[Guestpost]: Jalan-jalan Hemat ke Singapura? Why not!

You know what I love about blogging? I made friends with my readers. A lot of them!

Thank you untuk pembaca tesyasblog dan tesyaskinderen yang sudah menghubungi saya via email, dan sharing mengenai rencana liburan. Sekali lagi, saya bukan travel expert, tapi saya senang kalau saya bisa sedikit membantu pembaca blog kami yang bertanya mengenai liburan mereka.

One of them is Vidi, yang akhirnya berhasil jalan-jalan hemat ke Singapura. Cerita serunya dibagikan oleh Vidi disini loh...ayo dibaca, dan betul kata Vidi, jalan-jalan hemat ke Singapura itu bisa banget!

By the way, comment saya tentang itinerary liburan Vidi: gile enggak ada capenya! Hahahha.. Kalau saya liburan dengan kiddos ke Singapura, I will skip all of those places yang enggak kids oriented, macam Chinatown or Bugis Street untuk beli oleh-oleh. Tapi Vidi bisa loh mengunjungi itu semua. Super cool! Oh wait, did I mention that she explored Singapore on a high heels? Well done girl!

A Guestpost by Vidi

Awalnya ide ini bermula ketika gue lihat blognya mbak tesya soal "bujet liburan ke Singapore bersama anak". Gak lama setelah itu kebetulan banget ada promo tiket pesawat murah dari Airasia.

Yuhuwwww, pucuk dicinta ulam tiba, akhirnya belilah tiket murah itu buat 3 orang (2 dewasa, 1 bayi) seharga Rp 1,6 juta. Singapore, here we come!

With my lovely pricess Velika, 21 mos

Pemilihan Hotel

Setelah tiket pesawat beres tinggal browsing sana-sini cari hotel yang ngga mahal tapi nyaman untuk si bocah. Tadinya gue udah mau booking New Happy hotel yang free cancelation seharga 1,5 jutaan tapi setelah minta pendapat mbak tesya, akhirnya gue mutusin untuk nginep di Fragrance Emerald Hotel.

Emang sih letaknya di Geylang yang dekat dengan red district, tapi selama gue disana, enggak pernah liat yang 'aneh2' kok. Gue booking lewat booking.com yang no cancelation seharga 180 USD atau sekitar Rp 1,8. Kalau belum yakin, bisa juga kok booking yang free cancelation seharga kurang lebih 210 USD.

Kelebihan: hotelnya bersih, ada fasilitas air hangat, AC, hair dryer. Deket sama bus stop, deket tempat makan, deket 7eleven, deket money chager juga (siapa tau tiba2 kehabisan uang dolarnya kan...).

Kekurangan: kalo mau pake wifi harus bayar SGD 10 untuk 1 hari (gue kemarin enggak nyoba wifinya soalnya di hotel cuma malam hari aja, sayang kalo uda bayar tapi cuma pake sebentar pas mau tidur :p), no free breakfast, ada di area red district. Buat yang rencana mau ajak anak yang uda rada gede harus hati2 kayaknya deh.

Kita bahas satu persatu dari hari pertama gue tiba di Singapore ya....

Day 1

Sampai di bandara Changi udah malem sekitar jam 08,30 (oya waktu di singapore 1 jam lebih cepet dari WIB). Langsung beli EZ link card, yaitu kartu pintar buat alat pembayaran ketika naik MRT maupun bus seharga SGD 12.

Kita naik MRT ke stasiun yang terdekat dengan hotel (namanya stasiun Aljunied), lanjut naik bus dan turun di bus stop deket hotel. Deket aja kok kalo dari Aljunied cuma jarak 2 bus stop aja. Hari pertama enggak kemana- mana soalnya udah malem dan capek juga, cuma keluar sebentar cari makan malem trus balik ke hotel.

Day 2

Niatnya jam 6.30 udah mau start jalan jalan tapi karena di luar masih sepi jadi mundur jam 7.30 baru keluar dari hotel. Destinasi pertama ke taman Merlion, jeng jenggggg... dari hotel naik bus nomer 63 turun di deket Gereja St.Andrews trus kita jalan kaki ngelewatin monumen, gak tau monumen apa namanya..

