[Guestpost] Review KSL Resort Hotel Johor Bahru


Ketika teman saya Susan bertanya mengenai rencana liburan keluarganya ke Johor Bahru, dan mengetahui bahwa ia memilih KSL Resort Hotel, saya langsung request Susan untuk membuat review atas hotel tersebut. Saya penasaran dengan taman dinosaurus yang ada di area kolam renang.

Susan langsung setuju, namun karena kesibukannya, ia baru mengirimkan tulisan 11 bulan setelah liburannya. Hahaha... Well, it is better late than never kan? 

Untuk Anda yang masih bingung di mana menginap di Johor Bahru, selain review beberapa hotel yang tayang di tesyasblog, Anda juga dapat melihat seperti apa sih hotel KSL Johor Bahru dari tulisan Susan di bawah ini. Thank you Susan!


Guestpost by Susan Samantha

Di akhir bulan Maret 2014 yang lalu bertepatan dengan short holiday anak kami, akhirnya liburan yang telah ditunggu-tunggu datang juga.  Dengan direct flight Air Asia Jakarta - Johor Baru, kami tiba 30 menit lebih awal dari yang tertulis di tiket (hebat juga yah naik pesawat ini, kalau pesawat yang lain delay, baru kali ini seumur-umur bisa tiba lebih awal:p)

Dari Senai international Airport kami langsung naik taxi ke KSL Resort Hotel. Biaya taxi di Johor Bahru lumayan mahal, kalau tidak salah ingat sekitar RM75.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30-45 menit (hmm jauh juga yah untuk kondisi jalan yang sangat lancar), kami tiba di KSL Resort Hotel, penampakan dari luar hotel membuat saya setidaknya cukup lega bahwa hotel ini besar dan bersih. Sewaktu masuk ke dalam lobby, hati saya makin tenang melihat lobby yang modern, luas dan terawat.

Reception di KSL Resort Hotel


Pengalaman buruk saya memilih hotel waktu pertama kali ke Kuala Lumpur tahun 2012, ketika ternyata hotel yang saya pilih dari hasil searching di internet tidak seindah di foto, membuat saya lebih berhati-hati dalam memilih hotel kali ini.  

Pilihan awal pastinya Legoland hotel, namun rate harga pada waktu itu sekitar RM800 per-malam. Saya langsung mencoret Legoland hotel dari list alternative, walaupun kalo dari nama dan webnya sudah pasti bagus. Yang saya heran ketika saya cek sekarang di Januari 2015 untuk menginap Juli 2015 (karena Tesya sangat me-recommend hotel ini), kok malah jadi affordable yah? Harganya Rp 1.7 (without breakfast) dan Rp 2 juta (dengan breakfast). Saya rasa, mungkin karena ada promo khusus di bulan puasa.

Setelah melalui searching cukup lama, pilihan saya jatuh kepada KSL Resort Hotel, simply karena saya lihat dari web hotel ini memiliki kolam renang yang bertema Dinosaurus.  Anak saya#2 sangat suka dengan Dino, semua jenis Dino dia hafal namanya. Dia juga mengoleksi mainan dan buku Dinosaurus, pokoknya anything about Dino, he will surely like it. Terlebih lagi ada keterangan bahwa Dino ini dibuat at the same size with the real one (WOW!) and they even can make a sound and also can move.

Karena penasaran, sesampainya di hotel, kami langsung mampir ke swimming pool. Ternyata, seperti yang tertulis di review bahwa Dinosaurus ini besarrrrr, dapat bergerak dan mengeluarkan suara di waktu-waktu tertentu!   





Sayangnya kedua anak saya tidak seperti anak-anak lain yang bisa dengan mudah disuruh berfoto sambil tersenyum dan bergaya, grhhhhh. Mungkin juga karena mereka pas liat kolam sudah minta berenang, padahal hari itu sangat windy dan kami tiba sudah sore. Sehingga saya dan suami, cukup bersiteguh untuk melarang mereka untuk renang.   





