Museum Geologi Bandung: Tempat Yang Wajib Dikunjungi Di Bandung


Saya tidak ingat kapan terakhir kali berkunjung ke Museum Geologi Bandung, yang pasti our Kiddos sangat terkesan dengan kunjungan pertama mereka (saat itu diantar Papap dan Ma Iyang nya), dan selalu minta balik lagi.

Hal yang paling disukai kedua Kiddos adalah patung Dinosaurus, dan permintaan mereka makin kencang setelah menonton film Jurrasic World hehe.. Jadilah hari Sabtu siang, kami mengunjungi Museum Geologi Bandung.

Museum yang berlokasi tidak jauh dari Gedung Sate


Tiket Masuk ke Museum Geologi Bandung

"Bayarnya berapa Mbak?" tanya saya kepada pertugas penjual tiket yang berada di dalam souvenir shop. "Rp 3.000 satu orang" jawabnya dan langsung membuat saya tercengang tidak percaya. Untuk 4 dewasa dan 2 anak, saya membayar total Rp 16.000. Tiket untuk anak hanya Rp 2.000.

Terus terang, saya mulai under estimate museum ini karena tiket masuk yang murah, tapi ternyata saya salah. Di setiap ruangan, saya dibuat terpesona!

Kami memulai penjelajahan ke Ruang Geologi Indonesia yang berlokasi di lantai satu. Dari pintu masuk, kami berjalan ke arah kiri. Sebuah bola dunia raksasa menyambut kami.





Ruang Geologi Indonesia

Di dalam Ruang Geologi Indonesia, terdapat alat peraga yang interaktif mengenai asal mula dan pergerakan bumi. Bahkan kami juga sempat duduk di atas lantai yang dingin untuk melihat film tentang planet.

Batunya bisa dipilih, kemudian dipindahkan ke tengah, keren deh!
Mustinya ada karpet di sini biar enggak terlalu dingin


Sumber daya mineral Indonesia ditempatkan dalam suatu lemari display nan cantik.

Asyik melihat berbagai batu yang di display




Baru masuk satu ruangan ini aja, saya udah berapa kali bertanya ke diri sendiri, "Where have I been?" Kemana aja, kok baru berkunjung ke Museum Geologi Bandung.

Ruang Geologi Indonesia yang cukup ramai pagi itu


Setelah puas, kami beranjak ke lantai dua untuk melihat hal lain. Sebetunya Kiddos ingin segera melihat patung T-Rex, namun saya bilang, "We'll save the best for last".


Ruang Sumberdaya Geologi


Ruangan yang berlokasi di lantai dua ini berisi pengetahuan diantaranya mengenai Sumber Daya Geologi, Mineral Logam dan Non Logam, Minyak Bumi dan Sumber Daya Air.



Kami juga melihat gemstones alias batu akik! Salah satu yang dipamerkan disini adalah batu mulia. Batu akik disimpan dalam lemari kaca. Jika tombol ditekan, maka lampu akan menyala. Ide display seperti ini saya acungi dua jempol.

Kiddos#1 and Papap Iyang melihat batu akik



Sebetulnya, di sisi seberang Ruang Sumberdaya Geologi, masih ada sebuah tempat bernama Ruang Manfaat dan Bencana Geologi. Tapi berhubung Kiddos sudah sangat tidak sabar melihat dinosaurus, kami pun turun kembali ke lantai satu.


Ruang Sejarah Kehidupan

Ini dia yang ditunggu Kiddos, bertemu dengan rangka dinosaurus! Sebetulnya begitu masuk Museum Geologi, kami sudah melihat salah satu rangka dinosaurus dan sudah sempat foto bareng. Namun, bukan Mister T-Rex.




Kami masuk ke ruang Sejarah Kehidupan, dan tentu saja saya tertinggal di belakang, sementara kedua Kiddos berlarian demi bertemu idola mereka.

Hello there, Mister T-Rex :)

Kiddos juga senang melihat video tentang dinosaurus di ruangan ini.




Selain dipenuhi fosil, pengunjung dapat belajar mengenai sejarah terbentuknya kota Bandung serta peninggalan artefak dan fauna yang hidup di kota Bandung.



What a huge Shell!



Sayangnya, ruangan terasa pengap, entah apakah AC nya memang dimatikan. Padahal di dua ruangan sebelumnya kami tidak merasa kepanasan. Jadi setelah puas melihat dinosaurus, kami memutuskan untuk pulang.

Kami sempat membeli souvenirs tempelan kulkas bergambar rangka dinosaurus dan minuman dingin di souvenirs shop. Dengan harga tiket yang sangat murah, museum ini wajib dikunjungi, apalagi jika Anda membawa anak-anak untuk liburan ke Bandung.


tesyasblog's tip:
Plan your visit! Ketika kami tiba sekitar jam 11 hari Sabtu, museum dipenuhi pengunjung dari beberapa sekolah. Menjelang siang, museum ini semakin sepi. Ada baiknya datang setelah jam 11 di hari Sabtu, atau kenapa tidak mengunjungi museum ini pada hari Minggu?

Group sekolah memenuhi Museum Geologi Bandung



Museum Geologi Bandung
Jam Operasional: 
Senin-Kamis : 08.00-16.00
Sabtu dan Minggu: 08.00-14.00
Hari Jumat dan Hari Libur Nasional tutup.



written on October 11, 2015 by @tesyasblog

6 comments:

  1. Kunjungan pertama swaktu nam usia 2 thn n blom ngerti..baca artikel ini.. jd pengen ngajak nam kesini lg..must plan 4 next visit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera melipir ke Bandung :)

      Delete
  2. Kalo ke Bandung lg kayaknya harus bgt mampir k sini sama anakku yg udh mulai ngerti dinosaurus... hihi
    oya, salam kenal ya mba tesya :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Dita, iya seru loh museum nya.

      Delete
  3. Betul, kiddos juga penasaran pengen ke lihat om rexy… hadeuhh jia you ayo berangkat. Eh salam kenal ya… .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Om Wayan Eka, ayo atuh ajak Kiddosnya ke Museum Geologi Bandung hehe..

      Delete