Walau nyasar tetep eksis donk

Trus karena kita masih bingung ada di sebelah manakah taman Merlion, maka kita asal jalan aja (catatan: kita gak beli kartu seluler di Singapore jadi gak bisa buka GPS buat cari lokasi). Sampai ahirnya kita menemukan gedung durian alias gedung splanade. Mulai deh excited buat foto foto :p (sebenernya udah dari tadi foto2 sih). Setelah ber jeprat jepret ria kita melanjutkan perjalanan dan ahirnya dari kejauhan udah keliatan batang hidungnya si Merlion :D tambah excited deh. Langsung meluncur ke taman merlion sekalian cari sarapan disana. Kita makan di candy boulevard di area Merlion. Sarapan wafel, beli cemilan sama beli permen habis sekitar SGD 25.

Destinasi berikutnya yaitu Gardens by the bay...

Harusnya sih naik bus dari bus stop Esplanade, turun di Marina Bay trus jalan kaki ke GBTB, tapi kita mondar mandir ngga nemu nemu juga tu halte ada dimana, jadi ahirnya kita jalan kaki aja kesana.

Iya JALAN KAKI.

Bye-bye high heels!

Dan ternyata jauuuuuhhh loh kalo ditempuh pake jalan kaki, apalagi cuacanya panas banget, aku pake high heels, ditambah Velika yang nggak mau turun dari gendongan gue. Rasanya sesuatu banget, kayak lagi jalan di padang pasir. Emang harusnya beli kartu seluler deh biar ngerti lokasi. Jangan ikut ikutan gue T.T

Gardens by the baynya bagus banget!! Sangat sangat recomended buat dikunjungi. Tiket masuknya free alias gratis. Kecuali kalo mau masuk ke dalam Cloud Forest atau Flower Dome baru bayar. Harga tiket masuk untuk turis asing kayak gue adalah SGD 18 untuk 1 orang dewasa. Gue beli 1 tiket buat masuk ke Cloud Forest.  Isinya tentang hutan hujan tropis. Begitu masuk ke dalamnya langsung disambut oleh air terjun buatan yang kerennnn, dan suhu yang nyess! Dingin-dingin empuk yang langsung menyejukkan jiwa raga gue yang baru kepanasan di luar.

Inside the Cloud Forest

Jam 15.00 kita keluar dari GBTB menuju ke Chinatown naik MRT. Kalo mau cari oleh-oleh langsung aja ke Pagoda street. Disitu ada banyak macem oleh oleh dengan harga yang cukup terjangkau bila dibandigkan dengan tempat tempat lain. Habis dari Chinatown niatnya mau balik lagi ke Marina Bay liat Wonderful Lasershow, tapi karena udah capek buangettttt jalan kaki seharian jadi kita putuskan untuk pulang ke hotel saja. Kita makan siang di Chinatown habis sekitar SGD 15 dan makan malam di restoran Thailand di deket bus stop hotel sekitar SGD 22.

Day 3
Jam 7.30 meluncur naik bus nomor 80 ke mall Vivo City, langsung naik ke lantai 3 dimana stasiun Singapore Express berada. Bayar SGD 4 untuk naik Singapore Ekspress dari Vivo City ke Sentosa Island. Ada 3 stasiun monorail di sentosa island:

1. Waterfront Station; dimana ada USS, dan ada toko permen Candilicious yang ngga boleh dilewatkan untuk sekedar foto foto di depannya, soalnya tempatnya unik. Tuh liat aja di foto. Gue ngga masuk ke universal studio, cuma nampang foto aja di depan bola dunianya yang khas itu :p

2. Imbiyah Station; Ada atraksi Merlion, bisa naik ke atasnya dengan biaya SGD 8. Tapi tempat ini gue skip dan langsung meluncur ke station terahir.

3. Beach Station, disini kita bisa ke Tanjong Beach, Palawan Beach atau Siloso Beach.

It was just like a private beach!

