Merayakan Idul Fitri di Istanbul Dengan Naik Bhosporus Cruise Dari Ortakoy


Alhamdulillah hari ini kita merayakan hari kemenangan, setelah satu bulan berjuang sekaligus menikmati bulan Ramadhan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H ya teman-teman pembaca tesyaskinderen. Mohon maaf lahir dan batin.

Karena kami hanya mudik singkat ke Bandung, jadi saya bisa menulis blog pada malam hari raya pertama lebaran ini. Saya ingin menulis mengenai lebaran yang kami rayakan tahun lalu.

Ceritanya kami ikutan orang Turki merayakan lebaran, banyak dari mereka menjadi turis domestik dan berlibur ke Istanbul. Kemudian mereka naik ferry atau yang disebut Bhosporus Cruise.

Bukan hanya menikmati waktu bersama keluarga di atas ferry, kami juga menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan. Tempat apa saja yang kami lewati? Yuk kita intip :)

Di atas ferry, dengan latar belakang Bhosporus Bridge


Memilih Tour Untuk Bhosporus Cruise

Sebelumnya saya sudah riset mengenai cruise ini, ada beberapa provider besar misalnya Sehir Hatlari. Ada long cruise, short cruise, dan dari referensi yang saya baca, semua bertolak dari Eminonu. Namun banyak review negatif yang saya baca untuk ferry dari Eminonu: katanya terlalu crowded. Jadi saya ragu-ragu untuk naik cruise. Bagaimana jika kami kebagian duduk di deck yang panas? Matahari di Istanbul saat itu sedang terik-teriknya.

Secara tidak sengaja, kami menemukan tour provider yang menawarkan 2 jam cruise mengeliling selat Bhosporus yang bertolak dari Ortakoy. Tanpa pikir panjang, saya langsung membeli tiket dengan harga TL 15 atau sekitar Rp 75.000 per orang. Hari itu jadwal kami juga selow, jadi tidak ada salahnya 2 jam di atas ferry.

Tempat membeli tiket berlokasi di belakang Masjid Ortakoy
Tanpa menunggu lama, kami pun naik ke atas ferry


Ternyata ferry dari Ortakoy memang less crowded, dan kondisi ferry pun nyaman untuk keluarga. Bisa duduk di bagian luar ataupun bagian dalam. Di atas ferry juga dijual makanan dan minuman.

Untuk teman-teman yang mau berlibur ke Istanbul, saya sarankan naik ferry dari Ortakoy ya.

Kondisi ferry yang nyaman
The dining room
Ada bar juga di dalamnya
Snack dan soft drink yang dijual di atas ferry

Tempat kami duduk di bawah tenda



Melihat Bhosporus Bridge Dari Dekat 

Sebelum saya bercerita lebih lanjut, saya jelaskan dulu mengenai Bhosporus Bridge ya. Selain Galata Bridge yang kerap dipenuhi oleh orang yang sedang mancing, ada satu lagi jembatan yang menjadi ikon Istanbul, yaitu Bhosporus Bridge. Jembatan ini memisahkan sisi benua Eropa dan sisi benua Asia. Keren kan.

Sewaktu keliling menggunakan ferry juga terlihat jelas yang mana sisi Eropa dan sisi Asia loh. Beda banget:)

Sisi jembatan yang ada di benua Eropa
Sisi jembatan yang ada di benua Asia



Dan rasanya asik banget sewaktu ferry kami berada di bawah jembatan ini :)

We were getting closer!
Bus yang sedang melintas pun terlihat dari ferry



Masjid Ortakoy Yang Mempersona

Pemandangan pertama yang kami nikmati dari ferry, tentunya Masjid Ortakoy dengan arsitekturnya yang indah dan megah. Masjid ini menurut saya exterior-nya berbeda dengan masjid lain di Istanbul. This is a must visit!


Tempat ferry bertolak yang dekat sekali dengan Masjid Ortakoy
Masjid Ortakot di antara gedung dan rumah di sekitarnya
Ferry kami menjauh dari Masjid Ortakoy



Sisi Eropa Yang Dilewati Bhosporus Cruise

Memang Istanbul ini kotanya unik banget, karena ada dua benua di dalamnya. Dengan naik Bhosporus Cruise, kita dapat melihat perbedaan kedua sisi ini.

Sisi Eropa terlihat lebih hidup dan berwarna, apalagi mendekati area Bebek yang dipenuhi cafes dan restoran. Area Bebek ini terkenal dengan seashore promenade nya.

Bhosporus bridge sisi Eropa
Udah berasa melihat pemandangan di pesisir Cote D'azur?
Lovely houses

Deretan rumah elit dengan yacht-nya di daerah Bebek.



Ferry juga melewati sebuah benteng yang diberi nama Rumeli Hisari. Benteng ini dibangun untuk mengontrol traffic militer untuk mempersiapkan serangan pada jaman Constantinople.








Sisi Benua Asia Yang Dilewati Cruise

Terpesona dengan sisi benua Eropa? Sekarang mari kita lihat perbedaan dengan sisi benua Asia. Sebelumnya, kita lihat peta ferry yang kami naiki dulu ya. Supaya teman-teman bisa membayangkan rutenya.

Benua Eropa di sebelah kiri atas dan Benua Asia di sebelah kanan bawah



Kami melewati beberapa ikon di Benua Asia, salah satunya sebuah istana yang dibangun sebagai tempat istirahat Sultan, bernama Beylerbeyi Palace. 

Menurut saya sih, sisi Asia lebih didominasi warna netral seperti putih dan abu-abu. Berbeda dengan sisi benua Eropa.





Tidak terasa dua jam pun berlalu, dan ferry kami merapat kembali ke Ortakoy. Untuk teman-teman yang tertarik, coba googling saja provider tour yang saya pakai ini ya. Namanya Ortur.

Bhosporus Cruise ini wajib banget deh untuk dilakukan kalau teman teman ke Istanbul :)

Back to Ortakoy



written on June 25, 2017
Follow our twitter & IG: @tesyasblog
Like our FB fanpage: Tesyasblog
See our video on youtube: Tesya Sophianti



Related posts:


No comments:

Post a Comment