A Weekend Getaway: Liburan ke Batu Secret Zoo

Mengajak kiddos untuk mengunjungi Batu Secret Zoo sudah menjadi impian saya sejak lama. Namun harga ticket pesawat Jakarta-Malang pp yang tidak murah selalu menjadi hambatan. Ticket promo ke Malang pun terhitung jarang karena penerbangan yang masih terbatas.

Selain masalah ticket pesawat, keterbatasan cuti membuat planning Liburan ke batu Secret Zoo tertunda. Akhirnya kami hanya bisa weekend getaway ke Malang. Ternyata, dengan satu tujuan mengunjungi Batu Secret Zoo, weekend getaway ke Malang sangat bisa dilakukan. Simak beberapa tips Liburan ke Batu Secret Zoo berikut ya.

Mencari Ticket Pesawat ke Surabaya atau Malang?

Pada bulan November 2012, saat AirAsia membuka rute pertama mereka Jakarta-Surabaya, saya membeli ticket promo one way untuk 4 orang seharga Rp 700 ribu nett untuk keberangkatan bulan Juni 2013. Saya sudah bertekad akan mengumpulkan point GFF untuk ticket pulang Malang-Jakarta. Dan Alhamdulillah sesuai rencana, kami hanya membayar airport tax Rp 16 ribu per-orang ketika redeem point GFF, 4 ticket Garuda Malang-Jakarta pun sudah di tangan:)

By the way, untuk mempercepat pengumpulan point GFF kami menggunakan transfer point kartu kredit ke Garuda Mileage. Segala usaha dilakukan deh, demi terbang gratis:D

Saat ini sudah ada Citilink dari Jakarta ke Malang, menambah alternatif penerbangan selain Garuda dan Sriwijaya. Namun pilihan terbang ke Surabaya memang lebih banyak dan lebih mungkin mendapatkan ticket promo.

Transfer dari Juanda Airport ke Malang

Saya minta rekomendasi dari @alisahqiqi yang asli Malang, mengenai rental mobil dari Airport Juanda dan dikembalikan di Airport Malang. Bahkan ketika saya minta informasi mengenai hal ini dari @alisahaqiqi, saya tidak yakin layanan yang kami minta tersedia. Tapi memang betul bahwa kita selalu harus ask the local people. @alisahaqiqi solve my problem, ia memberikan sebuah no hp yang ketika saya hubungi, bersedia meminjamkan mobil lepas kunci, dengan jaminan ibu Jusuf yang merupakan Ibu dari @alisahaqiqi. Wow, I could never thank @alisahaqiqi enough.

Biaya penjemputan dari Juanda airport ke Malang Rp 225 ribu, dan biaya sewa mobil satu hari Rp 250 ribu. Kami berangkat dari Juanda airport jam 9.30 dan pak supir yang ikut bersama kami kembali ke Malang membawa kami melalui jalan alternatif, karena kondisi lalu lintas Surabaya-Malang yang selalu padat terutama pada saat weekend. Pak supir kemudian turun di Malang, dan kami melanjutkan perjalanan ke Batu. Sekitar jam 1 siang, kami tiba di Batu Secret Zoo. Anda bisa menghubungi Pak Imron 081703309013 jika membutuhkan rental mobil di Malang. Buat saya, layanan Pak Imron was excellent.

kiddos sudah harus membeli ticket dengan harga full

Membeli Ticket Masuk ke Batu Secret Zoo

Untuk yang masih bingung apa bedanya Jatim Park 2 dengan Batu Secret Zoo (ketika planning saya mengalami hal ini), Jatim Park 2 terdiri dari Batu Secret Zoo, Museum Satwa dan Ecogreen Park. Ticket untuk masuk ke Museum Satwa dan Batu Secret Zoo Rp 90 ribu (weekend price), dan harus membeli ticket gabungan. Aneh juga, padahal di website mereka ada keterangan harga terpisah antara Museum Satwa dan Batu Secret Zoo.

Jika waktu anda banyak, disarankan membeli ticket terusan Rp 110 ribu yang mencakup Ecogreen Park. Sementara kami yang baru masuk jam 1 siang, membeli ticket Rp 90 ribu saja. Itu saja hampir kami terlambat masuk ke Museum Satwa.

