana 4D3N , kira2 untuk ittinerary yg baik nya gmna mba ? Pengen nya gak mau rugi ngunjungin semuanya tp yg low budget mba karna saya cuma mau bayar masuk madame tussauds dan trick eye mus doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Syarifah, kalau mau yang gratisan, ini usulan saya:
      Day 1: sampe di hotel, sorenya menikmati Merlion Park, foto-foto. Malamnya nonton Wonderful Lasershow gratis di MBS The Shoppes.
      Day 2: Resort World Sentosa. Mba jalan kaki via Sentosa Broadwalk ya gratis, or kalau udah ga promo cuman SGD1. Ada tulisannya di tesyaskinderen, klik aja label Singapura.
      Day 3: Bisa ke Children's Playground di Gardens By The Bay, jangan lupa bawa perlengkapan basah2an ya. Sunset di Marina Barrage, deketan ama Gardens By The Bay.
      Day 4: Mengunjungi museum yang gratis, bisa cek di tulisannya Mei: http://www.geretkoper.com/2014/04/top-4-wisata-museum-gratis-di-singapura.html

      Semoga membantu ya.

      Delete
  8. Yaaah aku telat menemukan site ini hiks. Besok sudah mesti berangkat dgn 2 anak. Celebrating Alejandro 9 th birthday. Ingin yg low budget. Cuma bisa ke uss aja. Yg lain pgnnya gratis. Anakku 9 sama 5 tahun.

    ReplyDelete
  9. Misi mbak tesya mau tanya,kalau EZ Link sama STP lebih murah dan praktis yg mana ya,soalnya bingung antara STP sama EZ Link sama murah dan iritnya,dan udah mau hari H ke Sg .mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, saya selalu pake Ez-Link, karena toh kalau sama anak enggak akan terlalu banyak keliling juga karena cape hehe.

      Tapi kalau Mas solo traveler, pake STP worth it, bisa ngubek2 Singapura.

      Masalah praktis, kalau Mas memang hari terakhir mau ke Changi naik MRT, enggak apa-apa pake STP, kan Mas bisa ambil uang depositnya STP di MRT Changi. Nah kalau saya hari terakhir biasanya naik taksi ke Changi, ribet kalau harus ambil uang deposit STP. Karena itu saya selalu pake kartu Ez-Link.

      Have fun ya Mas :)

      Delete
  10. Nanya nih kalau di changi apakah ada yang jual EZ Link atau harus darii indo?soalnya udh mau deket hari H . Trimss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas, belinya di Changi MRT Station aja.

      Delete
  11. Hai Mbak Tesya, salam kenal...
    Saya berencana ke SG, untuk pertama kali. Karena ada anak balita jadi jadwal agak longgar, berikut mbak rencana itenerary-nya. mohon masukannya ya mbak...hehehee..

    Day 1 : Tiba di harborfront jam 11 siang, langsung menuju vivo city, naik SAEX ke sentosa, foto depan USS, masuk ke SEA Aquarium, rencana langsung menuju hotel di V Lavender, malamya liat laser show di marina bay

    Day 2: Merlion, Garden bay, Orchard, Bugis, Mustafa, rencana ke RIver safari (kalau sempat)

    Day 3: pesawat jam 11 siang, enaknya paginya kemana dulu ya? :D

    sama mau tanya mbak:
    1. apakah laser show ada tiap hari?
    2. ada rekomendasi wahana atau lokasi yg dikunjungi lagi dengan waktu yg singkat ini?
    3. rekomendasi makanan enak dan halal dimana aja mbak
    4. kartu Ezlink bisa dipakai ramai2 atau hanya 1 kartu Ezlink untuk 1 orang?
    5. rencana dari harborfront langsung ke sentosa, masih bawa2 koper, apakah ada tempat penitipan barang dekat sentosa atau vivo city?

    Terimakasih banyak mbaaa,,,mohon pentunjuknya... hehee
    oh ya, judul buku-nya apa mbak?coba nanti saya cari di gramedia...

    Thankkkksssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Arin, saya jawab ya:
      1. Ada, kecuali hujan.
      2. Kayanya udah padat deh Mba..
      3. Murtabak Zam Zam cobain Mba.
      4. 1 kartu untuk 1 orang
      5. Ada di Resort World Sentosa saya pernah liat.

      Judulnya Family Backpacking Singapura dan Malaysia (Elexmedia).

      Have fun Mba di Singapura..

      Delete
  12. Hai mba tesya... mau tanya kalo naik bus saex itu beli tiketnya di mana?apakah langsung di atas bus atau mesti beli sebelumnya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Santy, langsung beli di atas bus Mba.

      Delete
  13. hai mba tesya salam kenal.. kami rencana mau liburan singapore malaysia 6 hari 5 malam, Mohon masukan itenary 3 dewasa, 2 anak dan 2 orangtua umur 60-an.
    Kira2 enakan pake travel agen atau arrange sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Winda, arrange sendiri aja, bisa kok.
      Perginya Singapura, kemudian misalnya 3 malam di Singapura, 2 malam di KL dan pulang dari KL.

      Kalau mau, di buku kami ada contoh itinerary liburan Singapura dan Malaysia. Silahkan dibaca ya :)

      Delete
  14. Amazing bgt. Mba Tesya n Puspa. Salam kenal mba.

    Doakan ya saya dan 2 kiddos saya juga bisa traveling ksana.

    Insyaa Allah Kami sdh merancanakan november tahun ini.
    Masih bingung itenary nya.

    Rencana sing-jb-KL.

    5D 4N.

