Buat Passport Anak di Kelapa Gading

Akhirnya bundu buat passport anak juga bulan Agustus 2011 yang lalu, tepat di awal bulan puasa. Maaf ya baru sempet posting sekarang:p Pertama bapap udah beli map+formulir untuk pengajuan passport anak, untuk satu anak Rp 13 ribu. Terus nganggur deh tuh formulir di rumah sampai akhirnya harus buat karena planning pergi ke Penang semakin dekat. Bertekad ga pake calo, mau resmi aja dengan biaya Rp 225,000 per anak.

Hari pertama adalah hari penyerahan berkas. Bundu pergi sendiri tanpa kiddos dan bapap. Kenapa di Kelapa Gading? Karena paling deket kantor bundu. Jam 7 kurang udah dateng ke kantor imigrasi Kelapa Gading, terus ikut-ikutan nulis absen di atas sehelai kertas yang diselipin di gagang pintu. Udah nulis absen duduk-duduk di bangku yang tersedia di deket parkiran, malah sempet makan bubur dulu. jam 7.30 orang-orang mulai antri di depan pintu. Bundu pun bingung, kenapa juga harus antri bukannya udah isi absen? Ya udah ikut antri deh pun. Jam 8 kantor buka, ibu petugas nya bilang, "Yg foto antri di lajur kanan, yg menyerahkan berkas di lajur kiri" Hooo jadi antri nya pun ga boleh salah ya. Terus kita isi absen lagi, this time absen yg formal dan si ibu petugas bilang "Kalau tadi sudah tulis absen, itu ga berlaku" Halah.

Terus masuk deh ke dalam. Petugas manggil berdasarkan antrian, disini kita menyerahkan berkas-berkas, tegang juga takut ada yg kurang. Antara lain yang diserahkan : KK, Akte Kelahiran, Passport Ibu dan Bapak, Surat Nikah, formulir yang udah diisi. Formulir harus diisi pake bolpen item, kalo misalnya pake bolpen biru, harus diulangi lagi beli formulirnya. Wedan! Penyerahan berkas gak lama, jam 9 an juga udah beres dan bundu bisa meluncur balik ke kantor.

Berkas kiddos udah lengkap, dan pas mau pulang, petugasnya kasih jadwal foto dimana kiddos juga harus dibawa, itu sekitar 3 hari dari penyerahan berkas. Sebetulnya kalau kita sudah input online datanya, kita bisa interview dan foto di hari yang sama. Namun berhubung bundu ga tau bahwa bisa online, yah jadi foto dan interview nya hari yg beda.

3 hari berikutnya bundu, bapap dan kiddos datang pagi ke Kantor Imigrasi Kelapa Gading. Kali ini kita langsung antri di lajur kanan, jalurnya untuk yang foto dan interview.Kiddos pake batik berkerah donk, heibat. Setelah pintu dibuka tepat jam 8, kita masuk lagi, isi absen, dan duduk nunggu panggilan bayar di kasir. Setelah kita dipanggil kasir, kita bayar *ingat ya harus uang pas, terus antri untuk foto dan interview. Semakin kita datang awal, semakin cepet kita di foto dan interview.

Foto najmi sih gampang, tapi giliran Arkan challenging banget ya?:p Interview sih lebih ke ortu yg ditanya, mungkin karena kiddos masih kecil ya. Alhamdulillah lancar, jam 10 kita udah beres dan pulang ninggalin kantor imigrasi. Oya passport nya ga jadi di hari yang sama. Selang 3 hari, harus diambil lagi. Tapi gpp secara deket dari kantor.

Bangga banget rasanya buat passport tanpa calo! Beda deh ama Kantor Imigrasi di kota B yang parah banget buat passport nya. Kalau buat di kota tsb sih so pasti kita pake calo internal:p Untungnya skrg bisa buat passport bandung di Jakarta:)

2 comments:

  1. Waaaw informasinya sangat membantu, Berarti urus sendiri engga ribet ya???tapi saya belum ambil berkasnya, langsung aja gitu beli dan antri penyerahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Iis, jangan lupa skrg harus ambil nomor antrian ya..jadi musti datang di sana jam 5 pagi? Glek....

      Delete