Kita sarapan pagi  sekitar jam 9 di area palawan beach menghabiskan dana kurang lebih SGD 13.

Setelah puas jeprat jepret, lanjut lagi ke Orchad road, trus ke Bugis street naik MRT.

MRT di Singapore tuh nyaman banget, di setiap station ada peta petunjuknya, dan yang paling gue suka tiap kalo gue ngga kebagian tempat duduk langsung ada yang dengan rela ngasih tempat duduknya buat gue yang repot bawa bawa anak :D

Kita makan siang di Mc D di dalem mall Bugis Junction sekitar SGD 12. Selesai makan lanjut ke Bugis Street. Di Bugis Street juga banyak yang jual barang oleh oleh murah, cuma masih lebih murah di Chinatown.

Dari Bugis kita lanjut ke Riverside Point di Clarke Quay. Disini kalo mau bisa naik river cruise (kapal) mengelilingi sungai biayanya SGD 22. Tapi gue enggak naik, lebih memilih duduk duduk aja di pinggiran sungai sampai gelap.

Istirahat sambil nunggu Velika bangun

Jam 19.00 cabut dari Riverside menuju ke Chinatown lagi, soalnya kemarin belom puas beli-belinya:p Sekalian makan malam di Chinatown dengan biaya SGD 26.

Jam 21.00 balik ke hotel,
 terus packing, soalnya besok pagi-pagi banget udah harus check out dari hotel menuju Changi airport.

Day 4

Jam 06.00 keluar dari hotel, jalan kaki ke station MRT Kallang, naik MRT dari Kallang ke Changi.

***

Senanggg... ternyata ngga mahal mahal amat liburan di Singapore, asal kita mau hemat aja. Kemana mana naik MRT jangan naik taksi, dan pilih tempat makan yang terjangkau saja :D

Tentang Vidi:
Aku adalah seorang bidan yang menghabiskan setengah hari waktuku di kantor, masih buka praktik di rumah sore hari. Tapi aku adalah ibunya Velika sepanjang waktu. Saat ini, aku tinggal di sebuah desa di pegunungan Dieng yang harus menempuh waktu 1 jam untuk ke kota. Tapi aku enggak pernah kudet tuh (kudet=kurang update:p).

Posted on May 13, 2014

10 comments:

1. Sebenarnya banyak tempat wisata yang murah (baca : Gratis ) di Singapore antara lain Singapore Botanical Garden, Chinese & Japanese Garden, Helix Bridge, Marina Barrage dan lain-lain. Makan bila makan di cafe2 seperti Ananas Cafe, Q Ji, Tiong Bahru Market juga murah meriah ( Ukuran Singaporean).
    Komponen yang paling mahal adalah akomodasi. Bisa disiati tinggal di Apartemen2 di Peoples Park atau Lucky Plaza.

Replies
    1. Thank you Mas untuk tambahan informasinya :)

Delete
    2. hi mas gunawan / mba tesya..mhn info kl mau sewa apartemen di peoples park/ lucky plaza sebaiknya book dmn ya? sptnya ga ada di booking.com . tks

3. Hai Mba, saya ada temen yg sewain, coba email ke hervbudi@yahoo.com
      Bisa sewa di Orchard or Aljunied.

4. hi.. mohon info rate sewa apartemen di peoples park? tks

5. Temen saya pernah sewa SGD80 per malam, tapi saya enggak ada contact person-nya.

2. Ka. Tips cari tiket promo pesawat itu di website maskapainya satu persatu atau dmn ka?

Replies
    1. Bisa dilihat dulu di web nya skyscannerid. Nanti kalau ada tiket yang kita mau, kita beli di websitenya langsung aja.

Delete
  3. Halo Mbak Vidi, wah Bidan yang inspiratif banget nih. Baby saya baru aja masih umur seminggu tapi udah pingin aku ajak jalan-jalan. Semoga bisa bawa jalan-jalan bayi secepatnya. Umur berapa bulan ya bayi aman naik pesawat?