Liburan Bersama Anak ke Hongkong – Day 2 : Mengunjungi Cheung Chau Island

Pagi itu, kiddos bangun jam 7.30, kami biarkan saja mereka tidur sepuasnya karena kami berencana mengawali hari dengan sarapan halal dimsum di Hongkong yang baru buka pukul 10 pagi. Ooh akhirnya bisa juga makan dimsum halal di Hongkong:) Setelah bangun dan sarapan pop mie di kamar hotel, kiddos  menikmati permainan airnya di bathtub hotel. Mereka sangat semangat karena hari itu awalnya kami akan pergi ke Ocean Park.



Jam 9.45 kami beranjak dari hotel menuju Islamic Center. Dari hotel kami keluar ke kanan, jalan terus hingga bertemu Seven Eleven, dan stop sebentar disana karena kiddos ingin membeli mainan dari vending machine. Dari seven eleven kami belok kanan, dan satu menit kemudian kami tiba di Islamic Center. 


Di depan islamic center, kiddos#1 bertanya "kok kita kesini, kita kan mau ke Ocean Park" Lalu kami jelaskan bahwa pagi itu kita akan makan dulu di mesjid. Terus kiddos#1 nanya lagi deh "kok makan di mesjid?" Tapi dia ikut saja kami masuk, dan akhirnya mengerti bahwa restoran memang terletak di gedung yang sama dengan mesjid namun beda lantai.

Kantin masih sangat kosong pagi itu, dan dimsum tersedia cukup lengkap. Karena kalap, kami memilih 5 menu dimsum, tiga menu di makan di sana dan dua lainnya kami take away. Sebetulnya kami ingin bungkus nasi goreng, sayangnya makanan berat baru tersedia pukul 11. Dimsumnya berukuran lumayan besar, dengan rasa yang berbeda dengan di Indonesia. Apakah memang rasa dimsum seharusnya begini? Wah saya ga ngerti deh.. Total 5 dimsum dan chinese tea yang kami pesan HKD 71. Cukup murah kan.


Mendekati jam 11, kami meninggalkan kantin dan jalan ke bus stop di depan hotel The Charterhouse, yang letaknya sangat dekat dengan Islamic Center. Jadi selain JJ Hotel, anda juga bisa menginap di The Charterhouse jika ingin berada dekat dengan Islamic Center. Kami naik bis 101 menuju Admirality bus station. Dari sana kami berencana naik bis 629 dari Admirality ke Ocean Park.

Oya ini adalah kali pertama kami explore Hongkong dengan bis. Dari pengalaman sebelumnya, jika memilih moda transportasi MTR, kami harus berjalan cukup jauh. Pada perjalanan dengan kiddos ini, kami memilih bis karena jalan ke bus stop relatif dekat. Sebelum pergi, itinerary kami sudah lengkap dengan rute bis yang harus kami pilih. Silahkan email jika ingin mendapatkan itinerary kami di Hongkong (tesyas.blog@gmail.com).

Cara mencari rute bis di Hongkong (versi kami), kami cari dulu di google map bus stop di sekitar hotel kami, kemudian kami ingat-ingat nama bus stop sekitar hotel kami tsb. Hal ini untuk jaga-jaga kembali ke hotel dari bus stop manapun, kami tinggal cari bus stop terdekat dengan JJ hotel. Hal yang kedua kami lakukan, kami “get direction” di google map dari JJ Hotel ke Admirality misalnya, sang google map pun memberitahu kami harus naik bis nomor berapa dari bus stop mana dan turun di bus stop mana. Sebetulnya bisa juga mencari di Journey Planner, namun saya lebih suka mencari di google map, sehingga ada bayangan daerah mana saja yang akan dilewati bis tsb.

Kami tiba di Admirality, dan mencari bus stop 629. Namun ternyata kami berada di wing yang berseberangan, sehingga kami harus masuk ke dalam MTR station, dan berjalan menuju exit B. Di exit B ini terdapat petunjuk arah “bus to Ocean Park”. Kiddos#2 saat itu minta digendong dan langsung tidur. Ia menolak tidur di stroller. Jadilah saya dan rene bergantian menggendong our 20 kg son:p

Ketika kami berjalan menuju Exit B, kami menemukan toko “MTR Travel” yang menjual ticket Ocean Park dan Hongkong Disneyland dengan harga lebih murah. Lagi-lagi informasi ini kami dapatkan dari teman kami Deasy yang tinggal di Hongkong. Untuk ticket Ocean Park yang harga normalnya HKD 280 dan HKD 140 (adult & child ticket respectively), di MTR travel menjadi HKD 250 untuk dewasa dan anak menjadi HKD 125. Sementara itu ticket Hongkong Disneyland untuk anak menjadi HKD 270 dari harga normal HKD 285. Ticket untuk dewasa sudah kami beli di Jakarta melalui Dwidaya Tour, saat itu ticket anak tidak tersedia di Dwidaya sehingga kami membeli di MTR Travel shop ini. Dengan harga discount yang lumayan, tidak sia-sia deh Bapap antri cukup panjang. Dan sementara antri, saya duduk di lantai sambil menggendong kiddos#2, sementara kakaknya duduk manis di stroller.


Setelah kami melihat begitu banyaknya orang yang mengarah ke bis 629, kami putuskan untuk merubah rute kami di hari kedua, dari Ocean Park menuju Cheung Chau island. Kami bertekad akan berangkat besok pagi menuju Ocean Park dan tidak menggunakan bus 629, melainkan menggunakan bus 90 yang bus stop nya terletak sangat dekat dari JJ hotel. Kami pun harus menerangkan kepada kiddos pergantian rute ini. Awalnya mereka protes kenapa tidak jadi ke Ocean Park. Namun setelah kami jelaskan bahwa kita akan naik boat, mereka pun setuju.