Bahkan tersedia juga ticket terusan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Anda bisa naik free shuttle berupa kereta api jika memiliki ticket terusan ini. Tapi anda perlu waktu dua hari full, serta disarankan menginap di sekitar Batu saja jika memang ingin mengunjungi Jatim Park 1 dan 2.

kecewa tidak bisa naik train ini

Menyewa e-bike di Batu Secret Zoo

Area Batu Secret Zoo ini sangat besar dan ada beberapa bagian yang naik-turun. Poster untuk sewa e-bike Rp 100 ribu per 3 jam sudah kami lihat sejak pintu masuk, e-bike akan diantarkan ke tempat kita berada setelah menelepon nomor yang tertera di poster. Namun Rene sang menteri keuangan tetap say no, walaupun ibu presiden sudah request:p Ok lah kami terus berjalan menikmati udara sejuk, zoo yang bersih, dan binatang yang sehat.

up close and personal with the animals
aquarium cantik nan terawat

Kami terus berjalan hingga melewati e-bike station yang terletak di depan area flaminggo. Saya masih tetep berusaha dan merayu, "Satu aja deh e-bike nya untuk saya dan kiddos". Tapi ijin tetap tidak keluar, karena pertimbangan kami pasti akan lama di area waterpark. Usaha gagal, kami melanjutkan perjalanan ke area Savannah dan harus melewati jalanan yang naik cukup tajam dan kiddos#2 minta digendong karena mulai kecapean. Hmm mungkin saat itu Rene sang menteri keuangan mulai menyesal tidak menyewa e-bike:D

ooohw help we need an e-bike:p

Jika anda bepergian dengan orangtua ataupun anak, menyewa e-bike sangat disarankan. Sewalah tidak jauh dari pintu masuk, hingga anda tidak rugi bisa utilize full selama 3 jam.

Membawa Baju Renang untuk Kiddos

Setelah berjalan cukup jauh dari pintu masuk, sekitar pukul 4 sore, sampailah kami di area Fantasy Land. Dari kejauhan, Kiddos sudah melihat waterpark dan aneka permainan yang sangat colorful.

yup, kiddos were so excited at Batu Secret Zoo

Kami langsung ke area waterpark untuk bertemu dengan keluarga @alisahaqiqi. Angin dingin menusuk kulit, tapi kiddos tidak peduli, mereka langsung minta ganti baju renang dan byuuurrr..

kiddos#2 with his fave Buzz Lightyear

Jangan lupa membawa baju renang dan segala perlengkapannya (pelampung, google, handuk, alat mandi termasuk penghangat badan seperti minyak telon), baju ganti dan rompi/ jacket. Karena semakin sore, udara semakin dingin.

Kunjungi Fantasy Land di Sore Hari

Ticket Rp 90 ribu itu, termasuk gratis bermain di arena Fantasy Land. Wohoo.. keren banget ya Batu Secret Zoo:) Kebanyakan, permainan dibatasi satu atau dua kali bermain saja. Tapi tidak masalah karena banyaknya variasi permainan membuat satu kali bermain cukup.

Yang paling asyik adalah di Animal Farm, kita naik mobil berbentuk traktor melewati kandang para binatang. Dan di bagian binatang jinak, mereka menghampiri mobil untuk minta makan. Makanan untuk binatang bisa kita beli di sana.

memberi makan langsung dari tangan kiddos

menikmati berbagai jenis permainan, gratis!

Karena sudah sore, rombongan anak sekolah dari Surabaya sudah banyak yang meninggalkan Batu Secret Zoo. Kami bisa puas bermain tanpa harus antri sama sekali. It's like having this place only for ourselves.

Sore semakin gelap ketika kiddos asyik bermain di playground. Kami harus membujuk kiddos untuk meninggalkan arena playground karena khawatir Museum Satwa akan segera tutup. Jam 5.45 pm terdengar pengumuman bahwa Batu Secret Zoo akan segera tutup. Barulah kiddos rela meninggalkan area fave mereka itu.

playground yang terawat

Kami tiba di depan Museum Satwa 5 menit menjelang pukul 6, dan Alhamdulillah masih diperbolehkan untuk masuk. Kami hanya sempat foto sebentar dan mengagumi megahnya Museum Satwa ini.

sekejap menikmati Museum Satwa

Where to Eat in Batu?

Puas seharian bermain, kiddos pun kemudian merasa kelaparan. Pilihan makanan terdekat adalah di depan area parkir Batu Secret Zoo. Kami memilih untuk makan malam di Warung Bambu, karena saya pernah mengunjungi restoran ini sebelumnya atas rekomendasi @alisahaqiqi. Dan menurut saya tempat ini sangat kiddos friendly.