Baru keesokan paginya, kami berencana setelah sarapan akan mencoba pool ini. Saya memesan kamardengan breakfast, namun sayangnya di hari kedua saya baru tau ternyata hotel ini hanya menyediakan sarapan untuk 2 orang dewasa, anak-anak harus membayar lagi. Padahal di hari pertama ketika dijaga oleh Bapak-bapak, tidak dicharge, baru di hari kedua ketika yang jaga Ibu-ibu, dengan gaya kasarnya menyuruh kami bayar untuk anak-anak kami. 

“Pay.....Pay, children have to pay” sambil menengadahkan tangan meminta uang. Amboiiiiii service ala macam mana ini?! *garuk-garuk kepala dehhhh!  Sebelnya lagi, periode sewaktu kami menginap bersamaan dengan seminar dengan skala yang cukup besar sedang diselenggarakan di hotel itu, sehingga area makan pagi kami, antreannya sudah seperti di kondangan, Hadeuh!

Antrean makan pagi


Setelah sarapan, anak-anak sudah tidak sabar untuk berenang dan bermain di Dino Mini Waterpark KSL Resort Hotel ini.  Beberapa mini sliding dan penyewaan tube yang harganya 10-15 RM sangat menghibur anak-anak untuk berlama-lama di di swimming pool ini.






Alasan kedua saya memilih KSL Resort karena hotel ini bersebelahan dengan mall kecil, sehingga memudahkan kami untuk mencari makan. Karena kami tau di Malaysia biaya taxi cukup mahal dan sebagian besar tidak menggunakan argo. Dari lobby, terdapat connecting door yang langsung terhubung  dengan mall yang serupa tapi tidak seramai ITC Mangga Dua. Hmm jauh lebih teratur juga sih hehe.

Tempat makannya ada foodcourt kecil, namun menurut kami tidak terlalu nyaman bila untuk makan bersama anak. Untung kami menemukan deretan resto yang menurut kami  memiliki rasa yang sama dengan yang ada di jakarta. Sebut saja Ajisen Ramen, Manhattan Fish Market, serta beberapa resto chinese food lokal dan juga Kopitiam.



Overall, menurut saya KSL Resort Hotel sangat cocok untuk keluarga yang anaknya suka air. Namun secara jarak, hotel ini agak jauh dari Legoland dan Johor Premium Outlet.  Butuh sekitar 70-80RM untuk kesana one-way trip.  Jadi walaupun secara harga kamar sekitar Rp 1-1,1 juta termasuk breakfast untuk 2 orang dewasa. Namun biaya taxi PP ke tujuan wisata perlu diperhitungkan ketika Anda membuat budget liburan. 



Posted by @tesyasblog on February 7, 2015


6 comments:

  1. Saya malah ngarep ada yang posting hotel dengan backpacker budget di Johor ini. Dulu tahun 2008an jalan kaki dari ujung ke ujung nggak nemu yang murah :D

    Salam kenal Mbak Tesya

    www.linasasmita.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lina, ada kok yang backpacker, saya posting di tesyasblog, namanya Hanya Satu Hotel.

      Delete
  2. ihhhh ankku pasti suka kolam renang iniiii ^o^... Tapi itu petugas ibu2nya nyebelin bgt ya mba... ga prnh diajarin cara ngomong ama tamu apa dia -__-

    Kerja di bidang service kok gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe...pasti deh ada yg kaya gitu dimana aja kan ya.
      Kolam renangnya keren, anak2 aku pun pasti suka deh disini.

      Delete
  3. Klo mo murah bisa naek bus ke JB sentral. Ini kek terminal bus gt. Ada rute ke JPO (bus JPO 01) atau bus ke legoland/hello kitty/singapore.
    Tapi klo naek bus ke JPO agak lama 1 jam an gt br sampe. Sdgkan klo naek taksi 20an menit krn lwt tol.
    Nanti di JB sentral ini tgl nyebrang uda nyampe mall City Square.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Mba, untuk feedbacknya.

      Delete