Kami naik MTR dari Admirality menuju Central, dan berjalan dari Central MTR station menuju Central Ferry Pier. Jalan kaki nya cukup jauh, kami harus melewati Hongkong Station, kemudian baru tiba di Cental Ferry pier. Kiddos#1 sempat minta duduk dulu di MTR station.


istirahat sejenak, setelah lelah berjalan
dari Hongkong Station menuju Central Ferry Pier
Kami langsung menuju ke pier no 5 yang akan mengantarkan kami ke Cheung Chau island, sebuah island yang terletak 1 jam dari Hongkong menggunakan ordinary ferry atau 40 menit menggunakan fast ferry. 



Sebuah Ordinary ferry akan berangkat dalam waktu 15 menit ketika kami tiba di pier 5, segera kami membeli ticket. Di booth ticket, kami melihat ada jenis deluxe ticket, kami pun memilih deluxe dengan harga HKD 19,7 untuk adult dan HKD 9,90 untuk anak. Pertimbangan kami memilih deluxe, karena kami masuk ferry di saat-saat terakhir, dan khawatir tidak kebagian kursi di kelas biasa.

Ketika kami naik di atas ferry, kiddos#2 bertanya “kita mau makan ya?” karena memang kita berada di area yang seperti dining hall:p Tapi segerea setelah ferry bergerak maju dan kiddos bisa menikmati pemandangan dari deck, mereka pun happy kembali. Malah kiddos#2 tampak menikmati "kursi makan" nya:p Sepanjang jalan kita dapat menikmati pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Hongkong, perjalanan 1 jam terasa sangat cepat.




Setibanya di Cheung Chau island, kiddos sudah tidak sabar ingin bermain di pantai, kami pun berjalan ke arah Tung Wan beach. Kami melewati "pusat kota" Cheung Chau, mampir membeli peralatan main di pantai, dan melewati sebuah jalan kecil menuju pantai. Apa yang kami lihat di Cheung Chau benar-benar berbeda dari pemandangan di Hongkong. Disini seakan waktu berhenti, orang-orang berjalan santai, tidak seperti di Hongkong yang semuanya terlihat terburu-buru.





Setelat 15 menit berjalan kaki, kami tiba di pantai. Dengan pakaian lengkap kiddos segera main di pasir juga main ombak. Karena perubahan rencana, kami tidak membawa baju renang, sehingga akhirnya kami pasrah saja mereka main dengan baju yang meeka kenakan. Pantainya tidak seindah pantai di Bali, namun sangat bersih dan ombaknya pun tidak besar. Kiddos sangat menikmati pantai ini dan juga sempat bermain bersama keluarga dari Hongkong yang juga sedang berlibur di Cheung Chau.




Puas bermain di pantai, kami mengganti baju kiddos dan mereka lanjut main di playground. Terdapat playground yang cukup besar, mereka bermain bubble dengan teman barunya di sana.



Di itinerary kami, masih banyak spot menarik di Cheung Chau, ada mini great wall China, temple, dan sebuah jalan yang dipenuhi restoran seafood. Namun karena hari sudah mulai sore, kami memutuskan kembali ke Hongkong. Memang itinerary ketika pergi dengan kiddos tidak bisa dibuat terlalu padat. Kami berjalan ke arah ferry station, membeli beberapa cemilan yang kami temukan sepanjang jalan, dan tentunya foto-foto!

Ketika tiba di terminal ferry, kebetulan jadwal kami tepat dengan fast ferry yang akan berangkat. Harganya memang lebih mahal, namun ferry nya mirip dengan ferry jurusan Hongkong-Macau, dan perjalanan pun lebih singkat. Mungkin karena kursinya nyaman, kiddos duduk manis selama perjalanan dan tidak minta duduk di deck lagi.



Setibanya di Central Ferry Pier, kami mencari bis yang melewati daerah hotel kami. Karena di itinerary awalnya kami berencana pergi ke The Peak dengan menggunakan bis 15 dari Star Ferry Terminal. Namun karena kiddos sudah cape, kami putuskan kembali ke hotel. Toh di kunjungan sebelumnya kami sudah pernah ke the Peak, dan waktu liburan bersama anak ke Penang, kiddos sudah pernah naik kereta ke atas bukit. Kami akhirnya naik bis 25 dari Central Ferry Terminal menuju Wanchai.

-end of day 2-


Tag: mengunjungi Cheung Chau Island, tempat membeli ticket Hongkong Disneyland murah, tempat membeli ticket Ocean Park murah


Related Posts:
Visiting Cheung Chau Island Hongkong

Next Post:
Bermain di Ocean Park

Previous Post:
Hongkong Day 1


Good News on 15 May 2014:

Untuk Anda yang berencana ke Hongkong, silahkan download ebook Hongkong tesyasblog yang berjudul "Hongkong, a place for everyone" secara gratis!


Bagaimana cara untuk mendapatkan ebook travel gratis Hongkong ini?
Follow twitter @tesyasblog
Download our ebook di link ini


Updated February 2015: 
Untuk merencanakan liburan keluarga ke Hong Kong, Anda bisa mendapatkan informasi detail di dalam buku Family Backpacking Hong Kong yang sudah bisa didapatkan di toko buku terdekat. 

2 comments:

  1. Sedang menikmati cerita perjalanannya. Tx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh maaf for my late reply, terimakasih udah mampir ya :)

      Delete