    Aq masih bingung keluar dari changi ke TS1. Kalo g brubah jadwal nyampe di changi jam 00.00 mau ke hotel dulu tanggung tapi klo g ke hotel masa tdur d bandara? Any solution mba?. Krn pengenx pagi hari udah otw ke JB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, kalau kaya gitu lebih baik tidur di Singapura, cari hotel sekitar Little India (misalnya Tai Hoe Hotel). Terus besok paginya naik taksi ke Queen Street Bus Terminal, naik bus ke JB yang jam 7 pagi.

      Enggak recommended tidur di Changi sih Mba.

      Delete
  15. Hai mBa tesya saya frans.. Kami skluarga saya istri 2 anak trip ke SG 15-19 juni.. Sampai 15 pagi, rencana itenanary kami
    D1 : pagi bugis chinatown
    Sore merlion garden by the bay, laser show

    D2: uss, sea aquarium

    D3: haji lane, safari, image of singapore

    D4: orchard

    D5: ga tau kemana
    Pesawat siang

    Mba apa udah benar rencana kami? Baru pertama kali n jalan sndiri,, apa udah searah rencana per hari mohon bantuannya trima kasih wassalam

    ReplyDelete
  16. Halo mba, saya frans rencana ke sg 15-19 juni, sampai sg 15 jam 1 pagi

    Itinenary kami
    D1: bugis chinatown haji lane
    D2: garden by the bay, merlion, laser show
    D3: sea aquarium, uss, pantai marina
    D4: litle india, n ga tau lg
    D5: pagi ga tau kemana, pulang siang

    Apa udah sejalur arah jalan kami mba n mohon saran atas jadwal n rencana yg belum tau kmna
    Oya utk transport kami berempat saya istri 2 anak baiknya pakai ez link atau stp ya, krn 5 hari disana

    Terima kasih banyak mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Frans, semoga masih keburu baca reply saya sebelum berangkat ya. Mas berarti D1 = 16 Juni kan ya? Berikut komentar saya ya hehe..
      16 Juni:
      - Pagi Haji Lane (harus pagi karena foto-foto asyik sepi).
      - Bugis itu baru buka siangan, jadi enggak cocok kalau dari Haji Lane ke Bugis karena masih tutup. Chinatown bagusnya malam.
      17 Juni:
      - Udah searah sih, cuman aja enaknya ke GTB itu sore ke malam. Panas banget soalnya. Jadi harus dicari pagi ke siangnya mau kemana. Ohya aku pengen deh ke Art Science Museum. Coba googling ya Mas, bisa dimasukan di tgl 17 Juni ini.
      18 Juni ok.
      19 Juni bukannya pulang begitu?
      Kalau bawa anak sih pake Ez-link aja Mas, karena kita enggak akan optimal juga pake STP. Sehari paling bisa 2 tujuan, kemudian anak2 cape. Hehe.. Tapi kalau menurut Mas bisa sehari 5 tujuan, pake STP aja. Etapi ya, Mas mau beli STP nya kapan? Di Changi kan udah tutup jam 1 malam kantor untuk beli STP nya.

      Delete
  17. Halo mba, klo sampe spore tengah malam jam 00.30 am ke hotel di daerah little india, selain taxi n uber ada solusi transportasi lain gak mba? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, enggak bisa Mba, harus naik taksi atau Uber. Kecuali Mba mau stay di Changi sd jam 05.30 saat MRT beroperasi ya.

      Delete
  18. Mba, laser show di MBS itu ada di mall atau dimana ya? Dia adanya jam brp mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang namanya Spectra Laser Show, ada di area Promenade nya Mba. Untuk jadwalnya supaya update cek di website MBS ya Mba.

      Delete
  19. halo mba tesya, sy rencana dr sing ke kl mau naik kereta bln september.. katanya sdh tdk bs naik sleeper train ya? mhn infonya mbak tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak, iya skrg dari Johor Bahru harus transfer dulu di stasiun mana gitu ya.
      Kalau mau naik bus aja Mba dari Johor Bahru ke KL. Karena kalau naiknya dari Singapura, ratenya dalam SGD dan mahal (:

      Delete
  20. Hi Mba Tesya salam kenal, rencana pertengahan bulan Agustus mau berlibur 4D3N dengan suami dan baby umur 1.5 tahun..
    Boleh minta itinerary nya dong biar bisa ketempat tempat yg hits dengan Low budget terutama Singapore zoo (sudah punya tiketnya)hehehe
    Makasiihh mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, salam kenal juga :)
      Hmm 4D3N ya?
      Day 1: ini sampe hotel lalu jalan2 sekitarnya ya.
      Day 2: Singapore Zoo
      Day 3: Bisa dimulai pagi foto2 di Haji Lane. Lalu makan pagi di Kampong Glam. Jam 11 an jalan2 ke Bugis. Lalu ke Orchard (perlu ke Orchard ga nih). Sorenya ke Gardens By The Bay sampai malam. Bisa juga nonton lasershow malamnya di Marina Bay Sands.
      Day 4: Pulang ke Indonesia. Kalau sempat subuh2 bisa ke Mustafa dulu untuk beli oleh2 hehe..

      Have fun ya :)

      Delete
  21. Hai mba, salam kenal. Hehe.. Sya akhir april ini brencana ke SG 4D3N sama kedua ortu dan ponakan usia 4tahun. Nah untuk ponakan saya ini kartu ez link nya perlu beli sendiri ngga ya? Makasi. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, untuk anak bisa minta Child Concession Card, tidak perlu beli ez-link. Anak di bawah 7 tahun gratis naik MRT dengan kartu tsb. Coba googling ya dimana Mba bs mendapatkan kartu tsb.

      Delete