With the help of GPS (guidance penduduk setempat), kami mencari Jl. Raya Selekta dengan patokan hotel Purnama, karena area parkir Warung Bambu terletak di sebelahnya. Pada waktu kunjungan pertama, saya duduk manis dan sang supir yang membawa saya kesana kemari. Sehingga saya tidak ingat lagi harus lewat mana:D

Warung Bambu memiliki area kolam ikan yang sangat besar. Bahkan di bawah meja, kiddos#1 sukarela memberikan kaki nya untuk "dicubit" ikan. Hati kiddos yang senang membuat kami gampang memberi makan mereka.

menikmati bermain ikan di Warung Bambu, Batu

Menginap di Batu atau di Malang?

Jika budget anda mencukupi, menginap di Pohon Inn yang berada di dalam kompleks Jatim Park 2 bisa menjadi pilihan. Karena perbandingan antara harga kamar dan review yang biasa saja di tripadvisor.com, kami memutuskan tidak menginap di Pohon Inn dan mencari hotel di Malang.

Kami sudah pernah menginap di Merbabu Guesthouse sebelumnya, dan pada saat business trip saya pernah menginap di Santika Malang dan juga di Graha Cakra. Untuk kunjungan ke Malang dengan kiddos, awalnya saya book superior family room untuk berempat di Kertanegara Guesthouse melalui booking.com dengan rate Rp 500 ribu.  Mendekati keberangkatan, saya iseng cari-cari hotel lagi di Malang, dan mendapatkan Harris Malang baru saja buka. Dengan corporate rate, saya mendapatkan harga Harris room Rp 445 ribu belum termasuk breakfast, namun yang membuat saya tertarik adalah poolnya yang super keren! Akhirnya kami menginap di Harris Hotel Malang

Semoga tips di atas dapat membantu anda untuk planning liburan ke Batu Secret Zoo.

Sejauh ini saya berpendapat bahwa kebun binatang paling keren yang pernah kami kunjungi adalah Singapore Zoo, namun setelah berkunjung ke Batu Secret Zoo, urutan pertama kebun binatang terbaik sudah berubah menjadi Batu Secret Zoo! Kita semua patut bangga bahwa Indonesia memiliki kebun binatang sebagus Batu Secret Zoo:)

written on June 16, 2013

8 comments:

1. Mom Kiddos, mohon sharingnya Kertanegara guesthouse dan Harris Hotel, lebih baik yang mana?

Replies
    1. Hai Mom, karena kemarin aku dapet Harris 500 ribu dan Kertanegara juga segitu (family room), aku pilih Harris. Karena Kiddos suka banget renang (walau airnya dingin ya). Tapi location wise, Kertanegara itu lebih tengah. Kalo Harris jauh dari mana-mana lokasinya. Aku ga masalah karena sewa mobil.

Delete
  2. Mom, kalo ada waktu coba kunjungi 'Chimelong Safari' di Guangzhou, tempatnya luas dan bersih serta koleksi binatangnya jg lebih byk dr singapore zoo...Animal show nya bagus2...Menurutku itu kebun binatang yg layak untk dikunjungi unt penggemar zoo..

Replies
    1. Thank you untuk rekomendasinya, doakan kami sampai ke Chimelong Safari suatu saat nanti ya. Amin hehe :)

Delete
  3. Thanks for this review, exactly what I was looking for. Saya juga sama ragu2 untuk booking Pohon Inn karena review nya biasa bgt dan dari foto2 kamarnya pun hmm rasanya kurang. Sekarang saya tertarik antara Santika Premiere Malang vs Harris Malang.. mendingan mana ya? Thanks again.

Replies
    1. Hai Mba...kalau sama anak-anak sih pasti mereka lebih suka pool Harris. Kelebihan Santika adalah lokasinya lebih deket ke kota. Aku juga udah ke Santika, bisa liat reviewnya di tesyasblog : http://www.tesyasblog.com/2013/08/hotel-review-santika-premier-malang.html

Btw Mba, aku masih juga penasaran sama Pohon Inn sih hehehe..

Delete
  4. Salam kenal mba tesya,sy des bsk rnc mau ke batu malang ,kl hotel yg paling dekat dgn jatim park 1 and 2 tp kualitasnya spt harris htl apa ya krn sy liat yg bnk bgs htlnya di malangnya dan itu jauh kl mau ke batu

Replies
    1. Hallo Mba, ada Pohon Inn, coba Mba baca review ttg Pohon Inn deh..